Liburan ke Air Terjun Anggal dan Gangsa di Way Kanan

Curup Anggal dan Curup Gangsa – Aku belum tahu ada air terjun di Way Kanan Lampung yang secantik itu. Namanya juga tidak pernah jalan-jalan jauh kalau liburan. Jadi kalau papaku ajak jalan Keliling Lampung pasti aku mau. Apalagi perginya sekeluarga. Seru.

Ultah Mama

Jadi.. ceritanya kan aku baru pulang sekolah. Baru aja sampai rumah, ehhh Papa sama Mama ngajak jalan-jalan ke Way Kanan besok. Sekalian ngerayain ultah mama gitu dehh. Dannnnnnnnnnn saat malamnya kamipun segera mengemasi barang yang akan dibawa, lalu kami semua bergegas tidur. Sudah terbayang akan mandi di air terjun.

15 FEBRUARI 2017

Kami bangun jam setengah 3 pagi, dengan kondisi masih sangat mengantuk. Aku bangun sampai aku berjalan dengan sedikit sempoyongan hahaha. Akupun mandi dan segera bersiap-siap. Setelah semua sudah siap, kami cek terlebih dahulu barang-barang kami sebelum dimasukkan kedalam mobil. Sebelum berangkat, tidak lupa kami berpamitan terlebih dahulu pada omaku. Oma bilang tidak sanggup kalau lama di perjalanan. Kamipun berangkat.

Sebelum ke Way Kanan, kami menjemput kakakku terlebih dahulu di Hajimena. Sembari menunggu kakakku yang masih mengemas tasnya, aku mengeluarkan earphone dari tasku lalu memakainya. Saat kakakku sudah selesai merapikan tasnya ia segera masuk kedalam mobil, dan akupun segera pindah ke kursi belakang. Tempat favoritku hahaha. Dan sekarang saatnya BERANGKATTTTTTTTTTTT :v.

Saat di perjalanan aku hanya melihat pemandangan di luar. Karena bosan dan aku masih merasa mengantuk, akupun memejamkan mataku mencoba untuk tidur. Di jalan mobil ini sering melewati lubang-lubang, sehingga mobil sering berguncang dan membuat tidurku kurang nyenyak. Yaaaa kalau kalian mau tau aku lumayan banyak tanya kalau sedang di perjalanan seperti ini. Yaaa aku sering melontarkan pertanyaan yang sama seperti “Pa, ini udah dimana?”. Kadang juga “Masih lama gak sampenya?”. Atau “Kira-kira berapa jam lagi nyampenya?”. Yaaaaaaa kira-kira begitulah hehe.

Di saat subuh kami berhenti dahulu di Masjid di daerah Gunung Sugih. Setelah sholat subuh kami melanjutkan perjalanan dan aku memutuskan untuk tidur lagi. Saat terbangun, yaa seperti biasa akupun bertanya “Ini udah dimana?”, dan ternyata sudah di Kotabumi. Karena hari sudah mulai terang kami sarapan terlebih dahulu.

Kami sarapan dengan nasi uduk dan lontong sayur. Setelah sarapan kami melanjutkan perjalanan kami. Akupun kembali mencoba untuk tidur. Saat aku terbangun ternyata kami sedang berada di Rest Area di Bukit Kemuning untuk beristirahat juga sembari menunggu kedatangan teman-teman papaku yang akan menghantar kami ke air terjun, ke curup Anggal.

Setelah berjam-jam menunggu akhirnya mereka sampai dan kami segera melanjutkan perjalanan dengan beriringan.

Curup Anggal - Derly Andrea Pangkey
Jalan menuju Curup Anggal.

Curup Anggal

Mobil kami mengikuti mereka untuk ke tempat tujuan. Walau sempat sedikit tertinggal akhirnya kamipun sampai di Desa Suka Negeri Kecamatan Gunung Labuhan tempat Air terjun Anggal berada. Menuju air terjun itu tidak bisa memakai mobil/motor, jadi kami memarkirkan mobil sekitar rumah warga di situ. Lalu kami pun segera berjalan kaki ke air terjun tersebut. Kami berjalan di jalan setapak yang di kanan dan kirinya terdapat kebun-kebun kopi milik warga di sana.

