10 Kuliner Kudus yang Nikmat, Ada Pindang Kerbau?

Kuliner Kudus – Kudus terkenal dengan julukan kota wisata religi dan kota kretek. Ada 3 makam wali/sunan, tidak mengherankan kalau banyak wisatawan yang berdatangan untuk berziarah ke Kudus Jawa Tengah.

Ada banyak tempat wisata di Kudus yang bsia kamu kunjungi saat liburan. Ada juga tempat makan di Kudus yang patut kamu coba. Jalan-jalan akan semakin lengkap dengan mendatangi destinasi dan mencicipi kuliner Kudus.

Daftar Isi:

Makanan khas Kudus, di antaranya; Soto Kudus, Sate Kerbau Kudus, Lentog Tanjung, Garang Asem, Pindang Kerbau, Sego Jangkrik, Opor Bakar Sunggingan.

Sambal khas Kudus yaitu; Sambal Jeruk Pamelo dan Sambal Cengkih.

Minuman khas Kudus, yaitu: Kopi Jetak, Wedang Alang-Alang Kudus, Wedang Pejuh.

Informasi lengkap tentang Kabupaten Kudus bisa baca di Wikipedia: Kabupaten Kudus.

Kita tidak membahas lengkap semuanya di artikel ini. Hanya beberapa saja ya. Tapi semoga cukup menjadi referensi kuliner dan tempat makan bagi traveler yang mau berkunjung ke Kudus.

Baca juga:
* 10 Kuliner Banjarnegara, Soto Krandegan dan Dawet Ayu Menantimu

Daftar Tempat Makan dan Kuliner Kudus

Ragam kuliner Kudus diatas bisa diburu dari pagi sampai pagi lagi. Sehingga siap memanjakan penikmat kuliner saat berkunjung kapan saja.

Yang unik adalah, Kudus memiliki kuliner unik yang menggunakan daging kerbau, bukan sapi. Daging kerbau yang memiliki serabut otot lebih kasar itu diolah menjadi makanan khas Kudus yang lezat.

Menarik untuk dicoba bukan?

1. Soto Kudus

Soto Kudus Pak Ramidjan - @faikrifki
Soto Kudus Pak Ramidjan. (Foto: IG @faikrifki)

Kawan-kawan traveler mungkin sudah sering ya makan Soto Kudus di kota masing-masing. Namun makan kuliner Khas Kudus di kota asalnya tentu akan memberikan sensasi dan pengalaman tersendiri.

Soto Kudus pada dasarnya berkuah bening. Bumbu dasarnya antara lain; bawang merah, bawang putih, laos, kemiri, cengkih, kayu manis, kemiri, serta perasan jeruk limau.

Dalam semangkuk soto kudus ada nasi, irisan daging kerbau, mi putih atau soun, tauge, irisan kol, butiran kacang kedelai. Lalu ditaburi dengan bawang goreng dan daun seledri.

Saat sudah tersaji, kuah kaldu yang direbus bersama irisan daging kerbau akan terasa lezat sekali.

Pemakaian daging kerbau ini merupakan kebijakan dari Sunan Kudus saat beliau mengajarkan ajaran Islam di Kudus.

Untuk menghormati warga yang menganut agama Hindu, Sunan Kudus menganjurkan pengikutnya agar tidak mengonsumsi daging sapi. Itulah mengapa banyak makanan Khas Kudus yang menggunakan kerbau sebagai bahan utamanya. Termasuk Soto Kudus yang terkenal dimana-mana.

Saat kamu berada di Kudus, recommended banget mendatangi warung Soto Kudus terkenal, yaitu Soto Kudus Pak Ramidjan.

Banyak warga Kudus yang merantau, selalu menyempatkan diri untuk mampir ke Soto Kudus Pak Ramidjan saat mudik lebaran/pulang kampung.

Untuk menemani makan Soto Kudus, juga ada lauk tambahan; otak dan paru kerbau goreng, perkedel kentang, serta kerupuk rambak kulit kerbau.

Juga ada pilihan soto daging ayam, pindang ayam, dan pindang kerbau.

