Danau Tolire di Ternate, Ada Cerita dan Lempar Batu yang Unik

Danau Tolire – Ada yang punya rencana traveling ke Ternate Maluku Utara? Kalau ke Ternate, jangan lupa mampir di Danau Tolire ya. Apa daya tarik, cerita, legenda, mitos, cerita mistis, keindahan, dan pesonanya?

Danau Tolire adalah sebuah danau yang berada di kaki Gunung Gamalama. Ada Tolire Besar dan Tolire Kecil. Keduanya berdekatan, hanya berjarak sekitar 300 meter garis lurus.

Punya kawan yang selalu aktif mengangkat pariwisata Maluku Utara. Kami pun tertarik untuk mengulas danau yang memiliki keindahan ini. Semoga bisa menjadi alasan untuk memasukkannya kedalam list destinasimu.

Baca juga:
* Pesona Pulau Tawale di Maluku Utara

Cara Menuju Danau Tolire

Jarak Danau Tolire dari Kota Ternate tidaklah terlalu jauh. Hanya berjarak sekitar 18-20 kilometer dari pusat Kota Ternate. Kalau ditarik garis lurus, mungkin hanya sekitar 8 kilometer saja.

Menjadi lebih jauh, karena harus mengitari pulau, menyisiri pesisir Pulau Ternate.

Berada di kaki Gunung Gamalama, arah Barat Daya Puncak Gunung Gamalama. Kalau Kota Ternate berada di Timur Gunung Gamalama.

Lihat lokasinya di Google Map: Lake Tolire

Kamu bisa menggunakan mobil sewaan/carter, sehingga bisa sekalian mampir di beberapa tempat wisata lain.

Atau bisa juga dengan menyewa ojek sepeda motor dengan tarif sewa sekitar Rp 10.000 per jam. (Cari info lebih lanjut mengenai tarif ini).

Daya Tarik Danau Tolire

danau tolire - ternate - maluku utara - opan_jacky
Danau Tolire di Ternate, Maluku Utara. (Foto: @opan_jacky)

Ada banyak daya tarik yang bisa menjadi alasanmu untuk datang. Selain keindahan bentangan alam danau dan bebukitan disekitarnya, legenda dan mitosnya juga bisa membuat kamu penasaran.

Bukankah sangat menarik, bisa menikmati keindahan alam suatu tempat sambil mendengar berbagai cerita-cerita yang diyakini oleh masyarakat sekitar. Terlepas dari kamu mau percaya atau tidak.

Memang sih ya, Danau ini tidak sepopuler Danau Ngade yang letaknya sangat dekat dengan pusat Kota Ternate. Namun lanskap Danau Tolire tidaklah kalah memesona.

Air danaunya jernih berwarna kebiruan, ditambah lagi dengan bonus view latar belakang Gunung Gamalama. Hamparan hutan hijau di sekitarnya, menambah suasana semakin asri dan terasi alaminya.

Area sekitarnya memang sangat sepi, hanya ada perkampungan sebelum jalan masuk menuju danau.

Bagi traveler yang suka dengan destinasi wisata yang asri dan tenang, maka danau ini sangat cocok untuk didatangi.

Ada Banyak Ikan

Ada banyak ikan yang menjadikan air tawar Danau Tolire sebagai tempat tinggal. Namun meskipun banyak, warga sekitar tidak berani menangkapnya.

Karena warga sangat meyakini bahwa di danau tersebut juga dihuni oleh banyak buaya putih siluman, selain ikan-ikan tersebut. Diyakini, buaya putih tersebut adalah penjaga danau.

Atraksi Melempar Batu

Seorang kawan di Maluku Utara, Opan Jacky bercerita, ada satu atraksi menarik yang bisa dilakukan disini. Yaitu melempar batu kearah danau.

Banyak wisatawan yang penasaran dan mencoba melempar batu. Namun sekuat apapun kita melempar, batu tidak tidak pernah sampai dan menyentuh permukaan danau.

Kok bisa? Yah, kenyataannya begitu. Sudah pernah mencobanya?

Untuk dapat melempar batu ke danau, kamu bisa membeli batu yang banyak dijual di tepi danau. Harganya sangat terjangkau, cukup membayar sejumlah Rp 1.000 untuk 5 batu.

Ada Harta Karun

Di dasar Danau Tolire banyak terdapat harta karun, demikian diyakini oleh masyarakat setempat. Dijelaskan, harta karun terebut merupakan miliki masyarakat pada era Kesultanan Ternate di abad ke-15.

Harta-harta masyarakat pada saat itu dibuang kedalam danau agar tentara Portugis tidak bisa memilikinya dengan cara merampas.

Sampai saat ini belum ada yang membuktikan cerita ini benar adanya atau tidak.

Di Wikipedia dijelaskan, ada seorang anggota Kepolisian dari Satuan Brimob yang mendeteksi adanya benda-benda di dasar danau dengan menggunakan sonar.

Hasilnya, terindikasi ada benda-benda logam berada di dasar danau.

Legenda Terbentuknya Danau Tolire

Dulu kala, ada sebuah kampung yang masyarakatnya yang hidup sejahtera. Sampai akhirnya ada kejadian seorang ayah yang menghamili anak gadisnya sendiri.

Penguasa alam semesta mengutuk kejadian tersebut. Ayah dan anak gadisnya ingin melarikan diri keluar kampung. Namun belum sempat lari, tanah yang mereka pijak tiba-tiba anjlok dan berubah menjadi danau.

Danau Tolire Besar diyakini sebagai tempat si ayah dan Danau Tolire Kecil sebagai tempat anak gadis.

danau tolire - ternate - maluku utara - Glen Huib Wattimury @provokatorpantai
(Foto: Glen Huib Wattimury /@provokatorpantai)

Baca juga:
Pesona Pantai Dato Majene di Sulawesi Barat

Danau Tolire yang Memesona

Demikianlah keindahan dan berbagai cerita yang beredar dan dipercaya oleh masyarakat sekitar. Semuanya bisa menjadi daya tarik dan menjadi alasan bagimu untuk berkunjung ke Ternate.

Danau yang bentuknya mirip dengan loyang raksasa ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Datang berwisata ke Danau Tolire menikmati keindahan alamnya dan mendengar cerita legenda yang melingkupinya, akan memberikanmu pengalaman traveling yang mengesankan dan tidak terlupakan.

Mari berbagi