7 Oleh-oleh Khas Palu yang Digemari Wisatawan

Ramahtraveler.com – Acara Festival Teluk Tomini 2019 sudah selesai, saatnya kembali ke Palu dan terbang ke Jakarta lalu Lampung. Pulang dengan tangan hampa sepertinya kurang afdol ya. Pilihannya tentu saja membeli oleh-oleh khas Kota Palu. Apa -oleh-oleh Palu yang khas yang bisa kamu bawa?

Oleh-oleh khas Palu yang bisa kamu bawa antara lain; Bawang Goreng Sri Rejeki Palu, Coklat Banua, Sambal Ikan Roa, Abon Ikan Roa, Olahan Daun Kelor, Kopi Kolawi/Napu, Kopi Torata, Abon Tuna, Kacang Tenteng, Dampo Durian, dan lainnya.

Ada beberapa pusat Oleh-oleh di Kota Palu. Satu yang saya kunjungi adalah Toko Oleh-oleh Sri Rejeki Palu. Karena masih satu arah dari arah luar kota menuju bandara Mutiara SIS Al-Jufri. Di toko yang merupakan UMKM binaan salah satu bank milik BUMN ini menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas Palu.

Toko Oleh-oleh di Kota Palu - Sulawesi Tengah - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 1
Sri Rejeki, Salah satu toko oleh-oleh di Kota Palu.

Toko Oleh-oleh di Palu

TokoAlamatTelpon
Toko Oleh-Oleh “Sri Rejeki”Jalan Tanjung Dako Lorong 1
(Komplek Pertanian)
Lolu Selatan
0813-4131-8728
Banua CokelatJl. Otto Iskandar Dinata No.70,
Besusu Timur
0852-4122-1234
Sofie LocalfoodJl. Dewi Satika,
Tatura Selatan
0821-9559-0546
Sofie Localfood Jalan Zebra V Lorong 1 No. 5,
Tatura Selatan
0821-9559-0546
Bawang Goreng Palu ” LINDA’Jl. Garuda No.06, Birobuli Utara0812-4530-0223
Pusat Oleh-oleh Sal HanJl. Sis Aljufri No.48,
Siranindi
0821-9222-2123
Kopi Jahe Bintang SurayyahJl. Djelangkara, Baru, Palu Barat0813-4139-9939
Hj. Sri mbok (fried onions)Jl. Dr. Abdurrahman Saleh, BTN Mutiara Indah Blok E no 3,
Birobuli Utara
(0451) 482085
Oleh Oleh Raja PaluJl. DR. Abdurrahman Saleh No.230,
Birobuli Utara
 –
Pusat Oleh Oleh DianaJl. R.A. Kartini,
Lolu Selatan
0821-8976-0213

Di toko ini kamu bisa memilih berbagai buah tangan khas dari Kota Palu. Tinggal pilih oleh-oleh khas Kota Palu apa yang akan kamu bawa untuk keluarga di rumah.

Oleh-oleh Khas Palu

Oleh-oleh Makanan Khas Palu

Berikut ini beberapa olahan makanan yang bisa kamu beli di beberapa toko oleh-oleh yang ada di Palu. Termasuk di Toko Oleh-oleh Sri Rejeki.

1. Bawang Goreng Palu

Kamu harus tahu bahwa Palu terkenal dengan bawang goreng khasnya. Dimana-mana banyak dijual bawang goreng, namun yang berbeda dari bawang goreng Palu adalah rasa yang sedap, gurih, dan renyah. Harum bawang gorengnya akan membuat selera makan kamu meningkat.

Bawang Goreng Sri Rejeki Palu adalah yang banyak dicari para wisatawan/pelancong yang datang ke Kota Palu.

Bawang Goreng Palu Sri Rejeki ini menjadi bawaan wajib untuk keluarga di rumah.

2. Olahan Ikan

Oleh-oleh Palu - Sulawesi Tengah - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 6
Olahan Ikan Roa.

