Wisata Cirebon, Ayo Jelajahi 10 Destinasi Ini

Wisata Cirebon, ramahtraveler.com – Kota dan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, itu tidaklah jauh dari Jakarta. Kalau lancar, toll-to-toll bisa dikebut dalam waktu 2-3 jam saja. Untuk mengisi waktu libur sekolah, wiken, atau mudik lebaran, Cirebon recommended banget untuk didatangi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kepada yang ingin jalan-jalan atau mudik ke Cirebon, wisata religi, sejarah dan budaya. Silakan kunjungi beberapa temat wisata di Cirebon. Banyak yang menarik untuk disimak, dinikmati, dan populer di Cirebon.

Baca juga:
* 12 Destinasi Wisata Purwakarta ini Asik dan Seru Banget!

* Wisata INDRAMAYU Ternyata KEREN, Ini Buktinya!

Daftar Isi Wisata Cirebon:

Tempat Wisata di Cirebon

Nah, tunggu apa lagi. Yuk disimak beberapa destinasi/tempat wisata di Cirebon yang recommended buat kamu.

1. Tamansari Goa Sunyaragi

Tamansari Goa Sunyaragi - @achmadi_anggi
Tamansari Goa Sunyaragi. (Foto: IG @achmadi_anggi)

Pada zamannya, Tamansari Sunyaragi adalah tempat para pembesar keraton dan prajurit keraton bertapa dengan harapan dapat meningkatkan ilmu kanuragan.

Nama “Sunyaragi” berasal dari bahasa sansekerta, kata “sunya” yang berarti sepi dan “ragi” yang berarti raga.

Keaslian bangunan-bangunan batu kuno di Gua Sunyaragi bahkan masih terasa asli sampai saat ini. Bentuk bangunan yang unik menjadikannya sering menjadi lokasi foto bagi para pehobi fotografi dan traveler yang singgah.

Di lokasi Taman Sari Gua Sunyaragi ini sering diadakan pagelaran musik, sendratari, sampai pembukaan acara tahunan Festival Keraton Nusantara.

Baru-baru ini, pengelola Taman Sari Gua Sunyaragi meluncurkan wahana balon udara. Sehingga semakin banyak pengunjung yang tertarik datang dan semakin betah berada di sini.

Tertarik datang ke tempat wisata di Cirebon ini? Datang saja ke lokasinya di Jalan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon. Taman Sari Gua Sunyaragi dibuka untuk umum setiap hari pada pukul 08:00-17:30.

Tiket masuk Tamansari Goa Sunyaragi Rp10 ribu
Tiket per wahana Rp10ribu – Rp20 ribu.

2. Masjid Raya At-Taqwa

Masjid Raya At-Taqwa Cirebon - @sigit_setya.wan
Masjid Raya At-Taqwa Cirebon. (Foto: IG @sigit_setya.wan)

Masjid Raya At-Taqwa merupakan masjid terbesar di Kota Cirebon. Letaknya di Jl Kartini, Kota Cirebon. Pada pagi hari difungsikan sebagai lapangan upacara dan pada sore hari menjadi tempat pusat jajanan kuliner saat bedug magrib tiba.

Selain masjid dan kuliner takjil, Alun-alun Kejaksan juga memiliki menara setinggi 15 meter. Lokasinya di sebelah selatan Masjid Raya At-Taqwa. Bagi yang ingin melihat Kota Cirebon dari ketinggian, bisa menaiki menara ini. Biasanya pihak Dewan Kemakmuran Masjid At-Taqwa membukanya untuk umum.

3. Ade Irma Suryani Waterland

Ade Irma Suryani Waterland - wisata cirebon - @pojokrebon_bfest
Ade Irma Suryani Waterland. (Foto: IG @pojokrebon_bfest)

Mengajak keluarga, terutama anak-anak, akan lebih seru kalau bermain air di Ade Irma Suryani Waterland. Lokasi Ade Irma Suryani Waterlad berada pusat kota, di tepi pantai utara Cirebon.

Di Ade Irma Suryani Waterland tersedia wahana, waterboom, kolam arus, kolam renang ukuran olimpik, perahu bebek, penginapan, dan wisata kuliner.

Penginapan/cottage di Ade Irma Suryani Waterland ada 40 unit yang kesemuanya berada di pantai. Menjadikannya daya tarik bagi yang ingin merasakan menginap di tepi pantai.

Harga sewa cottage mencapai Rp 1 juta hingga Rp 2,5 Juta per harinya. Untuk fasilitas cottage fasilitas dengan seaview, pengunjung harus membayar harga sewa sebesar Rp 1,7 juta. Untuk fasilitas cottage dengan full-view harganya sedikit lebih mahal.

