Tempat Wisata di Bekasi Ini Keren Banget, Ada yang Bersalju

Wisata Bekasi – Kamu mau berlibur ke Bekasi? Kenapa tidak? Karena Bekasi menawarkan banyak pilihan atraksi wisata untuk kamu kunjungi saat liburan. Kali ini RamahTraveler akan mengulas beberapa tempat wisata di Bekasi, Jawa Barat. Simak terus artikel ini sampai habis ya.

Memang selama ini, kamu mendengar Bekasi bukan sebagai daerah destinasi wisata. Namun kamu harus tahu kalau Bekasi memiliki tempat wisata alam, wisata buatan, wisata edukasiyang tidak kalah bagus dengan wisata daerah lain.

Bekasi, sebagai penyangga Jakarta, memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah destinasi wisata. Satu point yang menguntungkan Bekasi adalah lokasinya yang sangat dekat dengan Jakarta. Destinasi wisata Bekasi bisa menjadi alternatif kamu untuk mengisi waktu liburan.

Baca juga:
* 12 Rekomendasi Wisata Populer di JAKARTA

Daftar Isi:

Tempat Wisata di Bekasi

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, Bekasi mempunyai banyak keunggulan. “Bekasi mempunyai banyak cerita yang bisa dinikmati siapa saja. Bekaso juga tercatat dalam perjalanan sejarah bangsa. Selain itu, destinasinya juga lengkap. Jadi tak salah Bekasi menjadi alternatif untuk berlibur,” katanya.

Ok tak usah bertele-tele, buat kamu yang mau traveling ke Bekasi, berikut ini 10 destinasi yang bisa kamu jadikan rujukan. Apa saja? Simak ya.

1. Snow World International Revo Town

Trans Snow World Bekasi - wisata bekasi - @transsnowworld.juanda
Trans Snow World, tempat wisata di Bekasi terbaru 2019. (Foto: IG @transsnowworld.juanda)

Sekarang ga perlu jauh-jauh keluar negeri kalau mau tahu rasanya bermain salju. Karena sudah ada wahana bermain salju di Trans Snow World Juanda, Bekasi.

Kalau selama ini kamu mengenal Bekasi sebagai daerah yang bersuhu panas, anggapan itu sudah bisa berubah. Bekasi ada tempat dinginnya.

Di Trans Snow Bekasi kamu bisa bermain-main dengan salju. Membuat bola salju, boneka salju, berseluncur dengan snowboard. Dan kamu bisa merasakan sensasi bermain ski layaknya di pegunungan Hokkaido Jepang.

Salju yang ada di Trans Snow World dibuat dengan mesin canggih dan itu adalah salju asli.

Namun karena kita orang Indonesia terbiasa dengan suhu udara yang panas, maka ruangan di dalam Trans Snow World disetting hanya sekitar 10-15 derajat celcius. Tidak seperti suhu sebenarnya di daerah bersalju.

Namun demikian, sebaiknya kamu tetap persiapkan baju yang agak tebal agar tidak kedinginan di dalam.

Snow World International Revo Town - tempat wisata di Bekasi - @transsnowworld.juanda
Snow World Bekasi. (Foto: IG @transsnowworld.juanda)

Harga tiket masuk Trans Snow World Bekasi

Harga Tiket Masuk:
Weekdays: Rp 200.000
Weekend: Rp 275.000

Buka setiap hari, pukul 09.00 – 23.00 WIB

Perlengkapan tambahan:

  • Snow tube double Rp 80.000
  • Snow tube single Rp 30.000
  • Ski Rp 100.000
  • Basic slegde Rp 30.000
  • Snow scooter Rp 30.000
  • Racer sledge for 2 Rp 80.000
  • Braker sledge Rp 50.000
  • Zoro ball Rp 50.000

Website Trans World Bekasi: www.transsnowworld.com

2. Go! Wet Waterpark Grand Wisata Bekasi

Go Wet Waterpark Grand Wisata Bekasi - Wisnu Nugroho
Go Wet Waterpark. (Foto: Wisnu Nugroho)

Salah satu waterpark yang paling diminati di Bekasi. Go Wet Waterpark menawarkan sejuta keasyikan dan alam yang sangat luar biasa.

