Pesona 10 Wisata Boyolali, Ada Seven Wonders Juga!

Wisata Boyolali – Berada di kaki sebelah timur Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, Boyolali di Provinsi Jawa Tengah memiliki pemandangan alam yang indah dan memesona. Para pendaki Gunung Merapi dan Merbabu menjadikan Kecamatan Selo sebagai tempat peristirahatan sementara.

Beberapa tempat wisata di Boyolali berupa mata air alami, bangunan bersejarah, waduk, agrowisata, air terjun, waduk, bukit dan gunung, serta kuliner Boyolali yang khas.

Daftar Isi:

Kamu bisa melihat daftar rekomendasi wisata Boyolali di bawah ini, dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga:
* 10 Kuliner Boyolali ini Bisa Membuat Kita ‘Tersenyum’

Daftar Tempat Wisata di Boyolali

Menteri Pariwisata Arief Yahya, pada hari Senin (27/5), memaparkan bahwa Boyolali kini terus berkembang tempat wisatanya. Atraksi bertambah, amanitesnya dibangun, Aksestabilitas juga sedang berjalan. Kunjungan wisatawannya terbukti terus meningkat.

Ditambahkannya, saat ini menjadi destinasi wisata Boyolali bisa diandalkan untuk mengisi liburanmu.. Semua akan merasa nyaman di Boyolali. Banyak aspeknya luar biasa di sini.

Yuk, langsung saja kita lihat daftar destinasi ini sebagai panduan wisata Boyolali. Lumayan kan siapa tahu bisa kamu datangi saat libur.

1. Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang - @fariddc7
Air Terjun Kedung Kayang. (Foto: IG @fariddc7)

Memang secara administratif, Air Terjun Kedung Kayang berada di Desa Wonolelo, Sawangan, Magelang. Namun, sebagiannya lagi masuk Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Air Terjun Kedung Kayang berada di ketinggian 1200 mdpl, dengan ketinggian air terjun 40 meter. Dan meskipun sedang di musim kemarau, air terjun ini tidak pernah berkurang debit airnya.

Bersumber dari 4 mata air dengan hulu di Kali Pabelan. Diselemuti banyak legenda, cerita misteri, dan cerita mistis Air Terjun Kedung Kayang.

Menurut cerita turun temurun masyarakat sekitar, Nama Kedung Kayang konon berasal dari pemberian nama oleh 3 empu atau tokoh sakti di masa lalu. Yaitu Empu Putut, Empu Panggung, dan Empu Khalik. Konon mereka sering bertemu di lokasi air terjun.

Cerita mistis Air Terjun Kedung Kayang pun banyak diyakini warga. Kepercayaan lokal meyakini penunggu Air Terjun Kedung Kayang adalah Kyai Gadung Melati dan Nyai Widari Welas Asih.

Khasiat mistis juga diyakini dari sejumlah mata air yang keluar dari retakan-retakan di tebing vertikal.

Di bulan Suro (muhharom) pada hari malam Jum’at Kliwon, ada keanehan di Kedung Kayang. Sering terdengar suara/ alunan Gamelan Jawa.

Sedangkan pada hari Kamis Wage semua kera-kera di sekitar Kedung Kayang berkumpul di atas air terjun tersebut.

Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Kayang adalah Rp 4.000. Dikelola oleh warga.

2. Bukit Kinasih

Bukit Kinasih - @pungkas_pamungkas
Bukit Kinasih. (Foto: IG @pungkas_pamungkas)

Wisata bukit memang lagi ngetrend dimana-mana. Wisata Bukit Boyolali ini bernama Bukit Kinasih.

Berada di Dusun Passah, Desa Sanden, Kecamatan Selo, Boyolali. Gardu Pandang Suroteleng, Gardu Pandang Alam Sutera, Bukit Gancik, dan Omah Bambu Merapi, juga sama-sama berada di Selo.

Kalau kamu suka berada di area berhawa sejuk, akan merasa senang disini. Apalagi kamu bisa menikmati panorama eksotis Kota Boyolali, Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro dan Lawu.

Banyak yang bilang, pagi dan sore adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Bukit Kinasih. Atmosfer pagi dan sore di sini begitu memesona. Benar-benar spot yang fotogenik/instagramable.

Untuk bisa sampai lokasi, kamu akan dibawa melewati jalanan naik turun. Cukup eksrim memang. Sepanjang perjalanan kita disuguhkan dengan indahnya pemandangan.

