Top 10 Tempat Makan dan Kuliner di Ciamis

Kuliner Ciamis – Ciamis Jawa Barat memiliki segudang pesona yang menjanjikan. Bukan cuma destinasi wisatanya yang OK, beragam kulinernya pun mampu menggoyang lidah para traveler yang datang. Mudah mencari kuliner dan tempat makan di Ciamis, tinggal pilih sesuai selera.

Bahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengakui wisata kuliner di Ciamis itu luar biasa. Pesona destinasinya bersanding manis dengan kuliner yang dimilikinya.

“Kuliner Sunda itu sangat khas dan selalu menjadi pilihan banyak wisatawan. Ini yang membedakannya. Apalagi dengan suasana Tanah Parahyangann yang begitu indah menambah nikmat kuliner di Ciamis,” kata Menpar Arief Yahya, Selasa (14/5).

Baca juga:
* 12 Tempat Wisata Seru di Ciamis

Daftar Kuliner Ciamis:

Kuliner Ciamis

Kamu penasaran dengan tempat kuliner yang ada di Ciamis? Berikut daftar kuliner/tempat makan di Ciamis yang mampu menggoyang lidah. Simak terus ya.

1. Mie Bakso Agah H. Oding

Bakso ada dimana-mana ya, termasuk di Ciamis. Bagi yang suka mie bakso bisa mampir ke Mie Baso Agah H. Oding ini, Tempatnya memang berada di pertigaan Condong Ciamis atau dekat LP Ciamis.

Mie Bakso Agah H. Oding sangat terkenal, sering kali dipenuhi para penikmat baso dari wilayah Ciamis dan dari luar ciamis.

Di sini kamu bisa menemukan Mie Golosor yang licin dan mudah untuk diseruput. Sesuai dengan namanya, Mie Glosor.

Mie Glosor ini sebenarnya bukan makanan khas Ciamis saja, kamu dapat menemuinya di daerah Tasikmalaya dan Bogor. Namun ternyata, resep asli mie glosor yang paling populer adalah dari Ciamis.

Ukuran mie glosor lebih besar dibandingkan dengan mie pada umumnya. Bewarna kuning dan licin pada mie ini dikarenakan bahan dasarnya adalah tepung kanji. Ada banyak juga yang bilang kalau mie glosor ini adalah gabungan antara pasta spagetti dan potongan panjang rumput laut.

Mie glosor dapat disajikan sebagai mie kuah dan mie goreng. Namun kalau di Ciamis, mie ini terkenal dengan penyajiannya sebagai mie bakso. Sensasi licin pada mie disertai dengan potongan daging dan bakso serta kuah yang menyekarkan akan terasa menggoyangkan lidah.

2. Nasi TO (Tutug oncom)

Jelajah kuliner di Ciamis selanjutnya adalah ke C (Tutug Oncom). Berada di depan SMP 2 Ciamis, atau 500 meter sebelah timur Polres Ciamis. Menu andalannya adalah nasi TO spesial ayam goreng dan nasi cikur.

Nasi tutug oncom merupakan masakan khas Sunda yang dibuat dengan campuran nasi dengan oncom serta bumbu. Bumbu yang digunakan untuk membuat sajian ini terdiri dari kencur, bawang, dan beragam jenis rempah lainnya.

Selain tutug oncom yang jadi menu andalannya, warung makan ini juga memiliki ragam menu lain seperti ikan goreng atau ayamgoreng yang nikmat dinikmati bersama dengan lalapan plus sambal pedas.

3. Rumah Makan Jeruk

Ada rumah makan yang cukup terkenal, yaitu Rumah Makan Jeruk. Berada sekitar 400 meter dari tanjakan Cibeka. Bangunannya memang sederhana, tapi pengunjungnya sampai antre untuk mencicipi sedapnya pepes ikan yg menjadi menu andalannya.

Bukan hanya Pepes Ikan yang menjadi incaran pengunjung, Ada juga Lalapan dan Sambal lainnya.

Meskipun sudah laris banget, pemilik warung tetap mempertahankan interior bangunannya yang hanya terbuat dari bilik bambu.

4. Bakar Ikan Zorojoy

Bakar Ikan Zorojoy - tempat makan di ciamis - @hennyprihardini
Bakar Ikan Zorojoy – tempat makan di Ciamis. yang recommended. (Foto: IG @hennyprihardini)

Zorojoy berada di area Perumahan Kertasari Ciamis. Lokasinya jauh dari hiruk pikuk keramaian kota. Suasana pesawahan dan kolam ikan yang mengelilinginya menambah sensasi berwisata kuliner di restoran ini.

Menu Spesial Zorojoy adalah ikan bakar. Menu lainnya yang tak kalah nikmat antara lain; Tempe Mendoan, Oseng kangkung/Genjer, Karedok, pencok leunca, Gurame Asam Manis, Sup Gunung Ikan Gurame, dan lain-lain.

