Bendungan Rotiklot, Destinasi Wisata Baru di Belu NTT

Bendungan Rotiklot di Belu NTT - @jokowi
Bendungan Rotiklot di Belu NTT. (Sumber foto: twitter @jokowi)

Bendungan Rotiklot – Saat ini daerah-daerah yang dekat dengan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) sering banget dibuatkan acara seperti konser musik. Adanya pergerakan ‘wisatawan’ dan ‘uang’, tentu bisa menguntungkan destinasi wisata di sekitarnya. Contohnya saja di Belu, NTT.

Ada Bendungan Rotiklot di Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang bisa dinikmati wisatawan/traveler. Berpotensi menjadi tempat wisata menarik di Atambua, meskipun fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan ketahanan air dan pangan di NTT.

Bendungan Rotiklot diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada hari Senin (20/05/2019) lalu. Merupakan satu dari tujuh bendungan yang rencananya dibangun oleh Presiden melalui Kementerian PUPR.

Selain Rotiklot juga ada Bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang yang juga diresmikan Jokowi pada Januari 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belu, Remigius Asa, mengatakan walaupun tempat tersebut buatan manusia dan berfungsi untuk ketahanan air dan pangan NTT, namun nyatanya Bedungan Rotiklot tetap indah dipandang mata.

Baca juga:
* 3 Tarian Tradisional NTT Meriahkan Konser Musik Malaka

Menuju Bendungan Rotiklot

Bbendungan Rotiklot - Fatuketi Kakuluk Mesak Belu - @bennypedjokatu
Bbendungan Rotiklot – Fatuketi Kakuluk Mesak Belu, menjelang sunset. (Foto: IG @bennypedjokatu)

Bendungan Rotiklot berada di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, NTT.

Lihat lokasinya di Google Map: Bendungan Rotiklot

Berjarak sekitar 285 kilometer dari pusat Kota Kupang, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur, melewati kota Atambua. Waktu tempuh sekitar 6,5 jam.

Atau berjarak sekitar 13,2 kilometer dari Bandar Udara AA Bere Tallo, Atambua. Atau sekitar 25 menit berkendara.

Sedangkan kalau dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Motaain, Kabupaten Belu, NTT, berjarak sekitar 25 kilometer dan waktu tempuh 40 menit.

Posisinya berada kurang lebih di arah Barat Daya Kota Atambua.

Multifungsi

Bendungan Rotiklot NTT -  Isabelle JC
(Foto: Isabelle JC)

Air memang kunci bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Dengan membangun bendungan di daerah yang sulit air tentu bisa pula menjadi kunci meraih kemakmuran dan kesejahteraan. Masyarakat bisa menanam beragam komoditas.

Petani lancar menanam jagung, padi, bawang merah, pisang, pepaya, semangka dan melon di musim kemarau. Karena air tersedia, maka dalam 1 tahun petani bisa panen lebih dari satu kali.

Dengan daya tampung sebesar 3,30 juta meter kubik dengan luas genangan 29,91 hektare, Bendungan Rotiklot memiliki tampungan efektif sekitar 2,33 juta meter kubik.

Lebar pelimpahan 12 meter, panjang saluran 255,59 meter, tinggi bendungan 42,50 meter. Kemudian lebar puncaknya adalah 10 meter dengan panjang puncak 415,82 meter. Bendungan ini bertipe pelimpahan samping.

Remigius Asa menjelaskan, dengan daya tampung Bendungan Rotiklot tersebut, sekitar 139 hektare lahan bisa terairi.

“Selain itu, bendungan ini juga bisa dipakai untuk pembangkit listrik tenaga air, untuk air baku seluruh penduduk di Kabupaten Belu, dan menjadi tempat wisata,” Ujar Remigus Asa.

Tempat Wisata Baru

spot foto di sekitar bendungan - @victoria_mitang
(Foto: IG @victoria_mitang)

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Belu, Remigius Asa, meyakini Bendungan Rotiklot bisa menjadi destinasi wisata baru bagi warga Kabupaten Belu dan sekitarnya.

Dirinya sangat yakin kalau kedepannya bendungan ini bisa menjadi destinasi wisata baru unggulan Kabupaten Belu.

“Dilihat dari ketinggian bendungan ini sangat indah. Ada beberapa spot foto yang bisa digunakan untuk menikmati indahnya bendungan ini. Cantik banget kalau dipakai foto-foto,” Ujarnya.

Diakui oleh Remigius Asa, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mendesain bagaimana kawasan itu ditata. Agar bisa menjadi kawasan wisata yang indah, rapih dan bersih.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, berbagai potensi pariwisata di Kabupaten Belu bisa ikut terangkat dengan adanya acara Crossborder Music Festival Atambua 2019.

Karena biasanya ada saja penonton yang tidak langsung pulang, namun memperpanjang masa kunjungannya untuk berkeliling terlebih dahulu.

“Bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan di Belu, bisa diarahkan untuk eksplorasi beberapa destinasi wisata yang ada di sekitar. Banyak sekali. Silahkan explore. Ini menjadi saat yang pas bagi traveler untuk mengenal Belu lebih dalam,” ucapnya, diamini Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III, Muh. Ricky Fauziyani.

Bangunan unik di area Bendungan  - Tendy Austin Christian
(Foto: Tendy Austin Christian)

Menteri Pariwisata Arief Yahya memaparkan, digelarnya berbagai acara termasuk Crossborder Music Festival Atambua 2019 tidak lain adalah bertujuan untuk menjaring wisatawan mancanegara. Khususnya dari negara tetangga, Republik Demokrasi Timor Leste. Khususnya mereka yang tinggal di sekitar daerah perbatasan.

Yang kamu harus ketahui juga, konsep crossborder tourism itu sebenarnya bukan hanya sekadar meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Ada dampak positif lain yang bisa langsung dirasakan oleh warga setempat. Yaitu hidupnya perekonomian di wilayah sekitar destinasi.

Semua kita tentu saja berharap, dengan adanya banyak event dan destinasi wisata baru ini akan ada banyak yang menikmati hasilnya.Ada warga yang membuat kerajinan, menyediakan kuliner, hingga kebutuhan lain.

Diharapkan wisatawan/traveler yang datang mau membelanjakan uangnya. Sehingga ada perputaran ekonomi secara langsung di sini. (*)

Baca juga:
* 3 Tarian Tradisional NTT Meriahkan Konser Musik Malaka

Asik Buat Dikunjungi

Terlepas dari semua pernyatan di atas, Bendungan Rotiklot ini memang layak dikunjungi kalau kamu sedang berada di Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kamu bisa foto-foto di area proyek bendungan, di tepian bendungan, ataupun di tamannya.

Di bagian atas bendungan ada bangunan yang menyerupai rumah adat yang bagus buat foto-foto. Atau kamu biasanya menyebutnya fotogenik atau instagramable.

Saat RamahTraveler cek di Instagram sudah ada beberapa foto yang menunjukkan keindahan Bendungan Rotiklot. Sudah banyak warga yang berfoto disana. Sudah mulai nge-trend.

Kalau berkunjung ke Atambua, jangan lupa mampir ya.