Ayo Jelajahi Keindahan Destinasi Wisata Pandeglang

Wisata Pandeglang – Pandeglang bisa menjadi destinasi yang kamu coba untuk jelajahi untuk melengkapi agenda liburanmu di Provinsi Banten. Apalagi Kabupaten yang asal namanya berasal dari “Pandai Gelang” ini memiliki kekuatan budaya yang tak perlu diragukan. Keindahan alamnya apalagi.

“Di Pandeglang Lagi Hits Wisata Alam seperti pulau, pantai dan air terjun. Wisata Anak seperti pemandian atau wahana permainan anak juga sedang booming.” kata Menpar Arief Yahya, Kamis (31/5).

“Sekali lagi saya katakan bahwa memang Kabupaten/Kota Pandeglang kaya sekali akan Destinasi wisatanya yang indah dan alami. Dan menjadi salah satu #PesonaDestinasiLebaran2019,” Lanjut Arief Yahya.

Baca juga:
* Mampir Cilegon? Jangan Lewatkan 10 Tempat Wisata Ini

Tempat Wisata di Pandeglang

Berikut ini 10 rekomendasi tempat wisata di Pandeglang yang lagi hits. Kamu juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal, pengrajin dan musisi tradisional. Uniknya semua dibungkus dalam kronologi sejarah masa lalu hingga masa depan.

Pulau Peucang, salah satu tempat wisata di pandeglang. (Foto: IG @kurniabahari)

1. Pulau Peucang

Ada sebuah pulau yang menarik hati wisatawan lokal maupun mancanegara di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Ukurannya tidak begitu luas, namun menawarkan keindahan alam yang begitu alami.

Pantainya putih bersih juga berpasir lembut. Bagian dalam pulau dirimbuni dengan hutan primer yang terjaga. Yang menarik adalah, kamu bisa berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang lalu-lalang di sekitar penginapan.

Inilah Pulau Peucang, Pulau idaman bagi yang suka dengan atmosfir alam yang hening.

Berada di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Banten, nama Pulau Peucang diambil dari hewan sejenis siput yang banyak ditemui di pulau ini. Versi lainmenyebutkan, kata ‘Peucang’ adalah bahasa Sunda untuk menamakan hewan sejenis kancil.

Kamu akan melihat langsung lebih dekat fauna asli Taman Nasional Ujung Kulon di Pulau Peucang. Hewan-hewan seperti kera, rusa, hingga babi hutan sangat mudah terlihat. Bahkan hewan-hewan ini hilir mudik seolah tidak terganggu dengan kehadiranmu.

Begitu juga dengan pantainya. Pasir berpasir dan lembut merupakan daya tarik yang ditawarkan pantai Pulau Peucang. Air laut di seklilingnya dihiasi dengan gradasi warna biru muda di tepi dan biru tua pada bagian tengah.

Kalau kamu melihat langsung keindahan warna-warna air ini, bisa-bisa kamu ‘terhasut’ untuk langsung menceburkan diri merasakannya kesegaran air laut.

Pantai Carita - tempat wisata di pandeglang - @amindita.jpg
Pantai Carita. (Foto: IG @amindita)

2. Pantai Carita

Siapa tidak kenal dengan nama Pantai Carita, salah satu pantai yang paling terkenal di Pandegelang. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta membuat kawasan ini selalu ramai dikunjungi pada musim-musim liburan.

Pantai Carita menawarkan panorama laut yang sangat indah. Bukan hanya pantai, keindahan bawah lautnya juga luar biasa.

Soal amenitas pun tak perlu diragukan. Ada banyak penginapan dan hotel yang mumpuni di Pantai Carita. Kalau kamu mencari tempat pertemuan, gathering, acara tahunan, maupun liburan tahunan, kamu bisa mencari hotel di sini.

Sejumlah perusahaan dari berbagai daerah, terutama Jakarta, sering mengadakan meeting/gathering di Pantai Carita.

