10 Wisata Magelang, Dari Berburu Sunrise Sampai Air Terjun

Wisata Magelang – Sudah menjelajahi mana saja di Jawa Tengah? Sudah pernah eksplorasi Kabupaten Magelang dan Kota Magelang? Kalau sedang melintas atau sengaja liburan, kamu harus mampir ke beberapa tempat wisata di Magelang. Eksotis banget.

Wisata Magelang memiliki daya tarik yang menawan. Tempat wisata di Magelang ada banyak ragam, didominasi oleh wisata alam yang asri, hijau, dan sejuk.

Baca juga:
* Kunjungi 12 Tempat Wisata di Banjarnegara Ini, Liburan Jadi Seru!

Apalagi Magelang dikelilingi oleh pegunungan. Gunung yang mengelilinya yaitu; Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Menoreh, Gunung Sumbing, dan Gunung Telemoyo.

Kondisi ini menjadikan Magelang sebagai kabupaten dan kota yang sejuk dan subur.

Daerah tempat ditempanya para prajurit militer ini sangat strategis. Magelang berada di jalur utama transportasi Semarang-Magelang-Yogyakarta, Magelang-Temanggung, dan Magelang-Purworejo.

Magelang berbatasan dengan Kabupaten Semarang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lalu dengan Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, serta Kota Magelang yang berada di tengah-tengahnya.

Daftar Tempat Wisata di Magelang

Mau tahu tentang wisata Magelang? Berikut ulasannya:

1. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu - tempat wisata di magelang - @esnanas_41
Borobudur dilihat dari Punthuk Setumbu – tempat wisata di Magelang yang keren. (Foto: IG @esnanas_41)

Menikmati suasana matahari terbit (sunrise) dari spot foto terbaik di dunia selalu diminati banyak traveler. Mereka selalu ingin merekamnya dengan video dan foto. Atau hanya memandang dengan mata kepala tanpa memotret pun sudah menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Spot foto sunrise di Magelang yang terkenal adalah Punthuk Setumbu. Dari atas bukit dengan ketinggian 400 meter dpl ini, kamu dapat menikmati suasana sunrise sekaligus Candi Borobudur dari kejauhan. Dan kemegahan Gunung Menoreh di latar belakang menambah eksotis tempat ini.

Untuk mendapatkan keindahan atmosfir matahari terbit dari Punthuk Setumbu, kamu harus sampai di lokasi pukul 05:00 WIB. Atau sebelum matahari terbit. Dan untuk sampai dilokasi, kamu harus trekking selama sekitar 15 menit dari parkiran.

Direkomendasikan untuk datang di musim kemarau, atau sekitar bulan Juni, Juli, Agustus.

Kalau hanya ingin memandang Candi Borobudur yang berselimut kabut, kamu bisa datang kapan saja.

Sempat nonton film Ada Apa dengan Cinta 2? Ada scene dimana Rangga dan Cinta tampak berada di Punthuk Setumbu.

Lokasi Punthuk Setumbu berada di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM3, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Lihat lokasinya di Google Map: Punthuk Setumbu

Jam buka bukit Punthuk Setumbu Magelang, adalah pukul 04.00 – 17.00 WIB. Kalau ingin menginap atau camping, kamu bisa izin terlebih dahulu dengan pengelolanya.

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu Magelang

  • Wisatawan domesti: Rp.15.000
  • Wisatawan mancanegara: Rp.30.000,00
  • Parkir mobil: Rp.5.000

2. Gardu Pandang Silancur

Gardu Pandang Silancur - tempat wisata di Magelang - @photo_ngawur
Gardu Pandang Silancur. (Foto: IG @photo_ngawur)

Terinspirasi dari banyaknya gardu pandang di berbagai daerah yang menjadi ngetrend. Pak Sujarwo dan anaknya, Riko Sujatmiko, melakukan hal yang sama di areal kebun mereka.

Akhirnya bapak dan anak ini pun berhasil membuat spot foto baru, Gardu Pandang Silancur (GPS) yang tidak kalah terkenal dengan tempat wisata di Magelang lainnya.

Gardu/menara setinggi 10 meter yang terbuat dari ratusan batang bambu ini tepat berada di atas bukit. Pemandangan dari atas menara lebih jelas, karena tidak terhalang pepohonan di sekitar.

Dari Gardu Pandang Silancur, kamu bisa menyaksikan matarahari terbit di antara Gunung Merapi dan Merbabu. Keindahan Kota Magelang yang diselimuti awan tipis juga nampak dari GPS ini.

Saat ini sudah ada setidaknya 5 menara di kawasan GPS. Juga ada warung makan, toilet, ayunan, beberapa hammock, dan lainnya.

Gardu Pandang Silancur berada di Dadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Gardu Pandang Silancur: Rp. 5.000

3. Taman Ramadanu

Taman Ramadanu - @chandraant
Taman Ramadanu. (Foto: IG @chandraant)

Kalau kamu membayangkan aneka bunga bewarna-warni dan kincir angin, kamu pasti langsung teringat Belanda bukan.

