AYO Jelajahi 11 Destinasi Wisata Tangerang yang Asyik Ini

Wisata Tangerang – Kota Tangerang Provinsi Banten berada di sebelah Barat DKI Jakarta. Mungkin kamu jarang mendengarnya, Tangerang ternyata memiliki sejumlah tempat wisata yang tak kalah menarik. Destinasinya bisa dikunjungi saat libur sekolah, wiken, dan tentu saat mudik lebaran #PesonaDestinasiLebaran2019.

Seperti kabupaten di Banten lainnya, Tangerang juga punya ciri khas pada tempat wisatanya. Tak salah kalau wisata Tangerang masuk dalam list-mu saat berlibur.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, juga meminta semua pihak menjaga destinasi, budaya dan alam. Menurutnya, setiap daerah harus terus mengedepankan konsep 3A untuk mengembangkan pariwisata

“Semakin meningkatnya pariwisata di satu daerah, akan meningkatkan kunjungan wisata. Sehingga, akan memberikan dampak langsung terhadap perekonomian masyarakat. Termasuk juga di Tangerang,” ujarnya.

Baca ini ya:
* Asyiknya Naik Bus Wisata Berkeliling Kota Tangerang

Tempat Wisata di Kota Tangerang

Menpar Arief Yahya juga mengatakan, di Banten sendiri punya destinasi wisata yang banyak dan menarik, termasuk Tengerang. Semuanya dapat dijadikan sebagai lokasi liburan yang pas untuk seluruh keluarga saat liburan.

“Jangan dikira tempat wisata di Banten yang bagus hanya di Tanjung Lesung. Masih banyak destinasi indah di daerah lainnya. Salah satunya ya di Tangerang ini. Selain pemandangan alamnya yang luar biasa, juga sangat cocok untuk liburan keluarga,” ujar Menpar Arief Yahya.

Berikut ulasan tempat wisata di Tangerang yang bisa kamu nikmati saat liburan #PesonaMudik2019 #Top10DestinasiLebaran:

Scientia Square Park - @myworldmyjourneymyday
Scientia Square Park (Foto: @myworldmyjourneymyday)

1. Scientia Square Park

Destinasi wisata Scientia Square Park sangatlah mudah dijangkau. Dengan konsep taman terbuka, salah satu tempat wisata di Tangerang ini menawarkan banyak spot foto dan aktivitas menarik. Beberapa diantaranya adalah jogging, wall climbing, inline skate, yoga, memberi makan ikan koi, dan berbagai aktivitas outdoor lainnya.

Kalau kamu memiliki anak, juga bisa ajak si kecil untuk berinteraksi langsung dengan kupu-kupu berwarna-warni yang banyak ditemukan di area The Metamorphosis of Butterfly.

Sembari menemani anak bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitar, kamu bisa bersantai sejenak di Universe Amphitheater. Tersedia tempat duduk berupa lantai kayu yang artistik dan bantal-bantal besarberwarna hijau di Universe Amphitheater.

Tempat wisata di Tangerang ini sangat tepat jika Anda berencana mengajak anggota keluarga untuk piknik di lapangan terbuka sambil menikmati kebersamaan. Scientia Square Park terbuka untuk umum, mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB setiaphari.

Terletak di Jl. Scientia Boulevard Gading Serpong, Tangerang.

Museum Benteng Heritage - @rdwiraputra
Museum Benteng Heritage (Foto: IG @rdwiraputra)

2. Museum Benteng Heritage

Bagi Anda yang menyukai objek wisata sejarah, jangan lewatkan datang ke Museum Benteng Heritage di Tangerang. Museum ini merupakan sebuah gedung yang dibangun pada abad ke-17 dengan sentuhan arsitektur tradisional Tionghoa.

Museum Benteng Heritage merupakan salah satu bangunan yang paling tua di Kota Tangerang.

Kamu bisa menyaksikan banyak hal menarik di tempat wisata di Tangerang ini, khususnya sejarah etnik Tionghoa. Salah satunya adalah sejarah mendaratnya armada Cheng Ho di Indonesia.