Taman Nasional Ujung Kulon - wisata pandeglang - @m.arif_gunawan.jpg
Taman Nasional Ujung Kulon. (Foto: IG @m.arif_gunawan)

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kolon (TNUK), adalah lokasi konservasi badak bercula satu dan hewan liar lainnya yang terletak di ujung barat Pulau Jawa. Taman Nasional ini menyimpan lokasi-lokasi yang memiliki keindahan alam yang masih perawan.

Memiliki luas area yang mencapai 122.956 Hektare, Taman Nasional Ujung Kulon menjadi tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dijelajahi. Spotnya banyak. Misalnya Pulau Handeulum, Pulau Panaitan, Gunung Honje, Sungai Cigenter, Pulau Oar-Umang dan beberapa spot menarik lainnya. Nah, Pulau Peucang yang dibahas di atas pun masuk dalam kawasan TNUK Ujung Kulon.

Informasi mengenai harga tiket masuk ke Taman Nasional ini dapat kamu peroleh di kantor Balai Taman Nasional di Labuan atau di pos Tamanjaya.

Bagi yang ingin menginap, ada fasilitas penginapan di desa Tamanjaya, Pulau Peucang, dan Pulau Handeuleum.

Curug Putri Tahura -  @teguh.s_fotografi
Curug Putri Tahura. (Foto: IG @teguh.s_fotografi)

4. Curug Putri Tahura

Curug Putri Tahura adalah tempat wisata yang sedang hits di Pandeglang saat ini. Berbagai review/ulasan positif bisa kamu baca di berbagai situs traveling.

Namanya memang curug alias air terjun, namun sebenarnya yang paling mendominasi di tempat wisata ini adalah sungainya.

Curug Putri merupakan air terjun yang mempunyai kolam dan mengalir menjadi aliran sungai. Kolam dan sungai Curug Putri ini mengalir di celah diantara apitan tebing batu yang tinggi.

Curug Putri Tahura -  @tiffpuspita - wisata Pandeglang.jpg
(Foto: IG @tiffpuspita)

Memberikan suasana keindahan berbeda dibanding suasana air terjun/sungai lain yang lebih terbuka. Yang jelas, asik buat mandi bermain air dan foto-foto.

Curug ini mudah dijangkau dengan kendaraanmu, karena jalanannya sudah beraspal. Lokasi Curug Putri ini berada di Sanghiangdengdek, Pulosari, Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Dari pusat kota Pandeglang tidak terlalu jauh, hanya berjarak sekitar 10 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Pulau Umang - wisata pandeglang - @jagonya.wisata
Pulau Umang, wisata alam/bahari pandeglang yang indah luar biasa. (Foto: IG @jagonya.wisata)

5. Pulau Umang

Kamu ingin ‘lari’ sementara dari hiruk pikuk kota dan rasa jenuh kerja di kantor? Pulau Umang, salah satu pulau yang terletak di wilayah Banten yang pas buat kamu tuju. Apalagi kalau kamu tinggalnya di Jakarta yang memiliki permasalahan polusi, kemacetan dan tekanan pekerjaan.

Tak mengherankan kalau banyak warga Jakarta butuh tempat untuk menenangkan diri sejenak dari semua permasalahan tersebut. Dan Pulau Umang memang akan jadi pilihan yang tepat, apalagi Pulau Umang sudah dikelola dengan baik dan memiliki fasilitas lengkap.

Kalau kamu datang ke pulau ini, selain menikmati pemandangan alamnya yang indah, kamu bisa juga menjajal berbagai aktivitas yang seru dan menyenangkan. Seperti misalnya bermain jetski dan banana boat.

Kondisi alam bawah laut di sekitar Pulau Umang masih terjaga, kamu bisa menemukan spot menarik untuk aktivitas snorkeling di sini.

Island Hopping? Kenapa tidak? Dari Pulau Umang, cobalah menyeberang ke Pulau Ora. Pulau Ora ini tidak terlalu jauh jaraknya dan masih masuk dalam satu kawasan dengan Pulau Umang.

Kamu akan menemukan pemandangan bawah laut yang lebih cantik di Pulau Ora. Ada berbagai jenis ikan laut, terumbu karang dan koral yang bisa dinikmati oleh wisatawan.

