MV Doulos Phos, Hotel Kapal Mewah Pertama di Indonesia

MV Doulos Phos Hotel – Dalam dunia pariwisata ide-ide kreatif seringkali muncul untuk menjadi daya tarik. Termasuk di bidang perhotelan, khususnya di Pulau Bintan Provinsi Kepulauan Riau. Akan ada hotel yang menggunakan kapal berusia 103 tahun di 2019 ini.

Berlokasi di kawasan wisata eksklusif Lagoi di Pulau Bintan, MV Doulos Phos Hotel hotel kapal pertama di Indonesia tersebut akan segera hadirkan daya tarik akomodasi wisata.

Sempat memiliki gelar kapal penumpang tertua yang beroperasi, Kapal MV Doulos akan memulai kehidupan baru sebagai hotel tepi pantai di kota resort Bintan, Indonesia.

Baca juga:
* Grands i Hotel Batam, Lokasinya Dekat dengan Nagoya Hill

Hotel Kapal Mewah Memesona

MV Doulos Phos Hotel - The Ship Hotel - Bintan - Kepulauan Riau - Indonesia
MV Doulos Phos Hotel – The Ship Hotel, Bintan, Kepulauan Riau. (Foto: ist)

Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Wan Rudy Iskandar, mengatakan Hotel yang akan diberi nama Doulos Phos Hotel itu belum selesai dan masih dalam proses penyelesaian.

“Saat sudah selesai, hotel tersebut akan menjadi sebuah ikon baru, sekaligus menambah amenitas pariwisata Bintan.” Ujar Wan Rudy pada hari Jumat (28/06/2019).

Dijelaskannya, proses penyelesaian cukup lama karena memang benar-benar terbuat dari kapal pesiar besar tua berusia lebih dari 104 tahun.

“Kapal berwarna putih ini bahkan dilengkapi dengan restoran, kolam renang besar, pub serta sebuah museum. Kemudian ruang rapat dan ruang spa juga ada, semuanya akan dibenahi seperti hotel berkelas bintang lima plus.” Wan Rudy memaparkan.

“Alih-alih menghadirkan ribuan kamar, hotel tersebut nantinya hanya menghadirkan 104 kamar. Ini menjadikannya pilihan yang menarik bagi wisatawan yang mencari privasi sendiri dalam suasana yang segar,” ungkapnya.

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Buralimar, mengatakan Doulos Phos akan menjadi hotel kapal mewah yang bisa menaklukkan hati wisatawan asing yang berwisata di Bintan.

“Ini akan menjadi sebuah investasi yang luar biasa bagi pariwisata Provinsi Kepulauan Riau dan tentunya bagi Indonesia,” Ujar Buralimar.

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati meyakini jika hotel tersebut akan menjadi masterpiece yang mendunia di Pulau Bintan. Apalagi Lagoi sejak dulu selalu menjadi pikihan favorit wisatawan asing yang berkunjung ke Bintan.

“Bintan punya potensi pariwisata yang melimpah, dan itu semakin lengkap dengan amenitasnya yang mumpuni. Hotel kapal ini akan mampu menarik perhatian seluruh wisatawan mancanegara dan lokal. Karena kapal ini hanya satu-satunya yang berada di dunia,” kata Dessy.

Di tempat terpisah, Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengungkapkan bahwa Lagoi adalah surganya dunia. Alamnya indah, letak Lagoi strategis, dan banyak wisatawan mancanegara yang sudah mengunjunginya.

Dengan alasan itu semua, perusahaannya berani berinvestasi di Lagoi karena jelas menguntungkan.

Menpar Arief memaparkan, semua pengusaha di dunia sudah tahu bahwa Lagoi itu adalah destinasi wisata yang tepat. Alamnya indah, posisinya strategis dengan waktu tempuh yang sebentar dari Singapura dan Malaysia.

“Pengusaha tidak akan ragu berinvestasi di Lagoi. Saya yakin hotel kapal ini akan menjadi pilihan wisatawan saat nanti selesai,” ucap Arief Yahya.

Sejarah Kapal MV Doulos

Kapal MV Doulos dibuat di Newport News Shipbuilding Amerika Serikat pada tahun 1914 sebagai SS Medina. Menjadi kapal kargo umum dan penumpang yang dioperasikan oleh Mallory Steamship Company. MV Doulos bertugas di 2 Perang Dunia sebagai kapal pasokan.

Pada tahun 1949, MV Doulos diubah menjadi kapal penumpang dan dibeli oleh perusahaan pelayaran Costa Lines pada tahun 1952. Bernama MS Franca C dan beroperasi tahun 1953 dan 1977.

MS Franca C berubah nama menjadi MV Doulos pada tahun 1978, saat dibeli oleh badan amal Kristen Jerman, Gute Bücher für Alle. Berfungsi sebagai kapal toko buku yang berkeliling dunia.

Dan akhirnya seorang investor asal Singapura, Eric Saw, melihat dan menyelamatkan MV Doulos dari halaman memo. Awalnya Eric Saw berniat mengubahnya menjadi fasilitas multiguna di Singapura.

Namun rencananya tidak berhasil dan akhirnya kapal ditarik ke Batam, Indonesia, untuk diperbaharui.

MV Doulos Phos Hotel

kamar hotel MV Doulos Phos Hotel - Bintan
Kamar MV Doulos Phos Hotel. (Foto: ist)

MV Doulos Phos Hotel akan menjadi hotel dengan daya tarik kepingan sejarah kelautan kapal tersebut. Akan terdapat museum ruang mesin dan jembatannya, yang terdapat kompas berusia 100an tahun.

Wastafel lama akan menghiasi toilet hotel. Dan kamar hotel akan dihiasi pula dengan bingkai tempat tidur susun lama.

MV Doulos Phos Hotel juga menyediakan Suite President Room, berupa kabin berukuran sekitar 1.000 meter persegi. Di dalamnya terdapat jacuzzi pribadi dan lubang barbekyu.

MV Doulos Phos Hotel ini tentunya juga akan dilengkapi dengan restoran, pub, dan kolam renang.