5. Rumah Makan AMPERA

Rumah Makan AMPERA Ciamis
Rumah Makan AMPERA Ciamis. (Google Map)

Pas jam makan dan sedang berada di Kawassan Alun-alun Ciamis, coba RM Ampera yang juga sangat terkenal. Pemiliknya adalah asli Ciamis, sajiannya sekaligus membanggakan Ciamis juga pastinya. Menyajikan makanan khas Sunda.

Rumah Makan AMPERA Ciamis berada tepat di depan Samping Taman Raflesia/Alun-alun Ciamis.Rumah Makan Ampera ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika anda berada di kota ciamis, tidak mengunjungi wisata kuliner yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

6. Galendo

Galendo - @galendo_id
Galendo. (Foto: IG @galendo_id)

Galendo adalah penganan yang dihasilkan dari proses membuatan minyak kelapa ini memang identik dengan kota Ciamis. Galendo terbuat residu yang dihasilkan dalam proses pembuatan minyak kelapa atau disebut juga sebagai minyak keletik.

Dalam perkembangannya, selain dijual dengan rasa original atau asli, kini galendo juga dikombinasikan dengan makanan lain. Misalnya, dengan coklat sehingga menghasilkan rasa dan nama yang unik, yaitu galecok, singkatan dari galendo coklat.(galecok dalam bahasa sunda berarti ngobrol dengan akrab).

7. Cocorot

Cocorot - @alfrednvie
Cocorot. (Foto: @alfrednvie)

Cocorot merupakan makanan yang terbuat dari gula aren dan beras yang dikemas dalam daun pisang muda. Kuliner tradisional ini dibungkus dengan daun kelapa muda dengan bentuk yang unik. Ya, bentuk makanan ini terlihat mirip dengan terompet. Unik banget.

Cocorot memiliki cita rasa manis. Makanan satu ini dijamin bisa membuat Anda ketagihan.

Makanan yang diolah secara tradisional ini sangat digemari oleh masyarakat dan wisatawan dari masa ke masa.

Cocorot banyak dijumpai di wilayah Ciamis bagian Selatan, khususnya di dekat-dekat Pangandaran, Cimerak, Cijulang dan Parigi.

8. Sale Pisang

Sale Pisang - Teh Enung
Sale Pisang. (Foto: Teh Enung)

Sedang berada di Ciamis, sebaiknya mampir dulu di Outlet Pak Tarwa yang jaraknya dari pusat kota kurang lebih 5 kilometer. Tepatnya di Kecamatan Cijeungjing, yaitu arah menuju Kota Banjar.

Kuliner terkenal disini adalah Sale Pisang yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Pisang yang digunakan merupakan pisang pilihan.

Kamu mungkin sudah nggak asing lagi dengan sale pisang. Namun Yang beda dari sale pisang khas Ciamis ini adalah dibuat dengan menggunakan bahan dasar cau ambon (pisang ambon) asli Ciamis.

Dengar-dengar, sale pisang ini juga sudah terkenal dan dijual ke mancanegara. Sentra produksi sale pisang ini berada di kecamatan Banjarsari, Cijeungjing, Padaherang, dan Lakbok.

9. Awug

Awug - @dhikanov
Awug. (Foto: IG @dhikanov)

Pecinta kuliner tradisional bisa nikmati kuliner khas lainnya di Ciamis, yaitu Awug.

Rasanya enak dan sayang untuk dilewatkan. Oleh karena itu, jangan segan-segan mencari dan mencobanya.

10. Rumah Makan Pujaseda

Rumah Makan Pujaseda - tempat makan di ciamis - Andry Soesilo
Rumah Makan Pujaseda, salah satu tempat makan di Ciamis yang enak dan terkenal. (Foto: Andry Soesilo)

Kalau pergi ramean dan ingin makan bareng, bisa makan di Rumah Makan Pujaseda. Tempatnya luas, begitu juga dengan lahan parkirnya. Dilengkapi mushola untuk shalat. Memang tempa makan ini sering menjadi tempat persinggahan mobil travel dan sejenisnya.

Kamu bisa menikmati masakan Sunda di sini. Yang direkomendasikan adalah ayam gorengnya yang gurih dan nikmat. Apalagi makannya dengan nasi putih hangat dan sambal dadak, mantab. Menurut review beberapa pengunjungnya, sup buntutnya juga enak

Alamat Rumah Makan Pujaseda berada di Jalan Jend. Sudirman No.44, Ciamis. Sekitar 300 meter sebelah barat kantor Bupati Ciamis.

Lokasi di Google Map: Rumah Makan Pujaseda

Baca juga:
* 12 Tempat Wisata Seru di Ciamis

Selamat Menikmati Kuliner Ciamis

Dari 10 daftar kuliner dan tempat makan di Ciamis Jawa Barat, ada yang sudah pernah kamu coba? Atau jangan-jangan sudah sering ya.

Bagi yang belum pernah dan ada rencana jalan-jalan ke Ciamis, bisa simpan daftar ini. Nanti segera dicoba setelah sampai di Ciamis.

Daftar ini belumlah sempurna, namun setidaknya sudah bisa menjadi acuan bagi kamu yang memerlukannya.

Selamat menikmati kuliner Ciamis.

Mari berbagi