Liburan? Ke 11 Tempat Wisata Keren di Jombang Ini Yuk

Wisata Jombang – Posisi Jombang sangat strategis di Jawa Timur. Karena menjadi persimpangan jalur lintas utara dan lintas selatan Pulau Jawa. Dikenal dengan sebutan Kota Santri, karena banyaknya sekolah pendidikan Islam (pondok pesantren) di Jombang.

Sebelum kita membahas tempat wisata di Jombang, kita bahas dulu kondisi geografisnya ya. Sebagian besar wilayah Jombang adalah dataran rendah, berada pada ketinggian kurang dari 500 meter dpl.

Daftar Isi:

Hanya sekitar 10 persen saja yang merupakan daerah pegunungan. Yaitu di daerah Selatan yang meliputi; Kecamatan Wonosalam, sebagian Kecamatan Mojowarno dan Bareng.

Hampir 20% wilayah Kabupaten Jombang adalah kawasan hutan. Sebagiannya, seluas 61 persennya, merupakan hutan produksi. 23 persen hutan tebang pilih, 15 persen hutan wisata, dan 1,5 persen hutan lindung.

Baca lengap informasi tentang Kabupaten Jombang di Wikipedia: Kabupaten Jombang.

Baca juga:
* Kunjungi 10 Tempat Wisata di Kediri Ini Agar Liburanmu Asyik
* Wisata Kuliner Kediri yang Recommended 2019

Daftar Tempat Wisata di Jombang

Meskipun mayoritas daerahnya adalah dataran rendah, bukan berarti tidak ada tempat wisata alam di Jombang. Karena selain hutan, Jombang memiliki sungai, bebukitan, perkebunan. Ada juga wisata sejarah dan wisata buatan.

Berikut ini beberapa tempat wisata di Jombang yang bisa kamu datangi saat liburan.

1. Kedung Cinet

Kedung Cinet - tempat wisata di Jombang - @imemteguh
Kedung Cinet – tempat wisata di Jombang yang memukau. (Foto: IG @imemteguh)

Keindahan bentukan alam berupa sungai yang diapit tebing indah rupanya juga ada di Kabupaten Jombang. Di Indonesia dijuluki miniaturnya Grand Canyon, banyak tempat serupa yang langsung menjadi hits di kalangan anak muda.

Apalagi lokasi-lokasi seperti ini biasanya fotogenik, alias sangat bagus saat sudah menjadi foto.

Kalau kamu berencana traveling ke Jombang, bisa datang ke Green Canyon Mini ala Jombang. Kedung Cinet, yang menawarkan keindahan air jernih dengan dasar bebatuan yang cantik.

Sejak tahun 2015, salah satu tempat wisata di Jombang, Kedung Cinet ini mulau menghiasi timline media sosial.

Eloknya kelokan permukaan penampang sungai telah dilengkapi dengan hijau air dan tumbuhan di kanan kiri sungai.

Kedung Cinet - tempat wisata di Jombang - @fajarhw
Kedung Cinet. (Foto: IG @fajarhw)

Bagi kamu yang senang berwisata di alam, akan senang dan bahagia bisa mendengar suara gemericik air yang jernih. Namun jernihnya air di Kedung Cinet ini hanya kamu jumpai saat musim kemarau saja.

Kalau kamu datangnya di musim penghujan, airnya ya keruh bercampur tanah yang terbawa aliran air.

Traveling ke Kedung Cinet tidak akan menguras dompetmu, karena kamu hanya perlu membayar parkir seikhlasnya saja. Penduduk sekitar pun sangat ramah.

Di beberapa titik, kamu bisa menjumpai beberapa sumber-sumber air kecil namun berarus cukup deras.

Berada disini kamu akan merasa betah dan enggan pulang. Karena suasana Kedung Cinet yang masih sangat asri dan segar.

Tempat wisata di Jombang Kedung Cinet ini berlokasi di Desa Pojok Klitih, Plandaan, Jombang. Tepatnya 10 kilometer dari Jembatan Ploso Brantas.

Lihat lokasinya di Peta Google Map: Kedung Cinet

2. Air Terjun Tretes

Air Terjun Tretes di Wonosalam
Air Terjun Tretes di Wonosalam. (Foto: IG @dewo_sa)

Dimana air terjun di Jombang yang indah? Nah kalau kamu mau menikmati air terjun di Jombang, kamu bisa ke Wonosalam dan Bareng.

Di Kecamatan Wonosalam ada Air Terjun Tretes yang memiliki pemandangan alam yang indah dan asri. Air Terjun Tretesadalah salah satu air terjun tertinggi di Jawa Timur. Tinggi Air Terjun Tretes sekitar 158 meter. Bagian paling atas air terjun ini berada di ketinggian 1250 mdpl.

