Unik dan Lezat, Coba Deh 10 Kuliner Lamongan Ini!

Kuliner Lamongan – Lamongan memang bukan tujuan favorit wisatawan di Jawa Timur. Namun Lamongan yang memiliki sejarah kuat dengan Sunan Giri ternyata menyimpan banyak potensi wisata tersembunyi, termasuk wisata kuliner. Bahkan sebenarnya ada beberapa makanan khas Lamongan yang sudah terkenal dimana-mana.

Banyak kuliner Lamongan dan tempat makan di Lamongan yang menyajikan masakan lezat. Mulai dari Soto Lamongan, Nasi Lalapan, Nasi Boranan, Es Dawet Ental/Siwalan.

Juga ada Rujak Cingur, Tahu lontong/tahu tek-tek, Tahu campur lamongan, ES Batil, dan Kopi Djawa. Untuk oleh-oleh kamu pasti sudah tahu wingko Babat.

Daftar Isi:

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengakui, Kabupaten Lamongan memiliki sejumlah kuliner yang namanya sudah sangat dikenal. Kuliner Lamongan banyak jenisnya. Dan beberapa diantaranya sudah sangat terkenal di Tanah Air.

Baca juga:
* Wisata Kuliner Kediri yang Recommended 2019

Daftar Kuliner Lamongan

Bagi yang berencana berlibur ke Lamongan dalam waktu dekat, berikut ini daftar rekomendasi kuliner Lamongan untuk kamu. Disadur dari rilis berita Kemenpar dan berbagai sumber lain.

1. Soto Lamongan

Soto Lamongan - travelingyuk com
Soto Lamongan. (Foto: travelingyuk.com)

Rasa-rasanya tidak ada yang tak mengenal kuliner legendaris ini. Soto Lamongan bisa ditemukan hampir diseluruh wilayah di Indonesia. Soal rasa, Soto Lamongan tidak perlu diragukan lagi. Kenikmatannya tiada duanya.

Kita bahas sedikit mengenai resep Soto Lamongan yaa. Ciri utama Soto Lamongan adalah penggunaan kunyit sebagai bumbu. Ditambah dengan bawang putih, serai, daun jeruk, kemiri, dan daun salam. Membuat kuahnya semakin gurih.

Bahan utamanya ayam negeri atau ayam kampung tua, sehingga kaldunya sangat gurih sementara dagingnya tebal dan empuk. Ayam diangkat dan ditiriskan, setelah direbus bersama bumbu dan warnanya kekuningan.

Selain suwiran daging ayam, Soto Lamongan berisi suun yang sudah direbus, irisan kol, irisan tomat dan telur rebus. Ada tambahan hati ampela, kulit ayam, cakar ayam dan sayap ayam.

Sebelum disajikan, bahan-bahan utama disiram dengan kaldu panaslalu ditaburi dengan seledri cincang dan bawang goreng. Lalu ditaburi dengan koya. Koya, bubuk kuning keemasan ini, dibuat dari kerupuk udang dan bawang putih goreng yang ditumbuk halus seperti bubuk.

Saat kamu mengaduknya, kaldu akan sedikit kental dan rasanya sangat gurih. Ini yang bisa buat kamu ketagihan.

Kalau kamu sering makan, kamu juga akan setuju kalau soto Lamongan yang paling enak itu adanya di warung atau kedai sederhana.

Ciri khasnya ada gerobak dengan racikan aneka bahan di sisi kiri. Raknya dibuat miring sehingga semua bahan terlihat. Sementara kepulan uap kaldu mendidihnya terus menerus mengepul.

2. Tahu Campur

Tahu Campur Lamongan Pak Kumis - @liziadchen
Tahu Campur Lamongan Pak Kumis. (Foto: IG @liziadchen)

Di Lamongan, Tahu Campur termasuk menu favorit. Salah satu kuliner yang banyak dicari. Sepintas, Tahu Campur khas Lamongan ini sama dengan yang ada di beberapa daerah lain. Tapi ada satu perbedaan mendasar.

Tahu campur Lamongan terdiri dari sop daging sapi kenyal, perkedel singkong, taoge segar, tahu goreng, selada air segar, mi kuning, dan kerupuk udang.

Lalu semuanya dicampurkan ke bumbu petis, bawang goreng, dan sambal.

Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan khas lamongan ini di warung kaki lima dengan label “Tahu Campur Lamongan”.

