12 Kuliner Karawang Ini Maknyos, Mana Favoritmu?

Kuliner Karawang – Kabupaten Karawang yang beribukota di Kota Karawang menjadi lokasi beberapa kawasan industri dan juga salah satu lumbung padi Jawa Barat. Sering juga bertanya apa makanan khas Karawang dan tempat makan di Karawang yang enak dimana?

Apalagi dengar-dengar, makanan khas Karawang itu enak-enak. Dan ada beberapat tempat makan di Karawang yang enak untuk makan siang dan makan malam.

Ada yang bilang ikan gabus, pepes, tahu dan soto di Karawang itu enak-enak.

Kurang afdol kan rasanya kalau kita liburan dan singgahi tempat-tempat wisata di Karawang, terus kita tidak mencoba makanan khas Karawang dan tempat makan yang recommended.

Daftar Isi:

Kalau kamu mau traveling lewat jalur Pantura, akan melewati Karawang. Karawang juga menjadi kota persinggahan para traveler.

Kalau kamu lewat, jangan lupa untuk mencoba beberapa makanan khas Karawang yang sudah melegenda. Datang ke beberapa tempat makan di Karwang yang recommended ini. Soal rasa tak perlu diragukan.

Karawang itu posisinya sangat strategis sebagai perlintasan para traveler. Tempat yang pas untuk melepas lelah sejenak sambil menikmati aneka kuliner Karawang yang ada.

Baca juga:
* Kuliner Purwakarta Recommended 2019
* 10 Kuliner Bandung yang Enak, Murah, dan Legendaris

Daftar Makanan Khas dan Tempat Makan di Karawang

Langsung saja, kita bahas singkat wisata kuliner menarik yang ada di Karawang.

1. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Ikan Gabus Bumbu Pucung - makanan khas karawang - pesonakarawang.wordpress. com
Ikan Gabus Bumbu Pucung, makanan khas Karawang yang maknyos. (Foto: pesonakarawang.wordpress.com)

Bagi kamu yang suka dengan ikan, bisa cobain Kuliner khas Karawang yang satu ini. Ikan gabus bumbu pucung ini wajib dicoba saat kamu berkunjung ke Karawang.

Ikan gabus dengan rasa dan bumbu yang sedap ini tepat untuk dijadikan santap siang. Apalagi, kalau sedang lapar-laparnya dan disuguhi dengan nasi hangat. Maknyus!

Dari namanya kita sudah tahu makanan ini berbahan dasar ikan gabus. Sedangkan pucung itu bahasa Betawi-nya kluwak. Kuah dari makanan itu menggunakan kluwak/pucung sebagai salah satu bahan bumbunya.

Bumbu kuahnya menggunakan bahan; bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, daun salam, sereh, rempah-rempah, asam, dan pucung atau kluwak.

Saat dihidangkan makanan khas Betawi ini terlihat seperti rawon. Kuahnya bewarna hitam dan ada potongan ikan gabus didalamnya. Bisa bagian kepala, badan, atau ekor gabus.

Ikan Gabus Bumbu Pucung terasa gurih, sedikit asam, dan segar. Rasa rempahnya cukup berasa menguatkan rasa kuah.

Mau mencoba? Kamu dapat menemukan menu ikan gabus bumbu pucung ini di daerah Rawamerta, tepatnya di Desa Panyingkiran, Karawang.

2. Pepes Jambal Walahar

Pepes Jambal Walahar - tempat makan di karawang - Natalia Widowati
Pepes Jambal Walahar – tempat makan recommended di Karawang. (Foto: Natalia Widowati)

Suka pepes? Pepes ikan mas, pepes teri, pepes jamur, pepes jambal, pepes tahu, pepes oncom, pepes ikan mas, pepes peda, pepes ati ampela.

Kamu bisa memilih aneka pepes tersebut di Rumah Makan Pepes Jambal H. Dirja Karawang.

Setelah memesan pepes yang kita inginkan, nanti pelayannya akan mengantarkan ke saung tempat kita duduk. Selain menu pepes juga tersedia lalapan, sayur asem, ayam bakar, otak-otak tenggiri, dan ikan goreng, udang goreng.

Harga aneka pepesnya rata-rat Rp. 10.000. Sangat terjangkau bukan? Wajar saja kalau Rumah makan pepes jambal H. Dirja ini cukup ramai. Apalagi di jam makan siang.

Relatif murah dan rasanya ‘enak banget’.

Pepes Jambal Walahar - tempat makan di karawang - Sani Soraya
Pepes Jambal Walahar. (Foto: Sani Soraya)

Selain makanannya yang enak dan sedap, tempat ini juga memberikan nuansa nyaman dari desain alaminya sehingga akan membuat Anda betah berlama-lama disana.

Alamat:
Rumah Makan Pepes Jambal H. Dirja
Jalan Bendungan Walahar, Walahar, Kutapohaci, Ciampel, Karawang.
Telepon: (0267) 435032
Buka setiap hari pukul 08:00 – 18:00 WIB.

