Wisata INDRAMAYU Ternyata KEREN, Ini Buktinya!

Wisata Indramayu – Indramayu di Jawa Barat dikenal sebagai penghasil padi dan mangga yang manis, serta sumder daya migas. Pusat perekonomian kabupaten berada di Kecamatan Jatibarang dan Haurgeulis karena akses jalur Pantura dan stasiun kereta api.

Namun bukan berarti tidak ada tempat wisata di Indramayu yang bisa dinikmati. Saat melintas di Indramayu kamu bisa mencoba datangi beberapa destinasi yang RamahTraveler akan ulas secara singkat di sini.

Nyatanya, wisata Indramayu itu memiliki wisata pantai, pulau, curug, danau, hutan mangrove. Bisa juga belanja batik maupun kerajinan bordir.

Baca juga:
* Sedap! 10 Sajian Kuliner Indramayu yang Bikin Tambah Nafsu Makan
* Wisata Cirebon, Ayo Jelajahi 10 Destinasi Ini

Kalau kamu sering melintas di Jalur Pantura, pasti sudah tahu kalau Indramayu itu daerah yang cukup sibuk dalam hal laulintas mudik. Saat melintas dan beristirahat sejenak atau mau santai, Indramayu sudah menyiapkan rest area terbaik buat para traveler.

Daftar Isi:

Tempat Wisata di Indramayu

Traveler yang mampir, bisa menikmati beberapa tempat wisata di Indramayu.

Indramayu itu poros penting di Pantai Utara Pulau Jawa. Ada wisata alam dan wisata buatan yang bisa dinikmati.

Tidak ada ruginya untuk mengeksplorasi destinasi yang ada. Karena setiap tempat pasti memiliki sesuatu yang unik. Ada pengalaman yang bisa kita dapat dan kenang.

Berikut ini RamahTraveler mencoba menyajikan beberapa destinasi wisata Indramayu. Hasil dari rilis dan beberapa sumber.

1. Pulau Biawak

Pulau Biawak - tempat wisata di indramayu - @aboutindramayu
Pulau Biawak – salah satu tempat wisata di Indramayu yang keren banget. (Foto: @aboutindramayu)

Dijelaskan di indramayukab.go.id, bahwa nama pulau ini sebenarnya adalah Pulau Rakit, namun oleh Pemkab Indramayu dinamakan Pulau Biawak karena di pulau ini ada banyak biawak.

Ada pemandangan unik saat menjelang matahari terbenam, puluhan biawak terlihat berenang di tepian pantai. Satwa-satwa itu memang berburu ikan untuk dimakannya.

View eksotis lainnya adalah adanya mercusuar (menara pandang) buatan Belanda yang dibangun tahun 1872. Bangunan 16 lantai setinggi 65 meter ini bisa menjadi subyek foto yang menambah keindahan Pulau Biawak.

Beningnya air laut diperairan pulau tersebut dan gugusan terumbu karang yang masih terjaga menambah cantik perairan pulau Biawak. Apalagi dihiasi dengan banyaknya ikan aneka warna yang mengundangmu untuk berendang memandang karang dan ikan tersebut dari dekat.

Sempat melihat beberapa foto di instagram, ada rombongan penyelam yang menyelam di sekitaran Kepulauan Biawak ini.

Disebut kepulauan Biawak, karena ada tiga pulau di kawasan ini. Yaitu Pulau Biawak, Pulau Candikian, dan Pulau Gosong. Berjarak sekitar 28 mil laut atau sekitar 40 kilometer dari pantai utara Tirtamaya Indramayu.

2. Pantai Tirtamaya

Pantai Tirtamaya Indramayu - @hrsphoto_
Pantai Tirtamaya. (Foto: IG @hrsphoto_)

Berada di Pantura, sudah tentu Indramayu memiliki banyak pantai. Salah satu yang unik adalah Pantai Tirtamaya. Lokasinya berada di Juntikedokan, Juntinyuat, Indramayu.

Pantai Tirtamaya buka dari pukul 08.00-17.00 WIB. Pantainya landai sehingga asik untuk berbagai aktivitas. Kalau sedang berada di Indramayu menjelang sunrise atau sunset, bisa mampir dulu di Pantai Tirtamaya. Nikamti sunrise atau sunset sebelum melanjutkan perjalanan.

Pantai Tirtamaya juga sering kali digunakan sebagai venue acara-acara besar. Bisa konser musik atau tradisi pesta laut. View disekitarnya bagus untuk difoto. Banyak yang foto-foto di dermaga kayunya.