Untuk melihat dan foto-foto diantara hamparan bunga beragam warna dan kincir angin, ga perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri. Kamu bisa berlibur ke Magelang ke Taman Ramadanu.

Sejak dari pintu masuk Taman Ramadanu saja kita sudah terhibur dengan keindahan warna-warni bunga. Kita yang tinggal di dataran rendah biasanya jarang sekali melihat warna-warni bunga yang begitu mencolok dan indah.

Di Taman Ramadanu terdapat kincir angin, bunga berwarna-warni dengan semerbak harumnya, dan udara sejuk. Ada pengalaman dan sensasi diri kita berada di luar negeri.

Kalau di Belanda bunganya aadalah bunga tulip, di Taman Ramadanu yang ada bunga celosia. Bayangkan aja ada banyak bunga celosia bewarna merah dan kuning cerah.

Sedangkan kincir angin di Taman Ramadanu hanyalah pun tidak sama persis dengan yang ada di Belanda. Di sini, kincir angin hanyalah berupa replika saja. Namun keberadaannya menambah indah nuansa negeri kincir angin ala Magelang.

Taman Ramadanu berada di Dusun Danurojo, Sambi Roro, Jamuskauman, Ngluwar, Magelang, Jawa Tengah.

Buka setiap hari pukul 07.00 – 23.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Taman Ramadanu: Rp 5.000

4. Bukit Rhema

Bukit Rhema - @arif_aeromodeller
Bukit Rhema. (Foto: IG @arif_aeromodeller)

Msaih di kawasan Pegunungan Menoreh tidak jauh dari Punthuk Setumbu, ada Bukit Rhema dengan pemandangan yang tidak kalah cantik.

Sebelum nama Bukit Rhema viral, ada Gereja Ayam yang sudah lebih dulu dikenal banyak orang. Bangunan gereja berbentuk ayam tersebut berada di Bukit Rhema.

Posisi Bukit Rhema lebih rendah dari Punthuk Setumbu, namun keindahannya sama-sama memesona. Kamu bisa naik ke puncak crown Gereja Ayam dan menikmati suguhan alam yang sama menakjubkan.

Bisa melihat Candi Borobudur, gunung Sumbing, Tidar, Merbabu, Suroloyo dan Merapi. Golden sunrise pun sama indahnya dilihat dari sini kalau kamu datangnya sebelum matahari terbit.

Bukit Rhema bisa dilihat dan dijangkau dari Punthuk Setumbu dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

Bukit ini semakin tenar sejak masuk dalam film Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC 2) dengan lakon utama Nicholas Saputra yang menjadi Rangga dan Dian Sastro menjadi Cinta.

Rangga dan Cinta menyaksikan pesona alam menakjubkan di pagi hari di Bukit Rhema.

Bukit Rhema berlokasi di Karangrejo, Dusun Gombong, Kembanglimus, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

5. Taman Dewari Magelang

Taman Dewari Magelang - @benedecta_nexy
Taman Dewari Magelang. (Foto: IG @benedecta_nexy)

Sebelumnya Taman Dewari dikenal dengan taman bunga matahari yang indah di Magelang. Namun sejak Oktober 2018 taman ini mengubah konsepnya menjadi taman kitiran. Mungkin disesuaikan dengan musimnya ya.

Saat ini, Taman Dewari Magelang dihiasi dengan ratusan kincir angin berwarna-warni.

Spot foto kece kincir angin Taman Dewari pun ramai dikunjungi traveler, karena unik dan cantik. Sudah tentu, yang para pengunjung ingin berfoto disini ala-ala selebgram.

Taman Dewari berada di Desa Baturono, tidak terlalu jauh dari Candi Bobobudur. Hanya berjarak sekitar 10 kilometer atau sekitar 30 menit berkendara.

Buka setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Harga tiket masuk Taman Dewari : Rp10.000

Baca juga:
* Jalan-jalan ke Kota Solo Yuk!

6. Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo - @no.v.an
Gunung Telomoyo. (Foto: IG @no.v.an)

Masuk wilayah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang, Gunung Telemoyo memiliki ketinggian 1.894 meter dpl. Gunung Telemoyo adalah gunung api strato (berbentuk kerucut), namun belum ada catatan pernah meletus.

Kalau kamu berada di Ambarawa, Salatiga, Secang, dan Magelang, kamu bisa melihat puncak gunung ini.

Kalau kamu ingin merasakan diatas gunung tapi tidak mau lelah trekking, kamu bisa kemari. Karena kamu bisa mendaki menggunakan motor. Saat naik, kamu akan menjumpai air terjun kecil.

Dari ketinggian kamu bisa menikmati keindahan pemandangan perkampungan penduduk, selain hutan pinus yang menawan.

Disini pernah diadakan kegiatan Kejuaraan Gantole Telomoyo 2018. Pesertanya ada yang dari Jepang. Bahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun datang ke Gunung Telemoyo ini untuk melihat peserta gantole take off.

Harga tiket masuk Gunung Telemoyo: Rp. 5.000.

