15 Wisata Eksotis di Jambi, Jelajahi Sungai Sampai Puncak Gunung

Wisata Jambi – Melintas di lintas timur dan lintas tengah Sumatera, kamu akan melewati Provinsi Jambi yang beribukota di Kota Jambi. Ada beberapa tempat wisata di Jambi yang bisa dikunjungi. Destinasi wisata tersebut bervariasi; dari wisata alam, sejarah, dan wisata buatan.

Jambi memiliki danau, sungai, bukit, gunung, situs sejarah, dan wisata buatan. Yang semuanya bisa menjadi pilihan destinasi luar biasa saat liburan.

Apalagi Jambi adalah daerah perlintasan di lintas timur dan lintas tengah Sumatera. Menuju Jambi, ada banyak pilihan transportasi darat selain moda transportasi udara yang lebih cepat.

Daftar Isi:

Baca juga:
* Huta Ginjang, Tempat Wisata di Tapanuli Utara yang Memesona

Daftar Tempat Wisata di Jambi

Langsung saja kita bahas beberapa destinasi / tempat wisata di Jambi yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

1. Jembatan Pedestrian Gentala Arasy

Jembatan Pedestrian Gentala Arasy - Yopie Pangkey - RamahTraveler
Jembatan Pedestrian Gentala Arasy. (Foto: Yopie Pangkey /RamahTraveler)

Saat libur akhir pekan, Kota Jambi menjadi tujuan wisata bagi masyarakat luar Kota. Kalau dulu tidak banyak pilihan wisata, saat ini sudah ada beberapa tempat wisata di Jambi yang bisa dikunjungi.

Salah satunya adalah Jembatan Pedestrian Gentala Arasy yang membentang di atas Sugai Batanghari. Keunikan jembatan yang diresmikan pada tahun 2015 ini adalah bentuknya seperti yang seperti huruf S.

Jembatan sepanjang 530 Meter ini dikhususkan untuk pejalan kaki saja. Di setiap ujung jembatan dilengkapi anak tangga, sehingga tidak ada motor yang bisa masuk dan melewati jembatan.

Diresmikan pada tahun 2015, sampai saat ini Jembatan Pedestrian Gentala Arasy selalu ramai dikunjungi. Terutama di saat sore menjelang magrib. Suasana jembatan dan Sungai Batanghari terasa indah.

Di salah satu ujungnya ada menara yang dinamakan menara Gentala Arasy. Singkatan dari Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayuti, mantan Gubernur Jambi periode 1990–2000.

Selain itu, Gentala Arasy bisa juga bermakna suara yang memancar ke arah langit. Karena menara Gentala Arasy ini dihubungkan dengan Masjid Agung Al Fallah. Sehingga saat adzan dikumandangkan di Masjid Agung Al Fallah, Menara Gentala Arasy akan me-relay suara adzan tersebut.

Ada pusat jajanan di dekat jembatan Jembatan Pedestrian Gentala Arasy. Kamu bisa makan jagung bakar, nasi goreng, bandrek, es tebu. Sambil memandang jembatan menjelang matahari terbenam, terasa begitu asyik.

2. Jambi Paradise

Jambi Paradise - @bhimawibawa
Jambi Paradise. (Foto: IG @bhimawibawa)

Dari Jembatan Pedestrian Gentala Arasy, kita ke arah Selatan sejauh sekitar 12 kilometer. Ada wisata kekinian yang bernama Jambi Paradise. Sangat asyik datang kemari bersama keluarga atau kawan-kawan dekat.

Saat baru memasuki kawasan Jambi Paradise, kamu sudah dimanjakan dengan spot foto kece. Ada lorong yang ditumbuhi tanaman merambat sepanjang 30 meter. Selain itu juga banyak spot foto yang fotogenik/instagrammable lain.

Jambi Paradise menempati lahan seluas sekitar 4 Hektar. Ada danau buatan yang hampir melingkari kawasan yang menghiasi kawasan.

