Sensasi Berburu Foto Alam Liar di Savana Doro Ncanga Sumbawa

Padang Savana Doro Ncanga – Siapa coba yang menyangkal keindahan Gunung Tambora, destinasi wisata di Sumbawa Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menawarkan seribu satu keunikan yang menawan.

Salah satu keunikan yang dimiliki NTB adalah Padang Savana Doro Ncanga di Dompu, yang membentang indah. Disinilah puncak acara Festival Pesona Tambora 2019 dilaksanakan.

Padang Savana Doro Ncanga di Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat - 2
Mejelang sampai di Padang Savana Doro Ncanga, Dompu, Sumbawa.

Baca juga:
* Pesona Pantai Dato Majene di Sulawesi Barat

Mirip Padang Savana Benua Afrika

Memang sudah pernah ke Afrika? Ya belum lah 😀

Rata-rata orang Indonesia pun mungkin setuju meskipun belum pernah secara langsung pergi di Afrika.

Mungkin ini sebuah ungkapan kekaguman saja akan keindahan yang unik yang jarang dilihat kebanyakan kita. Jadi simak aja terus artikel ini 😀

Terletak sebelah selatan kaki Gunung Tambora, destinasi wisata unggulan ini benar-benar keren. Kalau di Afrika wisatawan disuguhkan hewan liar, uniknya di Doro Ncanga wisatawan disuguhkan pemandangan hewan ternak yang dilepasliarkan oleh pemiliknya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun turut memuju keindahan Padang Savana Doro Ncanga. Dikatakannya, pada Rabu (10/4), NTB itu memang jagonya soal pesona. NTB mempunyai tempat wisata petualangan yang menakjubkan. Seperti misalnya Doro Ncanga yang memiliki suasana mirip dengan padang savana benua Afrika.

Kita dapat melihat pemandangan sapi, kerbau, dan kuda berkeliaran bebas mencari makan. Para pemilik sepertinyatidak takut kalau hewan peliharaannya ini hilang atau tertukar.

Ada penanda atau simbol yang menandai hewan ternak tersebut, dicetak di tubuh hewan sesuai dengan ketentuan pemiliknya.

Berbeda bukan dengan kebiasaan pemilik hewan ternak di Pulau Jawa atau di daerah lain. Kebanyakan hewan ternak dikandangi dan diikat. Kalaupun dilepas, biasanya tidak jauh atau ditunggui. Di Doro Ncanga hewan dilepas agar bisa mencari makanan yang disukainya di alam.

Baca:
* Berwisata ke Piaynemo Island Raja Ampat

Padang Savana Doro Ncanga di Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Kawanan sapi yang berkeliaran bebas. Gunung Tambora di latar belakang. (Foto: ist)

Menpar Arief Yahya juga menganjurkan para wisatawan pencinta fotografi untuk datang berburu foto di Doro Ncanga. Ribuan hewan ternak setia harinya selalu berkeliaran di padang savana. View tersebut tentu saja bisa menjadi objek foto yang eksotis dan menarik.

Apalagi dikombinasikan dengan latar belakang Gunung Tambora yang indah. Hasil foto bisa lebih menakjubkan lagi.

Kepala Dinas Pariwisata, NTB, Lalu Mohammad Faozal, juga menjelaskan bahwa pelepasan hewan ternak di padang savana ini sudah turun-temurun dilakukan sejak puluhan tahunlalu. Menjadi sebuah budaya unik bagi warga Dompu.

“Hewan-hewan ternak di sini begitu mahir menjelajahi Savana Doro Ncanga. Mereka begitu pandai mengatur waktu hidupnya sesuai dengan kebutuhan tanpa diatur oleh pemilik. Mulai dari tidur, istirahat, makan, dan minum.” Lalu Mohammad Faozal menambahkan.

“Saat memasuki kawasan padang savana, subuh pukul 04.00 WITA, hewan-hewan yang makan di kaki Gunung Tambora akan berjalan ribuan meter menuju sumber air yang berada di dekat pantai.” Lanjutnya.

Memasuki siang hari sekitar pukul 12.00 WITA, hewan-hewan itu akan mengatur jadwal istirahat sampai sore. Lalu sekitar pukul 16.00 WITA, mereka akan kembali berjalan mencari makanan di sekitar kaki gunung.

Kuda Sumbawa - Padang Savana Doro Ncanga di Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat - Teguh Prasetyo
Kuda Sumbawa – Padang Savana Doro Ncanga di Dompu, Sumbawa. (Foto: Teguh Prasetyo)

Padang Savana Doro Ncanga, Spot Foto Menakjubkan

Salah satu waktu yang cocok untuk hunting foto adalah di sore hari. Pemandangan sore hari di padang savana sangat menarik. Ada scene menarik, ratusan ternak melintasi area padang savana.

Bisa terlihat dari jalan raya yang membelah savana. Tinggal pilih sesuai selera memotret mau berhenti dimana dan mau latar belakang seperti apa.

Banyak pengguna jalan raya yang melintas memilih berhenti untuk memotret scene tersebut. Karena pemandangan seperti ini bisa dipastikan tidak pernah dilihat di kota asal mereka.

Namun yang perlu diperhatikan adalah, pengemudi harus ekstra hari-hati kalau melintas di jalan yang ada ternak tersebut di kiri kanan jalan.

Harus hati-hati dan berjaga-jaga untuk antisipasi kalau-kalau ada ternak yang tiba-tiba menyeberang jalan raya.

Bukan hanya di Padang Savana Doro Ncanga, area kaki Gunung Tambora lain seperti di Padang Savana Saraenduha pun menjadi tempat pelepasan hewan ternak.

Jadi banyak pilihan spot foto dengan latar depan hewan ternak dan latar belakang suasana padang savana.

Baca juga:
* The Kaldera Toba Nomadic Escape, Suasananya ASIK dan SYAHDU

Padang Savana Doro Ncanga di Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat - 1
Padang Savana Doro Ncanga dengan latar belakang Teluk Saleh.

Pernah berkunjung ke Savana Ndoro Ncanga tahun lalu untuk menyaksikan Festival Pesona Tambora. Sepanjang perjalanan dari Bandara Bima ke Ndoro Ncanga saja sudah disuguhkan view menarik dan unik.

Apalagi saat memasuki area savana Ndoro Ncanga, pemanandangan padang rumput yang luas langsung mendominasi apa yang kita lihat sepanjang perjalanan.

Di beberapa titik kita bisa melihat pantai dan Teluk Saleh di sisi kiri dan Gunung Tambora yang megah di sisi kanan. Eksotis banget.

Semoga Festival Pesona Tambora bisa lebih mengangkat destinasi eksotis disekitar Gunung Tambora. Dan semoga semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Padang Savana Doro Ncanga di Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).