Untuk cottage kelas family, pengunjung menyiapkan uang sebesar Rp 2,5 juta.

cottage Ade Irma Suryani Waterland - @missfoodietraveller
cottage Ade Irma Suryani Waterland. (Foto: IG @missfoodietraveller)

Lokasi Ade Irma Suryani Waterland
Jalan Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Buka setiap hari: 08:00 – 21:00 WIB.

Harga Tiket Masuk Ade Irma Suryani Waterland
Senin – Jumat: Rp50.000
Sabtu dan Minggu: Rp65.000
Hari Libur: Rp65.000

Biaya Parkir
Sepeda Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000
Bus Rp20.000

4. Keraton Kasepuhan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon - pesona. travel
Keraton Kasepuhan Cirebon. (Foto: pesona.travel)

Kurang lengkap rasanya berwisata Cirebon kalau tidak mengunjungi Keraton Kasepuhan Cirebon. Keraton Kasepuhan Cirebon ini adalah keraton yang didirikan oleh Pangeran Cakrabuana pada masa penyebaran agama Islam sekitar tahun 1529.

Dijelaskan di Wikipedia, keraton ini adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Setiap sudut arsitektur keraton ini pun memiliki makna dan terkenal paling bersejarah.

Halaman depan Keraton Kasepuhan Cirebon dikelilingi oleh tembok bata merah dan terdapat pendopo di dalamnya.

Akses menuju keraton tersebut dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dari Stasiun Kejaksan dan 30 menit perjalanan dari Terminal Bus Harjamukti.

Alamat Keraton Kasepuhan Cirebon terletak di Jalan Kasepuhan No 43, Kampung Mandalangan, Kasepuhan, Lemah Wungkuk, Cirebon.

Baca juga:
* 12 Destinasi Wisata Purwakarta ini Asik dan Seru Banget!

5. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi - tempat wisata di cirebon - @adaydc_2
Kampung Batik Trusmi. Salah satu tempat wisata di Cirebon. (Foto: IG @adaydc_2)

Sudah memiliki koleksi kain Batik Cirebon. Kalau berminat, bisa datang ke Kampung Batik Trusmi.

Batik khas Cirebon adalah megamendung, yang banyak diproduksi di Kampung Batik Trusmi. Ada pula batik keraton dan batik pesisir. Motif batik-batik itu muncul dari dua keraton, Keraton Kanoman dan Kasepuhan.

Di Kampung Batik Trusmi kini ada museum anyar, namanya Trusmi Park Museum alias Trupark Museum. Museum anyar ini dirilis pada akhir tahun lalu.

Selesai belanja kain/baju batik, kamu bisa menikmati sejarah dan melihat pembuatan batik. Tak hanya itu, Trupark Museum juga menyediakan pojok istimewa bagi para pengunjung yang ingin swafoto.

6. Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa - wisata religi Cirebon - @bersamanani
Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Cirebon. (Foto: IG @bersamanani)

Masjid Agung Sang Cipta Rasa, dikenal juga dengan nama Masjid Agung Kasepuhan. Masjid ini adalah salah satu masjid tua di kompleks Keraton Kasepuhan Kota Cirebon. Sekaligus menjadi salah satu masjid tertua di tanah Jawa dan Indonesia.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa berada di Jalan Jagasatu, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

7. Makam Sunan Gunung Jati

Makam Sunan Gunung Jati - wisata ziarah cirebon - eviindrawanto. com
Makam Sunan Gunung Jati. (Foto: eviindrawanto.com)

Salah satu wisata ziarah/religi terkenal di Indonesia, adalah wisata ziarah Makam Sunan Gunung Jati sering dijadikan destinasi wisata religi bagi wisatawan yang berasal dari Pulau Jawa.

Pengunjungnya bukan hanya dari Pulau Jawa saja, peziarah dari luar Jawa juga banyak berdatangan kemari.

Gaya arsitektur khas Jawa, Tiongkok, dan Arab berpadu serasi dan sempurna, membentuk harmoni yang menakjubkan. Beragam dekorasi porselen khas Tiongkok banyak disematkan di sekitar dinding makam.

Daya tarik lain yang dimiliki Kompleks Makam Sunan Gunung Jati adalah adanya 9 pintu yang disusun secara bertingkat.

Namun, pengunjung hanya diperkenankan untuk masuk hingga pintu ke-5, sebab pintu-pintu selanjutnya hanya diperuntukkan bagi keturunan Sunan Gunung Jati.

