10 Kuliner Boyolali ini Bisa Membuat Kita ‘Tersenyum’

Kuliner Boyolali – Sudah tahu Niew Zeeland van Java? Ya, selain terkenal dengan kota susu, Boyolali di Jawa Tengah ini juga disebut New Zeland van Java. Belanda menyebutnya demikian karena suasananya dianggap mirip. Suasana yang enak tentu asik juga buat wisata kuliner. Dimana tempat makan di Boyolali yang enak? Apa makanan khasnya?

Kuliner Boyolali enak-enak. Kamu bisa nikmati makanan khas Boyolali seperti; Soto Daging Bening, Sambal Lethok, Jenang Pecel, Dodol Susu, Tahu Susu, Mentho, dan Jadah Bakar.

Tempat wisata di Boyolali juga menawan. Kamu bisa baca artikelnya di: Pesona 10 Wisata Boyolali, Ada Seven Wonders Juga!

Daftar Isi:

Selain itu tempat makan di Boyolali pun menarik untuk disambangi. Beragam menu makanannya siap menyambut semua pengunjung yang berlibur di kabupaten yang memiliki slogan Boyolali Tersenyum (Tertib, Elok, Rapi, Sehat, Nyaman untuk Masyarakat).

Kabupaten kecil yang bertetangga dengan Sola dan Yogyakarta ini, ternyata memiliki warisan kuliner yang begitu lezat. Mulai dari kudapannya, menu utama, hingga oleh-oleh yang bisa dibawa pulang kembali ke kota perantauan.

Baca juga:
* Enak-enak! Cobain Deh 17 Kuliner Solo Ini
* Berburu 10 Kuliner Semarang yang Nikmat

Daftar Tempat Makan dan Kuliner Boyolali

Sebelum traveling, ada baiknya kita bersama-sama mengenal lebih dalam setiap sudut Boyolali Jawa Tengah lewat kekayaan cita rasa kulinernya.

Berikut ini daftar kuliner khas dan tempat makan di Boyolali yang kami himpun dari berbagai sumber.

1. Soto Mbok Giyem

Soto Mbok Giyem - @the.lucky.belly
Soto Mbok Giyem. (Foto: IG @the.lucky.belly)

Tertarik mencoba makanan khas Soto Boyolali, soto daging bening? Cobalah Soto Mbok Giyem, kuliner legend di Boyolali yang sudah buka sejak tahun 1950.

Mbok Giyem adalah nama ibu yang merintis usaha kuliner soto ini pertama kali. Sekarang, dengan nama yang sama, diteruskan oleh putera puteri Mbok Giyem. Bahkan karena enaknya, sudah memiliki cabang di beberapa kota.

Keunggulan dari Soto Mbok Giyem adalah pada kuah beningnya. Terkenal dengan kelezatannya yang tak berubah sejak pertama kali buka.

Soto Mbok Giyem juga terkenal murah dan komplit. Semangkuknya berisi irisan daging ayam atau daging sapi, kentang goreng, toge, bawang merah goreng, dan nasi.

Sebagai pendamping, ada pilihan lauk mulai telur dadar, telur puyuh, empela hati, hingga sate kikil. Kurang lengkap apa coba? Banyak pilihannya kan.

Kamu juga bisa memesan porsi mangkuk normal atau mangkuk kecil. Sesuaikan dengan kondisi perutmu.

Menariknya, warung di Jalan Garuda, samping Pasar Sunggingan ini tetap bertahan setelah krisis moneter. Termasuk juga banyaknya pesaing dengan menu lebih kekinian.

Alamat
Soto Segeer Mbok Giyem
Jalan Pandanaran No.293, Sidoharjo, Banaran, Boyolali.

Juga ada di Jalan Garuda dan seberang RSUD Pandanaran Boyolali.

2. The Milk Boyolali

The Milk Boyolali - @hannabarbera25
The Milk Boyolali. (Foto: IG @hannabarbera25)

Traveling ke ‘Kota Susu’ tapi tidak mencicipi susunya, ya kurang lengkap ya. Makanya, kalau kamu berlibur di Boyolali, susu menjadi kuliner yang wajib dicoba.

The Milk Boyolali bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk mencobanya. Apalagi kalau liburan bersama keluarga atau kawan-kawan dekat. Bisa nongkrong bareng sambil ‘nyusu’ 😀

Di The Milk kamu akan dimanjakan dengan sofa empuk yang bisa membuatmu ingin berlama-lama menikmati susu. Kamu bisa memilih duduk di rooftop kalau ingin menikmati suasana yang lebih asik.