Sebelum melakukan aktivitas snorkeling ini pastikan untuk warming up terlebih dahulu. Lalu periksa semua peralatan, mulai dari google, fin dan snorkel.

Dan tentu saja, jangan lupa membawa kamera underwater. Karena akan ada banyak biota lucu yang bisa kamu foto.

Kampung Wisata CAS Waterpark - wisata pandeglang - @caswaterpark
Kampung Wisata CAS Waterpark. (Foto: IG @caswaterpark)

6. Kampung Wisata CAS Waterpark

Wisata Cikole Pandeglang adalah salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Pandeglang Banten. Lebih populer dengan sebutan Cas Waterpark atau Kampung Wisata Flora dan Fauna Pandeglang, tempat wisata ini bisa jadi pilihan ajib untuk liburan.

Cas Waterpark sangat pas dijadikan tempat rekreasi pilihan untuk melepas kejenuhan. Selain harga tiket masuknya yang cukup murah/terjangkau, disini juga ada banyak pilihan wahana rekreasi yang menarik.

Pengelola Cas Waterpark menyediakan wahana yang cukup menarik dan seru untuk dicoba. Antara lain waterpark kolam ombak, waterpark karang kitri, kolam bola, gupi, wahana perahu petualang, perahu pinisi, becak mini, sepeda layang, dan alap-alap baduy coaster.

Biaya/tarif masing-masing wahana, kamu cukup mengeluarkan uang Rp 5.000-20.000 dari dompetmu.

Pantai Tanjung Lesung - destinasi wisata pandeglang - @ayelis.me
Pantai Tanjung Lesung. Destinasi wisata pantai di pandeglang. (Foto: @ayelis.me)

7. Pantai Tanjung Lesung

Long Weekend Lebaran? Cobalah datang dan berlibur ke kawasan Pantai Tanjung Lesung. Udaranya segar dan menenangkan, membuat pikiran dan hati tenang. Bahkan bisa-bisa semua masalah berat yang menyiksamu, seakan hilang seketika. Berganti dengan decak kagum tanpa henti.

Pepohonan yang berderetan berjajar rindang menghadirkan sebuah nuansa baru. Banyak spot foto yang bisa kamu temukan disini.

Jadi jangan lupa membawa senjata wajib bagi para traveler, kamera DSLR, mirrorless, atau kamera HP.

Soal daya tarik, kawasan Pantai Tanjung Lesung ini jagonya. Pantai pasir putihnya terhampar luas di depan mata. Seakan menjadi ucapan selamat datang di kawasan wisata Tanjung Lesung. Pasir putih ini begitu mengkilat bagaikan kemilau berlian. Terasa asik duduk-duduk santai menikmati panorama alam ini.

Curug Gendang - wisata alam pandeglang - @viong_pac
Curug Gendang. (Foto: IG @viong_pac)

8. Curug Gendang

Curug Gendang yang indah ini memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan berada di ketinggian 170 meter di atas permukaan laut.

Dinamakan Curug Gendang karena suaranya mirip alat musik tradisional Gendang. Oleh karenanya kemudian masyarakat sekitar menyebutnya Curug Gendang.

Kalau kamu menyukai petualangan, akan sangat cocok untuk berwisata ke obyek wisata alam Curug Gendang Banten. Apalagi selama di perjalanan, kamu akan melihat berbagai macam keunikan tanaman liar dan termasuk pohon durian.

Suasana selama perjalanan akan menyejukkan mata dan kesejukan udara yang alami. Selain itu, suara burung dan beberapa binatang juga terdengar mengisi perjalananmu.

Bukan cuma itu aja, jalan setapak di antara pegunungan dan jurang-jurang menuju Curug Gendang akan memberikan pemandangan lautan yang luas dengan Anak Gunung Krakatau yang terlihat di kejauhan.

Kalau kamu suka foto-foto tentu akan senang dengan perjalanan yang seperti ini.

Wisata Alam Curug Gendang Banten berada di Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang Banten.