Lokasi Kompleks Makam Sunan Gunung Jati berada di Jalan Alun-alun Astana Gunung Jati 53, Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati.

Baca blog kawan, Evi Indrawanto:
* Makam Sunan Gunung Jati Cirebon Jawa Barat

8. Pasar Kanoman

Pasar Kanoman - wisata cirebon - Pasar Kanoman
Pasar Kanoman Cirebon. (Foto: IG @fadhilramad009)

Mau wisata pasar dan kuliner? Coba datang ke Pasar Kanoman yang terletak di sekitar kawasan Pekalipan, Kota Cirebon.

Pasar tua ini memang sering menjadi tujuan wisata dan telah lama menjadi bagian dari penggerak perekonomian semenjak kerjasama niaga Keraton Cirebon.

Sekarang Pasar Kanoman sudah direvitalisasi sehingga menjadi lebih menarik lagi. Sudah dihiasi dengan wajah warna-warni yang menarik untuk menambah semarak. Pasar yang memang terletak berdekatan dengan Kraton Kanoman ini sekarang semakin indah, apalagi sudut dan penataan bangunannya.

Pasar Kanoman ini memang unik dan bukan hanya sekedar pasar seperti pada umumnya. Pasar Kanoman menjadi penanda adanya keterjalinan antara budaya Cirebon dengan budaya berbagai etnis, terutama etnis Tionghoa.

Ppsar ini bukan hanya sebagai pusat ekonomi, tetapi merupakan kawasan Pecinan yang sudah lama menjadi tempat pertemuan berbagai budaya.

9. Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan - tempat wisata di cirebon - indonesiakaya. com
Keraton Kacirebonan.(Foto: indonesiakaya.com)

Keraton Kacirebonan merupakan keraton yang didirikan atas prakarsa Pangeran Muhamad Haerudhin. Dia adalah Putra Mahkota Sultan Kanoman ke-IV yang melakukan perlawanan terhadap pemerintahan kolonial Belanda.

Keraton Kacirebonan memiliki berbagai koleksi benda-benda kuno yang sarat dengan sejarah. Tombak, pedang, sampai alat pembuat jamu atau param yang masih berbentuk batu tersimpan apik di salah satu ruangan keraton.

Ruangan-ruangan bagian dalam Keraton Kacirebonan juga menyimpan berbagai benda yang berkaitan dengan keraton serta agama Islam.

Kitab dari zaman para wali sampai gamelan, adalah sebagian koleksi kuno yang dapat kamu saksikan saat berkunjung ke Keraton Kacirebonan.

10. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong - @triptrapliburan
Bukit Gronggong Cirebon. (Foto: IG @triptrapliburan)

Bagi yang liburan ke Cirebon bersama pasangan, bisa mencoba suasana romantis di ketinggian Bukit Gronggong. Melihat lampu-lampu kota Cirebon saat sore menjelang malam, akan menghadisrkan atmosfir kemesraan yang asik dinikmati berdua.

Berminat, langsung saja meluncur ke daerah Gronggong Ciperna yang tidak jauh dari jalan utama antara Cirebon dan Kuningan.

Kamu bisa bersantai duduk-duduk di kursi kayu yang sudah disediakan pengelola. Nikmati juga makanan ringan seperti jagung dan roti bakar.

Bukit Gronggong - @triptrapliburan
Bukit Gronggong Cirebon. (Foto: IG @triptrapliburan)

Mau tempat yang lebih nyaman, bisa ke Rumah Makan Manis. View di restoran ini menyajikan pemandangan malam terbaik ke arah kota Cirebon.

Harga tiket masuk Bukit Grongging Rp. 2000.
Parkir motor Rp 2000,00
Parkir mobil: Rp. 3000 – Rp. 5000.

Baca juga:
* 12 Tempat Wisata Seru di Ciamis

* Wisata INDRAMAYU Ternyata KEREN, Ini Buktinya!

Wisata Cirebon yang Asik

Ternyat wisata Cirebon lumayan bervariasi bukan? Dari wisata buatan, wisata pantai, wisata bukit, dan ada juga wisata budaya, ziarah, dan belanja.

Daftar tempat wisata di Cirebon di artikel ini belumlah sempurna dan lengkap. Tetapi paling tidak sudah bisa menjadi acuanmu kalau mau traveling liburan ke Cirebon.

Semoga bermanfaat dan selamat menikmati wisata Cirebon.

Featured Image, Foto: IG @pojokrebon_bfest

Mari berbagi