Jalannya menuju air terjun ini terjal dan menantang dan melelahkan. Sepanjang jalan, kita sudah dihibur oleh udara yang sejuk, rindangnya pepohonan, dan suara burung yang menemani.

Begitu sampai, kamu akan terpesona dengan keindahannya dan lupa dengan rasa lelahmu.

Dan semakin kamu dekat ke air terjun, udara dan angin sepoi-sepoi makin terasa meyapa kulit. Saat cuaca panas sekalipun, suasana disekitar air terjun tetap berasa sejuk. Karena masih rapatnya pepohonan dan tingginya tebing yang menjulang.

Kamu bisa berendam di kolam, foto-foto, atau duduk-duduk santai menikmati suasana alam.

Lokasi Air Terjun Tretes berada di kompleks Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soeryo di Gunung Jurung Guah dan masih merupakan kawasan hutan lindung Gunung Anjasmoro.

Silakan menuju ke Pangajaran, Desa Gelengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Tretes

Tiket masuk: Rp. 10.000.

3. Air Terjun Grenjeng

Air Terjun Grenjeng - sinyoureh blogspotcom
Air Terjun Grenjeng. (Foto: sinyoureh.blogspot.com)

Kalau Air Terjun Tretes berada di Kecamatan Wonosalam, Air Terjun Grenjeng berada di kecamatan tetangganya yaitu Bareng

Di Air terjun Grenjeng kamu juga akan mendapatkan hiburan berupa ‘atraksi alam’ berupa bentukan air terjun yang unik dan indah.

Traveling ke air terjun cocok buat kamu yang ingin ngadem dan menenangkan pikiran. Suasananya yang hijau nan asri bisa membuat pikiran dan perasaanmu tenang, segar, dan bahagia.

Kamu terlebih dahulu harus berjalan kaki selama sekitar 20 menit untuk mencapai Air Terjun Grenjeng. Namun setelah melihat keindahaan air terjun ini dan alam sekitarnya, lelahmu langsung terobati.

Walaupun ketinggian air terjun ini hanya berkisar 8 meter, namun sensasi alam yang menyejukkan dan percikan air segar sangat terasa disini.

Air terjun ini bertempat di Desa Jenisgelaran, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

4. Bale Tani Jombang

Bale Tani Jombang - Zahrina Bilah Izzah
Bale Tani Jombang. (Foto: Zahrina Bilah Izzah)

Awalnya Bale Tani ini adalah pusat penelitian tanaman dan teknologi pertanian. Seiring berjalannya waktu, Bale Tani disulap menjadi salah tempat wisata di Jombang yang banyak menyuguhkan sudut-sudut indah.

Dilengkapi dua kolam renang khusus anak-anak, kafé, dan sudut hiburan karaoke outdoor, Bale Tani banyak menarik perhatian warga Jawa Timur.

Bukan hanya warga Jombang, Banyak pengunjung dari Surabaya, Kediri, Mojokerto, dan Sidoarjo. Seringkali jalanan di sepanjang Desa Banjaragung menjadi macet karena padatnya kendaraan menuju Bale Tani.

Di Bale Tani Jombang ini kamu bisa belajar tentang banyak hal seputar pertanian. Ada hidroponik, persawahan, hortikultura, ladang, perikanan darat dan peternakan sapi.

Faham akan kebutuhan wisatawan yang ingin foto-foto dan swafoto, pengelola menyiapkan bangak spot foto kece. Seperti gambar sayap besar di sela-sela tanaman sayur, ayunan kursi malas, kursi cantik dengan hiasan dinding berbentuk love, dan rumah pohon mirip pagupon yang unik dan so beautiful.

Kalau tertarik, langsung saja meluncur ke Dusun Serning, Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Jombang.

Harga Tiket Masuk Bale Tani Jombang

Tiket masuk: Rp. 5.000.
Parkir: gratis

5. Bukit Hijau Carangwulung

Bukit Hijau Carangwulung - @rohmadtaufiqi94
Bukit Hijau Carangwulung. (Foto: IG @rohmadtaufiqi94)

Wisata bukit juga laris di Jombang. Kalau mau mencobanya kamu bisa berkunjung ke Bukit Hijau Carangwulung, Wonosalam.

Salah satu tempat wisata baru di Jombang yang sedang hits ini memiliki keindahan area pepohonan pinus yang dihiasi dengan spot foto foto kekinian.