Pulau Dua - wisata bahari pandeglang - @mas.pro05
Pulau Dua. (Foto: IG @mas.pro05)

9. Pulau Dua

Pandeglang ini ga ada abisnya. Cobalah datang ke tempat wisata alami, Pulau Dua. Dikenal sebagai Pulau Burung, pulau ini memiliki keindahan alam lautnya yang sangat menakjubkan. Gugusan karang-karangnya juga disebut-sebut menjadi daya tarik yang utama dari tempat ini.

Luas Pulau Dua sekitar 30 hektar, berbagai jenis burung bisa kamu temui di pulau ini antara bulan April dan bulan Agustus.

Ada sekitar 60 jenis burung yang berasal dari berbagai belahan dunia berimigrasi ke pulau ini. Dan jumlahnya bisa mencapai sekitar 40.000 burung hinggap di pulau ini. Burung-burung tersebut terbang dari benua Australia, Asia, dan juga benua Afrika.

Daya tarik inilah yang sukses menimbulkan rasa penasaran para traveler yang tertarik dengan kegiatan bird-watching. Mereka ingin menyaksikan langsung puluhan ribu burung berbagai jenis berkumpul di satu pulau, yaitu Pulau Dua atau pulau Burung.

Untuk mencapai pulau Burung atau pulau Dua ini, kamu bisa menggunakan perahu tradisional yang ada di Desa Sawah Luhur, Kasemen. Atau dengan berjalan kaki yang membutuhkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit.

Akibat proses sedimentasi, pulau ini hampir menyatu dengan daratan Pulau Jawa.

Penasaran? Tunggu apa lagi untuk menyaksikan puluhan ribu jenis burung di Pulau Dua yang indah?

Baca juga:
* Sensasi Berburu Foto Alam Liar di Savana Doro Ncanga Sumbawa

Kampung Domba Pandeglang - @hirendyy
Kampung Domba Pandeglang. (Foto: @hirendyy)

10. Kampung Domba Pandeglang

Kamu ingin merasakan sensasi liburan keluarga yang berbeda dari biasanya? Wisata Kampung Domba Pandeglang, bisa menjadi rekomendasinya.

Awalnya Kampung Domba Pandeglang adalah kawasan peternakan domba yang kemudian dikembangkan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pandeglang menjadi sebuah tempat wisata.

Jadi saat ini selain berfungsi sebagai peternakan domba, sudah menjadi destinasi wisata menarik yang layak dikunjungi. Sudah dibangun aneka kafe yang berkonsep kekinian yang cocok untuk berkumpulnya anak muda.

Apalagi didukung dengan pemandangan alam sekitar kampung domba yang sangat menarik. Bisa menambak stok fotoyang bisa diunggah ke akun media sosialmu.

Kampung Domba Pandeglang - Google Map - Eni Muhani
Kampung Domba Pandeglang. (Sumber: Google Map / Eni Muhani)

Selain peternakan, kamu bisa melihat-lihat perkebunan sayuran wortel, tomat, cengkeh, dan kopi. Sangat menarik melihat kegiatan sehari-hari para peternak dan petani di sini. Ditambah menikmati keindahan alam lereng gunung Karang Pandeglang yang sejuk.

Lokasi Kampung Domba Pandeglang berada di Juhut, Karangtanjung, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Buka lokasinya di Google Map: Kampung Domba Pandeglang

Harga Tiket masuk Kampung Domba Pandeglang, Rp. 2000 per orang.

Tersedia kegiatan one day tracking, area camping, dan WIFI gratis untuk pengunjung.

Baca juga:
* Pesona Pulau Tawale di Maluku Utara

Wisata Pandeglang Ga Ada Abisnya

Demikian 10 tempat wisata yang kami rangkum dari berbagai sumber dan rilis kemenpar. Kami sangat yakin masih banyak destinasi lain yang belum masuk kedalam list ini.

Kamu bisa eksplorasi sendiri selebihnya, karena Pandeglang Banten memang menyimpan banyak potensi wisata alam dan budaya.

Ayo datang ke Pandeglang. Selamat menikmati wisata Pandeglang.

Featured Image: by @teguh.s_fotografi , sumber: IG @explorepandeglang.

Mari berbagi