The Milk Boyolali - @merlinawr20
Rooftop The Milk Boyolali. (Foto: IG @merlinawr20)

The Milk ini menyediakan aneka olahan susu dengan kemasan modern dan varian yang beragam. Tidak perlu khawatir kalau lapar, karena di sini juga ada makanan berat. Mulai nasi goreng hingga rica-rica ayam.

Untuk harga bisa dibilang masih sangat terjangkau, apalagi untuk kamu anak muda. Minum susu disini pas banget deh.

Tempat The Milk ini berada tidak jauh dari patung sapi kebanggaan Boyolali. Alamat lengkap The Milk boyolali ini berada di Desa Kemiri, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali.

3. Tahu Susu Boyolali

Tahu Susu Boyolali - @kenyotsusu_boyolali
Tahu Susu Boyolali. (Foto: IG @kenyotsusu_boyolali)

Terkenal dengan daerah penghasil susu sapi, tidak heran kalau banyak olahan susu sapi yang diproduksi. Termasuk penganan tradisional unik, tahu susu.

Masyarakat Boyolali sudah terbiasa dengan susu dan berbagai olahannya. Namun, bagi kita yang awam tentu ini menjadi satu hal yang menarik.

Oleh karena itu selain minum susu, kita juga ‘wajib’ untuk mencoba tahu susu di Boyolali. Ini bukan tahu yang dicampur dengan susu ya. Tetapi memang benar-benar tahu yang terbuat dari susu. Dan ini tidak dijual di pasaran ataupun swalayan.

Jadi, kuliner asli Boyolali ini terbuatnya dari susu sapi yang baru melahirkan. Susu sapi yang baru melahirkan itu tidak laku untuk dijual. Selain karena warnanya kuning juga baunya sangat amis. Namun memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

Sayangkan kalau dibuang. Masyarakat/peternak sapi Boyolali kemudian mengolahnya menjadi cemilan langka yang hanya didapat saat sapi melahirkan.

Cara membuat tahu susu Boyolali ini tidaklah sulit.

Susu sapi yang baru melahirkan diperas, diberi bumbu tradisional, seperti ketumbar, bawang putih, dan garam. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan dicampur dengan susu sapi.

Setelah itu dikukus hingga matang. Setelah matang, baru dipotong-potong sesuai selera dan digoreng. Jadilan tahu susu, kuliner lezat asli Boyolali ini paling enak bila dinikmati saat masih panas mongah-mongah.

4. Jenang Pecel Boyolali

Jenang Pecel Boyolali - @kundarmastuti
Jenang Pecel Boyolali. (Foto: IG @kundarmastuti)

Kuliner Nusantara ini banyak yang unik dan enak-enak. Hampir di seluruh penjuru Indonesia ada aja yang unik. Salah satunya makanan khas Boyolali ini, modifikasi antara jenang dengan pecel.

Tapi sayangnya saat ini kuliner khas ini sudah susah kita jumpai. Hanya bisa kita temui di warung-warung kecil yang ada di perkampungan penduduk. Terkadang ada juga penjual keliling yang pakai gendongan, yang menjual jenang pecel.

Jadi, jenang pecel itu adalah pecel seperti umumnya. Hanya saja tidak disajikan dengan nasi atau lontong, melainkan dengan jenang.

Jenang disini yang dimaksud sebenarnya adalah bubur sumsum, yang terbuat dari tepung beras.

Untuk komposisi pecelnya sih sama. Terdiri dari beragam sayuran rebus. Biasanya bayam, tauge/kecambah, wortel, kacang panjang, daun adas (khas Boyolali), dan daun kenikir. Kalau ada kecipir atau bunga turi juga bisa ditambahkan.

Cara menyajikan jenang pecel:

Pertama-tama siapkan dulu bubur sumsumnya ke dalam piring, secukupnya. Lalu letakkan aneka sayuran diatas bubur sumsum. Dan terakhir tuangkan sambal kacang diatas sayuran.

Akan semakin sedap kalau penyajian jenang pecal diatas pincuk, alas makan dari daun pisang. Apalagi kalau ditambah tempe mendoan atau kerupuk.

Berasa banget enak, murah meriah, dan merakyat.