Di Bukit Hijau Carangwulung, kamu bisa foto-foto di beberapa sudutnya. Seperti spot foto kupu-kupu, love dari ranting, sepeda gantung, tulisan kekinian dari bambu, dan rumah pohon.

Baca juga:
* Kunjungi 10 Tempat Wisata di Kediri Ini Agar Liburanmu Asyik
* Wisata Kuliner Kediri yang Recommended 2019

6. Taman Ponggok Banjarsari

Taman Ponggok Banjarsari - wisata jombang - @fajarwicksana
Taman Ponggok Banjarsari. (Foto: IG @fajarwicksana)

Rekreasi sambil belajar tentang tanaman juga bisa kamu lakukan di Taman Ponggok Banjarsari, selain di Bale Tani.

Kamu bisa melihat ratusan jenis tanaman tumbuh dan terhampar indah di Taman Ponggok Banjarsari. Beragam jenis tanaman tumbuh dan tertata rapi di sepanjang ruas lintasan taman.

Taman Ponggok Banjarsari menjadi salah satu incaran tempat liburan kekinian yang sekarang populer dan digandrungi anak-anak zaman sekarang.

Taman bunga ini menghadirkan jenis bunga gumitir atau bunga marigold yang berwarna kuning – orange. Selain bunga marigold, terdapat juga tanaman bunga matahari, labu, padi, kedelai dan jagung.

Setidaknya, ada sekitar 200 jenis tanaman pangan dan non pangan yang ditanam di agrowisata terbaru ini.

Lokasi Taman Ponggok Banjarsari berada di Dusun Ponggok, Desa Banjarsari, kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Jombang.

7. Wisata Alam Banyumili

Wisata Alam Banyumili - tempat wisata di jombang - @wulanoctan
Wisata Alam Banyumili – tempat wisata di Jombang yang asik untuk foto-foto. (Foto IG @wulanoctan)

Wisata Alam Banyumili baru dibuka di tahun 2017. Namun saat baru dibuka saja sudah langsung diminati banyak wisatawan, terutama dari warga Jombang sendiri.

Destinasi wisata ini menawarkan sensasi liburan seru dengan jalur trekking menantang dengan keindahan alam yang bikin adem pikiran.

Terdapat hammock di area sekitar yang bisa kamu gunakan bilamana merasa lelah saat mengitari lokasi. Bahkan tersedia beberapa warung dengan sajian kopi, minuman dingin hingga mie instan.

Selain lingkungan alam yang masih sangat asri, di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa spot foto hits kekinian. Mulai dari Rumah Hobbit, hingga gelas raksasa yang menumpahkan air.

Wisata Alam Banyumili berada di Desa Carang Wulung, Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Banyumili Carangwulung Wonosalam

Tiket masuk: Rp. 5.000

Buka setiap hari pukul 08:00 – 16:00 WIB.

8. Alas Gedangan Mojoagung

Alas Gedangan Mojoagung - @jolieanjar
Alas Gedangan Mojoagung. (Foto: IG @jolieanjar)

Alas Gedangan Mojoagung merupakan salah satu tempat wisata di Jombang yang sedang naik daun. Wajib kamu explore keindahannya.
Di Alas Gedangan Mojoagung, kamu bisa foto-foto di gardu pandang, rumah kayu, replika sarang burung dan beberapa spot lainnya di area selfie yang tersedia

Kalau mau menikmati pemandangan dengan suasana yang indah banget, bisa datang sebelum matahari terbit. Karena pemandangan dan suasana sunrise di Alas Gedangan Mojoagung begitu eksotis.

Alas Gedangan Mojoagung berlokasi di Dusun Gedangan, Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang

Harga Tiket masuk Alas Gedangan Mojoagung

Tiket masuk: Rp. 5.000

9. Kampoeng Djawi Jombang

Kampoeng Djawi Jombang - @sukasuka_photo
Kampoeng Djawi Jombang. (Foto: IG @sukasuka_photo)

Kampoeng Djawi Jombang berada di ketinggian sekitar 750 meter diatas permukaan laut. Dikelilingi pegunungan dan hamparan sawah di sekitarnya.

Sangat cocok untuk rekreasi dan bergembira, melepaskan penat dan beban aktifitas sehari-hari dan mendapatkan kembali rasa fresh dalam diri di Kampoeng Djawi.

Kamu akan terbawa suasana perkampungan dengan sentuhan arsitektur jawa dan budayanya yang sejiwa dengan keramahan penduduk desa Carangwulung.

Suasana yang rekreatif dengan dilengkapi fasilitas kegiatan outdoor seperti flying fox, high rope, ampi theater, kolam renang, arena shooting target, pendapa joglo.

