Oleh-oleh Khas Garut, Nomor 7 Bikin Kamu Cepat Move On

Ramahtraveler.com – Kota Garut di Jawa Barat ini dianugerahi alam yang indah di sekitarnya sehingga dijuluki Swiss Van Java. Wisata ke kota kecil nan cantik ini akan terasa lengkap kalau kamu pulang dengan membawa oleh-oleh khas Garut yang terkenal. Bisa beli dorokdok, dodol picnic, chocodot, dan lainnya.

RamahTraveler sempat mampir di salah satu toko oleh-oleh Garut yang cukup terkenal, yaitu Sumber Rezeki 3, atau SBR 3 Pusat Oleh-oleh Garut. Alamatnya di Jalan Otista, Tarogong, Garut.

Pusat oleh-oleh Khas Garut terluas, terlengkap, dan ternyaman di Garut ini menawarkan oleh-oleh makanan dan kerajinan tangan. Tersedia toilet dan musholla.

Di halaman belakangnya ada pemandangan indah persawahan dan bebukitan. Lumayan buat cuci mata sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Bandung.

Baca juga:
* 10 Tempat Wisata di Garut, Yang Mana Favoritmu?

Daftar Isi Oleh-oleh Khas Garut:

Toko Oleh-oleh Khas Garut - Sumber Rezeki 3 - SBR 3- Yopie Pangkey
Toko Pusat Oleh-oleh Khas Garut – Sumber Rezeki 3/SBR 3.
Alam Garut - Sumber Rezeki 3 - SBR 3- Yopie Pangkey
Pemandangan di belakang SBR 3.

Baca:
* Kue Balok Garut, Gurih dan Lumer di Mulut

Oleh-oleh Khas Garut:

1. Dodol Garut

Seperti kok kurang afdol ya kalau ke Garut ga bawa dodol sebagai oleh-oleh. Apalagi ada merk dodol yang sudah kina kenal sejak puluhan tahun lalu.

Dodol Picnic ini masih bertahan sampai sekarang diantara berbagai merek baru. Bisa kita dapatkan di berbagai penjuru Kota Garut.

Jeruk Garut - Oleh-oleh dari Garut - visitgarut garutkabgoid@
Jeruk Garut. (Foto: visitgarut.garutkab.go .id)

2. Jeruk Garut

Kabupaten Garut itu sentra produksi jeruk Jawa Barat dan nasional lho. Mungkin kamu pernah dengar Jeruk Keprok Garut, salah satu jeruk varietas unggulan di Garut.

Bahkan jeruk masuk ke dalam logo resmi kabupaten Garut lho. Menunjukkan jeruk merupakan komoditas unggulan di sub-sektor pertanian tanaman pangan.

Baca:
* Kofitaim Lampung, Kopi yang Enak Diminum Bareng ‘Kamu’

3. Dorokdok

Yang suka cemilan renyah, bisa beli dorokdok. Dorokdok dibuat dari kulit sapi yang dicampur rempah.

Camilan kerupuk kulit adalah camilan terkenal dari Garut. Berbahan dasar kulit sapi dan kerbau yang dicampur rempah agar menambah nikmat rasanya.

Dibuat tanpa bahan pengawet, penganan ini bisa bertahans sampai seminggu. Bisa dijumpai di semua toko oleh-oleh di Garut.

4. Ladu

Ladu ini mirip sekali dengan dodol. Bedanya, ladu sedikit lebih padat dan teksturnya agak kasar.

Terbuat dari bahan dasar tepung ketan putih, kelapa parut, dan gula aren.

Rasanya tidak semanis dodol, tapi ada sensasi tersendiri saat mengunyahnya. Suka banget sama yang ini.

5. Opak

Kudapan yang satu ini adalah sejenis kerupuk khas Sunda yang terbuat dari tepung beras yang diberi gula, garam, dan bumbu penyedap.

Bahan-bahan tersebut dicampur air lalu dibuat adonan dan di buat lembaran tipis-tipis. Lalu dijemur dan dibakar di atas perapian.

Yang terkenal di Garut adalah Opak Bungbulang, nama satu kecamatan di bagian selatan Garut. Opak ini banyak tersedia di toko oleh-oleh di Garut.

6. Rengginang

Masyarakat Indonesia senang sekali olahan makanan yang terbuat dari beras dan ketan. Termasuk Rangginang yang terbuat dari beras ketan.

