10 Oleh-oleh Khas Bengkulu yang Paling Disukai Wisatawan

Acara Festival Bumi Rafflesia 2019 sudah selesai, saatnya pulang ke rumah di Lampung. Sering kali bepergian tanpa membeli buah tangan saat kembali. Sesekali saja membeli, karena dari dulu tidak terbiasa belanja saat traveling. Lalu apa -oleh-oleh khas Bengkulu yang bisa kita beli?

Oleh-oleh khas Bengkulu yang bisa kamu bawa antara lain; lempok durian, manisan terong, kue tat Bengkulu, perut punai, cokelat jeruk, dan lain-lain.

Baca juga:
* Rafflesia Arnoldii, Bunga Terbesar di Dunia yang Ada di Bengkulu

Toko Oleh-oleh di Bengkulu

sentra oleh-oleh - pusat oleh-oleh - toko oleh-oleh bengkulu - yopie pangkey - ramahtraveler - 1
Toko oleh-oleh di Jalan Soekarnoe Hatta Bengkulu. (Foto: ramahtraveler/yopie pangkey)

Kalau sedang berada di Kota Bengkulu kamu bisa ke Jalan Soekarno Hatta, Anggut Atas, Ratu Samban, Kota Bengkulu. Bisa dibilang jalan tersebut adalah sentra/pusat oleh-oleh Bengkulu.

Ada banyak toko oleh-oleh khas Bengkulu yang bisa kamu mampiri. Ada Toko Cita Rasa, Sari Rasa, Fajri Craft, Rampak, Sabila, Ratu Samban, Anugrah, dan lainnya.

Yang kami datangi saat itu adalah Toko Sari Rasa. Posisinya di Jalan Soekarno Hatta dekat dari Simpang Lima Bengkulu.

Daftar Oleh-oleh Khas Bengkulu

Di Toko oleh-oleh tersebut kita bisa memilih dan membeli bebagai makanan khas Bengkulu yang bisa menjadi oleh-oleh serta berbagai kerajinan tangan yang unik.

Berikut ini daftar oleh-oleh khas Bengkulu yang bisa kamu beli:

1. Lempok Durian

lempok durian - oleh-oleh khas bengkulu - yopie pangkey - ramahtraveler - 3
Lempok durian. (Foto: ramahtraveler/yopie pangkey)

Banyak daerah di Indonesia yang menjadi penghasil durian. Dan Bengkulu juga terkenal sebagai salah satu daerah penghasil durian hutan. Dan daging buah durian bisa diolah menjadi beberapa varian makanan, termasuk dodol durian yang juga dikenal dengan nama lempok durian/lempuk durian.

Sebelum membeli biasanya toko oleh-oleh menyiapkan lempok durian yang bisa kamu cicip. Baru mengambil sebelum membuka kemasannya saja kita sudah bisa mencium aroma durennya. Saat dicicip, masih terasa sekali tekstur daging dan citarasa durian yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Saat saya coba di rumah, oleh-oleh lempok durian Bengkulu ini pun masih berasa sama. Masih enak walau sudah 5 hari sejak dibeli. Itu karena lempuk durian adalah makanan yang bisa tahan lama walau dibuat dengan tanpa bahan pengawet.

Di Lampung tempat saya tinggal sebenarnya juga banyak dijual lempok durian. Namun tidak ada salahnya bukan untuk membeli lempuk durian Bengkulu ini.

2. Sirup Jeruk Kalamansi

Sirup Jeruk Kalamansi - IG @soviadenysugianto
Sirup Jeruk Kalamansi. (Foto: IG @soviadenysugianto)

Jeruk kalamansi berasal dari Tiongkok yang menyebar luas ke negara-negara Asia Tenggara hingga Amerika Serikat dan Panama. Di Bengkulu, Jeruk kalamansi banyak dibudidayakan dan produksinya bagus.

Diproduksi besar-besaran dan dijual setelah diolah menjadi sirup, dikenal dengan sirup kalamansi. Rasanya yang segar dan manis banyak dinikmati masyarakat sehingga akhirnya permintaan pasar pun meningkat. Termasuk banyak diminati pula oleh wisatawan.

Sirup kalamansi dijual dengan harga antara Rp. 25.000 hingga Rp. 30.000 perbotol yang berisikan 1.000 ml.

3. Coklat Kalamansi

coklat kalamansi - yopie pangkey - ramahtraveler - 8
Coklat Kalamansi. (Foto: ramahtraveler/yopie pangkey)

Selain dijadikan sirup, jeruk kalamansi bisa diolah menjadi campuran penganan coklat. Penasaran dengan rasanya, saya coba membeli coklat kalamansi sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Rasa coklat bercampur dengan rasa jeruk kalamansi yang manis, asam, dan segar. Beli 2 kotak, coklat kalamansi ini langsung habis dalam beberapa jam saja. Laris 😀

4. Manisan Terong

manisan terong khas bengkulu - yopie pangkey - ramahtraveler - 12
Manisan terong. (Foto: ramahtraveler/yopie pangkey)

Saat masih di dalam pesawat Lampung Bengkulu, kawan jalan saya Aries Pratama bercerita kalau dirinya pernah mendapat oleh-oleh khas Bengkulu berupa manisan terong.

Sehingga cerita tentang manisan terong ini menjadi salah satu alasan kami untuk mempir di toko oleh-oleh Bengkulu. Harus beli dan coba, biar tidak penasaran saat kembali sampai di rumah.

Manisan terong ini masih memberikan rasa terong aslinya. Rasa terong tidak hilang walaupun sudah diolah menjadi manisan. Unik aja sih, karena kami baru mendengar ada manisan terong.