Ada sebuah galeri yang menyimpan berbagai model kamera kuno. Kamu bisa sedikit mengetahui sejarah fotografi di sini. Kamu pun bisa mempelajari sejarah musik melalui koleksi beberapa alat pemutar lagu.

Pada momen tertentu, akan ada banyak acara yang diselenggarakan didalam area museum. Agenda semacam ini juga menjadi salah satu daya tarik Museum Benteng Heritage.

Meskipun berbentuk bangunan tua, museum ini tetap menciptakan kesan oriental yang hangat. Tak heran, tempat wisata ini masih cukup ramai dikunjungi hingga kini.

Lokasi Museum berada di Jalan Cilame No. 20, Pasar Lama, Tangerang.

Buka di Google Map: Museum Benteng Heritage

marcopolo waterpark - @marcopolowaterpark
marcopolo waterpark (Foto: IG @marcopolowaterpark)

3. Marcopolo Waterpark

Jangan lewatkan juga berwisata ke Marcopolo Waterpark Serpong, salah satu tempat wisata air di Tangerang. Apalagi kalau kamumemilik anak.

Marcopolo Waterpark menawarkan beberapa wahana permainan air, seperti big slider dan kolam arus. Selain itu, ada pula kolam renang untuk anak-anak yang dilengkapi dengan air mancur.

Hal menarik lainnya adalah, Marcopolo Waterpark Serpong berada di lantai 5 Gedung Great Western. sehingga kamu bisa melihat langsung pemandangan Kota Tangerang dari ketinggian sembari bermain air. Asik kan.

Tersedia berbagai fasilitas pendukung di tempat wisata ini untuk menambah kenyamananmu, seperti misalnya ruang ganti, kamar mandi, dan loker.

Lokasi Marcopolo Waterpark berada di Gedung Great Western, Jalan Kampung No. 58, Panunggangan Utara, Pinang, Kota Tangerang.

Taman Buaya Tanjung Pasir - @adityasuryadarma
Taman Buaya Tanjung Pasir. (Foto: IG @adityasuryadarma)

4. Taman Buaya Tanjung Pasir

Kamu akan disuguhi dengan pemandangan unik dan membuat adrenalin mengalir, kalau erkunjung ke Taman Buaya Tanjung Pasir. Bagaimana tidak, tempat ini adalah area penangkaran buaya yang cukup besar. Kamu bisa melihat secara langsung ratusan buaya berbagai ukuran yang dikoleksi di tempat wisata di Taman Buaya Tanjung Pasir Tangerang ini.

Meskipun demikian, tak perlu khawatir dengan dengan buaya-buaya tersebut. Karena faktor keamanan sudah dipikirkan dan diperhatikan oleh pengelolanya.

Banyak pepohan rindang disini, sehingga suasananya terasa teduh saat berkunjung. Tidak ada atraksi khusus yang disuguhkan, tetapi kamu bisa melihat bagimana buaya-buaya tersebut diberi makan.

Taman Buaya Tanjung Pasir buka setiap hari, pukul 08.00 WIB – 18.00 WIB.

Harga tiket masuk:
Dewasa: Rp8.000
Anak-anak: Rp4.000

Alamat: Tanjung Pasir, Teluknaga, Tangerang, Banten.

Situ Cihuni - wisata tangerang - @salhabibi
Situ Cihuni. (Foto: IG @salhabibi)

5. Situ Cihuni

Situ Cihuni menawarkan keindahan alam yang menyegarkan. Tak heran, banyak orang berkunjung ke “situ” atau danau ini. Di area ini, rerumputan hijau dan pepohonan rindang menjadi pemandangan alami yang terlihat di mana-mana.

Kamu suka bersepeda? Situ Cihuni adalah salah satu lokasi bersepeda dengan rute yang cukup menantang. Rute yang cukup populer bagi para pesepeda ini termasuk dalam Jalur Naga.

Bukan hanya itu, tempat wisata di Tangerang ini juga memiliki kawasan agrowisata seluas 32 hektare. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan, termasuk memanen sayuran dan buah.

Fasilitas menarik lain yang tersedia di Situ Cihui adalah tempat bersantap yang berbentuk saung dari bambu. Lokasinya unik dilengkapi dengan sajian masakan tradisional yang lezat. Membuat tempat ini layak untuk kamu kunjungi saat wiken/liburan.