Kalau lelah jalan berkeliling dan foto-foto, kamu bisa beristirahat di saung di sekitar tepian danau yang disewakan. Kalau mau hemat, bisa duduk-duduk di rerumputan atau di bangku yang tersebar di beberapa sudut.

Ada beberapa wahana permainan yang bisa dinikmati di Jambi Paradise. Antara lain; jembatan gantung, flying fox, sepeda air, perahu, sepeda, motor ATV, dan lainnya.

Banyak juga calon pengantin yang menggunakan area Jambi Paradise sebagai spot foto pre wedding mereka.

Lokasi Jambi Paradise berada di Talang Belido, Lorong Mekar Jaya, Kb. IX, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Buka setiap hari pukul 09:30 – 18:00 WIB.

Harga Tiket Masuk Jambi Paradise

Untuk masuk Jambi Paradise kita harus membayar tiket yang harganya boleh dibilang masih terjangkau.

Tiket masuk: Rp. 30.000

  • Jembatan gantung: Rp. 20.000
  • Flying fox: Rp. 30.000
  • Sepeda air: Rp. 50.000 /30 menit
  • alon: Rp. 20.000 /10menit
  • Boat: Rp. 10.000/orang
  • Perahu ukuran kecil: Rp. 20.000 /jam (2 orang)
  • Perahu ukuran sedang: Rp. 30.000 /jam (3 orang)
  • Perahu ukuran besar: Rp. 45.000 /jam (5 orang)

3. Candi Muaro Jambi

candi muaro jambi - tempat wisata di jambi - yopie pangkey - ramahtraveler
Candi Muaro Jambi – tempat wisata sejarah di Jambi . (Foto: yopie pangkey/Ramahtraveler)

Situs bersejarah di Jambi yang terkenal adalah Candi Muaro Jambi. Tempat wisata di Jambi ini merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Dengan luas sekitar 3.981 hektar, menjadikannya sebagai komplek candi terluas di Indonesia.

Candi Muaro Jambi masuk sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Memiliki banyak artefak peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang ditemukan di berbagai penjuru kawasannya. Para ahli meyakini masih banyak lagi artefak yang terpendam dan belum ditemukan.

Ada 61 candi batu bata merah yang kesemuanya berada tidak jauh dari aliran Sungai Batanghari. Baru sebagiannya saja yang sudah selesai direhab.

Selain Candi batu bata merah, Kamu bisa menemukan kanal kuno buatan manusia, kolam tempat penampungan air dan gundukan tanah dengan struktur bata kuno.

Juga banyak dijumpai arca; seperti arca Prajnaparamita, Gajahsimha, Dwarapala, dan Umpak Batu. Peninggalan lain berupa keramik, tembikar, gong perunggu, lesung batu, dan lainnya.

Unesco menetapkan Candi Muaro Jambi sebagai Situs Warisan Dunia di tahun 2009.

Untuk menghemat waktu dan tenaga, kamu bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kompek Candi Muaro Jambi.

Lokasi Candi Muaro Jambi berada di Kecamatan Muaro Sebo, Kabupaten Muaro Jambi. Jaraknya sekitar Sekitar 26 kilometer dari Kota Jambi dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Harga Tiket Masuk Candi Muaro Jambi

Terakhir berkunjung, tidak ada biaya tiket masuk. Yang ada hanya biaya parkir saja. Namun di beberapa situs/blog, dikatakan ada biaya masuk sebesar Rp 3.000 dan Rp. 10.000.

Ada juga yang menyebutkan biaya Rp 10 ribu per motor dan tidak lagi dipungut uang parkir.

Namun ada juga yang menyebutkan:

Parkir motor: Rp. 3.000
Parkir mobil: Rp. 5.000
Parkir bus: Rp. 10.000

4. Geopark Merangin

Geopark Merangin - Ron Agusta - geoparks.id
Geopark Merangin. (Foto: Ron Agusta/geoparks.id)

Geopark Merangin adalah sebuah kawasan geologi yang memiliki banyak koleksi kepurbakalaan berupa fosil flora dan fauna yang diyakini berusia 200-250 juta tahun. Menjadikan Geopark Merangin ini sebagai bebatuan fosil tertua yang ada di Asia.