3. Pantai Glayem

Pantai Glayem. (Foto: IG @bimanugroho.s)

Pantai Glayem selalu ramai disaat akhir pekan atau di libur lebaran. Banyak warga sekitar Indramayu yang menjadikan Pantai Glayem sebagai tempat berwisata bersama keluarga atau bersama kawan-kawan.

Banyak yang foto-foto di batu pemecah ombak di pantai ini. Dengan posisinya di Pantura, pantai ini juga spot terbaik untuk menikmati sunset atau sunrise.

Aksesibilitas cukup mudah, ada trayek kendaraan umum yang terhubung dengan Pantai Gayem.

Harga tiket masuk Pantai Glayem: Rp 3.000. Murah bukan?

4. Hutan Mangrove Karangsong

Hutan Mangrove Karangsong - tempat wisata di indramayu - @byanz09
Hutan Mangrove Karangsong – destinasi wisata di Indramayu yang recommended untuk didatangi. (Foto: IG @byanz09)

Hutan Mangrove Karangsong merupakan salah satu tempat wisata favorit di Indramayu yang baru. Destinasi wisata ini berada tidak jauh dari Pantai Karangsong di Desa Karangsong, Indramayu.

Lihat lokasinya di Google Map: Hutan Mangrove Karangsong

Kamu bisa foto-foto cantik/ganteng sambil jalan-jalan menyusuri jembatan kayu menyusuri hutan mangrove Karongsong. Bahkan banyak juga pasangan yang akan menikah melakukan sesi foto prewedding di sini.

Untuk sampai di kawasan Hutan Mangrove Karangsong, terlebihd dahulu kita masuk ke kawasan Pantai Karangsong. Dari Pantai Karangsong dilanjutkan dengan naik perahu kapasitas 20 orang untuk menuju dan menyusuri hutan mangrove.

Hutan Mangrove Karangsong. (Foto: @soniabunawas)

Mangrove yang ada di muara pantai karangsong Indramayu kebanyakan adalah jenis dari mangrove Avicennia spp. (A. alba Blume A. germinans L, A. marina Vierh), Rhizophora sp. (R. apiculata Blume, R. harrisonii Leechman, Bruguiera sp (B. cylindrica (L) Blume, B. gymnorrhiza (L) Lam.), R. mucronata Lam., R. stylosa Griff dan R. xselala (Salvoza) Tomlinson), R. racemosa G. Meyer, R. mangle L.

Harga tiket masuk Pantai Karangsong:

Hanya membayar biara parkir saja.
– Mobil: Rp. 10.000
– Motor: Rp. 5.000

Harga tiket perahu Hutan Mangrove Karangsong
Rp 15.000 per orang

5. Taman Cimanuk Indramayu

Taman Cimanuk Indramayu - ruang terbuka hijau Indramayu - @ikarosdiana
Taman Cimanuk Indramayu – ruang terbuka hijau Indramayu. (Foto: IG @ikarosdiana)

Agak lama berada di Indramayu, kamu bisa duduk-duduk santai di Taman Cimanuk Indramayu.

Tempat wisata keluarga di Indramayu ini berada di pinggiran sungai Cimanuk. Tepatnya di Jalan Veteran, belakang Masjid Agung Indrmayu. Termasuk ruang terbuka hijau-nya Indramayu, tidak ada biaya tiket masuk untuk bermain.

Sungai Cimanuk airnya bersih, tidak dihiasi sampah dan bau yang mengganggu. Di kedua sisi sungai inilah, Taman Cimanuk dibangun. Ditumbuhi banyak pepohonan rindang dan rumput serta disediakan kursi taman.

Untuk kamu ketahui, Taman Cimanuk tidak bisa lepas dari sejarah panjang Indramayu. Lokasinya berada di Jalan Veteran Indramayu, tepat berada di bawah jembatan bersejarah ‘Kreteg Gantung’ atau ‘Kreteg Sorog’

Sementara Sungai Cimanuk dulunya pernah menjadi pelabuhan besar (bandar) terkenal di Pulau Jawa.

Baca juga:
* Sedap! 10 Sajian Kuliner Indramayu yang Bikin Tambah Nafsu Makan

6. Curug Citayam

Curug Citayam Indramayu. (Foto: flickr/Turidi)

Secara umum wilayah Kabupaten memiliki topografi yang landai. Namun ternyata memiliki destinasi wisata air terjun lho guys.

Curug Citayam, berada di Cikawung, Indramayu. Cocok untuk olrahraga trekking sebelum sampai di lokasi air terjun.

“Curug Citayam Indramayu. Inilah lokasi wisata gratis ning Dermayu. Yupz, arane curug Citayam. Lokasi Dusun Ciputat Desa Cikawung Kec. Terisi – Indramayu. Walaupun curuge duwure cuma sejengkal sing penting Indramayu gah due curug.” Kata akun Fanpage Facebook “Fesbukers Indramayu” dalam salah satu postingannya tanggal 9 Februari 2019.