Alamat
Soto Kudus Pak Ramidjan
Jl. Raya Kudus-Jepara no.79A.
Telepon: (0291) 4248760

Buka setiap hari, pukul 06:30 – 20:00 WIB

2. Lentog Tanjung

Lentog Tanjung - makanan khas kudus - @kuduskulineran
Lentog Tanjung – makanan khas Kudus yang wajib dicoba. (Foto: IG @kuduskulineran)

Wisata kuliner di pagi hari sebelum minum kopi itu asik juga. Kita bisa berburu kuliner Letog di Kudus untuk sarapan. Lentog Tanjung terdiri dari lontong, telur, tahu semur, dan sayur lodeh (buah nangka muda).

Sajiannya bukan dengan nasi putih seperti pada umumnya sarapan, tapi dengan lentog. Apa itu lentog?

Lentog sendiri artinya Lontong. Saat membeli lentog, jangan kaget kalau ukurannya sebesar betis orang dewasa sebelum dipotong-potong.

Lentog dilengkapi lauk lodeh tahu dan sambal jika menginginkan rasa lebih pedas. Nangka muda di sayur lodeh, dicacah lembut lalu dimasak dengan santan, cabai dan bumbu yang lain.

Dulunya, penjual lentog berasal dari Desa Tanjungkarang (Tanjung). Ramai di hari Minggu atau libur. Sehingga akhirnya dinamakan Lentog Tanjung. Dan sekarang sudah menyebar ke seluruh sudut kota Kudus.

Disajikan di atas piring kecil yang dialasi daun pisang. Rasanya semakin gurih saat disantap, setelah ditaburi bawang goreng.

Tampilan sajian lentog tanjung ini sederhana namun unik sekali. Karena untuk memakannya kita tidak menggunakan sendok, tapi dengan suru, yaitu sendok yang terbuat dari daun pisang.

Lentog Tanjung banyak dijumpai di sepanjang Jalan R. Agil Kusumadya (sekitar Wisma Haji) dan area Tanjungkarang.

3. Pindang Kerbau

Pindang Kerbau -  kuliner khas kudus - @e_ndro
Pindang Kerbau – kuliner khas Kudus. @e_ndro)

Iya, ini pindang kerbau. Beda kan ya dengan pindang di daerah lain. Nasi Pindang ini juga makanan khas Kudus yang harus kamu coba cicipi.

Nasi Pindang adalah kuliner yang populer banget di Kudus. Kalau sekilas dilihat, mirip sekali dengan rawon ala Jawa Timur karena warna kuahnya yang kehitaman.

Bumbu-bumbunya antara lain; jahe, kencur, kemiri, dan ketumbar, yang sudah dihaluskan. Daging kerbaunya dimasak bersama bumbu-bumbu tadi sampai tekstur dagingnya lembut. Tak ketinggalan dibubuhi daun melinjo dan tentunya.

Penyajiannya diatas piring kecil yang dialasi daun pisang. Lalu ditaburi bawang goreng, membuatnya semakin gurih saat disantap.

Selain tampilannya yang sederhana, untuk memakannya juga tidak menggunakan sendok, namun menggunakan suru (sendok dari daun pisang).

Salah satu warung makan recommended yang menyediakan Pindang Kerbau ini adalah Warung Makan Jati Putra Pak Yono di Jalan Kresna Jati, Kudus.

Rekomendasi, coba kamu pesan “Nasi Pindang pakai Limpa”. Nasi yang dihidangkan di atas piring dengan daun pisang dan “dibanjiri” dengan kuah kaldu pindang. Rasa kuahnya manis dan pastinya lezat. Satu kata Maknyos!

4. Garang Asem Kudus

Garang Asem Kudus - @danielsupriyono
Garang Asem Kudus. (Foto: IG @danielsupriyono)

Makanan khas Kudus berikutnya adalah Garang Asem Kudus. Garang asem merupakan makanan yang dibuat dengan menggunakan daging ayam yang dibumbui bersama dengan santan dan memasaknya dibungkus dengan daun pisang. Aromanya menggugah selera makan dan rasanya enak lezat.