Koleksi purbakala di Geopark Merangin lumayan lengkap, seperti fosil kayu, daun, akar, dan hewan. Ada juga fosil berupa kerang-kerangan.

Pesona destinasi ini semakin kuat karena fosil yang ada di sini sangat lengkap. Bahkan, lebih lengkap dari koleksi situs di Tiongkok dan Amerika.

Silahkan berkunjung ke destinasi Geopark Merangin. Sebab, ada aktivitas trekking di sana. Startnya biasanya dimulai dari Air Batu, Renah Pembarap, Merangin.

Yang suka dengan wisata yang menantang dan bisa memicu adrenalin, bisa mencoba arung jeram sepanjang hari. Berarung jeram mengarungi Sungai Batang Merangin. Dan bisa singgah di beberapa spot untuk melihat fosil-fosil yang terdapat di tepi sungai.

Geopark Merangin berada di aliran Sungai Batang Merangin, Desa Air Batu, Kabupaten Merangin.

5. Gunung Kerinci

Foto Puncak Gunung Kerinci - @ekohidayat91
Foto di Puncak Gunung Kerinci. (Foto: IG @ekohidayat91)

Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 meter adalah gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Dari puncak Gunung Kerinci, kamu bisa melihat Samudera Hindia dengan sangat jelas.

Gunung berapi bertipe stratovolcano ini berada dalam jajaran Bukit Barisan yang memanjang sepanjang Pulau Sumatera. Puncaknya tergolong unik karena memiliki kawah dengan luas 400 x 120 meter. Air di dalam kawah terdapat berwarna hijau.

Gunung Kerinci kaya akan flora dan fauna. Kamu bisa menjumpai tanaman Rafflesia Arnoldi dan Amorphophallus Titanium. Untuk faunanya, terdapat badak, gajah, tapir, dan kuskus. Jenis primata ada siamang dan gibbon.

Dengan alamnya yang eksotis, Gunung Kerinci menjadi destinasi pendakian terbaik di Andalas. Jalur pendakian favorit para pendaki adalah melalui Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci.

Baca juga:
* The Kaldera Toba Nomadic Escape, Suasananya ASIK dan SYAHDU

6. Danau Kerinci

Danau Kerinci - tempat wisata di jambi - Yopie Pangkey - RamahTraveler
Tepian Danau Kerinci. (Foto: Yopie Pangkey/RamahTraveler)

Danau Kerinci merupakan destinasi yang sangat eksotis. Luasannya mencapai 5.000 meter persegi dan posisinya 783 mdpl. Selain panoramanya, Danau Kerinci juga menawarkan banyak aktivitas. Pemudik bisa rekreasi memancing, berenang, dan berkemah. Ada juga aktivitas kulineran khas Kerinci.

Kita bisa mengelilingi Danau Kerinci menggunakan kedaraan roda dua dan roda empat. Dan di berbagai spotnya bisa mengamati burung belibis yang terbang berkeliaran.

Ada misteri, cerita rakyat/legenda, yang beredar di masyarakat sekitar Danau Kerinci. Dulunya danau ini disebut dengan Danau Gedang (danau besar).

Dulu, konon ceritanya dasar danau gedang didiami oleh seekor naga raksasa bernama Calungga. Sebelum menjadi naga, Calungga adalah seorang manusia biasa. Dirinya berubah menjadi naga setelah memakan sebutir telur yang didapatnya dari hutan.

Calungga mempunyai adik seorang manusia yang bernama Calutat yang rindu kepadanya. Saat rindu ingin bertemu, Calungga berenang ke tepi danau untuk bertemu Calutat.

Karena berukuran besar, gerakan Calungga membuat sungai kecil menjadi jebol, sehingga akhirnya danau gedang menjadi surut. Setelah menjadi surut inilah akhirnya menjadi Danau Kerinci yang sekarang ini.