Dengan slogannya ‘Go Wet! Let’s Get Fun’, Go Wet Waterpark ini bertema petualangan atau adventure. Karena memang kebanyakan wahana disini cukup menantang dan memacu adrenalin.

Ayo liburan seru di Go! Wet Bekasi, ajak kawan-kawan atau keluargamu. Nikmati wahana wisata air yang seru beramai-ramai.

Waterpark terletak Grand Wisata Bekasi, Jl. Southem Boulevard Kav. 1, Lambangjaya, Tambun Sel, Bekasi, Jawa Barat.

Harga Tiket Masuk Go Wet Waterpark Grand Wisata Bekasi

Weekdays:
Dewasa: Rp 175.000
Anak: Rp 125.000

Weekend:
Dewasa: Rp 250.000
Anak: Rp 200.000

Buka Setiap Hari:

Weekdays: 10:30 – 18:30 WIB
Weekend: 09:00 – 20:00 WIB

3. Waterboom Lippo Cikarang

Waterboom Lippo Cikarang Bekasi - @evikusnaini_15
Waterboom Lippo Cikarang. (Foto: IG @evikusnaini_15)

Tempat wisata di Bekasi yang satu ini, menjadi tempat favorit bagi keluarga dan wisatawan Jabodetabek. Sangat populer, Waterboom Lippo memiliki berbagai wahana dan fasilitas yang sangat menghibur.

Destinasi wisata buatan di Bekasi ini dibangun di atas lahan seluas 3,4 hektar dan sanggup menampung 7000 wisatawan. Saat hari libur, Waterboom Lippo Cikarang selalu dipadati oleh wisatawan.

Tapi tenang aja, waterboom ini kan luas. Jadi kamu tetap bisa seru-seruan bersama keluarga dan kawan.

Banyak pilihan wahana atau permainan air di Waterboom Lippo. Ada Kolam Ceria, Kisaran Pusing-Pusing, Lorong Penyu, Prosot Tebing, Perosotan Buntung, Jeram Berang-Berang, Kapal Siba Terompah.

Lalu ada Aqua Spa, Keong Kompyang, Fish Therapy, Pita Gurita, Pita Debar-Debar, Rumah Ban, Basket 3 On 3, Ember Tumpah, Gentong Gebyur, Arus Berontak, Buai Apung, Eco Friendly Garden dan banyak lagi.

Selain wahana permainan air, wisata Hits Cikarang ini juga menyiapkan wisata edukasi untuk anak–anak. Bermain sambil belajar tentunya lebih mengasyikkan untuk mendidik anak dan anak tidak merasa bosan juga.

Harga Tiket Masuk Waterboom Lippo Cikarang

Weekdays: Rp. 60.000
Weekend dan hari libur nasional: Rp. 95.000

4. Taman Bunga Matahari Bekasi

Taman Bunga Matahari Bekasi - @tyasnursyahbani
Taman Bunga Matahari Bekasi. (Foto: IG @tyasnursyahbani)

Taman Bunga Matahari Bekasi ini mulai ramai didatangi di awal tahun 2019. Di kebun berukuran sekitar 2500 meter persegi ini dipenuhi indahnya bunga matahari yang bermekaran, sehingga memikat banyak remaja untuk foto-foto/swafoto.

Kebun Bunga Matahari milik Sarman Faisal ini ramai dikunjungi ratusan orang setiap harinya.

“Budidaya bunga matahari ini mendapat antusias dari masyarakat bahkan juga mendapat dukungan dari para mahasiswa Al-Azhar Jakarta yang ikut membantu dalam pengolahannya,” kata dia.

Kalau beruntung, kamu bisa melihat sekitar 2000 batang pohon Bunga Matahari yang tengah bermekaran. Sedangkan usia Bunga Matahari tidak lama, hanya bertahan 1-2 bulan saja.

Yang sangat menarik dari hadirnya taman bunga matahari ini adalah, didirikan di tempat pembuang sampah (TPS) liar.

Namun Sarman mampu menyulapnya menjadi tempat wisata. Bahkan dirinya mendapat dukungan dari para mahasiswa Al-Azhar Jakarta dalam pengolahannya.

