10 Destinasi Wisata Purwokerto yang Lagi Hits 2019

Wisata Purwokerto – Kalau kamu melintasi jalur Pantai Selatan Jawa Tengah, destinasi wisata mana yang akan kamu kunjungi? Sudah mencoba traveling ke Purwokerto di Kabupaten Banyumas yang berudara sejuk? Bahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya merekomendasikan Purwokerto untuk menjadi destinasi di liburan kamu.

“Purwokerto memiliki karakter unik. Nature dan culturenya sebenarnya sama baiknya. Kombinasi luar biasa ini yang membesarkan pariwisata Purwokerto. Dengan kualitas luar biasa, Purwokerto layak sebagai destinasi wisata khususnya untuk libur Lebaran,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Daftar Isi:

Purwokerto memang layak menjadi destinasi wisata, karena daerah ini menawarkan konsep terbaik. Purwokerto Banyumas ini benar-benar luar biasa. Destinasinya cukup mudah dijangkau, karena menjadi salah satu jalur utama ke DI Yogyakarta.

Soal amenitasnya juga bagus. Banyak hotel, restaurant, cafe di Purwokerto. Pokoknya kamu bakal merasa nyaman kalau traveling ke Purwokerto.

Kalau kamu belum pernah jalan-jalan ke Purwokerto dan belum tahu jalan, sekarang Google Map sudah semakin canggih. Tinggal klik atau ‘voice search’, kamu akan dipilihkan rute terdekat/tercepat menuju lokasi.

Tempat Wisata di Purwokerto:

OK, sekarang kita bahas satu persatu tempat wisata di Purwokerto yang layak kamu kunjungi saat liburan.

1. Small World Purwokerto

Small World Purwokerto. (Foto: rob hamilton)
Small World Purwokerto. (Foto: rob hamilton)

Dunia berasa kecil di Taman Miniatur Dunia Purwokerto. Karena dengan mengunjungi Small World Purwokerto, kamu sudah bisa melihat berbagai bangunan yang masuk dalam keajaiban dunia.

Kamu bisa jalan-jalan santai, rekreasi sekaligus menambah pengetahuan di sini. Banyak miniatur bangunan terkenal dari seluruh dunia yang bisa kamu lihat.

Seperti Menara Eiffel, Twin Tower, Big Ben, Colosseum, Kincir Angin khas Belanda dengan bunga tulip yang khas, Patung Merlion, Angkorwatt, Kinkakuji, Taman Bunga Sakura, Opera House Sidney dan lainnya.

Small World purwokerto - tokeang oekoer
Small World Purwokerto. (Foto: tokeang oekoer)

Dunia berasa kecil di Taman Miniatur Dunia Purwokerto. Karena dengan mengunjungi Small World Purwokerto, kamu sudah bisa melihat berbagai bangunan yang masuk dalam keajaiban dunia.

Kamu bisa jalan-jalan santai, rekreasi sekaligus menambah pengetahuan di sini. Banyak miniatur bangunan terkenal dari seluruh dunia yang bisa kamu lihat.

Seperti Menara Eiffel, Twin Tower, Big Ben, Colosseum, Kincir Angin khas Belanda dengan bunga tulip yang khas, Patung Merlion, Angkorwatt, Kinkakuji, Taman Bunga Sakura, Opera House Sidney dan lainnya.

Small World Purwokerto - @larassitafaza
Small World Purwokerto. (Foto: @larassitafaza)

Tak ketinggalan juga ada rumah tradisional nusantara, Miniatur Bundaran HI, Tugu Monas, dan Patung Soedirman.

Cukup mudah menuju Small World Purwokerto, lokasinya di Jalan Raya Barat Baturraden sekitar 2,5 kilometer dari Lokawisata Baturraden atau sekitar 500 meter dari pertigaan kearah Curug Bayan.

Buka setiap hari, pukul 07:00 – 17:00 WIB

Harga Tiket Masuk Small World

  Dewasa Anak-anak – 12 Tahun
Weekday Rp. 20.000 Rp. 10.000
Weekend Rp. 25.000 Rp. 15.000

Telp: 082233000081, 085602001008

2. The Village

The Village Purwokerto- BSN
The Village Purwokerto. (Foto: BSN)

The Village Purwokerto adalah sebuah destinasi wisata terbaru dan nge-hits di kota purwokerto. Lokasinya berada di jalan raya Baturaden. Saat ini sedang menjadi perbincangan banyak orang yang ingin mendatanginya.

Selain disuguhkan dengan desain bangunan yang mewah nan megah, traveler juga bisa menikmati makanan khas purwokerto di The Village Purwokerto.

Tiket masuk The Village Purwokerto, untuk hari Senin-Jumat Rp. 10.000 dan di weekend hari Sabtu-Minggu Rp 18.000, dan libur hari besar Rp. 25.000.