Saat hampir sampai kami harus menuruni kebun yang bertanah merah sehingga licin habis terkena hujan semalam. Kami berjalan berhati-hati agar tidak jatuh. Terkadang kami harus berpegangan pada akar pohon yang cukup kuat atau berpegangan pada pohonnya langsung. Saat kami sedang berjalan ini banyak kakak-kakak yang terpeleset sampai merosot ke bawah, dan ternyata mamaku juga ikut merosot hahaha.

Curup Anggal - liburan di Lampung
Jalan menuju Curup Anggal.

Setelah sampai di bawah kami melepas sepatu kami, karena akan menyeberangi sungai yang berasal dari air terjun itu. Kami saling bergandeng tangan saat menyebrang. Sesampainya di seberang kami mencari tempat yang nyaman untuk menikmati pemandangan ini. Kami juga tak lupa untuk berfoto-foto. Setelah puas berada di sini kami pun kembali, menyeberangi sungai. Lalu berjalan menanjaki kebun, berjalan kaki kembali ke desa tempat awal kami datang.

Saat sudah sampai kami beristirahat sebentar di rumah pak RT di sana. Sekalian mengganti baju kami yang kotor karena tanah saat menuruni/menanjaki kebun. Setelah berganti baju, karena sudah memasuki waktu zuhur kami sholat zuhur terlebih dahulu. Setelah selesai kami akan melanjutkan perjalanan menuju Air terjun Gangsa yang terletak di Kecamatan Kasui.

curup anggal - air terjun anggal - way kanan
Aku dan mama di curup anggal

Tapi sebelum itu, kami hendak makan siang terlebih dahulu. Kami makan di salah satu tempat makan di Baradatu, dan memesan ayam bakar. Kami makan untuk mengisi kembali energi yang terkuras akibat perjuangan menuju Air terjun Anggal tadi hahaha. Setelah itu barulah kami baru melanjutkan perjalanan menuju Air terjun Gangsa. Papaku bilang untuk sampai kesana tidak sesulit saat menuju Curup Anggal tadi.

Saat di perjalan kami melewati jalan yang penuh lubang yang membuat perutku yang baru diisi makanan ini berguncang. Sehingga membuat perutku sedikit ngilu dan kepalaku sedikit pusing. Membuatku memutuskan untuk tidur walau tidak terlalu nyenyak. Tapi setidaknya yaa meredakan sedikit sakit perut dan pusingku.

Curup Gangsa- liburan di lampung
Aku di Curup Gangsa.

Curup Gangsa

Dan sesampainya di sana.. benar kata papaku. Untuk ke Curup Gangsa perjalanannya tidak sulit. Saat baru turun dari mobil saja kami langsung bisa melihat air terjun yang sangat indah itu. Kami menuruni tangga yang ada di situ untuk sampai kebawah. Saat sudah dibawah kami bisa merasakan cipratan air dari air terjun yang menyejukkan.

Di sini banyak batu-batu yang sangat besar menghiasi sisi-sisi air terjun. Jujur saja aku sangat betah di sini hehe. Tak lupa kami berfoto-foto. Akibat percikan-percikan air dari air terjun itu membuat baju beberapa dari kami basah dan mengharuskan kami untuk berganti baju lagi. Yaa kami memang membawa 2 baju ganti haha. Setelah puas berfoto-foto dan menikmati indahnya air terjun ini kami pun berencana pulang.

Curup Gangsa
Curup Gangsa
Mama di Curup Gangsa
Mama di Curup Gangsa

Sebelum pulang ke Bandar Lampung, kami mengantar salah satu kakak dari Way Kanan, yaitu Kak Desva, ke tempat ia tinggal yaitu Rumah Inspirasi. Juga sekalian untuk Sholat Magrib dan Isya di sana. Setelah selesai kami pun segera bergegas pulang. Untuk mengakhiri perjalanan kami kali ini kami makan malam dahulu di pinggir jalan di Baradatu lagi.

Curup Anggal dan Curup Anggal Memang Seru

Inilah kisah seruku tentang Curup Gangsa dan Curup Anggal, dua air terjun di Way Kanan yang indah. Liburan di Lampung sebagai hadiah ulang tahun papa untuk mama. Papaku pernah bertanya beberapa hari lalu, “Lily mau kemana kalau liburan”. Saya menjawab ke air terjun di Way Kanan yang lain. Papa hanya menganggukkan kepala sambil tersenyum.

Mari berbagi


One Reply to “Liburan ke Air Terjun Anggal dan Gangsa di Way Kanan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *