12 Tempat Wisata Seru di Ciamis

Wisata Ciamis – Kali ini RamahTraveler mau ajak kamu mengunjungi destinasi wisata Ciamis di Jawa Barat. Kita akan bahas destinasi wisata menarik yang penuh pesona di Ciamis.

Sekadar info, tempat wisata di Ciamis itu lebih banyak daripada daerah lain di Jawa Barat lainnya kalau saja tidak terjadi pemekaran daerah. Meski demikian, destinasi wisata di Ciamis tak hilang begitu saja.

Nyatanya masih banyak potensi wisata Ciamis yang siap memanjakan wisatawan. Mulai dari wisata alam, wisata buatan,wisata budaya, hingga wisata religi. Semua siap menemani liburanmu dengan segala keindahan yang dimiliki Ciamis.

Baca juga:
* Top 10 Tempat Makan dan Kuliner di Ciamis

Daftar Isi:

Tempat Wisata di Ciamis

“Membicarakan potensi pariwisata Ciamis sepertinya tidak ada habisnya. Ciamis selalu saja menyenangkan untuk dieksplore. #PesonaMudik2019 Ciamis dijamin akan memanjakan wisatawan yang mudik atau melewati Ciamis,” kata Menpar Arief Yahya, Minggu(12/5).

Tadinya di list ini ada Mega Wisata Icakan. Namun kabarnya obyek wisata ini sudah ditutup oleh pemiliknya. Jadi kami ganti dengan destinas lain yang tidak kalah menarik.

Lantas tempat wisata Ciamis mana sajakah yang recommended untuk didatangi? Berikut ini list/daftar 10 destinasi Ciamisuntuk referensi wisata kamu.

Situ Lengkong - tempat wisata di ciamis - @cepyavey
Situ Lengkong, salah satu tempat wisata di Ciamis. (Foto: IG @cepyavey)

1. Situ Lengkong

Situ Lengkong dikenal juga dengan nama Situ Lengkong Panjalu. Danau ini terletak di Kecamatan Panjalu, Ciamis, dengan luassekitar 57,95 hektar.

Menurut keterangan di Wikipedia, kawasan Situ Lengkong ini dulunya adalah daerah pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu Ciamis.
Dan sejak banyak ditemukan berbagai penermuan-penemuan sejarah, akhirnya Panjalu berkembang menjadi daerah wisata alam,wisata budaya dan wisata ziarah.

Situ Lengkong - wisata ciamis - @hadi_an_adventurer
Situ Lengkong. (Foto: IG @hadi_an_adventurer)

Di tengahnya ada sebuah pulau di seluas sekitar 9,25 hektar, yang bernama Nusa Larang atau disebut juga pulau Nusa Gede.

Di Pulau Nusa Gede terdapat hutan lindung beserta banyak terdapat peninggalan purbakala. Didalam hutan terdapat 307 pohonyang terdiri dari 30 jenis tumbuh rindang yang menjadikannya sejuk dan membuat pengunjung nyaman bersantai di pulau tersebut.

Di pulau tersebut juga terdapat sebuah makam tokoh karismatik leluhur Panjalu bernama Borosngora Raja Panjalu.

Curug Tujuh Cibolang Ciamis - diciamiscom
Curug Tujuh Cibolang Ciamis. (Foto: diciamis.com)

2. Curug Tujuh Cibolang

Masih di Kecamatan Panjalu, setelah ke Situ Lengkong, traveler bisa meneruskan perjalanan ke destinasi wisata berikutnya yang cukup terkenal dan perlu dikunungi, yaitu adalah Curug Tujuh.

Seperti namanya, destinasi ini merupakan curug (air terjun) yang memiliki 7 tingkat. Tiap tingkat diberinama sesuai urutan tingkat. Yaitu Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Curug Tujuh Cibolang - flickr DianDjokaw
Curug Tujuh Cibolang. (Foto: Flickr/DianDjokaw)

Curug ini berada pada ketinggian 800-900 Mdpl. Dengan tekstur tanah berbukit dengan suhu udara secara umum berada pada 17-18 derajat Celcius sehingga memberikan suhu yang sejuk.

Untuk menikmati keindahan panorama ketujuh curug tersebut kamu harus naik mengitari bukit melalui jalan setapak yang rimmbun oleh hutan pinus Perum Perhutani.

Lihat di Google Map: Curug Tujuh Cibolang

Green Canyon - wisata ciamis - @zanatta_barkan
Green Canyon. (Foto: IG @zanatta_barkan)

3. Green Canyon

Kalau kamu sering buka-buka foto akun wisata di Instagram, kemungkinan besar kamu sudah tahu Green Canyon. Obyek wisataini menawarkan keindahan maha karya alam selama ratusan tahun.

Green Canyon sendiri terbentuk dari aliran sungai Cijulang yang melintasi gua yang dipenuhi stalaktit dan stalakmit.Aliran sungai ini pun juga melewati dua bukit dengan pepohonan yang rimbun dan bebatuan yang indah.

Air di sepanjang sungai Cijulang hingga ke Green Canyon ini berwarna kehijauan. Warna hijau ini berasal dari planktonatau organisme renik sejenis alga yang hidup di air sungai yang masih alami ini.

Kombinasi warna hijau air dan dan dinding bebatuan di kiri kanannya, menjadikan fotomu instagrammable banget.

Green Canyon - wisata ciamis - @mrsoedrajat
Green Canyon yang indah. (Foto: IG @mrsoedrajat)

Melewati aliran sungai ini dengan ‘river tubing’ akan terasa menyejukkan mata. Dan memberikan sensasi unik saat melewati alirandiantara dinding tebing.

Berbatasan dengan Pangandaran, lokasi Green Canyon Ciamis berada di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang – Ciamis.

Posisinya kurang lebih 130 km dari ibukota Kabupaten Ciamis, dan sekitar 31 km dari Pangandaran.

Wisata Sungai Citumang - wisata ciamis - @traveladic7
Wisata Sungai Citumang. (Foto: IG @traveladic7)

4. Wisata Sungai Citumang

Dari Green Canyon kita ke sungai Citumang yang mengalir membelah hutan jati dengan memiliki airn yang bening hijau kebiruan.

Tepian sungai tersebut terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alami dan juga dialirialiran sungai yang menembus ke dalam goa sehingga membuatnya semakin eksotis.

Keheningan alam akan pengunjung jumpa. Kicauan burung serta alunan alami berupa gemercik air sungai, bisikan semerumputangin yang berhembus sepoi yang menyelinap di antara pepohonan memberikan kesenangan tersendiri bagi pengunjung.

Kita bisa river tubing, menikmati suguhan keindahan alam dan merasakan sensasi tantangan petualangan.

Obyek wisata ini kurang lebih 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang.Jarak seluruhnya dari pusat kota Ciamis sekitar 95 km.

Arung Jeram Sungai Citanduy - wisata ciamis - @ciamis_rafting 2
Serunya wisata Ciamis di Arung Jeram Sungai Citanduy. (Foto: IG @ciamis_rafting)

5. Arung Jeram Sungai Citanduy

Salah satu primadona bagi pecinta olahraga arus deras adalah Sungai Cintandu. Di sungai ini, taveler bisa wisata sungaidengan rafting, river boarding, atau river tubing. Menikmati alam sambil menguras adrenalin.

Arung Jeram Sungai Citanduy memiliki aliran sungai dengan trek hingga panjang 15 kilometer. Sehingga wisatawan pecinta ini akan puas menghabiskan seharian di air.

Arung Jeram Sungai Citanduy - wisata ciamis - @ciamis_rafting
(Sungai Citanduy. (Foto: IG @ciamis_rafting)

Kondisi Sungai Citanduy sangat lebar, saat tubing wisatawan bisa memilih-milih jalur untuk dilalui, tidak akan kandas dibatudan akan tetap melaju. Sepanjang jalur tubing, wisatawan akan disuguhkan pemandangan indah tebing-tebing batu curam danhutan.

kalau kamu ingin mencoba berpetualang tubing menyusuri Sungai Citanduy, bisa datang ke Turis Information Center (TIC)Dinas Pariwisata yang letaknya di komplek Islamic Center Ciamis untuk mendaftar. Syaratnya, minimal satu kelompok 5-10 orang.

