Rafflesia Arnoldii, Bunga Terbesar di Dunia yang Ada di Bengkulu

Rafflesia arnoldii – Sudah sering mendengar nama dan melihat foto salah satu bunga terbesar di dunia ini di majalah maupun di berbagai media online. Namun belum pernah sekalipun melihatnya secara langsung dari jarak dekat. Hanya tahu apa itu bunga Rafflesia arnoldi, tumbuh dimana, apa persamaan dan perbedaannya dengan bunga bangkai atau Amorphophallus Titanium?

Rafflesia adalah genus tumbuhan bunga parasit yang tumbuh pada tumbuhan merambat dari genus Tetrastigma (famili Vitaceae). Diameter bunga Rafflesia Arnoldii bisa mencapai lebih dari 100 cm dengan berat hingga 10 kilogram. Rafflesia terkecil (Rafflesia manillana) bunganya bisa memiliki diameter 20 centimeter.

Dari seluruh tumbuhan berbunga, Rafflesia arnoldii memiliki bunga tunggal terbesar di dunia. Bisa dikatakan demikian setidaknya kalau kita menilai dari beratnya.

Satu-satunya bagian tumbuhan Rafflesia yang bisa kamu lihat di luar tumbuhan inangnya adalah bunga bermahkota lima. Tumbuhan ini tidak memiliki batang, daun ataupun akar yang sesungguhnya.

Bunga terbesar di dunia ini ditemukan pertama kali tahun 1818 di Bengkulu oleh seorang pemandu Indonesia yang bekerja untuk Dr. Joseph Arnold. Dinamai berdasarkan nama Thomas Stamford Raffles, pemimpin ekspedisi itu. Jadilah sampai saat ini kita kenal dengan nama Rafflesia Arnoldii.

(Sumber: wikipedia)

Baca juga:
* Pesona Atraksi Dhol Bengkulu di Festival Bumi Rafflesia 2019

Foto rafflesia arnoldii - padma raksasa - yopie pangkey - ramahtraveler - 2
Aries Pratama sedang ambil foto Rafflesia arnoldii di kawasan kawasan Taba Penanjung, Bengkulu Tengah. (Foto: Yopie pangkey/ramahtraveler)

28 Spesies Bunga Rafflesia

Rafflesia arnoldii, Rafflesia azlanii, Rafflesia baletei, Rafflesia bengkuluensis, Rafflesia banahawensis, Rafflesia cantleyi, Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasseltii, Rafflesia kerrii, Rafflesia keithii, Rafflesia lobata, Rafflesia leonardi, Rafflesia manillana.

Rafflesia mira, Rafflesia micropylora, Rafflesia panchoana, Rafflesia patma, Rafflesia rochussenii, Rafflesia pricei, Rafflesia schadenbergiana, Rafflesia speciosa, Rafflesia tuan-mudae, Rafflesia tengku-adlinii, Rafflesia verrucosa.

Spesies yang tidak diverifikasi antara lain; Rafflesia borneensis, Rafflesia titan, Rafflesia ciliata, dan Rafflesia witkampii.

Semua spesies di atas hanya bisa ditemukan di Asia Tenggara. Yaitu di Sumatera, Kalimantan, Semenanjung Malaya, dan Filipina.

(Sumber: wikipedia)

Bagian tengah bunga rafflesia arnoldii - padma raksasa - yopie pangkey - ramahtraveler
Bagian tengah bunga rafflesia arnoldii. (Foto: yopie pangkey/ramahtraveler)

Informasi Bunga Rafflesia Arnoldii Mekar

Saat masih di rumah sebelum berangkat ke Bengkulu untuk menyaksikan Festival Bumi Rafflesia (FBR) 2019, seorang kawan dari Bengkulu memberi kabar di grup whatsapp.

Salah seorang anggota Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Bengkulu, Kuma mengatakan, ada bunga Rafflesia yang mekar sempurna di kawasan Taba Penanjung, Bengkulu Tengah. Rafflesia Arnoldii habitat.

Sebuah kabar yang sangat menggembirakan bagi kami.

Sebenarnya di Lampung juga ada tempat tumbuhnya Bunga Rafflesia, namun susah sekali mencocokkan waktu berkunjung. Apalagi kalau informasi kapan bunga ini mekar, kita tidak tahu.