7. Waduk Cipancuh Indramayu

Waduk Cipancuh Indramayu. (Foto: Alee Bale)

Dinamakan juga Situ Cipancuh atau Bendungan Cipancuh, Waduk Cipancuh dibangun pada tahun 1927 oleh pemerintah Hindia Belanda. Masyarakat setempat lebih sering menyebutnya dengan istilah ‘Wadukan’.

Fungsi utama Waduk Cipancuh Indramayu adalah untuk menampung air saat musim hujan, lalu mengalirkannya ke aliran irigasi disekitarnya.

Tepian waduk yang berada di area persawahan menjadikan area ini asik untuk santai. Sedangkan di kejauhan, mata kita akan terhibur dengan panorama Gunung Tampomas dan Pegunungan Tangkuban Parahu – Burangrang.

Banyak yang menyarankan untuk datang ke Waduk Cipancuh Indramayu di sore hari. Suasana menjelang matahari terbenam disini cukup indah.

8. Situ Bolang

Situ Bolang. (Foto: IG @pho3nk)

Bagi kamu yang hobi memancing, bisa datang ke Situ Bolang di Jatisura, Cikedung, Indramayu. Ada banyak ikan yang bisa diburu melalui mata kail. Bonusnya, kamu disuguhi suasana alam desa dengan persawahannya yang eksotis.

Situ Bolang bukan sekedar lokasi pemancingan dan destinasi wisata biasa. Situ Bolang adalah urat nadi perekeonomian warga di sekitarnya.

Kawasan Situ BOlang sudah dinaikan statusnya menjadi Lokawisata Alam Pedesaan. Selain menikmati keindahan alam, kamu bisa mempelajari dan menikmati budaya masyarakat.

Cerita dari masyarakat sekitar, dulunya situ ini adalah daratan yang ditumbuhi rerumputan. Menjadi lokasi untuk menggembalakan kerbau. Namun seringkali kerbau mereka hilang tanpa sebab. Oleh karenanya, daerah tersebut tersebut dinamai ‘Situ Kebo Ilang’ dan disingkat menjadi ‘Situ Bolang’. Itulah sejarah nama Situ Bolang.

Kamu bisa sepuasnya menikmati alam dan memancing di Situ Bolang. Penduduknya pun sangat ramah dan menjanjikan keamanan. Dan semuanya itu bisa dinikmati dengan gratis.

9. Agung Fantasi Waterpark

Agung Fantasi Waterpark Indramayu. (Foto: Google Map/Yoyo Daryoko)

Bagi kamu yang mudik dan berkumpul dengan keluarga di Indramayu, bisa ajak anak-anak ke Agung Fantasi Waterpark.

Agung Fantasi Waterpark adalah wisata bermain air terbaru dan terbesar di kota Jatibarang, Indramayu. Mulai dibuka pada 15 Mei 2016, Agung Fantasi Waterpark berhasil menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Jatibarang dan sekitarnya.

Fasilitas dan wahana yang tersedia di Agung Fantasi Waterpark lumayan lengkap. Keluarga dan anak-anak bakal senang diajak kemari.

Ada Kolam Renang Anak beserta mini water slides, Ember Tumpah, Kolam Renang Prestasi, Tripple Slide Splash, Twister Slide Ride, Kolam Umum Fantasi-8, Children Playground Circle Pool, Elevated Spectator Area, Picnic Area dengan saung dan permainan anak, Semi-outdoor event place.

Tersedia pula ruang bilas, penyewaan locker, kafetaria, mini mart, toilet, kios makanan, penyewaan ban, dan aera parkir yang sangat luas.

Harga Tiket Masuk Agung Fantasi Waterpark

  • Balita (1-5 Tahun) Rp. 10.000
  • Anak-Anak (6-12 Tahun) Rp. 15.000
  • Dewasa Rp. 20.000

Baca juga:
* Traveling ke Sumedang, Kunjungi 10 Destinasi Keren Ini

Wisata Indramayu OK Juga

Nah, ternyata Indramayu juga memiliki banyak pilihan destinasi wisata bukan? Kalau biasanya kamu hanya melintas saja, kedepannya bisa perbanyak waktu mampir di Indramayu.

Mencoba beberapa tempat wisata di Indramayu yang kami ulas singkat di artikel ini.

Nikmati alam, budaya, keramahan, dan kearifan lokal di Indramayu.

Selamat jalan-jalan dan menikmati berbagai pilihan Wisata Indramayu.

Mari berbagi