5. Sego Tumpang

Sego Tumpang - @hara_mano
Sego Tumpang. (Foto: IG @hara_mano)

Sego tumpang atau nasi tumpang adalah nasi yang dibuat dari olahan tumpang atau tempe semangit (tempe fermentasi). Sego tumpang oleh masyarakat Boyolali juga biasa disebut sebagai lethok.

Sego tumpang atau sambal tumbang/sambal lethok, seringkali diburu traveler yang suka kulineran. Perpaduan rasa pedas, gurih, dan aroma tempe semangit bakal membuatmu terlena dengan cita rasanya.

Makanan ini dibuat dengan cara menumbuk bawang merah, bawang putih, tempe semangit, daun salam, kencur, lengkuas, dan cabai. Bahan-bahan itu kemudian direbus bersama bumbu lain dan santan hingga matang.

Sego tumpang biasanya disajikan bersama lauk lain seperti gudangan, pecel, atau sayur-sayuran lain sebagai pelengkapnya.

Apalagi ada berbagai macam gorengan seperti mendoan dan bakwan yang semakin membuat menu sego tumpang menjadi lebih lengkap.
Kamu juga bisa menyantapnya dengan lauk lain seperti tahu, tempe, telur, perkedel, dan rempeyek.

Warung Sego Tumpang dapat ditemui di sejumlah ruas jalan protokol Boyolali.

Baca juga:
* Enak-enak! Cobain Deh 17 Kuliner Solo Ini
* Berburu 10 Kuliner Semarang yang Nikmat

6. RM Merbabu Penyet Boyolali

RM Merbabu Penyet Boyolali - Yulia Yora
RM Merbabu Penyet Boyolali. (Foto: Yulia Yora)

Warung yang mengkhususkan menu masakannya di aneka olahan masakan penyet, dan terletak di Jalan Merbabu depan SD Negeri 9 Boyolali, ya cuma satu, Merbabu Penyet. Warung yang berdiri sejak tahun 2006 ini memiliki aneka ragam masakan penyet, terdapat 10 paket terjangkau yang bisa pengunjung nikmati tanpa harus menguras kantong.

Di sini juga tersedia ayam dan bebek goreng utuh, dan juga beberapa menu seafood lainnya dalam ukuran besar. Warung yang didirikan oleh Bapak Sumadi ini juga punya varian menunya antara lain nasi kakap goreng/ penyet/ bumbu rujak, nasi bebek goreng, nasi ayam kampung goreng/ penyet, dan nasi lele goreng/ penyet.

Terdapat menu lauk pauk seperti tahu goreng, tempe goreng, jamur goreng crispy, telur goreng, ati bebek, kepala bebek. Pilihan menu sayurnya ada oseng kangkung, gudangan, dan trancam. Untuk menu minumannya antara lain teh, jeruk, es soda gembira, es kelapa muda, dan aneka jus buah.

7. Iga Bakar Pak Wid

Iga Bakar Pak Wid - tempat makan di Boyolali - @cyanank
Iga Bakar Pak Wid – tempat makan di Boyolali yang mantab. (Foto: IG @cyanank)

Pasti banyak traveler yang menyukai iga bakar. Rasanya gurih nikmat dengan aroma daging dan bumbu yang menggiurkan.

Kalau sedang berada di Boyolali, kamu bisa mampir di Warung Iga Bakar Pak Wid Boyolali. Warung yang terkenal ini letaknya persis di sebelah selatan Patung Kuda Simpang Lima Boyolali.

Beragam menu olahan iga lainnya juga tersedia di sini. Sesuai dengan nama warungnya, warung iga Pak Wid ini sebagian besar menunya merupakan olahan iga. Mulai dari iga bakar, iga goreng, iga gongso, iga rebus dan iga penyet.

Menu-menu ini juga tersedia dalam porsi besar dan porsi kecil. Porsi besar berisi 3 potongan iga, sedangkan porsi kecil hanya berisi 2 potongan iga saja. Varian lainnya adalah menu babat dan sup daging iga.

Sekilas, warung iga bakar ini memang tidak terlalu luas. Memiliki 3 ruang, yang pertama ruang depan yang cukup luas, kemudian ruang tengah, yang menyajikan tempat duduk lesehan, dan ruang ketiga berada agak di dalam dengan tempat duduk meja dan kayu.