Garang asem ini memiliki cita rasa yang asam dan agak pedas. Saat mencicipinya, kamu bisa ketagihan.

Garang asem ini sebenarnya berasal dari Grobogan, namun kini garang asem lebih populer di Kudus. Selain di Kudus, kita bisa jumpai di Semarang, Pati, Demak, dan Pekalongan.

Garang Asem di Kudus:

Gasasa Restaurant Garang Asam Sari Rasa Jl. AKBP Agil Kusumadya No.20, Jatikulon Krajan.
Warung Makan Garang Asem AH2, Jatikulon Krajan.
Warung Makam Garang Asem Podo Roso di Jalan Patimura, Karangwatu, Loram Kulon, Jati, Kudus.

5. Sate Kudus

Sate Kudus - @dewani.kartika
Sate Kudus. (Foto: IG @dewani.kartika)

Ada yang sudah pernah makan sate kerbau? Ya, sate yang terbuat dari daging hewan berukuran besar tersebut. Kata yang sudah pernah makannya sih enak banget.

Lezat dan gurih daging satenya begitu terasa, dilengkapi dengan bumbu kacang yang membuat sate ini semakin nikmat.

Bagi kamu yang suka pedas, bisa menambahkan cabai yang diolah langsung dengan cabai merah dan hijau yang direbus. Sehingga makan sate ini menjadi lebih enak dengan tambahan sensasi pedasnya.

Bagaimana? Apakah Anda ingin mencobanya?

Kalau Kamu ingin mencoba sate kerbau bisa meluncur ke warung makan Pak Kusrin 57, yang berada di area pusat kota Kudus.

Sate kerbau enak di Kudus lainnya adalah warung Pak Min Jastro. Di warung Pak Min Jastro ini, kamu ada pilihan selain makan sate daging kerbau. Ada juga disediakan sate lidah, hati, koyor, babat hingga usus.

Baca juga:
* Ayo Main ke Destinasi Wisata Kudus Saat Liburan

6. Pecel Pakis Colo

Pecel Pakis Colo - kuliner kudus - @meyme_wulan
Pecel Pakis Colo. (Foto: IG @meyme_wulan)

Kuliner khas Kudus lainnya adalah Pecel Pakis Colo. Pecel ini lain dari pecel pada umumnya yang sering kita jumpai. Karena berbeda itulah sehingga menjadi buruan wisatawan yang ingin mencobanya.

Kuliner Pecel Colo ini terbuat dari bahan tanaman paku-pakuan atau pakis yang disajikan dengan sayuran lainnya seperti tauge, kacang panjang. Lalu juga ada kacang tanah dengan dicampur sambal. Sambalnya terbuat dari bahan-bahan gula merah, garam dan cabai keriting, yang rasanya bikin nendang dan ketagihan.

Warung Pecel Pakis Colo yang terkenal yaitu kedai Pecel Pakis dan Ayam Bakar Mbok Yanah yang beralamat di Jl. Pesanggrahan No.193, Colo, Kudus. Di kedua warung ini rasanya lezat dan tak pernah berubah sejak berdiri tahun 1974.

7. Ayam Gongso Kudus

Ayam Gongso Kudus - @dapurgongso.kudus
Ayam Gongso Kudus. (Foto: IG @dapurgongso.kudus)

Ayam gongso juga merupakan salah satu makanan khas Kudus yang berupa ayam tumis. Gongso itu bukan berarti gosong atau terlalu lama di masak, dalam bahasa Jawa gongso artinya tumisan. Ayam Gongso merupakan tumisan ayam dengan bumbu kecap dengan cita rasa manis, gurih dan pedas.

Hampir bisa dikatakan kalau potongan daging ayam tersebut hampir tertutup hitam oleh kecap. Hitam eksotis menggoda selera. Makanan sederhana ini sangat enak bila disantap bersama nasi goreng. Cobalah Ayam Gongso di Warung Makan Sadam di Ruko Jalan KH Agus Salim, Kudus.

8. Mie Ayam Joyo

Dimana mie ayam enak di Kudus? Kadang sering terpikir juga kan ingin mie ayam, padahal di kota asal sering makan mie ayam.