Harga tiket masuk Bukit Kinasih: Rp. 2.000.

3. Omah Bambu Merapi

Omah Bambu Merapi - destinasi wisata boyolali - @wiinwinda
Omah Bambu Merapi – destinasi wisata keren di Boyolali. (Foto: IG @wiinwinda)

Oemah Bamboo atau Omah Bambu, arti dalam bahasa Indonesia rumah bambu. Salah satu wisata alam yang berada di New Selo, Boyolali. Bangunanya yang unik dan terbuat dari bambu membuat Oemah Bamboo cepat viral di Instagram.

Destinasi ini menarik lantaran adanya sebuah menara bambu dengan ketinggian 10 meter.

Berada disini, kamu akan dimanjakan dengan latar belakang Gunung Merapi yang gagah. Juga bisa foto-foto di gardu pandangnya.

Omah Bambu Merapi berada di ketinggian 1700 meter dpl, sehingga memiliki udara yang sejuk. Sehingga asik juga menghangatkan badan dengan secangkir kopi sambil menikmati pemandangan di kedai kopinya.

Kawasan Lencoh kebetulan memiliki kopi Arabica. Jadi salah satu tempat wisata di Boyolali yang sedang hits ini juga turut memperkenalkan kopi asli Lencoh.

Saat awal buka di bulan Agustus 2016, fasilitasnya baru ada dua menara. Saat ini paling tidak sudah ada 15 spot foto; menara pandang, lorong, sampai balkon.

Kalau datang di pagi hari dan cuacanya cerah, kamu bisa melihat 7 puncak gunung dari menara utama yang tertinggi di sini.

Paling ideal memang datang di pagi hari. Selain sunrise dari sela gunung, kita bisa menikmati keindahan Gunung Merbabu, Merapi, Ungaran, Lawu, dan Slamet, Sumbing Sindoro.

Harga tiket masuk Omah Bambu Merapi Rp. 10.000

4. Ekowisata Taman Air Tlatar

Ekowisata Taman Air Tlatar - Muhammad Saifuddin
Ekowisata Taman Air Tlatar. (Foto: Muhammad Saifuddin)

Boyolali ini dianugerahi keindahan alam yang ga ada habisnya. Salah satu yang bisa kamu datangi saat berlibur adalah wisata Taman Air Tlatar Boyolali.

Ekowisata Taman Air Tlatar tidak kalah keren dengan obyek wisata alam lainnya di Boyolali. Menjadi pilihan favorit para keluarga yang ingin bersantai, seperti bermain air hingga memancing.

Berkonsep wisata dengan sumber mata air alami, sehingga saat kita sudah berada di dalamnya akan merasa betah dan ingin berlama-lama.

Bagi yang tak mau berenang, pengelola menyediakan wahana sepeda air. Sehingga tanpa basah-basahan, kamu sudah bisa seru-seruan bersama keluarga atau kawan di kawasan yang masih sejuk dan asri.

Berada lama-lama disini dan lapar, ada Rumah Makan Terapung yang menyajikan berbagai makanan yang segar.

Menu utama di rumah makan ini adalah gurami bakar. Kamu bisa memesan menu lain seperti lele bakar, udang bakar, dan bawak bakar. Dengan Rp 140.000, sudah mendapatkan 2 bakul nasi dan 4 porsi ikan bakar.

Ekowisata Taman Air Tlatar berlokasi di Dukuh Tlatar, Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali.

Harga Tiket masuk Ekowisata Taman Air Tlatar: Rp. 15.000

5. Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu - datawisata.com
Lembah Gunung Madu. (Foto: datawisata.com)

Berlibur ke Boyolali bersama keluarga atau sahabat, coba mampir di Wisata Lembah Gunung Madu Boyolali.

Wisata Lembah Gunung Madu menyuguhkan tempat dan bangunan yang terlihat modern dan unik. Sehingga inilah yang menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang ke salah satu tempat wisata di Boyolali yang sejuk ini.

Keindahan Lembah Gunung Madu didukung oleh lokasinya yang berada di kawasan lembah perbukitan. Saat menuju atau saat sudah sampai, kamu akan disuguhi panorama alam nan indah ini yang memanjakan mata.

Tempat rekreasi ini menawarkan banyak spot foto. Bagi yang suka swafoto tinggal memilih mau foto dimana. Bisa pilih beberapa spotu untuk background seperti, oranamen bangunan, air mancur, taman.

Kalau berada disini saat sore hari, bisa menimati suasana sunset yang indah.

Lembah Gunung Madu berada di Jl. Raya Simo-Klego KM.5, Gunung Madu, Simo, Tanjung, Klego, Kedunglengkong, Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Harga Tiket Masuk Lembah Gunung Madu

Tidak dipungut biaya untuk masuk ke area Lembah Gunung Madu.

Parkir motor: Rp. 2.000
Parkir mobil: Rp. 4.000

Baca juga:
* 10 Kuliner Boyolali ini Bisa Membuat Kita ‘Tersenyum’

6. Bukit Gancik

Bukit Gancik - @danansibolang
Bukit Gancik. (Foto: IG @danansibolang)

Daya tarik dari destinasi wisata bukit Boyolali ini adalah gardu pandangan dan panorama alam yang menakjubkan indahnya.

Bukit Gancik berada di ketinggian sekitar 1.850 meter dpl, di kaki gunung Merbabu. Keberadaannya sangat populer di kalangan wisatawan, terutama anak muda yang berdomisili di Boyolali dan sekitarnya.

Dari gardu pandangan Bukit Gancik kamu bisa menyaksikan keindahan panorama hijau deretan gunung dan lembah, hamparan sawah, rumah-rumah dan area perkebunan warga Desa Selo.

Bukit Gancik - wisata bukit boyolali - @tela10_abbas
Bukit Gancik. (Foto: IG @tela10_abbas)

Hembusan angin sepoi-sepoi yang sejuk menambah suasana Bukit gancik menjadi lebih romantis. Tak sedikit para pengunjung datang berpasangan kemari.

Warga di sekitaran menamakan tempat ini dengan sebutan Gancik Hill Top Boyolali. Wajib masuk kedalam list tempat wisata di Boyolali yang harus didatangi.

Bukit Gancik berada di Lerang gunung Merbabu. Tepatnya berada di dusun Selo Nduwur, Kecamatan Selo, Boyolali.

7. Kedung Goro

Kedung Goro - @boyolalikita
Kedung Goro. (Foto: IG @boyolalikita)

Tebing berbatu yang indah dengan air jernih yang mengalir tenang, Kedung Goro, juga masuk menjadi salah satu destinasi wisata populer di Boyolali.

Berada jauh dari pemukiman penduduk, cocok buat kamu yang suka dengan tempat indah asri yang jauh dari keramaian. Bahkan baru trekking menyusuri jalan setapak menuju ke Kedung Goro pun, kita sudah terhibur dengan asrinya alam sekitar.

Jalanya memang terbilang melelahkan. Namun setelah sampai, rasa lelahmu akan hilang karena langsung terhibur dengan susunan tebing batu dan aliran sungai yang jernih.

Di Kedung Goro kamu bisa melakukan aktivitas seru yang sedikit memicu adrenalin. Kamu bisa terjun bebas dari atas tebing batu. Layak deh kamu coba untuk merasakan sensasinya.

Setelah melompat dari tebing, bisa lanjut mencoba sensasi meluncur dari kemiringan yang cukup ekstrim lalu menerobos lubang batu sambal menyelam.

Traveling ke Kedung Goro bisa menyegarkan badan dan pikiranmu setelah lelah bekerja di kota. Lelah berjalan saat pergi dan pulang juga baik bukan untuk kesehatan?

Lihat lokasinya di Google Map: Kedung Goro

8. Wisata Kampung Air Kragilan

Wisata Kampung Air Kragilan - ksmtour.com
Wisata Kampung Air Kragilan. (Foto: ksmtour.com)

Mau bermain air, tapi tidak mau yang berjalan jauh? Kampung Air Kragilan Boyolali, bisa menjadi alternatif tempat wisata alam untuk berlibur bersama keluarga.

Traveler yang datang ke Kampoeng Air Kragilan biasanya senang sekali berenang di aliran sungainya yang jernih. Sangat asik sekali berenang di aliran air yang sejuk dan menyegarkan badan ini. Ada juga kolam berenang untuk anak-anak.

Pengelola Wisata Kampung Air Kragilan menyediakan gazebo-gazebo di area taman untuk bersantai. Duduk di gazebo, kamu bisa menikmati pemandangan alami sambi mendengar suara gemericik air sungai.

Pengelola juga menyediakan fasilitas berupa rumah makan, mini zoo, serta rumah batu harry potter.

Llokasi Wisata Kampung Air Kragilan berada di Desa Watu Genuk, Kelurahan Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Boyolali. Tidak jauh dari kota Boyolali, hanya berjarak sekitar 5 kilometer.

Buka setiap hari pukul 08.00-17.00 WIB.

9. Kebun Raya Indrokilo Kemiri

Kebun Raya Indrokilo Kemiri - tempat wisata di boyolali - @adycahyonoady
Kebun Raya Indrokilo Kemiri – tempat wisata di Boyolali terbaru. (Foto: IG @adycahyonoady)

Boyolali benar-benar berkomitmen penuh dalam mengembangkan dan menyelamatkan lingkungan. Salah satu program yang dicanangkan adalah pembangunan Kebun Raya Indrokilo Boyolali.

Harapannya, Kebun Raya Indrokilo Kemiri bisa menjadi tempat konservasi, pendidikan dan rekreasi bagi warga Kabupaten Boyolali khususnya dan traveler pada umumnya.

Kebun Raya Indrokilo Boyolali memiliki konsep konservasi tumbuhan hutan hujan dataran rendah Jawa bagian timur. Saat ini memiliki koleksi tumbuhan sebanyak 987 spesimen. Dan 80 spesimen diantaranya merupakan tumbuhan langka.

Ada taman-taman tematik, seperti taman buah, taman anggrek, dan taman rumpun bambu. Selain itu ada patung serta bangunan artistik, dan arena pertunjukan.

Lokasi Kebun Raya Indrokilo Kemiri di Gunungsari, Kelurahan Kemiri, Kecamatan Mojosongo.

10. The Seven Wonders Boyolali

The Seven Wonders Boyolali - Replika candi Borobudur - @yohanrineko
The Seven Wonders Boyolali – Replika candi Borobudur. (Foto: IG @yohanrineko)

Kamu tahu kan 7 Keajaiban Dunia atau The Seven Wonders yang ada di berbagai negara di dunia? Meskipun bukan aslinya dan hanya miniatur, The seven wonders tetap bisa menjadi daya tarik wisata.

Asyiknya, 7 bangunan Keajaiban Dunia tersebut saat ini sudah hadir di Boyolali. Ya benar, hanya replikanya saja. Dan ini sudah menjadi ikon wisata baru di Boyolali yang mulai menarik minat para traveler.

Ada 2 tempat yang menjadi lokasi replika ‘7 Keajaiban Dunia Boyolali’. Lokasi pertama ada di Bundaran Tiga Menara, yang kedua di Alun-alun Lor Boyolali.

Bundaran Tiga Menara, sesuai namanya, terdapat 3 dari 7 replika Keajaiban Dunia. Yaitu Menara Pisa, Patung Liberty, dan Menara Eiffel.

Sedangkan yang di Alun-alun Lor (Bundaran Solidaritas), ada 4 bangunan keajaiban dunia. Yaitu Piramida Mesir, Masjid Taj Mahal, patung Spinx, dan Candi Borobudur.

Baik di alun alun dan di Bundaran Tiga Menara, kamu bisa bersantai sembari menikmati kuliner kaki lima Boyolali. Dan tentunya berfoto-foto dengan latar belakang berbagai bangunan replika The Seven Wonders.

The Seven Wonders Boyolali - Bundaran Tiga Menara - TribunStyle.com - Galuh Palup
The Seven Wonders Boyolali di Bundaran Tiga Menara – (Foto: TribunStyle.com/Galuh Palup)

Baca juga:
* Kunjungi 12 Tempat Wisata di Banjarnegara Ini, Liburan Jadi Seru!

Wisata Boyolali Tesenyum

Bagaimana travelers, pendapatmu mengenai beberapa tempat wisata yang dibahas di artikel ini? Memang sih tidak lengkap ya. Karena masih banyak destinasi lain yang tidak masuk disini.

Namun meskipun tidak lengkap, sepertinya sudah bisa menjadi referensi buatmu untuk didatangi kalau berlibur di Boyolali.

Didominasi dengan wisata alam, karena lokasi Boyolali yang berada di 2 kaki Gunung berapi, Merapi dan Merbabu.

Ada wisata air terjun, wisata bukit, menara pandang, wisata sungai, kebun raya, dan beberapa wisata buatan.

Jangan lupa baca juga artikel mengenai wisata kuline Boyolali ya. Kamu bisa baca di: 10 Kuliner Boyolali ini Bisa Membuat Kita ‘Tersenyum’

Selamat berlibur dan menikmati wisata Boyolali Tersenyum.

Mari berbagi