Wilayah Indonesia bagian tengah dan timur terkenal dengan sumber hidangan laut dengan kualitas baik. Termasuk di Kota Palu.

Salah satu jenis ikan yang banyak ditemui di perairan Sulawesi adalah ikan Roa. Olahan ikan roa yang biasa dijadikan oleh-oleh adalah; aneka sambal, abon, ikan suwir, stik. Stik ikan roa banyak dijual di toko oleh-oleh Palu. Stik ini sudah bisa langsung dimakan sebagai cemilan.

Aneka sambal dan abon ikan roa juga cocok sebagai oleh-oleh. Kamu bisa menjadikannya sebagai pelengkap makan siang atau makan malammu di rumah. Ikan roa ini terkenal dengan rasanya yang gurih dan lezat, dan sering dijadikan sebagai penyedap rasa berbagai sayuran.

Ikan Rono Crezzz Palu- Sulawesi Tengah - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 3
Olahan ikan rono (teri).

Wilayah Indonesia bagian tengah dan timur terkenal dengan sumber hidangan laut dengan kualitas baik. Termasuk di Kota Palu.

Salah satu jenis ikan yang banyak ditemui di perairan Sulawesi adalah ikan Roa. Olahan ikan roa yang biasa dijadikan oleh-oleh adalah; aneka sambal, abon, ikan suwir, stik. Stik ikan roa banyak dijual di toko oleh-oleh Palu. Stik ini sudah bisa langsung dimakan sebagai cemilan.

Aneka sambal dan abon ikan roa juga cocok sebagai oleh-oleh. Kamu bisa menjadikannya sebagai pelengkap makan siang atau makan malammu di rumah. Ikan roa ini terkenal dengan rasanya yang gurih dan lezat, dan sering dijadikan sebagai penyedap rasa berbagai sayuran.

Selain ikan Roa, kamu bisa coba beberapa produk olahan dari ikan rono (teri).

Salah satunya adalah Ikan Rono Crezzz, produksi dari Mr. Tejo di Palu. Penganan krispi ini asik juga buat cemilan di rumah.

3. Coklat Banua

Coklat Banua - Oleh-oleh Palu - Sulawesi Tengah - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 7
Coklat Banua, oleh-oleh favorit Kota Palu.

Garut punya Chocodot kalau Kota Palu punya Banua. Saya juga baru tahu saat memasuki toko oleh-oleh Sri Rejeki. Dan Coklat Banua ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit Sulawesi Tengah lho.

Yang saya rasakan berbeda saat mencicipinya adalah, rasanya yang lebih pahit dibanding coklat-coklat umumnya di pasaran. Jadi yang ditawarkannya adalah citarasa asli coklat yang minim tambahan zat pemanis. Kamu harus coba ini kalau datang ke Palu.

Salah satu oleh-oleh khas Kota Palu yang populer dan kerap jadi pilihan favorit sebagai buah tangan dari Sulawesi Tengah adalah Coklat Banua. Cita rasa dari olahan biji kakao asli Sulawesi Tengah ini sedikit berbeda dengan coklat pada umumnya karena terasa lebih pahit. Namun, minim dari zat pemanis, coklat banua justru memiliki manfaat yang jauh lebih baik daripada coklat yang memiliki cita rasa manis, lho.

Dijelaskan di laman resmi Coklat Banua, rasa dasar cokelat adalah pahit sehingga dengan menambah sedikit pemanis, coklat yang kita konsumsi bisa kaya dengan khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan kita.

Meski dengan sedikit pemanis, yakinlah bahwa Anda memang sedang makan cokelat, bukan Gula dan Susu yang berwarna Coklat.Banua Cokelat didirikan Ansaruddin bersama istrinya Hasnidar Haidir pada 2010 karena melihat potensi daerah Sulawesi Tengah sebagai penghasil kakao terbesar di Indonesia.

