10 Kuliner Favorit Tasikmalaya

Kuliner Tasikmalaya – Traveling ke Tasikmalaya Jawa Barat berasa ga lengkap kalau tidak mencoba beragam kulinernya yang khas dan terkenal. Kali ini RamahTraveler akan mengulas secara singkat beberapa tempat makan enak yang ada di Tasikmalaya.

Kuliner lezat di kota dengan julukan Mutiara dari Priangan Timur ini beragam. Mulai dari masakan Sunda sampai makanan yang juga tenar di kota lain. Keberagam ini memberikan alternatif bagi para pecinta kuliner untuk menentukan pilihan.

Daftar Isi:

Menteri Pariwasata, Arief Yahya, mengungkapkan kegembiraanya melihat perkembangan wisata kuliner di Taksimalaya yang didukung banyak kalangan.

Arief Yahya mengatakan, potensi kuliner di Tasikmalaya ini sangat tinggi. Kalau terus dikelola dengan baik, tentu bisa lebih meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tasikmalaya.

Selain kesiapan dari pengelola kulier, jangan lupakan untuk terus mempromosikannya. “Promosi berupa keunggulan dari kulier Tasikmalaya sampai informasi lengkap menuju tempat kulinernya,” tambah Arief.

Dengan tersedianya informasi yang lengkap, tentu wisatawan akan lebih mudah mencari dan mendapatkan tempat kuliner yang diinginkannya.

Baca juga:
* Jelajah Rasa Kuliner Sukabumi, ada yang Legend dan Unik

Tempat Makan di Tasikmalaya

Biar lebih jelas tentang lokasi kuliner di Tasikmalaya, berikut ini kami ulas 10 kuliner unggulan di Tasikmalaya. Simak ya.

1. Nasi Cikur Penyerutan

Nasi Cikur dan lauk pendamping. Foto dari IG @dgoeitar
Nasi Cikur dan lauk. (Foto: @dgoeitar)

Kuliner legend di Tasikmalaya ini adalah nasi goreng yang memakai kencur sebagai salah satu bumbunya. Cikur artinya kencur. Kencur yang dipakai sebagai bumbu nasi goreng dipilih yang masih muda dan umbi masih putih warnanya.

Kencur tentunya memberikan sensasi rasa dan aroma yang berbeda. Rasanya benar-benar nendang luar biasa. Dan harganya juga terjangkau.

Cara membuat Nasi Cikur Penyerutan tidak beda dengan membuat nasi goreng biasa.

Bumbu kencur muda, bawang merah, bawang putih, garam, dan terasi goreng dihaluskan. Lalu, digoreng bersama nasi.

Nasi Cikur yang terkenal dan legend, dan sepertinya satu-satunya, berada di pertigaan jalan Penyerutan, Tasikmalaya.

Bernama Kantin 43, tempat makan ini selalu ramai didatangi oleh penikmat kuliner dari berbagai kota di Jawa Barat.

Kalau ingin makan nasi cikur datang-datang pagi-pagi ke Kantin 43 dan jangan kesiangan. Buka dari pukul 06.00 WIB. Karena laris banget, pukul 8.00 WIB biasanya sudah habis.

2. Tutug Oncom

Tutug Oncom - Tasikmalaya - @kangyudiman
Tutug Oncom. (Foto: IG @kangyudiman)

Nasi Tutug Oncom memang populer di Jawa Barat, termasuk di Tasikmalaya. Nasi Tutug Oncom, biasa disingkat nasi TO, merupakan perpaduan olahan oncom dengan nasi. Rasa oncom mendominasi rasa makanan ini.

Olahan beragam bumbunya menghasilkan cita rasa lezat oncom. Bumbunya, ada kencur, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula.

Salah satu tempat yang menjual tutug oncom di Tasikmalaya adalah warung TO Benhil. Berada di Jalan Dadaha, Tasikmalaya. Sudah berdiri sejak tahun 1998. Jam bukanya pagi hari dan selalu ramai oleh pengunjung.