The Village Purwokerto - @thevillagepurwokerto
(Foto: @thevillagepurwokerto)
The Village Purwokerto - @thevillagepurwokerto
The Village Purwokerto. (Foto: @thevillagepurwokerto)

Kalau mau jalan-jalan saat malam atau menikmati suasana malam hari di The Village cukup membayar 5.000 saja.

Untuk booking rombongan bisa hubungi nomor telpon: 08112990801 / 08112826168.

Menuju kemari bisa menggunakan taksi online berbasis aplikasi, Go-Car dan Grab.

3. Air Mancur Alun Alun Purwokerto

Air Mancur Alun-Alun Purwokerto - Fajar Kurniawan
Air Mancur Alun-Alun Purwokerto. (Foto: Fajar Kurniawan)

Melihat kegiatan sehari-hari penduduk sebuah kota juga bisa menjadi menyenangkan bagi traveler. Di Purwokerto kamu bisa datang ke Alun-Alun Purwokerto. Taman ini sangat modern dengan adanya air mancur yang berwarna-warni disinari lampu pada sore hingga malam hari.

Juga tersedia berbagai wahana ini seperti mobil lampu, odong-odong, becak-becakan dan banyak lainnya. Lumayan menjadi hiburan bagi yang mengajak anak-anak.

Kamu juga bisa duduk-duduk santai sambil menikmati wisata kuliner Purwokerto yang tersebar di sekitar area Alun-alun Purwokerto. Ada bonus view berupa Mal megah terbesar yang ada di Purwokerto yaitu Rita Mall Purwokerto.

4. Rita Super Mall

Rita SuPermal Purwokerto
Rita Super Mall Purwokerto

Rita Supermall adalah mal pertama yang ada di kota Purwokerto. Dibuka pada tanggal 22 Desember 2016, letaknnya di tengah kota atau tepatnya berada di depan alun–alun yang berada di depan Pendopo Kabupaten. Lokasinya strategis persis di depan pusat pemerintahan sekaligus tempat keramaian publik (alun–alun).

Kalau sedang traveling ke Purwokerto dan mencari beberapa kebutuhan, mal ini bisa menjadi pilihan utama. Termasuk lengkap, ada bioskop, atm, hingga publik corner. Dan yang pasti menjadi pilihan utama generasi millenial sebagai tempat nongkrong di Purwokerto.

Di dalamnya juga ada beberapa gerai kuliner seperti, Roti O, Tong Tji, Pizza, Kangkung Bakar, J.Co, BreadTalk, X.O Suki, dan lainnya.

5. Baturaden

Foto Batu Raden - Kokoh Handoko
Batu Raden. (Foto: Kokoh Handoko)

Destinasi wisata Baturraden Purwokerto ini sudah cukup terkenal. Walaupun kamu belum pernah kemari, mungkin kamu sudah pernah mendengar atau mencari tahu tentangnya.

Kecamatan Baturraden lokasinya berada di lereng selatan Gunung Slamet dan memiliki banyak tempat wisata. Kita bisa menikmati panorama alam yang cantik di banyak spot.

Batu Raden - wisata Purwokerto - Rina Maryanti
Batu Raden , salah satu tempat wisata di Purwokerto. (Foto: Rina Maryanti)

Karena letaknya yang berada di lereng gunung Slamet inilah menjadikan Batu Raden memiliki udara sejuk dan cenderung bertambah dingin waktu malam.

Jarak Purwokerto-Baturraden sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Dengan kendaraan umum bisa naik angkot dari terminal kota Purokerto dan turun di terminal lokawisata Baturraden. Kalau mau lebih praktis dan nyaman bisa menggunakan taksi.

6. Curug Telu

Curug Telu - @_muhamadfahreza
Curug Telu. (Foto: @_muhamadfahreza)

Purwokerto/Banyumas memiliki obyek wisata yang begitu memesona di kecamatan Baturraden. Salah satunya adalah obyek wisata Curug Telu. Curug Telu tepatnya berada di Desa Karangsalam.

Untuk menuju Curug Telu, kamu harus menuju kawasan Baturraden. Sebelum pintu masuk gerbang wisata Baturraden, kamu belok ke kanan menuju Desa Karangsalam.

Curug Telu - tempat wisata di Purwokerto Banyumas -  @hilmanmrch
Curug Telu, salah satu tempat wisata di Purwokerto Banyumas. (Foto: @hilmanmrch)

Sebelum masuk ke kawasan Curug Telu, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan utuh gunung Slamet yang indah. Dengan latar depan sawah di sisi kanan dan kiri jalan.

Curug Telu memiliki tiga titik air yang mengalir dari atas kebawah. Selain itu, curug ini juga jarang sekali terkena cahaya matahari langsung, kecuali sekitar pukul 12:00, saat matahari berada tepat diatas kepala kita.

Dan jika cuaca bagus pada siang hari, kamu bisa melihat kejernihan airnya sampai dasar. Padahal kedalaman airnya mencapai 5 meter lho.