Sangat kebetulan sekali, saat akan berkunjung menyaksikan FBR 2019, ada kabar gembira mekarnya Bunga Rafflesia. Hotel sudah dipesan, mobil rental sudah ada, waktu juga tersedia. Maka melihat langsung dari dekat masuk kedalam daftar hal yang harus kami lakukan saat liburan di Bengkulu kali ini.

lokasi rafflesia arnoldii di Taba Penanjung bengkulu tengah - yopie pangkey - ramahtraveler - 1
Lokasi rafflesia arnoldii yang mekar di Taba Penanjung Bengkulu Tengah, hanya 20 meter dari jalan raya. (Foto: yopie pangkey/ramahtraveler)

Menuju Lokasi Bunga Rafflesia Arnoldii

Singkat cerita pagi itu, Minggu (21/07/2019), setelah sarapan di Amaris Hotel Bengkulu kami segera meluncur keluar kota Bengkulu.

Menggunakan rental mobil Bengkulu, kami melaju kearah Taba Penanjung di Kabupaten Bengkulu Tengah. Lokasinya sekitar 35 kilometer dari Kota Bengkulu dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Atau sekitar 22 kilometer sebelum Pasar Kepahiang.

Informasi penyedia jasa sewa mobil Bengkulu bisa kamu baca di:
* 10 Rental Mobil Bengkulu, Murah dan Bisa Lepas Kunci

Menjelang sampai di lokasi, dari kejauhan terlihat tulisan di banner “Bunga Rafflesia Mekar”. Dan ada beberapa pemuda yang berjaga di tepi jalan yang siap menngarahkan dimana kami harus memarkirkan kendaraan.

Bunga terbesar di dunia - rafflesia arnoldii - padma raksasa - yopie pangkey - ramahtraveler - 3
Padma raksasa, salah satu bunga terbesar di dunia. blooming. (Foto: yopie pangkey/ramahtraveler)

Padma Raksasa

Ditemani pemuda lokal bernama Ilham, dari parkiran mobil di depan warung miliknya kami berjalan menuju pepohonan yang rimbun di seberang jalan. Hanya berjalan sekitar 20 meter, bunga Rafflesia Arnoldii sudah terlihat di hadapan kami.

Tidak sebesar yang kami bayangkan, bunga dengan diameter sekitar 60 centimeter tersebut sudah sangat menghibur. Kapan lagi bisa melihat Padma Raksasa, tumbuhan endemik tersebut langsung di habitat aslinya.

Terlihat di sekitar bunga Rafflesia yang sedang mekar, terdapat beberapa tunas/bonggol calon bunga. Berarti sudah dapat diperkirakan bakal ada Rafflesia Arnoldii lain yang akan mekar disitu.

Tinggal dijaga saja jangan sampai tunas tersebut gagal mekar karena terusik manusia atau hewan yang berkeliaran. Apalagi tumbuhan ini hanya tumbuh di tetra stigma anggur, keluarga anggur yang hanya tumbuh di hutan hujan.

Pantas saja, tergolong bunga yang langka dan rentan punah sehingga menjadikannya bunga yang dilindungi.

Ilham menjelaskan kepada kami, bunga ini baru mekar sekitar 3 hari yang lalu. Dan diperkirakan akan hidup sekitar 1 minggu saja.

Banyak yang mengira kalau Rafflesia dan Amorphophallus titanum berkerabat dekat. Faktanya, dua jenis tumbuhan ini jauh hubungan kekerabatannya. Rafflesia arnoldii memiliki bunga tunggal terbesar di dunia dari seluruh tumbuhan berbunga. Sedangkan Amorphophallus titanum mempunyai perbungaan tak bercabang terbesar.

Kita memang sering dibingungkan dengan penamaan bunga bangkai yang melekat pada Amorphophallus titanum. Karena sama-sama mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Namun saat mencoba mencium baunya, kami tidak mendapatkan bau busuk yang keluar dari bunga tersebut. Atau mungkin Amorphophallus titanum yang lebih terasa bau busuknya ya?

Daya Tarik Wisata Bengkulu

Sebuah pengalaman berharga dan mengesankan bisa melihat dari dekat Padma Raksasa atau bunga Rafflesia. Salah satu bunga terbesar di dunia ini terlihat begitu indah dan memesona.

Salah satu tempat kamu bisa melihat Padma Raksasa ini adalah di Taba Penanjung, Bengkulu Tengah. Sekitar 1 jam berkendara dari pusat Kota Bengkulu.

Karena langka dan pesonanya, bunga ini menjadi daya tarik wisata yang menjadikan wisatawan ingin datang ke Bengkulu. Termasuk kami yang semangat mendatangi Festival Bumi Rafflesia karena ada informasi bunga rafflesia yang mekar.