3. Bubur Ayam H. Zaenal

Bubur Ayam H. Zaenal - kuliner tasikmalaya - @yetriegusti
Bubur Ayam H. Zaenal – kuliner Tasikmalaya. (Foto: IG @yetriegusti)

Bubur ayam dari gerai Kalektoran H. Zaenal sudah sangat populer di warga Tasimalaya. Infonya sih, sudah berdiri sejak tahun 1969.

Istimewanya bubur ayam H. Zaenal ada pada tekstur lembut dan agak encer ketika makanan dinikmati.

Suwiran ayam kampung, cakwe, hati ayam, dan daun bawang, bisa bikin ngiler bagi yang baru melihatnya. Bubur di dalam mangkok terlihat menggunung. Di atasnya ada potongan hati, suwiran ayam.

Rasanya, jangan ditanya, gurih, lezat dan ajib.

Bubur Ayam Kalektoran H. Zaenal berada di jalan R. Ikik Wiradikarta No. 33, Tasikmalaya.

4. Soto Ayam Pataruman

Soto Ayam Pataruman - kuliner tasikmalaya - @degembulers
Soto Ayam Pataruman. (Foto: IG @degembulers)

Soto Ayam Pataruman sangat dikenal di Tasikmalaya. Kuah santannya begitu gurih dan lezat. Bahan utama soto memakai ayam kampung. Hal ini membuat rasa soto menjadi lezat dan nikmat.

Kamu bisa dapat memilih isi soto ini. Bisa pilih isi daging paha, daging dada, ati ampela, telur, dan lainnya.

Ternyata soto ayam ini juga sudah lama ada, yaitu sejak tahun 1960. Alamat Soto Ayam Pataruman berada di jalan Pataruman No.23, Yudanagara, Cihideung, Tasikmalaya.

5. Mie Bakso Laksana

Mie Bakso Laksana - tempat makan di tasikmalaya - @bubueataway
Mie Bakso Laksana – salah satu tempat makan di Tasikmalaya. (Foto: IG @bubueataway)

Mie Bakso Laksana ini selalu ramai saat akhir pekan. Apalagi kalau libur Lebaran, antreannya luar biasa.

Mie dengan irisan daging ayam plus daun bawang, memberikan rasa gurih yang membuat pengunjungnya ketagihan. Bawang goreng dan sambal pedas yang bercampur di kuah, membuat bakso ini semakin enak disantap.

Kalau mau datang ke gerai bakso ini, kamu bisa meluncur ke Jalan Pemuda No. 5 Kota Tasikmalaya.

6. Kupat Tahu Mangunreja

Kupat Tahu Mangunreja - @alfian.e.putra
Kupat Tahu Mangunreja. (Foto: IG @alfian.e.putra)

Suka Kupat tahu ga? Kalau mau coba kupat tahu di Tasikmalaya, datangi saja Kupat Tahu Mangunreja yang sudah sangat dikenal. Lokasinya berada di Jalan Raya Mangunreja, Kampung Toblongan, Tasikmalaya.

Kupat Tahu Mangunreja, terdiri dari ketupat, potongan tahu, dan bumbu kacang yang kental.

Rasa ketupat ini sangat lezat, dihasilkan dari beragam bumbu.. Antara lain ada daun bawang, kacang tanah, parutan kelapa, cabai, garam, asam, santan, dan gula aren.

7. Pecel Oranye

Pecel Oranye Tasikmalaya - travelingholic. com
Pecel Oranye Tasikmalaya. (Sumber: travelingholic.com)

Pecel ini sudah ada dari masa pendudukan Belanda tahun 1923, oleh Sopiah. Kemudian diteruskan oleh keturunannya sampai saat ini.