5. Kue Perut Punai

Kue Perut Punai - oleh-oleh khas bengkulu - yopie pangkey - ramahtraveler - 5
Kue Perut Punai. (Foto: ramahtraveler/yopie pangkey)

Saat berkeliling toko, saya juga tertarik melihat ada kue Kue Perut Punai di rak. Kue ini terbuat dari adonan tepung terigu yang disangrai dan diberi garam, lalu digoreng. Kita bisa memilih rasa manis karamel atau rasa gurih.

Bentuk adonannya terinspirasi dari isi perut burung punai yang melingkar. Sehingga kue ini dinamakan Kue Perut Punai.

Baca juga:
* 10 Rental Mobil Bengkulu, Murah dan Bisa Lepas Kunci

6. Kue Baytat / Kue Tat

kue tat bengkulu - yopie pangkey - ramahtraveler - 10
Kue Tat Bengkulu. (Foto: ramahtraveler/yopie pangkey)

Bengkulu juga memiliki kue tradisional bernama Kue Tat/Baytat. Kue ini lembut namun padat, membuat yang memakananya akan cepat kenyang.

Terbuat dari bahan terigu, gula, santan kelapa, dan margarin. Untuk isi dan topping digunakan selai nanas atau selai kelapa.

Selain banyak dihidangkan pada saat acara-acara kebesaran Bengkulu, Kue Tat juga bisa menjadi oleh-oleh yang kamu bawa pulang setelah berwisata di Bengkulu.

7. Pisang Salai Basah

Pisang Salai Basah - yopie pangkey - ramahtraveler - 4
Pisang Salai Basah. (Foto: ramahtraveler/yopie pangkey)

Di daerah perbatasan Kabupaten Kaur dan Bengkulu Selatan tepatnya di desa Sulau Wangi sangat populer penganan pisang salai basah.

Tidak perlu jauh-jauh ke tempat pembuatannya, di Kota Bengkulu banyak dijual pisang salai basah ini di toko oleh-oleh.

Biasanya dibuat dari pisang jantan yang sudah matang. Diiris tipis lalu dijemur sekitar 4-5 hari. Pisang yang sudah kering bisa langsung dimakan atau digoreng seperti pisang umumnya.

8. Kue Kacang Siput

kue kacang siput - yopie pangkey - ramahtraveler - 6
Kue kacang siput. (Foto: ramahtraveler/yopie pangkey)

Kue Kacang Siput adalah salah satu camilan khas Bengkulu ini yang bentuknya mirip siput. Berbahan dasar kacang tanah, gandum, gula pasir, adonan gandum.

Teksturnya renyah dikombinasi dengan kacang tanah yang gurih dan garing. Bagi yang suka camilan akan suka dengan penganan yang satu ini.

9. Kain Batik Besurek

batik besurek bengkulu - yopie pangkey - ramahtraveler - 9
Batik Besurek. (Foto: ramahtraveler/yopie pangkey)

Bagi kamu yang suka koleksi kain, bisa menambah koleksimu dengan membeli Kain Besurek. Karya budaya Provinsi Bengkulu ini sudah masuk kedalam Warisan Budaya Takbenda (WBTB) di tahun 2015.

Kain Basurek memiliki kekhasan berupa corak kaligrafi. Menandakan adanya akulturasi budaya Arab di daerah Bengkulu.

Sebagai bagian dari budaya, Kain Besurek biasanya digunakan dalam berbagai acara adat Bengkulu. Seperti upacara adat perkawinan, kelahiran, hingga kematian.

Dalam penggunaannya bukan hanya berupa balutan busana saja, kain besurek juga bisa menjadi ornamen-ornamen adat dari destar atau topi khas Bengkulu, kain siraman bagi calon pengantin, kain sampiran untuk bilik pengantin, hiasan ayunan untuk cukur rambut bayi, atau juga sebagai kain untuk menutup jenazah.

Dalam perkembangannya, motif besurek juga menjadi seragam wajib pelajar sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Pegawai Negeri Sipil di wilayah Provinsi Bengkulu juga wajib mengenakan Batik Besurek sejak tahun 1990.

10. Kerajinan Tangan

souvenir kerajinan tangan bengkulu - yopie pangkey - ramahtraveler - 2
Beragam souvenir kerajinan tangan bengkulu. (Foto: ramahtraveler/yopie pangkey)

Kerajinan tangan lain, selain Batik Besurek, yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Bengkulu masih banyak lagi. Ada banyak pilihan yang bisa kamu beli sebagai souvenir khas Bengkulu.

Ada kerajinan kulit lantung, kerajinan bambu, kerajinan kayu, miniatur dhol (alat musik khas Bengkulu), miniatur tabut, aksesoris pernak-pernik, tas/dompet, dan lainnya.

Ukurannya pun bervariasi dari yang kecil sampai yang agak besar.

Baca juga:
* Pesona Atraksi Dhol Bengkulu di Festival Bumi Rafflesia 2019
* 7 Oleh-oleh Khas Palu yang Digemari Wisatawan

Oleh-oleh Bengkulu yang Berkesan di Hati

Demikian daftar beberapa oleh-oleh khas Bengkulu yang bisa kamu beli saat berwisata di Bumi Rafflesia. Mungkin ada oleh-oleh lain yang terlewatkan. Tetapi daftar ini paling tidak sudah bisa mewakili oleh-oleh khas Bengkulu yang wajib kamu beli.

Saat saya coba cari referensi di mesin pencarian google, banyak juga yang menjualnya secara online. Jadi bagi kamu yang belum sempat traveling ke Bengkulu tetap bisa membelinya di banyak toko online.

Bagi kamu yang datang langsung, tidak ada ruginya untuk membeli oleh-oleh khas Bengkulu seperti yang sudah kami ulas secara singkat di artikel ini.

Selamat mencoba.

Mari berbagi