Situ Cihuni berada di Desa Cihuni, Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Buka di Google Map: Situ Cihuni

Pulau Cangkir Kronjo - @muammarqadafi17
Pulau Cangkir Kronjo. (Foto: IG @muammarqadafi17)

6. Pulau Cangkir Kronjo

Pesisir utara Kabupaten Tangerang memiliki pesona tersendiri. Di wilayah ini, terdapat sebuah kawasan yang berbentuk serupa cangkir dengan luas 4,5 hektare. Pulau kecil ini terhubungkan dengan daratan oleh sebuah jembatan yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa menit.

Pulau ini menyimpan keunikan tersendiri walaupun berukuran kecil. Selain menikmati keindahan pantai disekitarnya, kamujuga bisa melakukan ziarah di makam salah seorang ulama besar di Banten, yaitu Syekh Waliyuddin.

Memang, Pulau Cangkir ini lebih terkenal dengan wisata ziarahnya daripada sekadar hiburan semata. Ketika memasuki bulan Maharram, ada banyak peziarah yang datang ke pulau ini.

Bonusnya, kamu juga dapat menikmati panorama mangrove yang hijau dan menyegarkan.

Selain wisata ziarah dan menikmati pemandangan, mengamati secara langsung kehidupan sehari-hari nelayan juga mengasikkan di sini. Bisa melihat para nelayan merawat kapal sampai mengolah hasil tangkapan.

Wisata pulau cangkir ini berlokasi di Desa Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, Serang.

Telaga Biru Cisoka - tempat wisata di tangerang - @masmunir94
Telaga Biru Cisoka, salah satu tempat wisata di Tangerang yang ngehtis. (Foto: @masmunir94)

7. Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka juga dikenal dengan nama Danau Biru Cigaru. Tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata di Tangerang yang cukup populer.

Danau ini memang berwarna biru cantik, apalagi jika berpadu dengan latar belakang pemandangan bukit-bukit batu di sekitarnya. Dulunya, tempat ini merupakan tempat galian pasir. Tetapi saat ini galiannya sudah tidak lagi beroperasi.

Setelah beberapa lama, lubang bekas galian pasir tersebut terisi oleh air hujan. Lama-kelamaan, air yang tertampung semakin banyak sehingga membentuk telaga.

Ada 2 (dua) danau yang bisa dikunjungi di destinasi wisata ini. Danau pertama berada di sebelah kanan pintu masuk. Air danau yang satu ini berwarna biru.

Sementara itu, danau kedua yang berada di sebelah kiri pintu masuk, memiliki air yang berwarna hijau. Ukurannya pun lebih luas. Perbedaan warna danau ini dipengaruhi oleh kadar keasamannya.

Kamu bisa berkunjung ke telaga ini dengan datang langsung ke Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang.

Masjid Raya Al-A’zhom Tangerang - situsbudaya id
Masjid Raya Al-A’zhom Tangerang. (Sumber: situsbudaya.id)

8. Masjid Raya Al-A’zhom Tangerang

Saat berada di Kota Tangerang dan memasuki waktu sholat, cobalah mampir di Masjid Raya Al-A’zhom Tangerang.

Masjid Raya Al A’zhom Tangerang memiliki kubah yang sangat besar bertumpuk-tumpuk dan berjumlah lima buah. Satu kubah besar berada di tengah-tengah masjid.

Terlihat pula 4 menara bersusun empat yang ramping dan tinggi dibuat mengelilingi masjid di keempat sudutnya.

Beduk di Masjid Raya Al A'Zhom Tangerang - Yuana Fatwalloh - kumparan
Beduk di Masjid Raya Al A’Zhom Tangerang – (Foto: Yuana Fatwalloh/kumparan)

Masjid ini juga memiliki beduk yang konon merupakan yang terbesar se-Indonesia lho. Ukuran beduknya itu diameter sekitar 185 sentimeter, panjang 300 sentimeter. Terbuat dari kayu murni, kayu gelondongan, bukan sambungan.

Beduk tersebut ternyata terbuat dari kayu rimba atau kayu winong utuh, yang berumur sekitar 200 tahun. Kayunya berasal dari Hutan Alas Roban, Kendal, Jawa Tengah.