3. Nasi Boranan

Makanan khas lamongan - Nasi Boranan - @royspahlevi_sh
Makanan khas lamongan yang lezat, Nasi Boranan. (Foto: IG @royspahlevi_sh)

Makanan khas Lamongan selanjutnya adalah nasi boranan atau sego boranan. Kata ‘Boranan’ sejarahnya berasal dari tempat Nasi (dari anyaman bambu ) yang digendong dengan selendang di punggung. Warga mengenal anyaman tersebut dengan sebutan Boran.

Untuk bisa mencicipi nasi boranan, kamu memang harus pergi ke Lamongan. Karena makanan khas ini belum banyak dikenal di luar Lamongan dan hanya ada di Lamongan.

Kamu bisa menemukan penjaja Nasi Boranan hampir di setiap sudut kota Lamongan.

Mau tahu resep Nasi Boranan? Bahas sekilas aja ya. Nasi Boranan terdiri dari nasi, bumbu, lauk dan rempeyek.

Bumbu dari nasi boranan terdiri dari rempah-rempah yang ditambahkan dengan cabai dan kelapa parut yang dihaluskan.

Lalu dilengkapi dengan empuk (tepung yang digoreng) dan pletuk (kacang dan remah nasi aking).

Biasanya ada lauk yang pas menjadi kawan nasi boranan; antara lain telur dadar, telur asin, tahu, tempe, daging ayam, jeroan, dan ikan bandeng.

4. Wingko Babat

Wingko Babat Lamongan - Loe Lan Ing - @loelaning
Wingko Babat Lamongan – Loe Lan Ing. (Foto: IG @loelaning)

Wingko adalah penganan tradisional yang dibuat dari bahan kelapa muda, tepung beras ketan dan gula.

Kamu pasti sudah sering mendengar dan bahkan sudah sering pula memakan Wingko Babat. Wingko yang paling terkenal dibuat di Semarang.

Tapi tahukah kamu kalau wingko babat itu sebenarnya berasal dari Babat. Sebuah daerah kecil di Lamongan, Jawa Timur. Babat adalah titik persimpangan Bojonegoro, Jombang, Tuban, dan Surabaya

Kalau kamu mau mencicipi Wingko Babat yang legend adalah wingko babat buatan Loe Lan Ing. Usaha Wingko Babat ini dirintis sejak tahun 1900-an.

Penasaran? Cari saja Wingko Babat Loe Lan Ing di sekitar 1 kilometer sebelah barat pertigaan Babat.

5. Bandeng Colo-Colo

Bandeng Colo Colo - Kuliner Khas Lamongan - ksmtourcom
Bandeng Colo Colo – Kuliner Khas Lamongan. (Foto: ksmtour.com)

Kalau kamu penggemar kuliner berbahan ikan bandeng, pas banget traveling ke Lamongan. Karena ada beragam makanan khas Lamongan yang berbahan ikan bandeng dengan rasa yang gurih.

Salah satu kuliner Lamongan yang harus kamu coba adalah bandeng goreng dengan sambal colo-colo. Dinamakan colo-colo karena sambal pedasnya bercampur dengan rasa masam jeruk nipis.

Sebenarnya Bandeng Colo-Colo tidak berbeda dengan lalapan bandeng. Yang membedakan hanyalah sambalnya yang khas.

Resep bumbu sambal colo-colo sebenarnya sederhana saja. Didominasi cabai, tomat, dan bawang digoreng, yang diiris kecil-kecil.

Bandeng Colo-Colo disajikan bersama lalapan seperti tomat, kacang panjang dan sawi.

Kamu bisa mencicipi bandeng colo-colo di salah satu rumah makan yang berada di Jalan Sunan Giri, Lamongan.

Baca juga:
* Berburu 10 Kuliner Semarang yang Nikmat

6. Rawon

Rawon adalah masakan khas Indonesia dan khususnya masakan khas Jawa Timur. Sup daging ini berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek.

Di Lamongan sudah tentu juga banyak warung makan yang menyajikan rawon yang rasanya juga berani diadu. Yang berbeda dari Rawon di Lamongan adalah ada rempah kunyit saat memasak bumbunya.

Rawon Lamongan disajikan dengan kecambah. Bagi yang suka pedas tinggal tambahkan sambal. Bisa tambah lauk kerupuk udang untuk menjadikan rawon ini semakin lezat.

