10 Tempat Wisata di Garut, Yang Mana Favoritmu?

Garut adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten ini selalu menarik hati banyak wisatawan dengan wisata petualangan, alam, budaya, sejarah, dan wisata kuliner Garut. Tempat wisata di Garut sangat beragam, membuat traveler yang datang tidak bosan dan tidak kehabisan ide destinasi untuk didatangi.

Itulah kenapa Garut menjadi salah satu tujuan wisata di Jawa Barat. Posisinya yang dekat dengan Bandung, membuat Garut menjadi tempat wisata favorit warga Jabodetabek juga.

Daftar Isi:

Alam Garut sebagian besar adalah pegunungan dan hanya sebagian kecil dataran rendah di pantai selatan. Gunung yang ada di Garut antara lain; Gunung Papandayan (2.262 m), Gunung Guntur (2.249 m), dan Gunung Cikuray (2.821 m).

Hal ini membuat Garut memiliki destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Tempat wisata di Garut cukup beragam. Ada wisata air terjun, wisata air panas, hingga wisata gunung. Pantai di Garut juga layak dikunjungi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, dari Bandung, akses menuju Garut cukup mudah. Dalam perjalanan normal, bisa ditempuh sekitar 2 jam. Sementara dari Jakarta, perjalanan bisa melalui Tol Cipularang.

“Kota Garut dikelilingi banyak gunung, sehingga udaranya sejuk dan segar. Banyak destinasi menarik, membuat Garut menjadi tujuan wisata lokal yang favorit. Selain itu, lokasi kota ini strategis dan mudah dijangkau. Baik dari Bandung maupun Jakarta,” ujarnya, Minggu (19/5).

Baca juga:
* Oleh-oleh Khas Garut, Nomor 7 Bikin Kamu Cepat Move On
* Kue Balok Garut, Gurih dan Lumer di Mulut

Daftar Tempat Wisata di Garut

Ada rencana traveling ke Garut? RamahTraveler coba kumpulkan info dari bahan rilis dan berbagai sumber tempat wisata di Garut yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu bingung belum tahu mau kemana, kunjungi saja tempat-tempat ini.

Tempat-tempat liburan di garut ini tersebar di bagian utara dan selatan Garut. Silahkan lihat daftar lokasi liburan di Garut ini. Review singkat ini semoga bisa menjadi manfaat.

1. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas - tempat wisata di garut - @iki_andria
Kawah Talaga Bodas – salah satu tempat wisata di Garut, Jawa Barat. (Foto: IG @iki_andria)

Wisata alam Kawah Talaga Bodas adalah merupakan danau kecil atau talaga yang terbentuk di bekas kawah Gunung Talaga Bodas. Talaga Bodas sendiri berarti ‘Danau Putih’.

Kawah ini masih mempunyai aktivitas vulkanik, namun sudah tidak berbahaya dan aman dikunjungi. Masuk area Taman Wisata Alam (TWA) Talaga Bodas yang dikelola oleh BKSDA Jawa Barat II dengan status kepemilikan lahan oleh Departemen Kehutanan.

Di sini, pengunjung bisa menemukan suasana sejuk dan pemandangan yang menyegarkan mata. Lokasi kawah berada sekitar 28 KM dari ibukota Garut dan relatif mudah dijangkau dengan kendaraan.

Harga Tiket Masuk Kawah Telaga Bodas

Mobil: Rp 10.000
Orang: Rp 7.500

Parkir mobil: Rp. 5.000

Weekend:
Tiket masuk: Rp. 9.500/orang

Tarif ojek dari parkiran kedalam: Rp. 15.000 – 20.000

2. Hutan Mati Papandayan

hutan mati Papandayan - indonesiakayacom
Hutan Mati Papandayan. (Sumber: indonesiakaya.com)

Hutan Mati Papandayan adalah sebuah Kawasan yang menjadi bagian dari eksotisnya Gunung Papandayan.

Sebuah kawasan yang menyajikan pemandangan pohon-pohon kering dengan pesona keindahan yang eksotis. Pendaki Gunung Papandayan akan melewati Hutan Mati Papandayan sebelum sampai ke puncak Tegal Alun.

Menjadi destinasi yang menarik bagi pengunjung Taman Wisata Alam Gunung Papandayan. Lokasinya bagus untuk foto-foto. Apalagi jalur pendakian Gunung Papandayan itu landai dan lokasii ini tidak terlalu jauh dari tempat parkir kendaraan.

Hutan Mati Papandayan - tempat wisata di garut - @gigin.g
Hutan Mati Papandayan. (Foto: IG @gigin.g)

Namanya yanng angker ‘hutan mati’ justru menyimpan keindahan berupa pemandangan pohon-pohon kering. Pohon Cantigi kering berjejer tanpa daun. Mati karena letusan Gunung Papandayan du tahun 2002 lalu.

Pesona kesuraman pohon-pohon kering berpadu dengan hamparan tanah putih, menjadikan lokasi ini spot foto yang cantikdengan pemandangan yang indah.