Kalau kamu penasaran seperti apa kebun bunga matahari ini, silakan meluncur ke Jalan Kampung Rawakeladi, Desa Sukamurni, Kecamatan Sukakarya, Kabupaten Bekasi.

5. Taman Buaya Indonesia Jaya

Taman Buaya Indonesia Jaya - @rizwayalula
Taman Buaya Indonesia Jaya. (Foto: IG @rizwayalula)

Tempat yang satu ini sepertinya memang bukan destinasi wisata populer di Bekasi. Padahal Taman Buaya Indonesia Jaya, yang didirikan pada tahun 1991, bukanlah tempat wisata biasa.

Destinasi ini menjadi lokasi penangkaran dan beragam atraksi buaya. Sering kali dijadikan lokasi belajar para siswa. Atau untuk mendapatkan informasi dan belajar seputar buaya.

Taman Buaya Indonesia Jaya memiliki 500 buaya. Ada 423 ekor Buaya Muara Sumatera, 30 ekor Buaya Kalimantan (moncong panjang), 2 ekor Buaya Irian (kulitnya bewarna hitam), dan 2 ekor Buaya Albino. Semuanya dipisah kedalam 4 buah kolam.

Lokasi Taman Buaya Indonesia Jaya berada di Jalan Raya Serang-Cibarusah KM 3, Serang Baru, Bekasi, Jawa Barat.

Buka setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Harga tiket masuk Taman Buaya Indonesia Jaya:

Dewasa: Rp. 12.000
Anak-anak: Rp. 6.000

6. Hutan Mangrove Muara Gembong

Hutan Mangrove Muara Gembong Bekasi - Ananda M Firdaus - Ayobekasi. net
Hutan Mangrove Muara Gembong. (Foto: Ananda M Firdaus/Ayobekasi.net)

Mendengar kata ‘Bekasi’, yang ada di benak kita adalah kemacetan. Jalan raya yang dipenuhi berbagai macam kendaraan, baik kendaraan pribadi dan umum.

Tidak terbayang Bekasi memiliki wisata alam yang hening dan segar.

Makanya, kamu harus tahu nih kalau di bagian utara Bekasi ada lahan yang cocok dijadikan tempat berekreasi. Tepatnya di Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Di sini ada hutan mangrove yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk memanjakan mata sejenak dari hilir-mudiknya kendaraan.

Kamu bisa berjalan santai menyusuri hutan mangrove di atas jembatan kayu. Apalagi kalau kamu suka foto-foto atau swafoto, destinasi wisata alam di Bekasi ini cocok kamu datangi.

Kalau beruntung, kamu bisa melihat Lutung Jawa, monyet ekor panjang, dan biawak. Juga ada berbagai jenis burung lokal, ataupun burung yang bermigrasi dari Australia, misalnya cangak abu, kuntul besar, dan raja udang kalung biru.

7. Hutan Kota Patriot Bekasi

Hutan Kota Patriot Bekasi - @naziroarfan
Hutan Kota Patriot Bekasi. (Foto: IG @naziroarfan)

Bekasi memiliki ruang terbuka hijau (RTH) Bekasi yang berada di kawasan Gedung Olah Raga (GOR) atau Stadion Patriot Kota Bekasi. Berada tidak jauh dari Monumen Perjuangan Bekasi.

Hutan Kota Patriot Bekasi memiliki banyak pepohonan, sehingga udaranya relatif segar. Cocok kalau kamu mau menghabiskan akhir pekan bersantai di sini. Bisa berolahraga jalan kaki, bersepeda dan melihat penangkaran burung merpati dan kutilang.

Hutan Kota Patriot Bekasi ini sangat rimbun karena memiliki lebih dari 7.000 pohon. Kamu dapat menjumpai berbagai jenis tanaman seperti pohon mahoni, pohon akasia, pohon kecapi, pohon ketapang, pohon asam, pohon sengon, dan sebagainya.

Juga ada pohon buah seperti durian, rambutan, belimbing, mangga, serta sukun. Kamu bisa lihat infonya di papan informasi yang ada di salah satu sudut hutan.