Awalnya bernama Pecel Orange, lalu pada masa Jepang berkuasa namanya berubah menjadi Pecel Asia. Setelah Indonesia merdeka namanya berubah lagi menjadi Pecel Oranye.

Bumbu pecel oranye memiliki kombinasi rasa pedas, asam, manis, dan asin, yang disiramkan ke sayuran. Nikmat dan segarnya terasa sekali ketika masuk kedalam mulut.

Pecel Oranye sudah lama menjadi salah satu kuliner andalan di Tasikmalaya. Penyajiannya dibuat tak berubah seperti pada masa lampau. Makan di sini, seakan berada pada masa lalu. Sederhana.

Alamat Pecel Oranye, di Jalan Empang No. 27, Tasikmalaya.

Buka di Google Map: Pecel Oranye

8. Martabak Ramayana

Martabak Ramayana Tasikmalaya - info. pikiran-rakyat. com
Martabak Ramayana Tasikmalaya. (Sumber: info.pikiran-rakyat.com)

Salah satu kulliner ajib di Tasimalaya adalah Martabak Ramayana. Berdiri sejak 1993. Martabak Ramayana memiliki cabang hampir di setiap sudut Kota Tasikmalaya. Buat yang ingin memesan mesti rela antre panjang.

Martabak yang disukai warga Tasikmalaya, isi keju, kacang, dan cokelat. Satu porsi martabaknya bisa dimakan oleh 3 hingga 4 orang. Menu andalan lainnya, martabak manis tipis kering. Alamatnya ada di jalan Tentara Pelajar No.70,Tawang, Tasikmalaya

9. Tahu Bulat

Tahu Bulat Tasikmalaya - @lyn_culinary
Tahu Bulat Tasikmalaya. (Foto: IG @lyn_culinary)

Banyak yang suka dengan tahu bulat, kuliner yang satu gurih dan empuk ketika dimakan. Di Jakarta dan daerah lain di Indonesia, tahu bulat sudah sangat terkenal.

Ternyata tahu bulat itu asalnnya dari Tasikmalaya. Banyak pengusaha tahu dari Tasikmalaya membuka cabang di Jakarta dan kota besar lainnya.

Proses pembuatan tahu bulat, sama seperti pembuatan tahu pada umumnya. Tahu putih ini dicacah dan ditambahkan bumbu, lalu dicetak menjadi berbentuk bulat.

Salah satu yang membuat tahu bulat di Tasikmalaya adalah pabrik Tahu Bulat Mawar Jaya. Alamatnya berada di Kampung Tonjong, Cipedes, Tasikmalaya.

10. Rajanya Sate Maranggi

Rajanya Sate Maranggi Tasikmalaya - Yulia Sofiani
Rajanya Sate Maranggi Tasikmalaya. (Foto: Yulia Sofiani)

Sate Maranggi sangat terkenal dan menjadi khasnya Purwakarta. Namun di Tasikmalaya ada juga yang taka kalah sohornya, yaitu ‘Rajanya Sate Maranggi’.

Ruang restorannya sangat besar. Asyik makan bareng kawan-kawan main atau kawan seperjalanan di sini.

Satu tusuk sate dibuat dengan potongan daging yang besar.

Sate dengan bumbu kecap dan potongan daging besar, membuat makanan ini begitu lezat. Gurih dan nikmat.

Kalau penasaran dan ingin mencobanya, bisa datang ke Rajanya Sate Maranggi, di jalan Taman Harapan No. 5 Dadaha, Tasikmalaya.

Baca juga:
* Top 10 Tempat Makan dan Kuliner di Ciamis

Mana Kuliner Tasikmalaya Favoritmu?

Bagaimana menurutmu nasi cikur, nasi TO, bubur ayam, kupat tahu, pecel, martabak, tahu bulat, dan sate maranggi di atas?

Kuliner Sukabumi mana yang menjadi favoritmu?

Semuanya bisa kamu coba saat traveling ke Sukabumi Jawa Barat.

Mari berbagi