Desa Wisata Jelat
Desa Wisata Jelat

6. Desa Wisata Jelat

Ingin merasakan dan berinteraksi dengan warga desa yang ramah? Kamu bisa jalan-jalan ke Desa Wisata Jelat di Ciamis. Warga desa akan siap menyambut dan membantu wisatawan yang datang. Karena itulah pengunjung merasa nyaman dengan keramahan daripendudukDesa Jelat.

Kamu bisa melihat kehidupan dan kegiatan sehari-hari warga desa Jelat, yaitu bercocok tanam, berkebun serta budidaya dikolam ikan. Jadi kamu akan bisa melihat langsung suasana kehidupan desa yang segar jauh dibanding dengan kehidupan sehari-haridikota.

Dari Ciamis, Desa Jelat berjarak sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Dari Jalan Raya Cipaku masuk ke Jalan Raya Kawali, lalu belok kanan ke Jalan Jelat.

Puncak Bangku Rancah Ciamis - @gmzchannel
Puncak Bangku Rancah Ciamis. (Foto: IG @gmzchannel)

7. Puncak Bangku Rancah

Dari Desa Wisata Jelat, kamu bisa meneruskan jalan-jalan ke Puncak Bangku Rancah untuk melihat pemandangan alam dariketinggian.

Puncak bangku menjadi populer di kalangan traveler karena menawarkan view indah dari ketinggian. Di Puncak Bangku kamu bisa melihat deretan pegunungan di sekitar. Bahkan bisa melihat Gunung Ciremai di kejauhan.

Puncak Bangku cocok kamu jadikan destinasi wisata saat liburan, selain memiliki view yang menawan udaranya juga segar dan sejuk.

Dinamakan Puncak Bangku karena ada dua tempat duduk yang dibuat diatas pohon besar di lokasi ini. Akhirnya populer dengannama tersebut sampai sekarang.

Puncak Bangku berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Ciamis atau sekitar 1 jam berkendaraan. Dari Desa Wisata Jelatberjarak sekitar 26 kilometer.

Jembatan Cirahong - @hydn_design
Jembatan Cirahong. (Foto: @hydn_design)
Jembatan Cirahong - @ipenky
Sesi foto di Jembatan Cirahong. (Foto: IG @ipenky)

8. Jembatan Cirahong

Jembatan Cirahong adalah jembatan yang dibangun pada masa penjajahan Belanda di tahun 1893. Jembatan besi ini memiliki 2 tingkat. Tingkat atas digunakan sebagai jembatan kereta api, sedangkan tingkat dibawahnya berupa terowongan untuk kendaraan umum lewat.

Dikenal juga dengan nama Jembatan Sasak Cirahong, tempat ini ramai dikunjungi wisatawan di hari biasa maupun saat liburan.

Membentang sepanjang 202 meter, jembatan Cirahong sangat bagus untuk difoto maupun menjadi tempat foto. Susunan kerangka jembatan sering dijadikan latar depan atau latar belakang foto.

Sukahaji Waterboom - @asepdenisf3
Sukahaji Waterboom. (Foto: IG @asepdenisf3)

9. Sukahaji Waterboom

Kalau kamu berwisata bersama keluarga, khususnya anak-anak, bisa ajak mereka ke Sukahaji Waterboom. Kita akan disajikan pemandangan indah di sekitar waterboom ini. Yaitu pemandangan Gunung Galunggung dan Gunung Sawal.

Waterboom yang berada di sebelah Utara Kota Tasikmalaya ini mudah dijangkau dengan semua tipe kendaraan. Karena letaknya yang berada di tepi jalan dan memiliki area parkir yang cukup luas.

Selain bermain air di kolamnya, kamu bisa mengajak aanak untuk mencoba sarana Outbound yang disediakan oleh pengelola.