3. Ratu Penyet

Bisa dibilang, Karawang itu gudangnya menu penyetan yang rasanya maknyoss. Menunya super lengkap. Ada Ayam Penyet, Ikan Penyet Bebek Penyet, Iga Penyet, sampai Empal Gepuk Penyet, bisa kamu nikmatin disini.

Pilihan sambelnya jempolan. Ada pilihan sambel XP (Xtra Pedas), Pedas, Sedang dan Tidak Pedas.

Yang suka pedas bakal sangat dimanjakan di Ratu Penyet. Sambalnya bisa pilih yang kurang pedas, sedang, pedas, atau ekstra pedas.

Nah yang penasaran silahkan meluncur ke Jalan Kertabumi No. 16, Karawang. Jangan sampai gak mampir biar gak nyesel.

Telepon: 0852-1100-2108

4. Tahu Bumbu

Tahu Bumbu - Facebook Dapur Kuliner Karawang
Tahu Bumbu. (Foto: Facebook Dapur Kuliner Karawang)

Jika Sumedang punya tahu Sumedang-nya yang khas, Karawang punya tahu bumbu Sari Rasa yang tak kalah enak dan gurih.

Anda dapat menemukan tahu ini di Jalan Dewi Sartika, yang mana terdapat kedai tahu bumbu Sari Rasa yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an.

Kedai ini menyajikan tahu bumbu yang banyak digemari orang dan menjaga agar tahu selalu hangat, yaitu dengan menggorengnya terus-menerus pada api yang kecil.

5. Soto Tangkar Mang Nean

Soto Tangkar Mang Nean - wisata kuliner Karawang - Lady Carlen
Soto Tangkar Mang Nean. Wajib cobain wisata kuliner Karawang yang ini. (Foto: Lady Carlen)

Soto Tangkar adalah makanan khas Betawi yang gurih. Tangkar sendiri adalah bahasa Betwai untuk iga sapi.

Soto tangkar ini sebenarnya mirip sekali dengan soto Betawi. Warna kuahnya yang membedakan. Kalau kuah soto Betawi itu warnanya putih, kalau kuah soto tangkar bewarna kuning.

Di Karawang Soto Tangkar yang recommended adalah Soto Tangkar Mang Nean yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika, tepatnya di samping Hotel Dewi.

Kalau kamu sedang berada di Karawang, maka Soto Tangkar Mang Nean ini menjadi makanan khas yang wajib dicoba. Karena rasanya yang khas dari bumbu serta resep turun-temurun sejak tahun 1980-an.

Nama Mang Nean sendiri diambil dari nama pemilik dan pendiri warung soto tangkar tersebut, yang kemudian usaha itu dilanjutkan oleh anak-anaknya hingga saat ini.

Alamat:
Soto Tangkar Mang Nean
Dewi Sartika No.23 – 38, Nagasari, Karawang Barat.
Telepon: (0267) 409623

Buka setiap hari, pukul 10:00 – 20:00 WIB.

6. Soto Gempol

Soto Gempol - @desynat
Soto Gempol. (Foto: IG @desynat)

Kuliner soto ini juga bisa dibilang menjadi makanan khas Karawang. Sebagian besar warga Karawang dan pemburu kuliner soto mengenal soto Gempol. Wajar saja, Soto Gempol ini sudah ada dari tahun 1980-an oleh H. Abdul Syukur dan Hj. Fatimah.

Ada 4 pilihan Soto Gempol yang bisa kamu pilih; soto daging, soto ayam, soto usus, dan soto babat. Kalau mau semua jenis, tinggal pesan ‘soto campur’.

Sama seperti soto tangkar, kuah soto gempol juga bewarna kekuningan. Biasanya disajikan bersama daun bawang dan taburan emping. Tambahan acar dan perasan jeruk nipis akan membuat soto gempol ini semakin nikmat.

Harga Soto Gempol: Rp. 22.000.

Alamat:
Rumah Makan Soto Gempol Raya
Jalan Rangga Gede No.45, Tanjungpura, Karawang Barat

Lihat di Google Map: Rumah Makan Soto Gempol Raya

Telepon: (0267) 404005
Buka setiap hari, pukul 10:00 – 21:00 WIB.

7. Lesehan Mang Ajo

Lesehan Mang Ajo - Riantoro Sutrisno
Lesehan Mang Ajo. (Foto: Riantoro Sutrisno)

Jika Anda hobi memancing, mungkin Anda dapat mencoba mengunjungi Lesehan Mang Ajo yang terletak di Teluk Jambe Barat ini.

Konsep tempat ini adalah pemancingan sekaligus rumah makan yang berbentuk gubuk-gubuk kecil, disertai desain yang natural dan menyatu dengan alam.

Ikan hasil pancingan Anda dapat dimasak untuk dimakan langsung atau dibawa pulang, yang biasanya dibandrol sekitar Rp 25.000 per-kilogram.

Rumah makan ini juga tidak hanya menyajikan menu berbahan dasar ikan, namun juga menu lain seperti sop, sate, ayam, nasi goreng, dan lain sebagainya.

Alamat:
Restoran dan Pemancingan Mang Ajo
Jl. Tol Karawang Barat, Margakaya, Telukjambe Barat, Karawang.
Phone: (0267) 644153

8. Es Walikota

Jalan-jalan di Karawang itu akan terasa banget udaranya yang bikin gerah. Kalau sudah begitu paling enak adalah minum es.

Salah satu yang bisa kamu coba adalah Es Walikota, singkatan dari Es Warung Lingkungan Kota. Sesuai dengan lokasinya yang berada di daerah kota Karawang. Jadi bukan es-nya pak walikota ya 🙂

Asiknya minum es disini, kamu bisa memilih sendiri esnya. Tapi tetap ya terbatas dalam ukuran satu mangkuk kecil.

Kamu bisa ambil sesuai keinginan untuk isinya. Ada nata de coco, melon, nanas, kolang-kaling, semangka, pepaya, selasih, sagu mutiara, roti, stroberi, dan aneka jeli.

Pilihan sirupnya: rasa jeruk, stroberi, melon, leci, anggur, dan frambose.

Lalu semuanya dicampur dengan tambahan es serut, susu kental dan gula pandan.

Sudah selesai memilih dan mengambil, aduk-aduk esnya. Rasanya segar sekali, sangat menghibur kalau meminumnya di tengah hari yang panas. Satu porsi es walikota ini sudah cukup bikin kamu kenyang juga.

Kedai mungil Es Walikota hanya memiliki 3 buah meja yang juga mungil. Kalau penuh, kamu bisa bungkus saja untuk dimakan didalam kendaraan.

Harga seporsi es walikota: Rp. 8.000.

Alamat
Es Walikota
Jl. Ir. Juanda No. 47, Karawang.
(Dekat dari stasiun kereta Karawang)
Telp. (0267) 402547.
Buka setiap hari: pukul 10.00 – 21.00 WIB.

9. Ayam Panggang M. Ochit

Mungkin ayam panggang memang dapat ditemui dimana-mana, namun berbeda dengan ayam panggang yang satu ini.
Ayam panggang M. Ochit merupakan salah satu kuliner khas Karawang yang banyak digemari dan dicari orang, karena rasanya yang khas dan tentu saja lezat.

Kamu bisa memesan ayam panggang untuk dibawa sebagai oleh-oleh atau makan di kedai tersebut. Ayam Panggang M. Ochit juga menyediakan menu nasi timbel lengkap dengan lalapan dan sambalnya

Mau coba? Silakan sambangi kedai Ayam Panggang M. Ochit yang berada di depan SD Mandalasari, Karawang.

10. Dodong Hideung Ketan

Dodong Hideung Ketan adalah makanan tradisional khas Karawang. Rasanya manis dan legit.

Dodong hideung ketan ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Karawang. Bisa dibawa pulang untuk diberikan kepada orang-orang terkasih di rumah.

11. Surabi Hijau

Surabi Hijau - @yuliochandra
Surabi Hijau. (Foto: IG @yuliochandra)

Makanan khas Karawang Jawa Barat ini sangat populer di Indonesia. Bisa dibuat dalam berbagai varian rasa dan beberapa olahan yang berbeda.

Serabi khas Karawang ini unik karena warnanya yang hijau. Warna hijau dihasilkan dari daun suji.

Surabi hijau Karawang dimakan dengan cara dicocol ke santan atau gula pemanis. Banyak dijual di sekitaran Rengasdengklok.

12. Gegeplak

Makanan khas Karawang yang ini bernama gegeplak. Terbuat dari kelapa muda yang dicampur dengan air, garam, dan gula pasir.

Baca juga:
* Kuliner Purwakarta Recommended 2019
* Sedap! 10 Sajian Kuliner Indramayu yang Bikin Tambah Nafsu Makan

Kuliner Karawang Kaya Rasa

Demikianlah beberapa tempat makan di Karawang yang asik untuk makan siang atau makan malam. Menyajikan kuliner Karawang yang gurih dan lezat, serta segar.

Berbagai makanan khas Karawang juga sangat menarik ternyata ya. Ikan Gabus Bumbu Pucun, Soto Gempol, Pepes Jambal Walahar, Tahu BUmbu, Soto Tangkar, Gegeplak, Surabi Hijau, Dodong Hideung Ketan, dan masih banyak lainnya.

Kalau kamu sedang jelajahi destinasi wisata Karawang, bisa coba wisata kuliner Karawang yang beragam ini.

Selamat berlibur dan menikmati aneka makanan khas Karawang.

Mari berbagi