7. Jumbrek

Jumbrek bu Karmini - makanan khas lamongan - lamonganoke wordpresscom
Jumbrek bu Karmini – makanan khas Lamongan yang unik banget. (Foto: lamonganoke.wordpress.com)

Wilayah pesisir pantai utara (pantura) Lamongan, tepatnya Kecamatan Paciran banyak terdapat tempat wisata. Selain daya tarik berupa beberapa destinasi wisata, kait bisa nikmati pula suguhan wisata kuliner Lamongan.

Saat berada di pesisir Lamongan ini cobalah kuliner khasnya yang unik, yaitu jumbrek. Baru dengar namanya memang aneh ya. Tapi coba deh rasanya yang enak.

Jumbrek terbuat dari campuran tepung beras, santan, dan sirup gula siwalan/gula aren. Setelah dijadikan adonan yang kenyal, dimasukkan kedalam daun lontar (siwalan) yang telah dibentuk kerucut.

Jumbrek-jumbrek kemudian dikukus selama 30 menit di dalam kukusaan kuno yang ditaruh di dandang yang juga kuno. Selama pengukusan dandang dibuka-tutup beberapa kali agar adonannya tidak menggelembung.

Jumbreng ini bentuknya seperti terompet kecil dengan panjang sekitar 25 centimeter. Sangat unik dan mungkin hanya bisa kita jumpai di Lamongan saja.

Salah satu pembuat jumbrek yang sudah sangat terkenal di Paciran adalah Bu Karmini.

8. Es Dawet Siwalan

es dawet siwalan - kuliner lamongan - @jastiparabafifah
Es dawet siwalan. (Foto: IG @jastiparabafifah)

Daerah pesisir Paciran, Lamongan, ada Es Dawet yang cukup terkenal. Namun bukan es dawet hijau. Melainkan, Es Dawet Siwalan. Es Dawet ini disediakan di warung-warung pinggir jalan yang akan banyak kita temui di sepanjang jalan raya Paciran.

Es Dawet Siwalan ini sangat populer di Lamongan. Isi dawet ini menggunakan buah dari pohon siwalan. Nama lain pohon siwalan adalah pohon lontar.

Kamu bisa jadi sulit menemukan es dawet siwalan di daerah lain. Apalagi kalau mencarinya di daerah beriklim sejuk. Karena pohon siwalan hanya tumbuhn di daerah yang kering saja.

9. Asem Bandeng Cak Takim

Asem Bandeng Lamongan - @indah.rahma2
Asem Bandeng Lamongan. (Foto: IG @indah.rahma2)

Makanan khas Lamongan yang satu ini juga berbahan dasar bandeng. Kuahnya segar dan gurih banget, dengan aroma rempah-rempah yang khas dan menggugah selera.

Kuahnya nikmat, daging ikan bandeng yang disajikan pun sangat nikmat. Dengan tekstur daging bandeng yang lembut. Akan semakin enak jika dimakan dengan nasi hangat.

Traveling ke Lamongan coba mampir ke Asem Bandeng Cak Takim di Dusun Mojomanis, Desa Lopang, Kecamatan Kembang Tahu, Lamongan.

10. Marning

Marning - oleh2kotalamongan.blogspot.com
Marning. (Foto: oleh2kotalamongan.blogspot.com)

Kalau kalian ingin membawa pulang oleh-oleh khas Lamongan, Marning sangat direkomendasikan. Marning adalah camilan khas Lamongan.

Penganan tradisional Marning ini berbahan dasar jagung yang telah dikeringkan terlebih dahulu lalu kemudian digoreng hingga garing.

Makanan khas ini memiliki cita rasa yang gurih serta sangat renyah.

Baca juga:
* 11 Rekomendasi Wisata Kuliner Banyuwangi, Maknyus!

Kuliner Lamongan Unik dan Beragam

Bagaimana menurutmu ragam makanan khas/kuliner Lamongan di atas? Benar kan kalau kuliner Lamongan itu banyak jenisnya?

Selain di Kuliner Semarang, ternyata kamu juga bisa menikmati aneka olahan bandeng di wisata kuliner Lamongan.

Kalau sudah mencoba Soto Lamongan yang terkenal, bisa cicip makanan khas Lamongan lain yang tidak bisa kamu temui di kotamu.

Coba Nasi Boranan, Asem Bandeng Cak Takim, Es Dawet Siwalan, Jumbrek, dan Bandeng Colo-Colo.

Mencoba keunikan Kuliner Lamongan akan membuat liburanmu lebih mengesankan.

Mari berbagi