7. Bukit Khayangan

bukit Khayangan Sungai Penuh - tempat wisata jambi - Yopie Pangkey - RamahTraveler
Bukit Khayangan di Sungai Penuh. (Foto: Yopie Pangkey/RamahTraveler)

Setelah atau sebelum Danau Kerinci, kita bisa mampir di Bukit Khayangan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota Sungai Penuh. Menuju Bukit Khayangan, kita sudah disuguhi dengan keindahan alam dan segar dan sejuknya udara.

Berada di ketinggian 2.000 meter dpl, Bukit Khayangan berada di jajaran Gunung Raya yang juga masuk dalam rangkaian Bukit Barisan.

Saat cuaca cerah traveler bisa memandang Kota Sungai Penuh dan Danau Kerinci yang indah dari ketinggian Bukit Kayangan. Dan di saat berkabut akan melihat keindahan bernuansa sejuk dan indah bebukitan disekitarnya. Berasa berada di negeri kayangan.

Lokasi Bukit Khayangan berada di Desa Renah Kayu Embum, Kota Sungai Penuh, Jambi.

Lihat di Google Map: Bukit Khayangan

8. Jembatan Beatrix

Jembatan Beatrix - @konig.photography
Jembatan Beatrix. (Foto: IG @konig.photography)

Kalau kamu melintasi Jambi di Jalan Lintas Tengah Sumatera, bisa beristirahat sejenak di Sarolangun. Di Sarolangun, kota kecamatan ibukota Kabupaten Sarolangun, terdapat jembatan tua yang sering dikunjungi anak muda.

Di saat terang, kita bisa melihat Jembatan Beatrix yang sudah dicat bewarna-warni. Disaat senja akan terhibur dengan keindahan khas atmosfir senja dengan latar depan jembatan. Dan di saat malam keindahan lampu jembatan dan pantulannya di sungai memberikan nuansa keindahan yang berbeda.

Lokasinya berada di Sri Pelayang, Sarkam, Sarolangun, Jambi. Nama jembatan ini diambil dari nama Ratu Belanda Beatrix. Pembangunannya dilakukan pada 1923-1939.

Kini jembatan ini menjadi penghubung wilayah Sri Pelayang dengan pasar. Karena menjadi situs sejarah, pemerintah lalu membangun jembatan baru. Tujuannya agar Jembatan Betrix ini tetap utuh dan lestari.

9. Wisata Lubuk Beringin

Wisata Lubuk Beringin - Muara Bungo - @instabungotebo
Wisata Lubuk Beringin, Muara Bungo. (Foto: IG @instabungotebo)

Jambi memiliki destinasi agrowisata Lubuk Beringin yang cukup populer di kalangan masyarakat sekitar Kabupaten Bungo. Suasna alamnya begitu eksotis dengan udara yang segar.

Andalan wisata Lubuk Beringin adalah berupa aliran Sungai Batang Buat yang sangat jernih dan menyegarkan. Kawasan ini menjadi destinasi agrowisata yang mendunia.

Lubuk Beringin menawarkan beragam aktivitas wisata alam. Ada hutam alam dan kawasan hutan karet.

Dan yang terbaru adalah Puncak Lubuk Beringin yang menawarkan spot foto indah dari atas ketinggian.

Yang menjadi kendala adalah lokasinya yang lumayan agak jauh dari Jalan Lintas Tengah Sumatera. Dari Jalan Lintas Tengah daerah Pelepat, berjarak sekitar 45 kilometer. Sedangkan dari Kota Muaro Bungo sekitar 46-48 kilometer. Waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Tapi kalau kamu memiliki banyak waktu dan memang ingin eksplorasi wisata Jambi, Lubuk Beringin harus masuk kedalam daftar destinasimu.

10. Water Front City Kuala Tungkal

Water Front City Kuala Tungkal - wisata Tanjung Jabung Barat - Donny Kamala
Water Front City Kuala Tungkal, Kab.Tanjung Jabung Barat. (Foto: Donny Kamala)

Mungkin kamu sedang mengunjungi keluarga atau kawan di Kota Kuala Tungkal, pusat pemerintahan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kamu bisa mengamati kehidupan sehari-hari masyarakat tepi Sungai Pangubuan dan rumah-rumah panggung Kampung Nelayan Kuala Tungkal.