7. Jembatan Gantung Mangunsuko

Jembatan Gantung Mangunsuko @_lhamsaputra
View dari Jembatan Gantung Mangunsuko (Foto: IG @_lhamsaputra)

Selain destinasi yang indah, tempat yang indah kalau difoto saat ini banyak diburu traveler. Tentu saja tujuannya adalah foto-foto.

Salah satu yang diburu wisatawan dari generasi milenial saat ini adalah Jembatan Mangunsuko yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Banyak yang menyebutnya Jembatan Jokowi, karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meresmikan Jembatan Gantung Mangunsuko ini di bulan September 2017.

Sejak diresmikan, jembatan ini menjadi viral dan banyak yang mengunjunginya.

Jembatan gantung sepanjang 120 meter ini membentang diatas Sungai Senowo, menghubungkan Desa Sumber dan Desa Mangunsuko.

Pemandangan di sekitar Jembatan Gantung Mangunsuko sangat indah. Kamu bisa memandang cantiknya air terjun yang bersusun dan rerumputan hijau disekitarmya.

Jembatan Mangunsuko berada di Dusun Grogol, Desa Mangunsuko, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Berjarak sekitar 24 kilometer dari Kota Magelng dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

8. Pinusan Kragilan

Pinusan Kragilan - @dwiriyantoo
Pinusan Kragilan. (Foto: IG @dwiriyantoo)

Tempat wisata di Magelang yag satu ini menyajikan keindahan hutan pinus yang menawan. Ada jalan lurus yang membelah rimbunnya hutan pinus tersebut. Saat melewatinya kita akan merasa berada di semacam lorong yang indah.

Spot tersebut menjadi salah satu andalam spot foto bagi para pengunjung. Menyajikan nuansa keindahan yang unik saat difoto.

Diujung jejeran pohon, ada 2 buah pohon pinus yang dijadikan spot foto yang bisa kita naiki. Ada beberapa fotografer dengan lensa tele yang standby yang memang disiapkan untuk memotret pengunjung. Biayanya cukup terjangkau.

Barisan pohon pinus yang menjadi latar belakang fotomu akan terlihat indah mengesankan.

Juga ada beberapa penyewaan hammock yang bisa kamu jadikan spot foto.

Suasananya yang rimbun, hijau, udara segar, membuat Top Selfie Pinusan selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Harga tiket masuk Top Selfie Pinusan Kragilan

  • Hari biasa: Rp. 10.000
  • Hari libur: Rp. 12.500

9. Punthuk Kendil

Punthuk Kendil - @arighiimawan
Punthuk Kendil. (Foto: IG @arighiimawan)

Selain Punthuk Setumbu dan Bukit Rhema, kamu bisa menikmati keindahan sunrise di Punthuk Kendil di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Berada di Punthuk Kendil kamu akan disuguhi pemandangan empat gunung di Jawa Tengah yang eksotis, mulai dari Merapi, Merbabu, Lawu dan Sindoro. Tempat wisata di Magelang yang satu ini juga menjadi pilihan untuk menikmati sunrise dan memandang Candi Borobudur dari ketinggian.

Menuju Punthuk Kendil lebih mudah dan hanya membutuhkan 10 menit untuk mendaki bukitnya.

Harga tiket masuk Punthuk Kendil: Rp. 5.000.

10. Air Terjun Grenjengan Kembar

Air Terjun Grenjengan Kembar - wisata magelang - @esnanas_41
Air Terjun Grenjengan Kembar – wisata alam Magelang. yang menawan. (Foto: IG @esnanas_41)

Salah atu air terjun di Magelang yang bisa kamu kunjungi adalah Air Terjun Grenjengan Kembar.

Kalau kamu suka wisata ke tempat yang masih sepi dan alami, maka air terjun ini harus masuk dalam daftar destinasimu.

Aliran airnya berasal dari anak sungai Cebong, dan mata airnya berasal dari lereng Gunung Merbabu. Kamu akan suka dengan suasana asri dan alami, dan airnya yang jernih dan menyejukkan.

Air terjun kembar yang cantik ini memiliki ketinggian sekitar 14 meter dan 18 meter.

Lokasi Air Terjun Grenjengan Kembar ada di Dusun Citren, Desa Munewarang, Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Air Terjun Grenjengan Kembar:

  • Tiket masuk: Rp. 3.000
  • Parkir: Rp. 5.000.

Baca juga:
* 10 Destinasi Wisata Purwokerto yang Lagi Hits 2019

Ayo Nikmati Wisata Magelang

Demikianlah ulasan singkat mengenai tempat wisata di Magelang yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

Didominasi dengan wisata alam, kamu akan merasa segar dan betah berlama-lama di Magelang.

Kamu bisa berlama-lama menikmati keindahan alam di Air Terjun Grenjengan Kembar, Punthuk Kendil, Pinusan Kragilan, Jembatan Gantung Mangunsuko.

Atau ke Gunung Telomoyo, Taman Dewari Magelang, Bukit Rhema, Taman Ramadanu, Gardu Pandang Silancur, dan Punthuk Setumbu.

Ayo kita nikmati wisata Magelang.