Sekali menggigit Banua Cokelat, akan menancap di hati. Kamu akan selalu ingat Kota Palu dan cokelat Banua.

Gerainya bisa kamu datang di:

Banua Cokelat
Alamat:
Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) No. 70 Palu – Sulawesi Tengah.
Whatsap (WA) +62-852-4122-1234

4. Olahan Daun Kelor

Oleh-oleh Palu - Sulawesi Tengah - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 5
Olahan daun kelor juga menjadi salah satu oleh-oleh Sulawesi Tengah.

Selain terkenal dengan bawang goreng, Palu juga terkenal dengan produk-produk olahan daun kelor.

Produk oalah daun keloar antara lain; dodol kelor, pia kelor, kerupuk daun kelor, keripik daun kelor, teh kelor, bahkan ada juga cokelat kelor.

Menjadikannya oleh-oleh unik yang bisa masuk kedalam list oleh-oleh yang akan kamu beli.

5. Kopi Sulawesi Tengah

Kopi Sulawesi Tengah - Yopie Pangkey - Ramah Traveler - 4
Kopi Sulawesi Tengah.

Sulawesi Tengah memiliki 13 kabupaten/kota. 12 kabupaten memiliki kebun kopi dan hanya Kota Palu saja yang tidak memiliki kebun kopi. Itu berarti Sulawesi Tengah juga memiliki sejarah perkopian sejak lama.

Yang paling produktif menghasilkan kopi adalah Poso, Sigi dan Donggala, Morowali Utara.

Kopi lokal Donggala yang terkenal adalah Kopi Sojol (arabika) yang berasal dari area pegunungan dengan tinggi 3.226 mdpl.

Areal dataran tinggi Donggala dengan udara bersih dan sejuk ini memang cocok ditanami kopi Arabika. Namun secara keseluruhan, Sulawesi Uatara adalah penghasil kopi robusta.

Beberapa merk kopi terkenal Sulawesi Tengah bisa kamu dapatkan di toko oleh-oleh di Palu.

Mau Kulineran Sulawesi Tengah, baca ini ya:

* Nasi Kuning Enak di Warkop Harapan Cemerlang Palu
* Lalampa Toboli yang Gurih di Parigi Sulawesi Tengah

Kerajinan Tangan Palu

Selain oleh-oleh berupa makanan khas Palu, ada beberapa kerajinan tangan yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh.

6. Sarung Donggala

Sarung di berbagai daerah sudah menjadi salah satu produk kerajinan yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Termasuk sarung yang berasal dari Sulawesi Tengah ini.

Sarung Donggala adalah sarung kerajinan tenun asli yang pada umumnya dibuat oleh pengrajin wanita dari Kabupaten Donggala, di Sulawesi Tengah.

Sama seperti sarung-sarung khas lain, pembuatan Sarung Donggala juga sulit dan memerlukan waktu lama. Menjadikannya sebagai salah satu sarung mewah yang cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah atau untuk kamu pakai sendiri.

7. Kerajinan Tangan Kayu Hitam

Kota Palu juga terkenal dengan kerajinan kayu hitam yang dibentuk beraneka ragam dan warna. Kerajinan khas kayu hitam ini berupa gantungan kunci, patung, jam, dan lainnya.

Mau naik Pesawat ke Palu, baca ini:


* Info Penerbangan ke Palu 2019

Oleh-oleh yang Menancap di Hati

Itulah beberapa oleh-oleh yang saya ketahui dari kunjungan pertama kali ke Kota Palu. Mungkin saja masih ada banyak oleh-oleh khas Palu yang belum saya ketahui. Mudah-mudahan ada kesempatan di lain waktu untuk mengenal secara lebih detail.

Sebagian oleh-oleh Khas Palu di atas bisa kamu beli melalui beberapa toko online terkenal dengan harga yang bervariasi.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.