Mampir Cilegon? Jangan Lewatkan 10 Tempat Wisata Ini

Tempat wisata di Cilegon bisa kamu jadikan pilihan saat liburan. Kota Cilegon populer disebut sebagai Kota Baja, karena menjadi penghasil baja terbesar di Asia Tenggara. Namun tahukah kamu, Cilegon juga menyimpan sejuta pesona wisata? Ada wisata alam, budaya, sejarah, buatan yang bisa segera kamu eksplorasi.

Apalagi saat #PesonaMudik2019 nanti, Cilegon akan menjadi salah satu kota yang akan sibuk dilewati traveler. Dengan keindahan alam dan manmade, Cilegon bisa kamu jadikan tujuan untuk berwisata.

“Cilegon merupakan persinggahan yang terbaik. Kota ini selalu memikat dengan warna khasnya. Alam, budaya, dan banyak destinasi buatannya adalah yang terbaik. Semuanya lengkap dan mendukung jadi #PesonaMudik2019. Kami rekomendasikan Cilegon sebagai destinasi utama,” terang Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Jumat (10/5).

Baca juga:
* 12 Rekomendasi Wisata Populer di JAKARTA

Tempat Wisata di Cilegon Banten

Bentang alam Cilegon memang beragam. Destinasi wisata Cilegon memiliki kawasan berupa bukit hingga wisata bahari yang luar biasa.

Berikut 10 Destinasi wisata Cilegon yang bisa kamu kunjungi.

Cilegon Green Waterpark - GoogleMap - Maimanati Aina Rusdi - wisata cilegon
Cilegon Green Waterpark. (Sumber: GoogleMap/Maimanati Aina Rusdi)

Cilegon Green Waterpark

Cilegon Green Waterpark adalah tempat wisata favorit banyak keluarga di sekitar Cilegon. Ada beragam wahana air, Cilegon Green Waterpark dilengkapi dengan kolar renang semi olimpiade. Kawasannya hijau dan asik buat foto-foto dengan beragam taman indah.

Bagi yang membawa anak-anak jangan kawatir, waterpark ini dilengkapi juga dengan fasilitas Kids Pool. Anak-anak akan aman beramin di kolam khusus anak.

Bagi yang suka wahana yang bisa memicu adrenalin, silakan meluncur dalam Super Slide. Kamu akan merasakan sensasi mengasyikkan di situ. Atau, bagi yang lebih santai bisa coba wahana Family Slide.

Memberikan warna lain, Cilegon Green Waterpark juga dilengkapi Lazy River. Sungai buatan tersebut mengelilingi wahana dengan arusnya yang perlahan.

Lokasi Cilegon Green Waterpark strategis, berada di Komplek Cilegon Green Megablok Blok E, Jalan A Yani, Cibeber, Kota Cilegon.

Cilegon Green Waterpark buka setiap hari, pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Cilegon Green Waterpark

Senin-Jumat: mulai Rp35.000 per orang.
Weekend: Rp50.000 per orang.

Gunung Batu Lawang Cilegon Banten. (Foto: IG @njum_istiqomah94)

Gunung Batu Lawang

Mana tempat favorit warga sekitar Cilegon? Salah satunya adalah Gunung Batu Lawang di Grogol Cilegon, Banten. Udaranya masih segar.

Berada di sana, sejauh mata memandang kita akan melihat hamparan pohon yang hijau rimbun di perbukitan. Bila melihat ke arah bawah, lembah hijau terlihat khas dengan panorama Kota Cilegon. Warnanya semakin unik dengan kawasan industri di sepanjang bibir pantainya.

Gunung Batu Lawang menawarkan keindahan wisata alam yang bisa kita nikmati. Anda bisa melihat siluet bukit Gunung Pinang di Kramatwatu, Waduk Krenceng, menara Masjid Agung Cilegon, bahkan siluet Gunung Karang di Pandeglang.

Di tempat tersebut terdapat dua batu besar yang berdampingan, sehingga membentuk celah di antaranya, dan menyerupai sebuah pintu. Oleh karenanya disebut dengan Batu Lawang.

Buka di Google Map: Gunung Batu Lawang

Bukit Batu Gambir Cilegon - @etifatmawati.212.jpg
Bukit Batu Gambir Cilegon. (Foto: IG @etifatmawati.212)

Bukit Batu Gambir

Wisata bukit lagi digemari banyak generasi milenial dan generasi Z. Wisata Bukit di Cilegon yang satu ini berada di Pulomerak, Cilegon, Banten, masuk kawasan perbukitan di Merak.

Bukit Batu Gambir ini sangat cocok bagi yang ingin menyegarkan pikiran. Kamu bisa menikmati suasana alam yang asri. Bentang alamnya yang terhampar bebas memanjakan mata pengunjungnya.

Dari atas bukit ini, kamu bisa melihat seisi Merak dan lautnya pun nampak terlihat. Asik juga duduk-duduk disini sambil menikmati pemandangan dan belaian lembut manja angin khas Bukit Batu Gambir.

Area ini banyak ditumbuhi pepohonan yang hijau dan rimbun. Batu Gambir sangat berpotensi dikembangkan sebagai tujuan wisata alam di kota Cilegon.

Buka di Google Map: Bukit Batu Gambir

Pulau Merak Kecil - @athu_sm.jpg
Pulau Merak Kecil. (Foto: IG @athu_sm)

Pulau Merak Kecil

Obyek Wisata Pulau Merak Kecil memiliki luas 4,6 hektar, masuk Kecamatan Pulomerak, Cilegon. Di pulau ini banyak wisatawan datang untuk sekedar bermain pasir.

Kalau kamu kemari, kamu bisa menikmati kegiatan sehari-hari nelayan dan juga kapal ferry di Pelabuhan Merak.

Untuk ke pulau, kamu hanya menyeberangi laut sekirar 200 meter dengan waktu sekitar 5 menit. Menggunakan perahu motor nelayan yang sandar dari pantai Mabak, tepat di belakang Mapolsek Pulomerak, Cilegon, Banten.

Tak perlu merogoh kocek yang dalam, jasa antar-jemput perahu nelayan hanya sekitar Rp10 ribu perorangnya.

Pulau Merak Besar - @reginaziza.jpg
Pulau Merak Besar. (Foto: IG @reginaziza)

Pulau Merak Besar

Objek Wisata Pulau Merak Besar adalah salah satu ikon wisata Cilegon. Pulau merak Besar secara khusus difungsikan sebagai hutan lindung dan utamanya menahan gelombang air laut ke arah Pelabuhan Merak.

Pulau Merak Besar adalah Pulau Hutan Lindung yang berfungsi sebagai Pelindung Pelabuhan Ferry dan Terminal Terpadu Merak. Pulau ini sangat strategis untuk melindungi kedua asset milik pemerintah pusat dan daerah.

Lokasi Pulau Merak Besar berada tepat di hadapan Pelabuhan Penyeberangan Merak–Bakauheni. Memiliki luas sekitar 20 Hektar.

Krakatau Jungle Park - GoogleMap - Rasyid Mustofa
Krakatau Jungle Park (Sumber: GoogleMap/Rasyid Mustofa)

Krakatau Jungle Park

Pilihan lain wisata Cilegon adalah Krakatau Jungle Park. Berada di kawasan industri, namun destinasi ini tetaplah bernuansa hijau.

Kamu bisa datang langsung ke Jalan Raya Karta Nomor 121, Kebondalem, Purwakarta, Cilegon, Banten. Menjadi favorit wisata keluarga, ada banyak wahana yang bisa dinikmati oleh wisatawan selama berada di sini.

Wahana yang disediakan pengelola antara lain; flying fox, sepeda air, jembatan tali, hero bungie, dan istana balon.

Juga ada motor goyang, water boll, dan perahu dayung. Lebih serunya lagi, Krakatau Jungle Park dilengkapi dengan fasilitas Kebun Binatang Mini. Anak-anak akan senang kalau diajak kemari.

Buka setiap Hari, pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Krakatau Jungle Park
Tiket Masuk Rp5.000
Wahana Rp5.000 – Rp15.000

Bukit Teletubbies Cilegon - googlemap - Aslam Daniel
Bukit Teletubbies Cilegon. (Sumber: googlemap/Aslam Daniel)

Bukit Teletubbies Cilegon

Wisata bukit memang lagi ngehits ya dimana-mana. Termasuk Bukit Teletubbies di Suralaya, Cilegon, yang sering dibicarakan oleh

anak-anak muda. Mereka seolah ingin membuktikan keindahan bukit tersebut. Kini sudah mulai banyak wisatawan yang berdatangan ke bukit ini untuk foto-foto.

Sebenarnya di daerah Merak terdapat beberapa bukit, bukan hanya bukit teletubbies yang sedang ramai diperbincangkan ini.

Namun bukit teletubbies ini memiliki keunikan tersendiri dan memiliki keindahan tersendiri ketika berada di puncaknya. Mungkin karena bentangannya mirip bebukitan di film anak-anak teletubies yaa.

Nama asli dari bukit ini adalah Bukit Kembang Kuning.

Pantai Pulorida - @sianto2092.jpg
Pantai Pulorida. (Foto: IG @sianto2092)

Pantai Pulorida

Pantai Pulorida termasuk wisata bahari Cilegon yang cukup lama bertahan. Destinasi legend ini hanya berjarak 4 Km dari

Pelabuhan Merak. Sebelum naik ke kapal fery Merak-Bakauheni, kamu bisa mampir sebentar di sini.

Pantai Pulorida memiliki pantai yang landai dengan ombak yang sangat tenang. Destinasi ini merupakan favorit bagi masyarakat di Cilegon dan sekitarnya.

Secara histori, nama Pantai Pulorida berasal dari 2 kata. Ada kata Pulo dan Ridho, artinya pulau yang mendapatkan ridho. Selain view-nya yang eksotis, kawasan ini juga dilengkapi beragam infrstaruktur pendukung seperti toilet.

Situ Rawa Arum - @moca_photo - tempat wisata di cilegon.jpg
Situ Rawa Arum, salah satu tempat wisata di cilegon. (Foto: IG @moca_photo)

Situ Rawa Arum

Rawa ini merupakan satu-satunya danau di Kota Cilegon. Namun keberadannya tidak telalu dikenal masyarakat secara umum. Padahal,

Situ Rawa Arum memiliki panorama yang sangat indah. Objek Wisata ini merupakan danau tanpa sumber mata air.

Ada yang unik dari danau tersebut, terutama di malam hari menebarkan aroma bunga teratai putih. Oleh karenanya, diberi nama Danau Arum atau harum.

Istana Pasir Temiang - @beti.susilawati - wisata cilegon
Ber-wisata Cilegon di Istana Pasir Temiang. (Foto: IG @beti.susilawati)

Istana Pasir Temiang

Ada yang termasuk baru di Cilegon, yaitu wisata Istana Pasir Temiang. Berada di Lingkungan Temiang, Kelurahan Lebak Denok, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon.

Istana Pasir Temiang sudah cukup viral di media sosial. Bahkan saat masih dalam proses penyelesaiannya, tempat ini sudah ramai idatangi wisatawan.

Setiap harinya, istanai pasir yang instagrammable ini ramai dikunjungi bukan hanya dari kalangan anak muda. Nampak juga

rombongan keluarga menikmati tempat wisata Istana Pasir Temiang tersebut.

Harga tiket masuk Istana Pasir Temiang sangat terjangkau, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 2.000 saja.

Pulau Merak Besar – Pulau Merak Kecil dilihat di Google Map

Ayo ke Cilegon

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di sekitaran Cilegon, Banten.

Kalau kamu sedang melintas sebelum menaiki kapal Merak-Bakauheni dan punya cukup waktu, tidak ada salahnya mampir menikmati beberapa.

Lumayan juga kan untuk menambah stok foto mu untuk diunggah ke instagram.

Selamat menikmati wisata Cilegon Banten.

Mari berbagi