Jalan-jalan ke Kota Solo Yuk!

Wisata Solo – Kota Solo memang menjadi salah satu magnet para traveler saat libur panjang. Traveler bisa tentukan tujuan wisata sesuai mood. Ada wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, atau mampir ke pasar untuk sekadar cuci mata.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Solo adalah salah satu daerah tujuan #PesonaMudik2019 yang memiliki banyak atraksi atau destinasi. Meski kental dengan budaya, Solo ternyata juga punya beberapa destinasi wisata sejarah, budaya, belanja yang layak disinggahi.

Di sisi lain, Solo mempunyai kekompakan dalam memajukan pariwisata. Baik pemerintah daerah, pengusaha, maupun masyarakat umum.

“Semangat membangun pariwisata ini akan mendorong iklim bisnis dan investasi yang kondusif di Solo. Yang jelas, majunya pariwisata juga akan berimbas luas hingga ke masyarakat. Roda perekonomian akan berputar lebih baik,” ujarnya, Sabtu (11/5).

Daftar Isi Wisata Solo:

Tempat Wisata di Solo

Untuk kamu yang baru bertandang ke kota yang terkenal dari lagu “Bengawan Solo” ini, bisa simak beberapa tempat wisata di Solo yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Baca juga:
* Top 10 Wisata Kuliner Solo

1. Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi - @soloindonesia
Museum Batik Danar Hadi (Foto: IG @soloindonesia)

Bangunan Museum Batik Danar Hadi atau dikenal juga dengan nama House of Danar Hadi berdiri megah diantara rimbunnya pepohonan. Dari luar, suasananya tampak begitu asri.

Museum ini berdiri sejak tahun 1967, dan konon memiliki koleksi lebih dari 10.000 lembar kain.

Batik-batik yang dikoleksi kebanyakan merupakan koleksi pribadi dari H. Santosa Doellah. Dan tentu ada batik yang dibuat di workshop Danar Hadi, juga batik-batik hasil lelang, dan pemberian dari beberapa publik figur tenar.

Karena memiliki banyak sekali koleksi batik, museum ini juga masuk MURI sebagai museum dengan koleksi batik terbanyak di dunia.

2. Kampoeng Batik Lawean

Kampoeng Batik Lawean - wisata solo - pariwisatasolo. surakarta. go. id
Kampoeng Batik Lawean. (Sumber: pariwisatasolo.surakarta.go.id)

Dimana pusat batik tertua di Kota Solo? Salah satunya adalah di Kampoeng Batik Lawean. Sebagian penduduk kampung ini berprofesi sebagai pembuat dan pedagang batik.

Kampung ini sudah menjadi ikon batik Solo dari abad ke-19. Dan sampai saat ini, sudah lebih dari 250 motif batik khas Lawean sukses dipatenkan.

Kampoeng Batik Laweyan tidak hanya menawarkan produk batik untuk dibeli, disini kamu bisa mengikuti paket wisata workshop membuat batik.

Traveler bisa mengikuti kursus membatik dalam waktu singkat. Hhusus bagi yang ingin mendalami teknik membatik, ada pula pelatihan membatik secara intensif, baik batik tulis maupun batik cap.

3. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman - @dyah.prawitosari
Kampung Batik Kauman, salah satu tempat wisata di Solo. (Foto: IG @dyah.prawitosari)

Selain Kampoeng Batik Lawean, kamu bisa mencari produk batik di showroom batik dan rumah-rumah yang memproduksi batik di Kampung Batik Kauman.

Produk batik dari kampung Kauman juga banyak dijual ke luar negeri. Tinggal pilih aja, mau kemana.

Bedanya batik di Kampung Batik Kauman cenderung menggunakan warna gelap.

4. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market - pasargedhe. wordpress. com
Ngarsopuro Night Market. (Sumber: pasargedhe.wordpress.com)

Hanya ada di Hari Sabtu dan Minggu pukul 18-00 sampai 22.00, Pasar Malam Ngarsopuro juga seru untuk didatangi. Di sini kamu bisa menikmati suasana Kota Solo di waktu malam, belanja berbagai kerajinan tangan dan oleh-oleh khas Solo.

Kamu bisa menjumpai dan membeli barang-barang yang memiliki karakter Solo di Ngarsopuro Night Market. Ada aneka pernak-pernik, batik, mainan anak tradisional, bahkan ada juga loh gerai batu akik.

Lokasi Ngarsopuro Night Market yang sangat strategis, persis berada di depan Pura Mangkunegaran dan berdekatan dengan Keraton Kasunanan Surakarta.

Jadwalkan jalan-jalan ke Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan Surakarta, setelah itu baru mampir di Ngarsopuro Night Market.

5. Pandawa Water World

Pandawa Water World - pandawa-lima. com 2
Pandawa Water World. (Sumber: pandawa-lima.com)

Pandawa Water World sebenarnya sudah masuk wilayah Kabupaten Sukoharjo. Namun masih termasuk dekat lah dari pusat Kota Solo/Surakarta. Jadi tetap dimasukkan dalam list tempat wisata di Solo ini.

Kamu akan puas bermain air di sini bersama keluarga atau kawan seperjalanan. Karena ada 27 wahana air yang disediakan oleh pengelola Pandawa Water World. Ada wave pool, sight tower, action river, warm spa, dan lainnya.

Loaski Pandawa Water World
Komplek Pandawa Jalan Cemara Raya Gedangan, Grogol, Sukoharjo.

Pandawa Water World - pandawa-lima. com
Pandawa Water World. (Sumber foto: pandawa-lima.com)

Harga Tiket Masuk Pandawa Water World

  • WEEKDAY (Senin-Jum’at) : Rp 80.000
  • WEEKENDS (Sabtu Minggu): Rp 100.000
  • Gratis bagi yang berulangtahun (Tunjukkan kartu identitas diri dan fotokopinya)

Waktu Buka:

  • Weekdays (Monday – Friday) : 12.00 – 18.00
  • Weekends (Saturday, Sunday, & Public Holiday) : 08.00 – 18.00
  • Swimming Pool (all Day) : 07.00 – 18.00
  • Jika Selasa tanggal merah (public holiday) Pandawa Tetap Buka / beroperasional, dan libur diganti hari Rabu.

6. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran - pesona.trave - wisata Solo
Pura Mangkunegaran. (Foto: pesona.travel)

Pura Mangkunegaran adalah istana yang megah dan indah di Kota Solo. Nama Pura berasal dari bahasa Jawa yang berarti istana atau kerajaan. Pura Mangkunegaran didirikan pada tahun 1757.

Pura Mangkunegaran menjadi pusat budaya dan seni di Kota Solo. Berbagai koleksi berharga disimpan didalamnya, dan dipercaya berasal dari zaman Kerajaan Mataram dan Majapahit.

Kalau kamu berkunjung kemari, kamu akan ditemani seorang tour guide. Begitu memasuki pintu gerbang, akan langsung diajak menuju pendopo bergaya Jawa-Eropa.

Pendopo ini biasa digunakan untuk pertunjukkan tari dan wayang. Lalu kamu juga bisa masuk ke Pringgitan, tempat keluarga kerajaan tinggal. Termasuk ke tempat penyimpanan benda-benda kerajaan.

7. Kraton Surakarta Hadiningrat

Kraton Surakarta Hadiningrat - @aprilianpratama
Kraton Surakarta Hadiningrat. (Foto: IG @aprilianpratama)

Kraton Surakarta Hadiningrat atau Keraton Kasunanan didirikan pada tahun 1744 oleh Susuhan Pakubuwono II (Sunan PB II). Kraton ini dibangun sebagai pengganti Keraton Kartasura yang rusak akibat Geger Pecinan di tahun 1743.