Beras ketan yang dikukus atau nasi yang dikeringkan, dibentuk bulat sebelum dijemur. Penjemuran bisa memakan waktu berhari-hari agar padat dan renyah.

Ada yang suka memakannya mentah (rangginang setelah dijemur). Kebanyakan sukanya sih rangginang yang digoreng terlbih dahulu.

Saat ini bisa ditemui rangginang dengan beberaap varian rasa dan bewarna-warni di pasaran.

Baca juga:
* Warung Kangen Jogja, Kuliner Gudeg di Bandar Lampung

Chocodot Garut -  - Yopie Pangkey - yopiefranz
Chocodot Garut bisa jadi special gift untuk kekasih hati.

7. Chocodot

Chocodot Garut saat ini sudah mendapat ketenaran sebagai oleh-oleh khas Garut. Ditemukan secara tidak sengaja oleh Kiki Gumelar yang secara tidak sengaja menjatuhkan dodol kedalam adonan cokelat. Ketika diambil dan dicici, ternyata rasanya enak sekali.

Dari situlah ide pembuatan coklat dodol yang akhirnya diberinama Chocodot, singkatan dari Choco dan Dodol.

Produk inovatif ini bahkan bisa mengangkat citra kuliner Garut ke pentas nasional bahkan internasional. Kombinasi coklat dan makanan tradisional dodol, Chocodot Garut, ini menambah kekayaan kuliner Indonesia.

Ya, Chocodot adalah produk inovatif cokelat isi dodol pertama di dunia!

Menariknya, kemasannya dibuat beranekaragam menyesuaikan pasar kuliner yang didominasi oleh angkatan milenial dan gen Z.

Berbagai tulisan kreatif disematkan menghiasi bungkus yang juga terdiri dari berbagai bentuk dan warna.

Dari tulisan From Garut with Love, Cokelat Cepat Move On, Cokelat Tolak Miskin, Cokelat Enteng Jodoh, Chocodot Pertolongan Pertama Pada Kucel Kronis, dan sebagainya.

Bentuk kemasan juga ada yang kotak seperti biasa, ada kemasan besek berbentuk kerucut dan kotak. Ada juga paket cokelat edisi spesial dengan nama-nama gunung yang ada di Kabupaten Garut.

Chocodot Garut ini juga memberikan bantuan dari putus harapan, gagal ujian, kepastian cinta, mimpi buruk, ragu-ragu, dan kebimbangan lho 😀

Chocodot Garut - Cokelat Dodol Khas Garut- Kuliner Garut - Yopie Pangkey - yopiefranz
Chocodot Garut.

Galeri resmi Chocodot

Chocodot memiliki beberapa galeri resmi. Produknya sama saja dengan yang ada di semua toko oleh-oleh. Harga saja yang berbeda sedikit.

D’JIEUN TJOKLAT
Alamat: Jalan Otista No. 2, Pasawahan Tarogong, Garut

GEDOENG COKELAT :
Alamat: Jalan Siliwangi No. 6, Garut

BUNDERAN:
Alamat: Jalan Sudirman, Garut

CAMPERNIK:
Alamat: Jalan Raya Kubang no. 100, Garut

Oleh-oleh khas garut - yopie pangkey - yopiefranz
Oleh-oleh khas Garut.

Banyak Pilihan Oleh-oleh

Selain oleh-oleh berupa makanan, kamu bisa beli oleh-oleh khas Garut berupa Batik Garut dan jaket kulit. Juga ada kerajinan tangan berupa kipas tangan, angkluk, mainan anak-anak, dan lain sebagainya.

Sekarang kamu sudah tidak bingung lagi untuk memilih oleh-oleh khas Garut untuk dibawa pulang bukan? Semua penganan di atas enak-enak. Jaket kulitnya murah meriah, lumayan untuk bergaya di kota.

Baca juga:
* 10 Tempat Wisata di Garut, Yang Mana Favoritmu?

Untuk orang terkasih jangan lupa membeli Chocodot Garut, karena ada Cinta dari Garut.

Ayo segera datang ke Garut, jelajahi alam dan budayanya. Saat pulang, mampir di pusat oleh-oleh dan bawa beberapa oleh-oleh khas garut yang bisa buat kamu kangen pada Garut.

Mari berbagi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *