Berburu 10 Kuliner Khas Kendal, Liburan Jadi Semakin Sempurna

Kuliner Kendal – Singgahlah kulineran di Kendal, Jawa Tengah, untuk menyempurnakan travelingmu. Sempat-sempatkan untuk mampir mencicipi sajian kuliner lokal yang terkenal akan kelezatan dan juga macamnya.

Ada banyak ragam hidangan kuliner Kendal yang lezat dan nikmat. Kalau kamu belum mencicipinya, liburan di Kendal akan berasa kurang lengkap deh.

Daftar Isi:

Memang sih ya, Kendal kurang terdengar sebagai incaran pecinta kuliner. Tapi, bukan berarti tak ada makanan khas Kendal yang layak kamu coba.

Tapi kalau sudah sekali kamu coba, bisa-bisa kamu akan selalu mengingat Kendal terus.

Baca juga:
* Berburu 10 Kuliner Semarang yang Nikmat

Daftar Kuliner dan Tempat Makan di Kendal

Makanan Kendal ada yang pedas dan bercita rasa gurih, semua ada. Di antara beberapa, kamu mungkin tidak mengenali nama makanannya. Ada yang serupa dengan kuliner khas Jawa Tengah di daerah lain, namun tetap dengan kesan rasa yang berbeda.

Berikut daftar rekomendasi makanan/kuliner Kendal yang bisa kamu coba.

1. Sate Bumbon

Sate Bumbon - makanan khas kendal - @ny.rempong
Sate Bumbon. (Foto: IG @ny.rempong)

Di banyak daerah kita hanya mengenal sebutan sate ayam dan sate kambing. Kalau di Kendal ada yang namanya sate Bumbon. Bahan sate adalah daging sapi. Sate Bumbon ini sudah menjadi makanan khas Kendal dan sekitarnya.

Kalau sate yang kita kenal, saat memanggangnya biasanya ditambah kecap. Sate Bumbon dipanggang dengan bumbu bawang putih, kemiri, jahe. Juga ada racikan bumbu rempah lainnya. Tak salah kalau sate bumbon di Kendal ini dibilang memiliki rasa rempah yang kuat.

Tidak seperti sate sapi pada umumnya, potongan dagingnya besar-besar. Daging untuk sate bumbon adalah daging sapi tanpa lemaknya. Bumbunya pun berbeda, ada rasa cengkeh dan ketumbar yang dominan.

Setelah matang, sate disajikan dengan siraman saus kacang yang ditumbuk kasar dan kecap. Tak lupa potongan bawang merah dan cabai rawit.

Sate yang satu ini juga dihidangkan bersama sayur lodeh nangka muda. Penjual sate ini bisa kita temukan di sekitaran perempatan pegadon dan pejambon.

Bagi kamu yang ada rencana untuk traveling ke Kendal, Sate bumbon harus masuk dalam jajaran makanan khas Kendal yang harus dicicipi.

Ada beberapa pilihan tempat makan sate bumbon. Sate Bumbon Pak Darmaji yang sudah berjualan sejak tahun 1971. Sate Sapi Bumbon Bu Siti Sa’adah di depan Telkom. Sate Bumbon Pak Rochmad di Jl. Raya Putat Gede.

Harga satu porsi sate bumbon antara Rp. 20.000 – Rp. 45.000

2. Momoh

Momoh - makanan khas kendal - @pesonajawatengah
Momoh – salah satu makanan khas Kendal. (Foto: IG @pesonajawatengah)

Momoh adalah makanan khas Kendal yang terbuat dari jeroan sapi yang dimasak selama 3 jam. Perebusan yang lama ini membuat aneka rempah yang jadi bumbu momoh bisa meresap sampai ke dalam daging.

Konon katanya, kuliner terkenal di Kendal ini bisa berkhasiat untuk menambah stamina pria. Jika tertarik, mampir saja ke penjual momoh yang terletak di daerah Kaliwungu, Kendal.

3. Mangut Lele

Mangut Lele - jatenglive.com
Mangut Lele. (Foto: jatenglive.com)

Ada beragam olahan mangut, biasanya dari ikan pare, ikan sembilang atau ikan manyung. Namun sudah jarang yang membuat mangut berasal dari ikan lele.

Selama ini kita tahunya lele dimasak goreng atau dipecel. Selain mencoba olahan mangut lain, mangut lele perlu juga dicoba. Gurih daging lele ditambah gurih dan pedas kuah mangut, akan membuat kamu akan terus teringat dengan makanan ini.

Nah, kalau kamu penasaran dengan rasa nimat mangut lele ini, bisa meluncur ke warung makan Farchat. Lokasinya di Pantura Kaliwungu Kendal. Harganya sangat terjangkau. Satu porsi berisi 2 ekor lele, hanya Rp 12.000.

4. Kerupuk Rambak

Kerupuk Rambak - Tribun Jateng - Shela Kusumaningtyas
Kerupuk Rambak. (Foto: Tribun Jateng/Shela Kusumaningtyas)

Kerupuk yang satu ini bisa jadi oleh-oleh untuk kampung halaman atau camilan di sepanjang jalan saat mudik. Rambak atau kerupuk ini terbuat dari kulit sapi khas Kendal sangat terkenal.

Memang kerupuk serupa juga banyak dibuat daerah lainnya namun rambak khas Kendal menggunakan bumbu khas. Resep inilah yang membuatnya jadi super gurih dan beda dari yang lain. Penjual kerupuk rambak paling terkenal ada di sebrang Masjid Pegadon Kendal.

5. Rica-Rica Menthog

Rica-Rica Mentok - harianresep.blogspot.com
Rica-Rica Mentok. (Foto: harianresep.blogspot.com)

Mentok, menthog atau enthok adalah sejenis burung yang masuk dalam keluarga bebek. Rasanya yang kuat dan tidak berbau membuatnya disukai banyak orang, terutama di pedesaan.

Meskipun banyak olahan rica-rica di berbagai daerah, kalau lagi traveling ke Kota Kendal kamu wajib mencobanya. Rasanya begitu spesial, rasa gurih dan pedasnya begitu nikmat.

Ada kombinasi antara rasa pedas, asin, manis dan gurih.

Kalau kamu suka dengan rasa pedas, maka bertambah lagi alasan untuk mencicipi rica-rica menthog ini.

Rekomendasi dari kami adalah rica-rica menthog Mbak Yum, yang berlokasi di pertigaan Desa Randusari, Kecamatan Rowosari.

Baca juga:
* Enak-enak! Cobain Deh 17 Kuliner Solo Ini

6. Pecel Kembang Turi

Pecel Kembang Turi - cookpad.com
Pecel Kembang Turi. (Foto: cookpad.com)

Pecel Kembang Turi sebenarnya adalah pecel yang berasal dari Jawa Timur. Namun kamu akan mendapatkan makanan ini populer juga di Kendal.

Kombinasi daun bayam rebus, kembang turi yang manis dan agak pahit gurih, disiram dengan sambal kacang kental dan taburan tauge. Dilengkapi dengan sate kerang dan gimbal udang yang hangat. Mantab deh.

Membuat siapa saja yang melihatnya ingin langsung mencicipinya.

Kamu akan mudah menemukan pecel kembang turi di semua warung makan sepanjang Arteri Kaliwungu atau Brangsong.

Rekomendasinya, bisa pilih Rumah Makan Budi Daya Arteri atau Warung Makan Mak Nyuss di pingggiran kota Kendal, tepatnya depan SMA I Kendal.

Di warung ini kita akan disuguhi berbagai menu yang bisa menggoyang lidah seperti Bebek Goreng yang empuk dengan sambel merah dan lalapan daun Kemangi.

7. Bandeng Tanpa Duri

Bandeng Tanpa Duri Kendal - riamuriati.blogspot.com
Bandeng Tanpa Duri, makanan khas Kendal yang bisa kamu beli untuk oleh-oleh. (Foto: riamuriati.blogspot.com)

Tahukah kamu kalau Kabupaten Kendal itu adalah daerah penghasil bandeng terbesar di daerah pesisir sepanjang pantai utara Jawa di Jawa Tengah?

Tidaklah heran kalau kamu bisa menemukan banyak olahan bandeng di Kendal, salah satunya adalah bandeng tanpa duri.

Keunggulan dari makanan bandeng ini adalah, kamu bisa memakan bandeng tanpa duri. Kalau mua coba menghitung, ada total 164 duri yang menempel di badan ikan bandeng, ada duri lunak dan keras.

Memakan bandeng tanpa duri tentu saja membuat kulitas makan kita semakin tinggi. Karena tidak kawatir lagi menelan duri yang tertinggal di daging bandeng.

Bandeng tanpa duri Kendal telah diawetkan secara alami dengan cara menaburkan garam dan proses mengukus selama 10-15 menit. Dengan proses ini, membuat kamu tidak akan mencium bau amis bandeng tanpa duri.