Saat ini sudah ada Water Front City Kuala Tungkal yang disediakan pemerintah daerah bagi warganya untuk rekreasi tepi sungai.

Destinasi ini terkenal dengan suasana sunsetnya yang menawan. Wajar saja kalau Water Front City Tungkal ini selalu ramai oleh pengunjung di saat sore hari.

Kamu akan melihat banyak muda mudi foto-foto mengabadikan momen disini.

Tak perlu kawatir kalau lapar, banyak penjual nasi goreng, sate, jagung bakar, dan bakso. Minumannya ada bandrek, teh susu, dan lainnya.

Baca juga:
* Pesona Pulau Tawale di Maluku Utara

11. Air Terjun Pancuran Rayo

Air Terjun Pancuran Rayo - @hendra_kinc
Air Terjun Pancuran Rayo. (Foto: IG @hendra_kinc)

Memiliki daerah pegunungan, fenomena alam berupa air terjun juga dimiliki oleh Provinsi Jambi. Salah satu air terjun di Jambi yang sangat memesona adalah Air Terjun Pancuran Rayo.

Kalau kamu traveling ke Kabupaten Kerinci dan memiliki banyak waktu, kunjungilah salah satu air terjun tertinggi di Pulau Sumatera ini.

Keindahan alam di air terjun ini begitu menakjubkan. Masih asri dan alami, dikelilingi oleh hutan dan bebukitan. Berada disini berasa ada di surga yang tersembunyi.

Wisata Air Terjun Pancuran Rayo ini sangat cocok bagi traveler yang menyukai wisata petualangan. Karena untuk sampai di lokasi, kita harus menempuh jalur yang cukup sulit selama sekitar 2,5 jam. Namun di sepanjang perjalanan, sudah tentu selalu ditemani oleh pemandangan indah dan udara yang segar.

Di lokasi, kita akan merasakan percikan embun hasil dari hempasan air terjun setinggi kurang lebih 150 meter. Ada kolam yang terbentuk secara alami dan unik yang bisa kamu jadikan tempat berendam.

Ada cerita mistis dan misteri di Air Terjun Pancuran Rayo. Di tahun 1980 diceritakan ada seseorang yang menemukan selendang bidadari yang tertinggal di atas batu besar di bawah air terjun.

Adapula yang mengatakan kalau dibalik tirai ari terjunnya ada satu pintu ajaib. Namun karena hempasan air terjun dan angin sangat kuat, kita tidak bisa melwati dan memasukinya.

Lihat di Google Map: Air Terjun Pancuran Rayo

12. Danau Gunung Tujuh

Danau Gunung Tujuh - Wisata Jambi - Dani Pratikno
Danau Gunung Tujuh. (Foto: Dani Pratikno)

Namanya wisata alam memang selalu menarik, terutama bagi traveler yang suka berpetualang. Jambi termasuk daerah yang ga ada habisnya kalau bicara wisata alam, khususnya wisata alam yang tersembunyi dan masih alami.

Salah satu yang sangat menawan adalah Danau Gunung Tujuh yang menyimpan sejuta pesona. Keindahan dan kealamiannya akan membuat yang mengunjunginya merasa segar, tenang, dan betah berlama-lama. Karena suasananya yang tenang, nyaman, dan indah.

Danau Gunung Tujuh berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Menjadikannya sebagai salah satu danau tertinggi di Indonesia. Kebayangkan rasanya berendam di Danau Gunung Tujuh? Dinginnya bisa menjadi tantangan bagi para traveler.

Selain sebagai tempat wisata alam, Danau Gunung Tujuh juga berfungsi sebagai sumber mata pencaharian bagi beberapa masyarakat lokal. Beberapa warganya rutin mencari ikan di danau tersebut.

Kalau kamu berkunjung ke ke Danau Gunung Tujuh, bisa menyewa sampan nelayan dan mendayung menjelajahi tepian danau.