7. Desa Wisata Ketenger

Desa Wisata Ketenger - destinasi wisata Purwokerto - Prawira Kencana
Desa Wisata Ketenger, destinasi wisata Purwokerto yang indah. (Foto: Prawira Kencana)

Traveling berwisata ke Baturraden, terasa belum lengkap kalau tidak mengunjungi Desa Wisata Ketenger. Desa ini terkenal karena alamnya yang begitu asri dan alami. Bahkan ada yang mengatakan kalau nuansa keindahannya mirip dengan suasana asri di Pedesaan Switzerland.

Berada di Desa Wisata Ketenger, kamu bisa menikmati pemandangan alam nan hijau dan mendatangi beberapa curug. Seperti Curug Gede, Curug Bayan, Curug Kembar, Curug Celiling, dan lainnya.

Bukan hanya keindahan alam yang bisa kamu nikmati, Kamu juga dapat menjelajahi situs peninggalan masa lampau di sini. Seperti Rel Lori yang pernah digunakan pada zaman Belanda sebagai pengangkut hasil hutan.

Menambah cerita perjalanan wisata, kamu juga dapat menikmati beberapa kesenian tradisional seperti Ebeg atau kuda lumping. Sebuah atraksi orang menaiki kuda mainan yang terbuat dari anyaman bambu.

Jangan lewatkan pula untuk berburu kuliner seperti tempe mendoan di Desa Wisata Ketenger.

8. Kebun Raya Baturaden / Baturraden Botanical Garden

Kebun Raya Baturaden - Robby Suliantoro
Kebun Raya Baturaden. (Foto: Robby Suliantoro)

Kalau dilihat sekilas, Kebun Raya Baturraden mirip dengan Kebun Raya Bogor. Obyek wisata ini rencananya akan dijadikan Taman Tanaman Pegunungan Jawa sejak peresmian pembukaan di tahun 2004 lalu.

Lanskap yang tepat, berada di lereng Gunung Slamet dan berada di tengah Pulau Jawa, menjadikan objek ini sangat prospektif sebagai obyek wisata terpadu di masa mendatang.

Jangan lupa foto-foto selagi berada di Kebun Raya Baturaden Purwokerto. Kamu bisa berfoto dan bergaya di komplek taman bunga.

Melihat foto-foto yang tersebar di media sosial aja sudah terlihat indah. Membayangkan bagaimana kalau melihat langsung di lokasi.

Baturraden Botanical Garden terlihat begitu indah dan luar biasa. Oleh karena itu, bisa jadi kamu akan terpana dan seakan tidak percaya kalau taman ini berada di Indonesia. Karena tumbuhan/bunga–bunga yang ada di Kebun Raya Baturaden bukan hanya bunga lokal, melainkan juga ada bunga impor dari luar negeri.

Tiket Masuk
Tiket Umum Rp10.000
Tiket Terusan Rp25.000

Parkir
Sepeda Motor Rp. 2.000
Mobil: Rp5.000
Bus: Rp10.000

Lokasi di Google Map: Baturraden Botanical Garden

9. Telaga Sunyi

Suka yang sunyi jauh dari dari hiruk pikuk kota dan hunian penduduk? Bisa coba deh datang ke Telaga Sunyi.

Dibalik namanya yang tampak “kesepian”, Telaga Sunyi memiliki pemandangan yang sangat memesona.

Air di tempat wisata ini sangat jernih karena berasal dari mata air alami Gunung Slamet. Berlokasi di tengah-tengah hutan, kesejukan udara dan suasana tenang pun bisa Anda peroleh saat berada di kawasan Telaga Sunyi.

Kamu bisa berenang dan menyelam di airnya yang jernih. Bisa lihat bebatuan indah yang ada di dasar telaga. Jangan lupa bawa kamera underwater agar bisa foto-foto di bawah air, seperti yang biasa dilakukan oleh pengunjung lainnya.

Harga Tiket Masuk Telaga Sunyi

  • Tiket masuk: Rp13.000
  • Parkir kendaraan: Rp3.000.

Lokasi di Google Map: Telaga Sunyi

10. Masjid Jendral Besar Soedirman

Berlibur ke Purwokerto, tidak ada salahnya mendatangi Masjid Jenderal Besar Soedirman untuk menunaikan ibadah sholat 5 waktu. Masjid ini adalah masjid terbesar yang ada di kota Purwokerto.

Arsitektur Masjid yang menawan baik di luar ataupun di dalam masjid membuat masjid ini selalu ramai dikunjungi. Baik oleh orang yang beribadah ataupun ingin menikmati keindahan masjid Jenderal Besar Soedirman Purwokerto.

Baca juga:
* 10 Destinasi Wisata Malang yang Keren dan ngeHits

Selamat Menikmati Wisata Purwokerto

Demikian ulasan singkat mengenai beberapa tempat wisata di Purwokerto yang layak kamu kunjungi saat liburan.

Masih banyak tempat wisata lain yang ada di Purwokerto Banyumas yang tidak kalah indahnya. Namun untuk sementara ini dulu ya. Nanti akan diupdate lagi.

Selamat liburan dan menikmati wisata Purwokerto.

Mari berbagi