Meski terbuka untuk umum, ada beberapa tempat yang kamu tidak boleh dimasuki. Salah satunya adalah kediaman Raja Pakubuwono.

Kamu boleh masuk ke pendopo besar di dalam Sasana Sewaka. Tempat tersebut biasa digunakan untuk pertunjukan tari dan gamelan.

Lalu kamu juga bisa mengunjungi museum yang ada di dalam kawasan Keraton Kasunanan. Ada banyak koleksi kerajaan yang tersimpan. Seperti kereta kencana, senjata kuno, tandu, patung, dan lain-lain.

8. Pasar Triwindu

Pasar Triwindu - pariwisatasolo. surakarta. go. id
Pasar Triwindu. (Foto: pariwisatasolo.surakarta.go.id)

Pasar ini menyediakan barang-barang antik dengan kondisi yang masih terjaga. Keunikan tersebut menjadiannya sebagai bagian dari wisata budaya di Kota Solo. Wisatawan bisa menemukan perabotan vintage lucu dari masa lalu seperti kursi, lemari, gramofon, cermin, koin kuno, sepeda kuno, piring dan perabot lainnya.

Pasar Triwindu berdiri sejak tahun 1939. Kepopulerannya saat ini bahkan meluas hingga ke mancanegara. Terbukti, banyak turis asing yang singgah ke pusat perniagaan tersebut. Keunikan barang-barang yang dijual, kemungkinan menjadi daya tarik bagi mereka.

Lihat di Google Map: Pasar Triwindu

9. Pasar Klewer

Pasar Klewer - Tahta Aidilla - Republika
Pasar Klewer. (Foto: Tahta Aidilla/Republika)

Mau belanja tekstil di Solo? Meluncur saja ke Pasar Klewer, pasar tekstil terbesar di Jawa Tengah. Letaknya persis bersebelahan dengan Keraton Surakarta Hadiningrat.

Pasar Klewer melayani transaksi ribuan pedagang dan pembeli setiap harinya. Tercatat ada 2.211 pedagang yang memiliki kios dan 765 pedagang yang tidak memiliki kios.

Pasar ini juga menjadi ikon Kota Solo yang lebih modern. Pembeli di Pasar Klewer bisa mendapat potongan harga lumayan besar jika berbelanja dalam jumlah banyak. Jangan lupa tips berbelanja di Pasar Klewer, pintar-pintar menawar ya.

10. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg - @soloevent
Benteng Vastenburg. (Foto: IG @soloevent)

Kalau kamu suka dengan wisata sejarah, cobalah datang ke Benteng Vastenburg.

Area Benteng Vastenburg memiliki luas sekitar 40.000 meter persegi. Berbeda dengan ‘saudara’nya di Jogja, Benteng Vredeburg yang terawat dan menjadi tujuan wisata, Benteng Vastenburg justru sepertinya sempat terlupakan.

Kabar baiknya, akhirnya pada tahun 2014, restorasi Benteng Vastenburg mulai dilakukan.

Benteng Vastenburg didirikan pada tahun 1745 oleh Gubernur Jenderal Baron van Imhoff. Berdiri diantara Keraton Kasunanan Surakarta dengan Kantor Gubernur Belanda, yang sekarang adalah Balai Kota Surakarta.

Di sini, kamu bisa foto-foto dengan latar belakang bangunan benteng yang kuno, yang akan membuat foto anda unik dan instagramable.

Baca juga:
* 10 Destinasi Wisata Purwokerto yang Lagi Hits 2019

Ayo ke Solo

Demikian beberapa tempat wisata di Solo yang bisa kamu kunjungi saat libur sekolah, libur akhir pekan, atau saat libur lebaran.

List ini mungkin tidak sempurna ya, tapi paling tidak bisa menjadi acuanmu sebelum berangkat berwisata ke Solo.

Semoga bermanfaat. Selamat menikmati wisata Solo.

Mari berbagi