Harga Tiket Masuk Waterboom Sukahaji
Senin – Sabtu: Rp 15.000 / Orang
Minggu & Hari Libur: Rp 17.000 / Orang

Harga Paket Outbound:
Paket 1. Rp. 25.000,-/orang
Paket 2 Rp. 35.000,-/Orang

Alamat Waterboom Sukahaji Ciamis
Jalan Raya Cihaurbeuti, Sukahaji, Cihaurbeuti, Ciamis.
Buka pukul: 08.00 – 16.30 WIB

Alun-alun Ciamis - @suswiwidia
Alun-alun Ciamis. (Foto: IG @suswiwidia)

10. Alun-alun Ciamis

Datang kesuatu kota akan terasa lengkap kalau mampir juga ke alun-alun kotanya. Nah, kalau kamu sedang ada di Ciamis bisamampir untuk bersantai di alun-alun Ciamis.

Alun-alun Ciamis selalu ramai dikunjungi warga dan wisatawan setiap harinya.

Selain duduk-duduk santai, di sini kamu bisa berfoto-foto di berbagai sudut taman. Dan jangan lupa berfoto di tulisan ‘Alun-Alun Ciamis’ untuk kenang-kenangan.

Wisata Budaya Ciung Wanara - Merdeka. com - imam buhori
Wisata Budaya Ciung Wanara. (Foto: merdeka.com/Imam Buhori)

11. Wisata Budaya Ciung Wanara

Berwisata ke Ciamis akan lebih lengkap kalau kita juga mendatangi tempat wisata sejarah Ciung Wanara. Ciamis tidak lepas dari sejarah Kerajaan Galuh, asal mula Ciamis.

Di Ciamis terdapat banyak situs peninggalan zaman kerajaan Galuh purba, termasuk salah satunya adalah Situs Karangmuyan yang sering disebut juga Ciung Wanara.

Ciung Wanara bukan hanya milik Kabupaten Ciamis, namun juga sudah menjadi milik nasional karena sudah termasuk Benda Cagar Budaya (BCB) yang dilindungi pemerintah.

Bagi kamu yang belum tahu, Ciung Wanara adalah pendiri kerajaan Pajajaran. Lalu keturunannya menjadi raja di tatar Pasundan.

Di situs ini kita bisa melihat-lihat jejak peninggalan sejarah Galuh purba komplet dengan benda-benda peninggalan purbakalanya.

Seperti Batu Pangcalikan, atau batu bekas singgasana dan tempat bermusyawarah raja. Lalu ada Panyabungan ayam yang diyakini sebagai tempat Ciung Wanara menyabung ayam dengan Bondan Sarati.

Kampung Adat Kuta - Eko Lelono
Kampung Adat Kuta. (Google Map/Eko Lelono)

12 Kampung Adat Kuta

Dari Situs Karangmuyan atau Ciung Wanara, kamu bisa melanjutkan jalan-jalan ke Kampung Adat Kuta. Di sana kamu bisa melihat secara langsung kearifan lokal yang masih dipertahankan sejak dulu.

Kebiasaan serta adat budaya yang masih warganya pegang teguh sampai saat ini, menjadikan daya tarik bagi traveler yang suka dengan wisata budaya.

Warga Kampung Adat Kuta begitu memegang teguh kebiasaan para leluhurnya secara turun temurun. Tidak heran kalau kita melihat kondisi alam disekitar kampung masih terjaga dengan baik.

Kondisi hutan, pepohonan, mata air, masih terjaga. Bentuk-bentuk bangunan kayu yang unik pun masih bisa kita lihat.

Lokasi Kampung Adat Kuta berada di Desa Karangpaninggal, Tambaksari, Ciamis.

Baca juga:
* Ayo Jelajahi Keindahan Destinasi Wisata Pandeglang


* Melintas di Pansela, Nikmati Wisata Kota Banjar Ini

Selamat Berwisata di Ciamis

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Ciamis Jawa Barat yang kami himpun dari berbagai sumber.

Selamat menikmati wisata Ciamis dan semoga liburanmu di Ciamis berkesan.

Mari berbagi