Kamu bisa menemukan olahan bandeng tanpa duri disekitar Pasar Bodri, Desa Kebonharjo, Kecamatan Patebon, Kendal, Jawa Tengah.

8. Brongkos

Brongkos - @tiwukdapoer
Brongkos. (Foto: @tiwukdapoer)

Sudah pernah mendengar makanan bernama brongkos? Kalau ke Kendal kamu akan sering mendengar nama makanan ini.

Konon nama brongkos berasal dari bahasa Inggris dan Perancis. Berasal dari kata brown dan horst, yang mana artinya daging cokelat. Kamu sudah tahu bagaimana lidah orang Jawa khususnya dan kita Indonesia gimana bukan? Susah mengucapkan bahasa asing, sehingga jadilah ‘brongkos’.

Brongkos Kendal berbahan dasar daging sapi yang diolah dengan bumbu rempah khas Kendal sehingga cita rasa brongkos sangat unik.

Brongkos terbuat dari daging sapi yang dioleh dengan bumbu-bumbu khas yang menjadikan brongkos terasa berbeda dari olahan daging sapi yang lain.

Bukan hanya berisi daging saja, Brongkos ada pelengkap lainnya juga seperti tahu goring, kulit, dan daun melinjo. Kuahnya menggunakan kuah santan, membuatnya semakin gurih.

Kamu dapat menemui Brongkos dengan mudah disemua warung makan di Sukorejo, Kendal.

9. Bebek Ungkep Mak Kis

Bebek Ungkep Mak Kis - kuliner kendal - Visiawan Andhika
Bebek Ungkep Mak Kis – kuliner kendal yang harus kamu coba. (Foto: Visiawan Andhika)

Pecinta kuliner olahan bebek wajib mencoba makanan khas Bebek Ungkep Mak Kis di Gang Cempaka Desa Juwiring, Cepiring, Kabupaten Kendal. Menu andalan kedai tersebut adalah bebek ungkep yang empuk dan kaya akan bumbu serta rempah. Enak banget!

Kelebihan Bebek Ungkep Mak Kis adalah tidak amis, karena diolah khusus dengan bumbu rempah. Memasaknya pun masih menggunakan tungku api bahan bakar kayu. Sehingga aroma yang dihasilkannya pun beda.

Menu bebek ungkep ini diolah langsung secara tradisional oleh Mbah Kiswati selaku pemilik warung ini.

Harganya pun murah meriah antara Rp 10.000 sampe Rp 16.000 saja.

10. Kerupuk Petis Khas Kendal

Kerupuk Petis Khas Kendal - Muhammad Labib
Kerupuk Petis Khas Kendal. (Foto: Muhammad Labib)

Masyarakat Indonesia sudah akrab dengan makanan ringan yang diberi nama kerupuk. Kerupuk hampir selalu hadir di setiap penyajian untuk mendampingi sajian makanan utama saat ada suatu acara.

Nah, di Kendal, Jawa Tengah ada kerupuk khas yaitu kerupuk petis. Kerupuk Petis Khas Kendal rasanya enak banget. Bahkan juga sudah go international lho.

Sering kali kerupuk produksi Edi Warjiyanto itu dibeli oleh Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk oleh-oleh saat kembali ke negara tempat mereka bekerja. Sehingga secara nggak langsung kerupuk petis juga semakin dikenal di luar negeri.

Ingin mencoba Kerupuk Petis Khas Kendal? Langsung saja meluncur ke RT 2 RW 3 Kelurahan Sijeruk, Kecamatan Kendal. Pabrik kerupuk ini memproduksi dua jenis kerupuk. Ada kerupuk petis ikan dan kerupuk petis udang.

Baca juga:
* 10 Kuliner Boyolali ini Bisa Membuat Kita ‘Tersenyum’

Wajib Coba Kuliner Kendal

Banyak juga ternyata ya kuliner dan tempat makan enak di Kendal. Melihat daftar kuliner kendal diatas rasanya pingin langsung berangkat liburan ke Kendal Jawa Tengah saat ini juga.

Sate bumbon, bandeng tanpa duri, mangut lele, momoh, rica-rica menthog, bebek ungkep, brongkos, kerupuk petis, pecel kembang turi, dan kerupuk rambak, adalah makanan khas Kendal yang harus kamu coba kalau sedang berlibur disana.

Asyik juga makan makanan tradisional tersebut bersama kawan atau keluarga. Tinggal pilih atau mau mencoba semuanya.

Selamat berlibur dan menikmati aneka kuliner Kendal Jawa Tengah.

Mari berbagi