Teluk Hantu di Pesawaran, Pantainya Cantik dan Alami!

Pantai Teluk Hantu - Punduh Pidada - Pesawaran - RamahTraveler
Pantai Teluk Hantu yang menawan. (Foto: dok. ramahtraveler.com)

Hi pembaca RamahTraveler. Kali ini kami mau berbagi info mengenai pantai Teluk Hantu. Namanya seram ya. Namun jangan kawatir, yang kami sajikan disini indah kok. Sudah banyak yang datang ke pantai indah di teluk ini. Salah satu keindahan Pesawaran Lampung yang belum banyak terekspos.

Pantai Teluk Hantu memang belum banyak dikenal. Kami tahu pantai ini pun baru beberapa tahun ini. Suasana masih asri, belum banyak sentuhan tangan manusia. Bagi yang suka dengan suasana alami, akan suka berada di teluk kecil ini.

Baca juga:
* Pesona Repong Damar di Pahmungan Krui Pesisir Barat

Alhamdulillah, kami Ramah Traveler berkesempatan kesana bersama seorang kawan. Tujuannya menghadiri acara Festival Pagar Jaya Waway 2019.

Lokasi

Pantai TelukHantu - Punduh Pidada - Pesawaran - RAmahTraveler - 2
Sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung. (Foto: dok. ramahtraveler.com)

Pantai Teluk Hantu ini berada di Desa Pagar Jaya, Kecamatan Punduh Pidada, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Dari Kota Bandar Lampung berjarak sekitar 85 Km, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.

Posisinya berada di mulut dan menghadap Teluk Lampung. Berada di ujung tanjung dan ujungnya Kabupaten Pesawaran.

Cara Menuju Teluk Hantu

Cara menuju Teluk Hantu - Punduh Pidada - Pesawaran - RAmahTraveler - 1
Memasuki Desa Pagar Jaya. (Gambar: dok. ramahtraveler.com)

Rute / Akses menuju Teluk Hantu susah-susah gampang. Bisa melalui laut melalui Dermaga Ketapang, Gebang, Padang Cermin. Dengan perahu kayu, bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 – 2 jam.

Cara kedua melalui darat. Dan ini yang kami pilih dengan alasan lebih banyak yang dilihat dan tidak membosankan.

Arahkan kendaraan ke Desa Bawang, ibukota kecamatan Punduh Pidada. Bandar Lampung – Bawang, bisa ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam.

Dari Bawang, ambil jalan yang lurus jangan berbelok. Jarak Bawang – Teluk Hantu sekitar 17 kilometer ditempuh dalam waktu 1 jam.

Kita akan melewati sebagian jalan yang sudah diperbaiki. Dan sebagian besarnya jalan yang kondisinya tidak begitu bagus.

Harga Tiket Masuk

Saat kami kemari, belum ada tarif tiket yang dikenakan bagi pengunjung, alias masih gratis. Belum ada pengelolaan retribusi dari pihak desa. Namun di Desa Pagar Jaya sudah ada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang termasuk aktif.

Fasilitas

Gambar Pantai Teluk Hantu - Punduh Pidada - Pesawaran - RAmahTraveler - 3
(Gambar: dok. ramahtraveler.com)

Sejauh ini belum ada fasilitas memadai di Pantai Teluk Hantu. Hanya ada sebuah gubug kayu di tepi pantai yang dapat digunakan pengunjung untuk duduk-duduk santai. Ada sebuah bangunan belum jadi yang dari bentuknya sepertinya akan dijadikan sarana MCK.

Saran bagi kawan-kawan yang ingin kemari, lebih baik persiapan membawa segala sesuatunya dari rumah. Seperti alat snorkeling, tikar, makanan dan minuman. Namun ingat, bawa kembali ke rumah sampah yang kita hasilkan ya.

Daya Tarik Wisata Pantai Teluk Hantu

Pantai Teluk Hantu - Punduh Pidada - Pesawaran - RAmahTraveler - 6
Pantainya berpasir putih dan bersih. (Foto: dok. ramahtraveler.com)

Pantai Teluk Hantu bisa menjadi wisata favorit Pesawaran kedepannya. Lokasinya pas banget menghadap ke arah Timur. Sehingga kalau menginap di Pagar Jaya, kita bisa menikmati suasana matahari terbit (sunrise) di sini.

Garis pantainya mungkin hanya sekitar 800an meter, sudah termasuk pantai yang ada di Dusun Labuan Jaya. Ombaknya relatif tenang, sehingga cukup aman dan nyaman bagi keluarga yang datang kemari.

Air lautnya bersih jernih tampak berwarna hijau kebiruan, dengan gelombang dan ombak kecil. Terkadang terlihat ikan-ikan kecil berlompatan di pinggir pantainya. Dengar-dengar terumbu karang dan biota laut disini indah-indah.

Aktivitas yang bisa kita lakukan disini adalah snorkeling, bermain di pantai, duduk-duduk santai di bawah rindangnya pepohonan. Juga menikmati matahari terbit di pagi hari.

Secara keseluruhan, pantai ini termasuk bersih. Hanya ada daun kering dan batang kayu yang berserakan. Di beberapa titik memang ada sampah yang dibuang pengunjung. Tapi mudah-mudahan Pokdarwis bisa mengatasinya, sebelum menjadi masalah besar.

Suasananya sangat sunyi sepi. Hanya terdengar suara angin dan ombak. Membuat hati tenang, tenteram, dan damai. Jauh dari hiruk pikuk kebisingan kota.

Kesimpulan

Pantai Teluk Hantu ini sangat indah, masih alami dan eksotis sekali. Tidak seseram dengan nama julukannya. Sesuai sekali bagi kalian traveler yang ingin merasakan keindahan alam yang masih terjaga dan alami.

Baca juga:
* 7 Cafe Romantis di Bandar Lampung

Tidak sia-sia perjalanan kami jauh-jauh 3 jam dari Bandar Lampung. Terbayarkan dengan keindahan Pantai Teluk Hantu di Pagar Jaya, Punduh Pidada, Pesawaran ini.