8. Pantai Muara Beting

Pantai Muara Beting - @bekasi.update
Pantai Muara Beting. (Foto: IG @bekasi.update)

Sudah tahu kan kalau Bekasi kurang populer soal wisata alam? Lagi-lagi kamu harus mengetahui tempat wisata menarik di Bekasi yang satu ini.

Bekasi ternyata menyimpan potensi wisata alam yang unik. Contohnya adalah Pantai Muara Beting, yang secara administratif masuk dalam Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi.

Kamu tidak akan menemukan hamparan pasir putih di Pantai Muara Beting. Yang ada hamparan pasir bewarna coklat kehitaman. Banyak yang menjadikan pantai ini sebagai lokasi memancing.

Yang suka foto-foto bisa datang ke Pantai Muara Beting waktu pagi atau sore. Berjalan-jalan di pantainya atau menyusuri hutan bakau dengan perahu.

Pemandangan alamnya tidak seindah pantai lain yang berpasir putih. Namun Pantai Muara Beting ini layak menjadi alternatif destinasi wisata saat akhir pekan. Karena keunikan hutan bakau, serta flora dan fauna didalamnya.

9. Curug Parigi

Curug Parigi - spot foto di Bekasi - @thomas_g3402
Curug Parigi – spot foto cantik slowspeed lanskap di Bekasi (Foto: IG @thomas_g3402)

Air terjun ini kalau kami bilang bukanlah tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Tapi bisa kamu jadikan spot foto lanskap, terutama yang suka memotret dengan teknik slow speed.

Hasil foto para fotografer di Curug Parigi ini bagus-bagus. Enak dinikmati mata kalau sudah jadi fotonya.

Curug Parigi - spot foto di Bekasi - @yan_whardiana
Curug Parigi, bagus di foto. (Foto: IG @yan_whardiana

Namun kalau kamu mengajak keluarga kemari, sepertinya memang tidak cocok ya.

Lokasinya Curug Parigi berada di desa Cikiwul, Kecamatan Bantar Gebang. Curug Parigi berada di aliran Kali Bekasi.

10. Situ Cibeureum

Situ Cibeureum Bekasi - jakarta. panduanwisata. id
Situ Cibeureum. (Sumber: jakarta.panduanwisata.id)

Bekasi juga punya danau ternyata dan melihat beberapa foto di media sosial, ternyata indah juga.

Situ Cibeureum merupakan sumber irigasi pertanian warga sekitar. Namun saat memasuki tahun 1990, luas danau ini menyusut akibat adanya pembangunan perumahan.

Saat ini Situ Cibeureum hanya memiliki luas tersisa 2 hektar.

Walaupun luasnya berkurang, pesona Situ Cebeureum tetap menarik bagi beberapa wisatawan. Banyak komunitas yang datang kemari di saat akhir pekan. Seperti komunitas fotografi, komunitas sepeda, atau anak-anak muda yang ingin sekadara swafoto.

Di tengah Situ Cibeureum ada sebuah gundukan tanah yang ditumbuhi rumput dan sebatang pohon. Asik juga dipandang dari kejauhan, karena memang fotogenik jadinya.

Danau Cibeureum juga menjadi lokasi favorit yang hobi memancing. Ikan air tawar di situ ini antara lain; ikan gabus, ikan mujair, ikan keting, ikan tawes, dan sebagainya.

Baca juga:
* 12 Destinasi Wisata Purwakarta ini Asik dan Seru Banget!

Wisata Bekasi Keren

Bagaimana setelah membaca artikel mengenai tempat wisata di Bekasi ini? Ternyata Bekasi memang keren kan, bisa masuk kedalam list tujuan wisatamu saat libu sekolah, libur akhir pekan, maupun libur lebaran.

Kamu bisa bermain salju di Snow World International Revo Town atau bermain air di Go! Wet Waterpark Grand Wisata Bekasi. Liburan bersama keluarga akan menyenangkan dan mengesankan.

Juga datangi beberapa wisata alamnya yang unik. Bisa berfoto-foto atau mengajak anak agar mengetahui banyak tentang mangrove di tepi pantai.

Semoga liburanmu menyenangkan. Dan selamat menikmati wisata Bekasi.

Mari berbagi