Nasi Kuning Enak di Warkop Harapan Cemerlang Palu

Apa yang kamu cari kalau mendarat di Bandara Palu pagi hari dan ingin melanjutkan perjalanan 2 jam ke Parigi? Dimana tempat sarapan enak di Palu Sulawesi Tengah yang bisa dicoba? Tempat makan/sarapan yang dekat dari bandara? Mana nasi kuning di Palu yang enak?

Ada satu tempat sarapan dan ngopi yang enak di Palu, namanya Warkop Harapan Cemerlang yang berada di Jalan S. Parman. Warung Kopi ini menyediakan menu makanan Nasi Kuning. Lauknya ada ayam goreng, ayam kampung sayur, paru, dan telur. Juga ada disediakan kerupuk, peyek, roti bakar, dan telur setengah matang.

Dan tak kalah penting, sesuai nama warungnya, adalah kopi yang rasanya ‘strong’. Cocok diminum setelah sarapan nasi kuning dan telur setengah matang.

Mau bawa oleh-oleh dari Palu? Baca ini:
* 7 Oleh-oleh Khas Palu yang Digemari Wisatawan

Warung kopi Harapan Cemerlang - Nasi Kuning enak di Palu - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 5

Tadinya saya dan kawan-kawan yang ingin meliput acara Festival Teluk Tomini 2019 di Kabupaten Parigi Moutong, berniat cari sarapan nasi kuning saat baru datang dan mendarat di Kota Palu.

Namun karena ragu dan belum tahu medan, kami sarapan di salah satu cafe yang juga ramai dikunjungi, kafe Vera Tanjung Dako. Namun pagi itu kami belum beruntung, menu yang tersedia baru bubur ayam.

Akhirnya saat mau pulang terbang kembali ke Jakarta, barulah kami rencanakan mampir sarapan nasi kuning di Kota Palu.

Baca juga:

* Lalampa Toboli yang Gurih di Parigi Sulawesi Tengah

Nasi Kuning di Palu

Nasi kuning bukanlah makanan khas Kota Palu saja. Banyak kota-kota lain di Indonesia yang banyak menawarkan kuliner tradisional nasi kuning.

Namun tidak ada salahnya bukan untuk mencicipi nasi kuning yang ada di Kota Palu.

Ada banyak pilihan tempat sarapan di Palu sebenarnya. Warkop Harapan Cemerlang di Jalan S Parman, Warkop Harapan Makmur di Jalan Gatot Subroto, Warkop Ananda di Jalan Nenas Kamonji, Kafe Vera Tanjung Dako.

Yang nasi kuning bisa pilih; Warung Nasi Kuning mbak Dewi di Jalan Garuda Birobuli Utara, Warung Nasi Kuning Pas Mantap Jalan Gn Loli – Lolu Utara, Nasi Kuning Sis Aljufri di Jalan Sis Aljufri – Siranindi, Nasi Kuning Mama Jena di JalanPattimura – Lolu Utara, dan lainnya.

Atas saran dari kawan-kawan di Palu, pada malam terakhir di Parigi, kami memutuskan sarapan di Warkop Harapan Cemerlang saja.

Lokasi Warkop Harapan Cemerlang Palu - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 8
Tempat sarapan di Palu - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 2
Bagian samping.

Lokasi

Alamat Warkop Harapan Cemerlang berada di Jalan S. Parman, Besusu Tengah, Palu Timur. Berjarak sekitar 6 kilometer dari Bandara Mutiara SIS Al-Jufri atau sekitar 20 menit dengan berkendara. Masih satu arah kalau kita mau menuju ke Parigi-Moutong.

Tidak memiliki tempat parkir khusus, namun kita bisa memarkirkan kendaraan di tepi jalan. Jalan S. Parman tidak begitu lebar, namun masih cukup ruang untuk parkir mobil di kanan-kiri jalan. Kalau motor bisa parkir di halaman, persis di depan kedainya.

Ada banyak meja dan 100an kursi tersedia di bagian depan, dalam, dan samping. Tinggal pilih mana yang kosong atau sesuai keinginan.

Buka dari 05:30 – 14:00 WITA, jadi tempat makan pagi dan siang yang recommended kalau kamu jalan-jalan di Palu.

Yang mau pesan bisa hubungi nomor telpon: 0853-4267-9988.

Warkop Harapan Cemerlang - Nasi Kuning di Palu - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 4
Warkop Harapan Cemerlang - Nasi Kuning enak di Palu - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 1

Menu Makanan

What to eat with nasi kuning?

Menu utama di Warkop Harapan Cemerlang hanya nasi kuning. Dengan pilihan lauknya berupa ayam goreng, ayam kampung kuah, paru, dan telur.

Porsinya sedang, tidak banyak dan tidak sedikit. Pas di perut untuk ukuran makan pagi/sarapan.

Nasi kuning ditaruh dulu di atas piring, lalu kemudian lauk yang kita pilih. Dituangkan sedikit kuah sayur lalu ditaburi dengan bawang goreng khas Palu yang renyah dan gurih. Akan kita bahas khusus di lain artikel ya.

Kerupuk yang disajikan di meja juga gurih dan enak. Telur setengah matangnya juga kurang lebih sama dengan di daerah lain.

Kalau kurang suka nasi, bisa pesan roti bakar. Saya tidak bertanya soal roti bakar ini. Tapi kurang lebih bisalah ya mengira-ngira bagaimana rasanya 😀

Kopinya mantab. Strong dan nendang banget. Sepertinya kopi susunya juga mantab deh. Memang top deh kopi asal Palopo ini.

Untuk harga, nasi kuningnya berkisar Rp. 30.000, telur setengah matang isi 2 telur Rp. 12.000, dan kopi hitam Rp. 6.000.

Masih terjangkau bukan?

Nasi Kuning recommended di Palu - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 3
Warkop Harapan Cemerlang – Nasi Kuning enak di Palu – Yopie Pangkey – Ramah Traveler – 3

Nasi Kuning Recommended di Palu

Setelah menulis artikel ini dan membaca beberapa ulasan di Google Map, Warkop Harapan Cemerlang ini memang sangat direkomendasikan kebanyakan pengunjungnya. Saat saya cek di tripadvisor, tempat makan ini belum ada saat saya menuliskan artikel ini.

Saya sempat mengobrol sebentar dengan pemiliknya, Pak Rudi, disela-sela dirinya menegur pengunjung yang baru datang dan melayani sajian nasi kuning.

Baca juga:
* Info Penerbangan ke Palu 2019

Pak Rudi Pemilik Warkop Harapan Cemerlang di Palu - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 7
Pak Rudi dan keluarganya, cekatan melayani pengunjung.

Pak Rudi yang ternyata sangat ramah ini menjelaskan bahwa Warkop Harapan Cemerlang ini sudah ada dari tahun 1953. Dan dirinya adalah keturunan ke-4 yang mewarisi usaha tempat makan ini.

Ada beberapa cabang yang dibuka oleh keluarga besarnya di beberapa sudut kota Palu. Namun kalau mau yang original Harapan Cemerlang, ya datang saja ke Jalan S. Parman.

Kalau saya berani simpulkan, Warkop Harapan Cemerlang ini memang tempat sarapan yang recommended dan jadi pilihan pertama bagi kamu yang berwisata di Kota Palu.

Nasi kuning dan lauknya gurih dengan irisan bawang goreng yang renyah dan gurih pula. Kopi Palopo menjadi pelengkap yang mantab sebelum kamu memulai aktivitas kerja atau berwisata di Sulawesi Tengah. (yp)

Mari berbagi