M Bloc Space, Tempat Nongkrong Vintage Kekinian di Jakarta

M Bloc Space - Blok M Jakarta - ramahtraveler - yopie pangkey
M Bloc Space di kawasan Blok M Jakarta Selatan, menjadi ruang kreatif dan tempat nongkrong seru di Jakarta. (Foto: ramahtraveler/yopie pangkey)

M Bloc Space – Pertama kali tahu ada tempat nongkrong baru di Blok M Jakarta ini dari grup keluarga. Sebuah tempat yang sebenarnya sudah pudar, namun dicoba untuk dinaikkan kembali pamornya di kalangan anak muda dan anak gaul kekinian era milenials.

M Bloc namanya, sebuah tempat nongkrong yang bernuansa retro dengan dihiasi warna-warni lampu di malam hari. Sebuah ruang kreatif yang menempati lahan rumah dinas Peruri yang sempat terbengkalai puuhan tahun.

Baca juga:
* 12 Rekomendasi Wisata Populer di JAKARTA

Rasa penasaran itu akhirnya terpuaskan, saat saya berangkat ke Jakarta untuk liputan acara penutupan Pekan Kebudayaan Nasional 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Sengaja memilih hotel di dekat Blok M, agar bisa berjalan kaki ke M Bloc Space.

Lokasi di Google Map: M Bloc

M Bloc Space

M Bloc Space - Blok M Jakarta - ramahtraveler - yopie pangkey - 1

Jadi ceritanya, M Bloc Space ini adalah sebuah kolaborasi antara Perusahaan Umum Percetakan Uang Negara Indonesia (Perum Peruri) dengan PT Ruang Riang Milenial (RRM).

Memanfaatkan lahan seluas 7.000 meter persegi milik Peruri, mereka bekerjasama menciptakan sebuah ruang publik baru di Jakarta yang ngehits.

Spot Foto

spot foto blok m - ramahtraveler - yopiefranz

Saat saya tiba di lokasi ini, sekitar pukul 21:30 WIB. Masih banyak anak-anak muda yang nongkrong, duduk-duduk di halaman depan bekas rumah dinas Peruri yang sudah menjadi toko dan cafe kekinian.

Beberapa orang tampak foto-foto dengan latar belakang bangunan dan lampu bertuliskan “M Bloc” di atas atap.

M Bloc Space - Blok M Jakarta - ramahtraveler - yopie pangkey - 5

Memasuki bagian belakang, melewati booth Titik Temu, kita akan menjumpai tempat duduk bertingkat dan gang yang dihiasi lampu-lampu.

Bekas tembok yang sudah berlubang dibiarkan apa adanya, namun menjadi spot foto oleh para pengunjung.

Ke bagian belakang lagi, di sekitar gudang, dinding-dindingnya dihiasi dengan lukisan dinding/mural aneka bentuk dan warna.

17 Tenant Lokal di M Bloc Space

Demajors - ramahtraveler - yopie pangkey - 8
Demajors.

Ada 17 (tujuh belas) tenant dengan gaya vintage di M Bloc Space dan yang pasti terlihat cantik saat difoto oleh pengunjung.

Syarat untuk menjadi tenant disini adalah, harus produsen/brand lokal. Tidak ada brand luar negeri yang bisa kamu temukan disini.

Suwe Ora Jamu 28 - ramahtraveler - yopie pangkey - 11
Suwe Ora Jamu 28, buat Jamu Lovers.

Yang bisa kamu temui disini antara lain, Suwe Ora Jamu 28. Bagi kamu jamu lovers wajib cobain aneka jamu dalam kemasan botol disini. Atau kalau belum pernah minum jamu, sesekali coba deh disini. Harga sebotol jamu Rp. 35.000.

Selain itu juga ada Kedai Tjikini, Padang Tugo, dan Titik Temu (. Temu Coffee), bagi yang suka kulineran.

Kemudian Connectoon yang mengkhususkan diri pada produksi kartun lokal. Juga clothing line Union Well punyanya penyanyi David Naif, toko musik Demajors, dan lainnya.

Kongkow Bareng Sahabat

M Bloc Space - Blok M Jakarta - ramahtraveler - yopie pangkey - 7
Asyik lho nongkrong bareng di M Bloc.

Baru sekali datang ini, saya langsung merasa nyaman duduk-duduk di M Bloc Space. Suasananya mengasyikkan dengan konsep retro yang membuat kita betah tanpa merasa bosan.

Apalagi kalau datangnya bersama keluarga atau kawan. Duduk-duduk sambil berbincang-bincang membahas kerjaan, proyek, kehidupan, pertemanan, tugas kuliah, rencana traveling, dan sebagainya.

Bisa duduk-duduk di halaman depan di ruang terbuka, duduk-duduk di dalam cafe, atau di belakang sambil memandang berbagai lukisan dinding.

Tempat Nongkrong Asyik di Sekitar Blok M

M Bloc Space - Blok M Jakarta - ramahtraveler - yopie pangkey - 4

Tidak diragukan lagi, M Bloc Space sudah menjadi ruang kreasi para pemilik brand lokal, seniman, komunitas, dan para pengunjungnya.

Baca juga:
* Yello Hotel Harmoni yang Trendy, Dekat dengan Monas dan Stasiun Gambir

Suasana berkonsep retro-nya bisa membuat kita tenang dan santai, serta membuat kita bisa berpikir kreatif.

Semoga bisa datang kembali untuk menyaksikan live music yang secara berkala diadakan di M Bloc Space. Sambil minum kopi, makan es krim, dan penganan lainnya.