Dinamakan Danau Tujuh Gunung karena danau ini dikelilingi oleh 7 gunung. Yaitu Gunung Hulu Sangir, Gunung Hulu Tebo, Gunung Selasih, Gunung Madura Besi, Gunung Lumut, Gunung Jar Panggang, dan Gunung Tujuh.

Air danau berasal dari banyak sumber air, sehingga danau ini tidak pernah kering.

13. Bukit Ngarau Merangin

Bukit Ngarau Merangin - Bangko - @angga_dwi_saputra02
Bukit Ngarau Merangin, Bangko. (Foto: IG @angga_dwi_saputra02)

Sama seperti di Pulau Jawa, di Jambi pun wisata bukit menjadi daya tarik khususnya bagi anak muda. Selain Kabupaten Kerinci, Kabupaten Merangin juga memiliki banyak pesona alam dari atas ketinggian.

Dari puncak Bukit Ngarau Merangin, kamu bisa menikmati keindahan alam yang menakjubkan dan udara yang segar.

Lokasi Wisata Bukit Ngarau Merangin, berada di Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin, Jambi.

14. Hesti’s Garden

Hesti’s Garden - Merangin - @lehaa_w
Hesti’s Garden, Merangin. (Foto: IG @lehaa_w)

Masih di Kabupaten Merangin, ada kebun bunga milik Bu Hesti yang sempat viral di media sosial sejak tahun 2016. Dikenal dengan Hesti’s garden, taman ini koleksi tidak kurang dari 25 jenis tanaman.

Taman yang diinisiasi oleh Bu Hesti, istri Bupati Merangin ini, ditumbuhi tanaman begonia, krisan, miana, dahlia, kana merah, matahari, hanjuang merah, krokot, jengger ayam dan lainnya.

Lokasi Hesti’s Garden berada di Muara Manderas, Jangkat, Kabupaten Merangin, Jambi.

Lihat di Google Map: Hesti’s Garden

15. Air Terjun Talang Kemulun

Air Terjun Talang Kemulun - Sungai Penuh Jambi - @titinseptya
Air Terjun Talang Kemulun, di Sungai Penuh, Jambi. (Foto: IG @titinseptya)

Bagi kamu yang suka dengan tempat wisata alam yang sepi jauh dari keramaian kota, Kota Sungai Penuh bisa menjadi pilihan. Selain jalan-jalan ke Danau Kerinci dan Bukit Khayangan, ada banyak air terjun di sekitar.

Salah satu yang bisa kamu datangi dan sangat dekat dari pusat kota Sungai Penuh adalah Air Terjun Talang Kemulun.

Bentuk air terjunnya unik dan menarik untuk difoto. Dinding air terjun berupa dinding batu berundak 12 yang ditanami tumbuhan merambat.

Jalan menuju air terjun ini, berawal dari Desa Kemulun, melewati perkebunan kopi, sayur, kulit manis dan hutan TNKS, selama sekitar 1 jam. Selama trekking, kita akan dihibur suara-suara burung, siamang, dan satwa lain.

Baca juga:
* Ayo Jelajahi Keindahan Destinasi Wisata Pandeglang

Wisata Alam Jambi Penuh Pesona

Seru juga kan traveling ke Jambi saat liburan. Banyak pilihan tempat wisata di Jambi yang menyajikan keindahan, ketenangan, dan kesegaran. Bagi yang suka berpetualang di alam, akan betah berlama-lama di Jambi.

Silakan pilih destinasi pilihanmu. Bisa menikmati wisata di sekitar Kota Jambi, di sekitar Sungai Penuh, Bungo, Bangko, Merangin, Kuala Tungkal, dan lainnya.

Kamu bisa ke santai di Jembatan Pedestrian Gentala Arasy atau Jambi Paradise dan Candi Muaro Jambi. Trekking ke air terjun Air Terjun Pancuran Rayo, Puncak Gunung Kerinci, Danau Tujuh Gunung. Atau duduk-duduk di tepian Danau Kerinci dan Bukit Khayangan.

Ayo traveling ke Jambi dan nikmati wisata Jambi yang indah dan memesona.

Mari berbagi