Beduk tersebut juga terbuat dari kulit lembu warna cokelat. Sementara, permukaan kayu yang digunakan sebagai badan beduk dicat berwarna coklat mengkilat.

Amsterdam Water Park -cwisata tangerang - @iamsterdamwaterpark
Amsterdam Water Park -Wisata air di Tangerang. (Foto: IG @iamsterdamwaterpark)

9. Amsterdam Water Park

Berlibur bersama keluarga atau kawan-kawan di taman air/kolam renang tentu mengasikkan ya. Amsterdam Water Park bisa menjadi pilihanmu kalau kamu sedang berada di Kota Tangerang.

Sesuai namanya, waterpark ini bertemakan ‘Belanda’. Ada kincir air khas Belanda yang menjadi ikonnya.

Alamat Villa Tomang Baru Square No. 1, Jalan Raya Boulevard, Gelamjaya, Pasarkemis, Tangerang.

Harga tiket masuk Amsterdam Water Park:
Hari biasa: Rp. 35.000
Akhir pekan: Rp. 45.000

Kampung Bekelir - tempat wisata di tangerang - @dio.bramasto
Kampung Bekelir, tempat wisata di Tangerang. (Foto: IG @dio.bramasto)

10. Kampung Bekelir

Dulunya kawasan ini dikenal sebagai kawasan kampung yang kumuh. Namun sekarang sudah ‘disulap’ menjadi tujuan wisata yang sedang nge-hits di Tangerang.

Rumah-rumah di sini berwarna-warni dengan kreasi visual yang kreatif. Membuatnya sayang untuk dilewatkan kalau lagi mampir ke Tangerang.

Gambar mural yang menghiasi tembok rumah-rumah di Kampung Bekelir ini mengangkat kearifan lokal. Menunjukkan bahwa kampung ini multikultur, bisa menerima beragam agama dan budaya.

Kampung Bekelir - wisata tangerang - @ristiyono.ssi
Kampung Bekelir. (Foto: IG @ristiyono.ssi)

Kamu bisa melihat gambar kupu-kupu, Bandara Soekarno-Hatta, Patung Buddha, Barongsai, dan lainnya di sini. Dan bukan hanya di tembok, paving block jalanan kampung pun dihiasi dengan gambar-gambar kreatif bewarna-warni.

Sejak November 2018 lalu, sudah ada flying deck di pinggiran Sungai Cisadane. Kamu bisa bersantai sambil berfoto ria di flying deck ini.

Coba datang di sore hari, setelah berkeliling kampung bisa duduk-duduk dan menikmati sajian kuliner di tepi sungai Cisadane.

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No.16, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten

Boen Tek Bio Tangerang - @bobbykurniawanfl
Boen Tek Bio Tangerang. (Foto: IG @bobbykurniawanfl)

11. Boen Tek Bio

Boen Tek Bio adalah kuil Tionghoa tertua yang ada di Tangerang. Boen Tek Bio dalam bahasa Indonesia berarti Kuil Literatur dan Kebajikan.

Dijelaskan di Wikipedia, Boen Tek Bio dibangun pada tahun 1684 dan menjadi bagian penting dari sejarang Tangerang, khususnya sejarah pemukiman Tionghoa di Tangerang. Pernah direnovasi besar di tahun 1844, kemudian penambahan sayap kanan dan kiri di tahun 1875.

Lokasi Boen Tek Bio berada di Pasar Lama Tangerang. Setelahnya kamu bisa menikmati wisata kuliner di Pasar Lama ini. Bisa coba Es Bun Tin, Es Podeng Varia, Laksa Benteng, dan Sate H. Ishak.

Baca juga:
* 12 Rekomendasi Wisata Populer di JAKARTA

Ayo ke Tangerang

Ternyata Tangerang juga memiliki banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi saat liburan ya. Menambah daftar wisata Banten yang keren-keren.

Kami yakin masih banyak destinasi wisata lain yang belum masuk di artikel ini. Kamu bisa eksplorasi sendiri wisata Tangerang sesuai dengan seleramu.

Jangan lupa jalan-jalan dan menikmati wisata Tangerang.

Mari berbagi