Kamu juga bisa melakukan aktivitas yang sedikit menantang disini, yaitu rafting di Kali Boro (Sungai Boro), off road, motor cross dan mountain bike.

Tak perlu kawatir kalau merasa lapar disini, karena ada fasilitas pawon alias dapur sebagai tempat memasak dan sekaligus tempat makan ala tempo dulu.

Dapur ini juga dilengkapi dengan area makan outdoor yang unik dan apik dihiasi dengan deretan meja dan bangku berbahan kayu, dikelilingi pepohonan.

Menu beragam, ada kambing guling, sate kambing, sate ayam, Ronde, dan sebagainya. Harganya tidak semahal yang kamu bayangkan. Makanan di tempat ini relatif murah dan tidak menguras banyak isi dompetmu.

Kampoeng Djawi berlokasi di Desa Gondang, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Harga Tiket masuk Kampoeng Djawi Jombang

Tiket masuk : Rp. 50.000
Buka setiap hari, pukul 08:00 – 16:00 WIB.

10. Kedung Sewu Jombang

Kedung Sewu Jombang - @ladangkopi
Kedung Sewu Jombang. (Foto: IG @ladangkopi)

Kedung Sewu Jombang itu adalah banyak kolam alami atau kedung yang sangat banyak. Oleh karenanya obyek wisata alam ini dinamakan Kedung Sewu atau Kedung Seribu. Lokasinya cukup tersembunyi di tengah hutan.

Kedung Sewu Jombang terlihat sangat unik nan eksotis dengan rangkaian cekungan kecil berisi air yang terbentuk alami. Di kedung, nampak aliran sungai panjang berkelok-kelok. Di kiri dan kanan sungai inilah terdapat banyak kedung dengan ukuran kecil.

Kedung-kedung ini terbentuk di bebatuan sungai melalui proses alami selama ribuan-jutaan tahun. Sehingga tercipta puluhan cekungan yang terisi air sungai.

Kamu tidak bisa berenang bebas di Kedung Sewu ini, hanya bisa berendam saja. Yang pasti bisa kamu lakukan adalah foto-foto disini.

Lokasi Kedung Sewu berada di Desa Tanjung Wadung, Kecamatan Kabuh, Jombang.

Lihat lokasinya di Google Map: Kedung Sewu

11. Wana Wisata Sumber Biru

Wana Wisata Sumber Biru - destinasi wisata jombang - @rerefirmansyah
Wana Wisata Sumber Biru – destinasi wisata Jombang yasng asik. (Foto: IG @rerefirmansyah)

Wana Wisata Sumber Biru adalah salah satu tempat wisata di Jombang yang unik dan hits di kalangan wisatawan. Selain berwisata alam, kamu bisa wisata kuliner di sungainya yang cantik.

Kebayang kan asiknya menikmati secangkir kopi di tengah sungai dengan alirannya yang tenang? Jika tertarik mencobanya, kamu bisa datang ke Wana Wisata Sumber Biru.

Kalau tidak mau basah-basahan jangan khawatir, karena ada banyak spot menarik lainnya yang ada di Wana Wisata Sumber Biru. Seperti kebun yang telah disiapkan oleh pengelola.

Kamu juga bisa mampir ke tempat sejarah Tapak Seno yang merupakan jejak kaki tokoh pewayangan bernama Seno. Lokasinya masih dalam lokasi wisata Sumber Biru.

Lokasi Wana Wisata Sumber Biru berada di Wonotirto, Wonomerto, Wonosalam, Jombang.

Harga Tiket Masuk Wana Wisata Sumber Biru

Tiket masuk: gratis.
Parkir motor: Rp. 2.000
Parkir mobil: Rp. 5.000

Baca juga ya:
* Liburan? Ayo Nikmati 11 Wisata Alam di Banyuwangi

Wisata Jombang Penuh Pesona

Ternyata seru juga ya traveling saat liburan ke Jombang. Banyak pilihan tempat wisata di Jombang yang sangat menghibur. Terutama bagi yang suka dengan wisata alam, akan senang sekali.

Silakan tentukan pilihanmu mau kemana. Bisa menikmati air terjun Tretes dan air terjun Grenjeng. Ada Kedung Cinet dan Kedung Sewu yang unik.

Kamu bisa ke Bale Tani dan Taman Ponggok kalau ingin berwisata sambil belajar banyak jenis tanaman. Kampoeng Djawi, Banyumili, Wana Wisata Sumber Biru, Alas Gedangan, dan Bukit Hijau Carangwulung, juga bisa menjadi pilihan.

Selamat berlibur dan selamat menikmati wisata Jombang Jawa Timur.

Mari berbagi