Nah kalau sedang berada di Kudus dan ingin banget makan mie ayam yang enak, silakan mampir ke Mie Ayam Joyo yang berlokasi di Jalan Cimandiri, Kudus. Mie Ayam Joyo membuat sendiri mienya.

Mie Ayam Joyo dilengkapi dengan topping sayur bayam, potongan daging ayam, pangsit, bakso, dan kuah segar.

Kelezatan Mie Ayam Joyo tidak terkalahkan oleh sebab itu banyak pembeli yang datang kesana.

Selain enak, harga seporsi mie ayam joyo juga sangat bersahabat dengan kantong. Jadi ga perlu kawatir kalau makan banyak atau harus traktir kawan dan saudara disini.

9. Tahu Telor

Tahu Telor - kuliner kudus - @elnaa87
Tahu Telor. (Foto: IG @elnaa87)

Kuliner lainnya khas dari kudus adalah tahu telor yang banyak dijual di sepanjang Jalan Sunan Kudus. Makanan ini bisa dijadikan sebagai cemilan karena isinya yang tidak terlalu berat.

Penjualnya mencampur adonan tahu yang sudah dihancurkan terlebih dahulu kemudian mencampurnya dengan kocokan telur.

Setelah itu mengorengnya dengan minyak goreng di atas wajan panas. Kuah kecapnya sudah diberi lumatan cabai dan kacang tanah goreng.

Kalau kamu ingin tambah peyek udang, tinggal bilang saja ke penjualnya. Peyek udang ini disebut warga setempat gimbal hingga makanan ini disebut juga tahu gimbal.

10. Opor Ayam Panggang

Opor Ayam Panggang. (Foto: @prayudisuryopranoto)

Datang ke Kudus rasanya kurang pas jika tak menyicipi opor ayam panggang. Masakan ini konon sudah ada sejak zaman Sunan Kudus alias Ja’far Sodiq pada abad ke-15.

Cara membuat opor ayam panggang khas Kota Kretek itu sangat berbeda dengan opor ayam lainnya. Setelah ayam dibersihkan bulunya dan bagian jeroannya dikeluarkan, lalu bumbu dimasukkan ke dalam perut.

Setelah itu, ayam dimatangkan dengan dikukus hingga matang. Setelah, bumbu yang sudah matang dikeluarkan dan dicampur santan kental untuk dibuat kuah.

Selesai dikukus, ayam dibakar hingga matang. Sedangkan bumbunya terdiri dari bahan rempah- rempah, seperti ketumbar, jinten, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, daun jeruk nipis, pala, merica, santan, sedikit garam, dan cabe.

Untuk penyajiannya, opor ayam disuguhkan di atas piring yang dilapisi daun pisang. Pertama, nasi atau lontong ditaruh di atas piring, kemudian diberi potongan ayam panggang dan lauk kering tahu dan diberi kuah opor yang agak encer.

Ada juga yang diberikan tambahan serundeng. Sedangkan untuk makannya dengan memakai suru daun pisang atau bisa dengan sendok.
Warung makan yang menyediakan ini berada di Jalan Niti Semito 9, Kudus.

Baca uga:
* 10 Kuliner Boyolali ini Bisa Membuat Kita ‘Tersenyum’

Ayo Cicipi Aneka Kuliner Kudus

Bagaimana menurutmu makanan khas Kudus dan beberapa tempat makan di Kudus yang sudah dibahas disini? Tidak semua kuliner Kudus masuk di artikel ini ya. Tapi sepertinya sudah cukup mewakili kalau ada yang bertanya tentang wisata kuliner kudus.

Rekomendasi banget untuk mencoba Soto Kudus, Lentog Tanjung, Garang Asem Kudus, dan Pindang Kerbau.

Karena dengan menikmai kuliner Kudus tersebut dapat menambah serunya jalan-jalan kamu ke berbagai tempat wisata di Kudus. Liburan jadi semakin bewarna.

Ayo kita sama-sama nabung. Supaya bisa jalan-jalan ke Kudus dan menikmati aneka kuliner Kudus yang khas ini.

Mari berbagi