Kamu tertarik? Silakan meluncur ke Karamat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

3. Kawasan Wisata Cipanas

Sabda Alam Garut - Kawasan Wisata Cipanas - destinasi wisata garut - @wahyudialief97
Sabda Alam Garut di Kawasan Wisata Cipanas. (Foto: IG @wahyudialief97)

Kawasan Wisata Cipanas Garut adalah salah satu destinasi wisata favorit di Garut. Berada di Kecamatan Tarogong Kaler, dekat dengan pusat kota dan mudah dijangkau.

Berjarak 6 kilometer dari Garut Kota dan sekitar 50 kilometer dari Bandung.

Daya tarik utama kawasan ini adalah air panas alami yang langsung bersumber dari gunung Guntur, salah satu gunung api aktif yang terletak dekat sekali dengan tempat ini.

Beberapa tempat wisata disini memanfaatkan air panas alami menjadi kolam renang air panas, waterboom, ataupun kamar rendam. Kalau kamu berkunjung kemari, kamu harus memutuskan mau berkunjung kemana.

Karena banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi di kawasan wisata Cipanas. Mulai dari kolam renang, taman air, hingga permainan outdoor.

Sabda Alam Garut di Kawasan Wisata Cipanas - nativeindonesiacom
Sabda Alam Garut. (Sumber: nativeindonesia.com)

Kamu akan senang dan tidak akan menyesal sudah berkunjung. Ada destinasi wisata menarik seperti Sabda Alam Cipanas, Sabda Alam Garut, Resort Kampung Sumber Alam Garut, Waterboom Garut Cipanas, Danau Dariza Hotel dan Resort, Pemandian Ciengang, dan lainnya.

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Cipanas

Tidak ada tiket masuk untuk masuk ke Kawasan Wisata Cipanas. Bebas hilir mudik ke berbagai tempat di sini.

Yang ada adalah tiket masuk ke masing-masing tempat wisata yang ada di Kawasan Wisata Cipanas.

4. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa - destinasi wisata garut - @kebunmawar
Kebun Mawar Situhapa. (Foto: IG @kebunmawar)

Kebun Mawar Situhapa adalah sebuah villa berada di lahan seluas 5 hektar. Halaman villa ditumbuhi lebih dari 500 jenis bunga mawa yang indah.

Kalau kamu datang di waktu yang pas, akan disuguhkan view indah hamparan bunga mawar yang tumbuh secara serentak.

Selaian bunga mawar, daya tarik lain di Kebun Mawar Situhapa adalah adanya labirin. Taman labirin ini berupa semak-semak yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai labirin sesungguhnya.

Disarankan untuk membawa payung kalau berkunjung kemari. Karena cuaca yang tidak menentu, terutama di musim hujan. Kalau sedang panas juga akan bermanfaat untuk melindungi kepala kita dari panasnya sinar matahari.

Lokasi: Jalan Raya Kamojang KM. 5, Samarang, Sukakarya, Garut.

Instagram: @kebunmawar

Harga Tiket Masuk Kebun Mawar Situhapa

Bagi yang ingin melihat-lihat kebun mawar tanpa menginap:

Tiket masuk:
Weekdays: Rp. 20.000
Weekend: Rp. 20.000
Parkir Mobil: 10.000
Parkir Motor: 5.000

5. Leuwi Jubleg

Leuwi Jubleg - Bungbulang - @dzank.ahmad
Leuwi Jubleg – Bungbulang. (Foto: IG @dzank.ahmad)

Tempat wisata di Garut yang ini adalah sebuah atraksi wisata di sungai. Sebuah tempat wisata yang adem dan jauh dari keramaian kota. Dinamakan Leuwi Jubleg karena bebatuan di sana mirip jubleg (alat menumbuk padi dalam bahasa Sunda).

Di Leuwi Jubleg kamu akan melihat aliran air terjun yang jatuh tepat di kolam berbentuk lesung. Airnya bersih dan terasa sangat segar.

Kalau kamu ingin berlibur ke sana, bersiaplah melakukan trekking untuk beberapa waktu. Destinasi wisata alam ini berada di Kampung Cikupa, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

Baca juga:
* 10 Rekomendasi Wisata Kuliner Garut, Enak dan Murah!

6. Batu Patapaan

Batu Patapaan - wisata Garut - @iki_andria
Batu Patapaan. (Foto :IG @iki_andria)

Batu Patapaan, ada juga yang menyebutnya dengan Batu Bantal dan Batu Kursi. Bentukan tebing di Batu Patapaan ini memang cukup unik. Para wall climber akan merasa tertantang kalau melihatnya. Memiliki 8 jalur pemanjatan, dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.

Sedangkan para fotografer akan melihat tebing yang curam sebagai daya tarik untuk difoto.

Lokasi Batu Patapaan ini berada di Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

Sesuai namanya, konon dulunya Tebing Batu Patapaan ini adalah tempat untuk bertapa. Kini, tempat ini menjadi sebuah tempat dengan pemandangan indah di mana bukit-bukit hijau berundak dan berbaris di depan mata.

7. Leuwi Tonjong

Leuwi Tonjong - wisata kabupaten Garut - Jawa Barat - @owlcturnal
Leuwi Tonjong. (Foto: IG @owlcturnal)

Sesuatu yang unik dan indah biasanya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Termasuk aliran air yang terjepit di antara dua tebing batu yang tinggi di Leuwi Tonjong.

Di salah satu sisi terlihat 2 tebing yang mengapit aliran air ditengahnya. Di celah di tengah itulah ada air terjun mungil. Inilah salah satu alasan banyak traveler datang ke Leuwi Tonjong.

Asiknya, aliran air dari Sungai Cihurip ini mengalir dengan tenang, sejuk dan jernih. Spotnya yang keren, akan membuat yang suka selfie segera mengeluarkan kamera handphone. Leuwi Tonjong bisa dijumpai di Kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut.

Harga Tiket Masuk Leuwi Tonjong

Weekdays: Rp. 5.000
Weekend: Rp. 10.000

Parkir mobil: Rp. 5.000
Parkir motor: Rp. 3.000

8. Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya - wisata kabupaten Garut - Jawa Barat - @wanderlustsurgeon
Pantai Rancabuaya – salah satu andalan wisata Kabupaten Garut, Jawa Barat . (Foto: @wanderlustsurgeon)

Pantai ini mulai dikenal dan menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Garut. Tinggi gelombang rata-rata kurang dari 1 meter. Masih aman untuk wisata keluarga. Anda bisa berjalan-jalan di tepi pantai yang memiliki pasir halus, batu karang, dan pasir kasar.

Lokasi Pantai Rancabuaya berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, pantai ini berjarak kurang lebih 135 KM dari pusat ibukota Garut.

Harga Tiket Masuk Pantai Rancabuaya

Weekdays: Rp. 5.000
Weekend: Rp. 10.000

9. Pantai Taman Manalusu

Pantai Taman Manalusu - @nova_aisyah01
Pantai Taman Manalusu. (Foto: IG @nova_aisyah01)

Wisata pantai berikutnya yang ada di Garut adalah Pantai Taman Manalusu. Manulusu diambil dari nama orang yang mengenalkan pantai ini keumum. Karl Manalusu, seorang administratur perkebunan kelapa sawit yang pertama menemukan tempat ini.

Beberapa titik di pantai ini terlihat menghijau. Yaitu pada batu karang yang mengarah ke laut. Hijaunya lumut yang tumbuh di bebatuan jstru menghadirkan nuansa keren untuk dijadikan obyek foto.

Pantai Manalusu termasuk bersih dengan pasir dan bebatuan di beberapa titik.

Pantainya berlanskap landai dengan pasir berwarna hitam ini berada di Kecamatan Cilekelet, Kabupaten Garut.

10. Curug Nyogong

Curug Nyogong - air terjun di garut - @ubech91
Curug Nyogong, air terjun indah di Garut. (Foto: IG @ubech91)

Curug Nyogong adalah sebuah air terjun yang artinya ‘menikung’. Dinamakan demikian karena aliran jatuhan air terjun yang memang sedikit berbelok dari aliran utama di atasnya, yaitu Curug Cialeuan.

Kamu harus trekking terlebih dahulu selama kurang lebih 30 menit untuk sampai di Curug Nyogong. Karena lokasinya yang cukup tersembunyi jauh dari jalan utama.

Rasa lelahmu berjalan kaki akan terbayar setelah melihat betapa megahnya air terjun dan alam yang masih alami disekitarnya.

Ari terjun ini terlihat seperti membelah bukit kalau dilihat dari kejauhan. Suasana khas alami pegunungan dengan air yang menyejukan, membuat Curug Nyogong menarik hati traveler untuk mengunjunginya.

Kamu bisa mandi dan berenang di sini, namun harus ekstra waspada. Bukan hanya airnya yang deras, tapi karena bebatuannya pun licin.

Curug Nyogong berada di Kampung Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut.

Baca juga:
* Oleh-oleh Khas Garut, Nomor 7 Bikin Kamu Cepat Move On
* Kue Balok Garut, Gurih dan Lumer di Mulut

Destinasi Wisata Garut Memang Keren

Bagaimana menurutmu, destinasi wisata di Garut? Beragam bukan? Bagaimanapun yang kamu suka, kemungkinan besar bakal ada yang pas di hatimu untuk untuk traveling ke Garut.

Kalau suka berpetualang, bisa kunjungi beberapa air terjum/curug di Garut.

Kalau mengajak anak atau keluarga, bisa ke Kawasan Wisata Cipanas yang menawarkan banyak pilihan bermain dengan air.

Suka foto-foto atau difoto, bisa ke Kebun Mawar Situhapa, Hutan Mati Papandayan, dan Kawah Talaga Bodas.

Jangan kelewatan coba Kuliner Garut juga ya.

Semoga informasi di blog RamahTraveler tentang beberapa tempat wisata di Garut, hasil rangkuman dari berbagai sumber ini, bermanfaat bagi traveler yang ingin berlibur.

Selamat menikmati wisata Garut yang keren!

Mari berbagi