8. Bebek Goreng Pak Pinggir

Bebek Goreng Pak Pinggir -  - tempat makan di Boyolali - @4ngelina000
Bebek Goreng Pak Pinggir. (Foto: IG @4ngelina000)

Kuliner Bebek Goreng bisa kita temukan dimana-mana. Kalau di Boyolali ada warung Bebek Goreng Pak Pinggir.

‘Bebek Pak Pinggir’ terasa begitu empuk dan sama sekali tidak ada bau anyir yang bisa meruntuhkan selera makan. Bumbunya meresap ke dalam serat-serat dagingnya namun tak terasa berlebihan. Komposisi bumbunya pas di lidah.

Sepertinya warung ini belum terlalu lama bukanya. Namun demikian tak sulit bagi Bebek Goreng Pak Pinggir untuk menarik pelanggan, karena mereknya memang sudah banyak dikenal di Boyolali.

Kalau kamu datangnya terlalu sore, bersiaplah untuk tidak kebagian bebek gorengnya yang istimewa. Karena penggemarnya sangat banyak.

Lokasi Bebek Goreng Pak Pinggir berada di Jalan Perintis Kemerdekaan. Jalur yang dilalui bus antar kota dari arah Solo, dekat dengan Stadion Sonolayu.

Warung ini adalah cabang dari Bebek Goreng Pak Pinggir yang terkenal di Pengging.

9. Warung Sate Pak Darso

Warung Sate Pak Darso - Bambang Satrimo
Warung Sate Pak Darso. (Foto: Bambang Satrimo)

Penikmat daging merah alias daging kambing tentu sudah tidak asing lagi mendengar sate kambing Pak Darso. Ya, warung sate kambing yang berlokasi di kawasan Pengging ini bisa dikatakan langganan pejabat-pejabat tinggi.

Bahkan belum lama ini Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyempatkan diri menikmati sajian sate kambing Pak Darso saat berkunjung ke Boyolali.

Hampir setiap akhir pekan, warung sate kambing Pak Darso ramai dikunjungi dan menunya cepat habis. Bahkan sebelum jam tutup, tidak jarang sudah habis.

Maka saat kamu traveling ke Boyolali dan kangen dengan kuliner penggugah energi ini, bisa langsung meluncur ke Sate Kambing Pak Darso.

Warung Sate Kambing Pak Darso berada di kawasan Pengging. Buka setiap harinya mulai pukul 07.30 WIB dan tutup pukul 15.00 WIB.
Di kawasan Pengging memang banyak memiliki kuliner khas, seperti sate kambing yang ada di beberapa titik salah satunta Sate Kambing Pak Darso ini yang sangat mudah dicari lokasinya.

10. Rujak Mbah Joko

Rujak Mbah Joko - anekawisataserucom
Rujak Mbah Joko. (Foto: anekawisataseru.com)

Kamu sedang cari yang seger-seger tapi menyehatkan? Mampir saja ke rujak Mbah Joko saja, salah satu Rujak buah yang legendaris di kota Boyolali ini. Rujak Mbah Joko ini terdiri dari aneka buah-buahan kemudian di parut dan diberi sambal khas rujak yang pedas manis.

Untuk menemukan Rujak Mbah Joko ini, kamu bisa mencarinya di dekat Bank Jateng tidak jauh dari taman kota Boyolali. Orang di sekitar tempat itu pasti tau.

Di tempat wisata kuliner Boyolali ini harga rujaknya juga sangat terjangkau yakni cukup Rp 5.000 saja, kamu bisa menikmati rujak yang segar dan enak.

Baca juga:
* Berburu 10 Kuliner Khas Kendal, Liburan Jadi Semakin Sempurna

Kuliner Boyolali Membuat Kita Tersenyum

Demikian lah beberapa kuliner Boyolali Jawa Tengah yang kami rangkum dari berbagai sumber.

Tentu saja masih banyak makanan khas Boyolali lain yang belum masuk daftar ini.

Namun demikian, tempat makan di Boyolali yang kami share ini sudah bisa menjadi acuan kalau kamu kamu mau jalan-jalan ke Boyolali.

Kamu bisa merasakan makanan khas Banyuwangi yang unik, atau bisa juga berburu kuliner nusantara yang sudah umum ada dimana-mana.

Jangan kelewatan mencoba susu, tahu susu, dan Soto Mbok Giyem.

Selamat berlibur dan selamat menikmati kuliner Boyolali.

Mari berbagi