Roti Tan Ek Tjoan, Penganan Legend Asal Bogor

Roti Tan Ek Tjoan - Ramah Traveler com - Yopie Pangkey - 2
Roti Tan Ek Tjoan

Ramahtraveler.com – Kemarin mendapat oleh-oleh Roti Tan Ek Tjoan dari tante dan sepupu yang datang ke Lampung. Rasa rotinya enak banget. Jadi penasaran beli dimana, alamat toko, halal atau tidak, dan sejarah nya. Dan saya pun eksplorasi informasi mengenainya. Dan mendapatkan banyak info yang akan saya tulis di bawah ini.

Roti enak ini ternyata berasal dari Kota Bogor. Roti legend yang masih tegar berjualan dan tetap laris diminati penggemarnya. Didirikan pada tahun 1920, menjadikan Roti Tan Ek Tjoan sebagai salah satu merk roti tertua di Indonesia. Salah satu ciri khasnya adalah; roti gambang dengan tekstur keras bewarna coklat dan bertabur biji wijen.

Roti Tan Ek Tjoan - Ramah Traveler com - Yopie Pangkey - 4
Teksturnya keras, tapi lembut saat di mulut. Asik buat teman minum kopi 🙂

Rasanya Enak

Kalau lihat tampilannya ya biasa saja, sama seperti roti lain. Tapi saat mencicipinya, rasanya memang enak. Rasanya pas di lidah dan saat dikunyah. Jadi kudapan enak menemani minum kopi di pagi hari dan sore hari.

Saat kita makan, akan terasa rasa khas kayu manis dan gula merah bercampur menjadi satu di dalam mulut. Memang ya teksturnya keras saat kita pegang, namun begitu menyentuh lidah, roti ini langsung berasa lembut.

Kalau lihat beberapa fotonya di berbagai sumber portal berita dan blog, Tan Ek Tjoan Bakery menjual berbagai macam roti. Selain roti gambang yang menjadi kekhasannya, juga ada roti kaki kuda, dan khastangan.

Kalau roti kaki kuda dan khastangan saya belum mencicipinya, hanya membaca beberapa reviewnya di berbagai sumber.

Dikatakan bahwa rasa khastangan dan roti kaki kuda masih mirip-mirip sama rasa roti gambangnya. Bertekstur padat, memberikan rasa manis khas roti jadul yang berpadu dengan gurih keju dalam setiap gigitan.

Bagian dalam toko sudah lebih modernLeny Sulistya
Bagian dalam toko sudah lebih modern. (Foto Google Map/Leny Sulistya)

Ada Aneka Jenis Roti dan Kue

Mengikuti perkembangan zaman, toko roti ini juga menyediakan aneke roti kreasi yang lebih modern, seperti roti dasi, roti abon, roti coklat, roti teddy bear, dan roti lainnya.

Harga roti dibanderol mulai harga Rp 8 ribu sampai Rp 11 ribuan. Harga yang terjangkau, murah untuk kantong mahasiswa. Tapi soal rasan, rasa kota 🙂

Roti Tan Ek Tjoan - Ramah Traveler com - Yopie Pangkey - 3

Sejarah Roti Tan Ek Tjoan

Seperti sudah disebut tadi di awal, Roti Tan Ek Tjoan menjadi salah satu merk roti tertua di Indonesia.

Bermula dari pemuda keturunan Tionghoa Tan Ek Tjoan, bersama istri tercintanya Phoa Lin Nio, memulai bisnis roti di rumah sederhana di daerah Surya Kencana Bogor, Jawa Barat. Dulu daerah tersebut namanya Grootepost weg.

Mereka berdua bekerjasama dengan gigihnya. Sang suami pintar berbisnis dan istri pintar membuat kue. Jadilah Roti Tan Ek Tjoan begitu populer di masyarakat Kota Bogor.

Saat itu banyak orang Belanda tinggal di Bogor, jadi usaha rotinya bisa lumayan laris. Selain dibeli orang-orang Belanda, orang-orang Indonesia yang kebarat-baratan dan keturunan Tionghoa juga suka membeli roti mereka.

toko-roti-tan-ek-tjoan-cikini-tutup
Cek di peta, yang di Jakarta sudah tutup, karena ada pembangunan apartemen atau perkantoran.

Diceritakan di historia.id, Bung Hatta pernah mencicipinya dalam perjalanan beliau dari Jakarta menuju Megamendung. Di depan toko roti Tan Ek Tjoan, dia menyuruh Sardi, pengawal Bung Karno, untuk masuk membeli roti.

Bahkan Tan Ek Tjoan bisa dibilang orang yang mengenalkan roti di kalangan masyarakat Jakarta pada waktu itu. Dengan adanya pabrik dan toko roti di Jalan Cikini Raya. Tukang roti keliling dikerahkan untuk menjual roti ke rumah-rumah warga.

Dimulai oleh istrinya, Phoa Lin Nio, yang merintis usaha pabrik dan toko roti di Jakarta setelah Tan Ek Tjoan meninggal.

Pertama kali buka sebenarnya di daerah Tamansari , lalu pindah ke Jalan Cikini Raya pada tahun 1955.

Pada tahun 1958 Phoa Lin meninggal dunia, bisnis roti diteruskan oleh Tan Bok Nio dan Tan Kim Thay, dua anaknya dari Tan Ek Tjoan. Tan Kim Thay mengurusi toko roti di Jakarta dan Tan Bok Nio di Bogor.

Di tangan Tan Kim Thay, bisnis roti keluarga ini semakin berkembang. Dari usaha rumahan yang sederhana sampai bisa membeli tanah di sekitarnya.

Baca juga:


* Kue Balok Garut, Gurih dan Lumer di Mulut

Alamat Toko Roti Tan Ek Tjoan

(1) Bogor

Jalan Siliwangi No.176 Sukasari, Lawanggintung, Bogor Selatan, Kota Bogor.
Telpon: (0251) 8322635
Buka: Senin – Minggu, 07:00–21:00

Buka di Google Map : Toko Roti TanEkTjuan

(2) Tangerang Selatan

Jalan WR. Supratman No.45, Cemp. Putih, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.
Telpon: (021) 29053516
Buka: Senin – Minggu, 07:00 – 19:00

Baca juga:


* Oleh-oleh Khas Garut, Nomor 7 Bikin Kamu Cepat Move On

Wajib Coba

Demikian informasi tentang roti legendaris yang saya himpun dari berbagai sumber. Soal halal, saya belum tahu persis apa sudah mempunyai sertifikasi halal atau belum. Tapi melihat perkembangannya, roti ini terlihat ‘halal friendly’.

Kalau saya ke Bogor atau ke daerah Tangerang Selatan, akan mampir dan membeli aneka kue dan roti Tan Ek Tjoan. Beli banyak buat kawan minum kopi di rumah 🙂

Mari berbagi