Ajib Banget, 10 Tempat Wisata di Pasuruan Ini Bikin Kamu Terkesan

Wisata Pasuruan – Pasuruan memiliki dataran rendan dan dataran tinggi berudara sejuk yang menjadi tujuan wisata utama Jawa Timur. Selain wisata Bromo, Pasuruan memiliki Taman Safari Indonesia dan Kebun Raya Purwodadi.

Ada segudang tempat wisata di Pasuruan yang menarik. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, dan wisata man-made. Yang semuanya sangat memanjakan wisatawan.

Untuk aksesibilitas Pasuruan cukup strategis lho. Dilintasi jalur pantura Surabaya-Banyuwangi dan jalur kereta api lintas timur Pulau Jawa serta menuju Malang, Kediri, Blitar, Kertosono, dan Tulungagung. Persimpangan jalur kereta ada di Stasiun Bangil.

Di bagian barat Pasuruan ada jalur utama Surabaya-Malang dan jalan tol Surabaya-Gempol. Gempol adalah kota persimpangan jalur Malang-Surabaya dengan jalur menuju Madiun/Mojokerto serta Yogyakarta/Solo.

Baca juga:
* 10 Destinasi Wisata Malang yang Keren dan ngeHits

Daftar Tempat Wisata di Pasuruan

Kamu mungkin tahu Pasuruan hanya Bromo kan? Nyatanya, wisata alam lain di Pasuruan tidak kalah menarik. Silakan datang dan jelajahi Pasuruan saat liburan.

Silakan simak 10 tempat wisata Pasuruan ini.

1. Taman Safari Indonesia 2

Taman Safari Indonesia 2 - taman safari prigen - @tamansafariprigen
Taman Safari Indonesia 2. (Foto: IG @tamansafariprigen)

Ternyata Pasuruan memiliki Taman Safari (Safari Park) terluas di Asia lho. Memiliki luas 350 hektar, Taman Safari Indonesia 2 menempati lahan di lereng Gunung Arjuno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Taman Safari Indonesia 2 memiliki berbagai koleksi spesies hewan dan atraksi terbaik se-Indonesia. Ada kolam renang dengan sistem filter air yang canggih, serta habitat yang tidak rusak dan suasana alam yang asri dan rimbun.

Taman Safari Prigen ini berkonsep kebun binatang ala Afrika yang membiarkan koleksi satwanya bebas berkeliaran di alam terbuka. Kamu harus menggunakan mobil pribadi, mobil wisata, atau tramp yang disediakan pengelola untuk melihat satwa-satwa tersebut.

Ada juga zona-zona lain yang bisa kita nikmati dengan berjalan kaki. Karena udaranya sejuk, kamu nggak bakal merasa gerah dan cepat lelah. Jalan kaki di Taman Safari Prigen berasa asik.

Di Taman Safari Prigen, kamu bisa berenang bersama lumba-lumba dan berkeliling area taman safari dengan menunggang gajah. Bayangin aja asiknya berkeliling sambil menikmati keindahan pemandangan lereng gunung Arjuno. Sebuah pengalaman yang seru dan menyenangkan.

Bagaimana kalau lelah dan lapar? Tak perlu kawatir, ada beberapa restoran di area Taman Safari Prigen. Ada Gading Restaurant, Captain Kroc’s, Safari Fried Chicken, Tiger Cave Restaurant, dan Warung Ndeso.

Pengalaman wisata di Taman Safari Prigen sangat menarik dan unik. Kamu bisa menikmati wahana hiburan dan pertunjukan satwa; Safari Adventure, Animal Show, Baby Zoo, serta Recreation Area.

Taman Safari Indonesia 2 - taman safari prigen - Tempat Wisata di Pasuruan - @tamansafariprigen 2
(Foto: IG @tamansafariprigen)

Harga Tiket Masuk Taman Safari Prigen

Tiket Rusa

Fasilitas:

  • Safari adventure
  • Baby Zoo
  • Aquatic Land
  • 4 animal show
  • Pilih dolphin show atau temple of terror

Weekdays:
Anak-anak: Rp. 80.000
Dewasa: Rp. 85.000

Weekend:
Anak-anak: Rp. 105.000
Dewasa: Rp. 110.000

Tiket Badak

Fasilitas:

  • Safari adventure
  • 6 animal show
  • Safari water world (kolam renang)
  • 22 wahana permainan
  • Aquatic land
  • Baby zoo

Weekdays:
Tiket masuk: Rp. 110.000

Weekend:
Tiket masuk: Rp. 135.000

Tiket Gajah

Fasilitas:

  • Safari adventure
  • Baby zoo
  • Aquatic land
  • 6 animal show
  • Safari water world (kolam renang)
  • 21 wahana permainan
  • Sinema 6 Dimensi

Weekdays:
Tiket masuk: Rp. 135.000

Weekend:
Tiket masuk: Rp. 160.000

2. Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi - @ekarynvt
Kebun Raya Purwodadi. (Foto: IG @ekarynvt)

Banyak tempat wisata di Pasuruan yang memberikan pengunjungnya suasana santai, segar, dan asri. Salah satunya adalah Kebun Raya Purwodadi, yang memiliki kurang lebih 10.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan di lahan seluas 85 hektar.

Kawasan hutan konservasi ini adalah hasil pengembangan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan merupakan salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor).

Kebun Raya Purwodadi adalah sebuah kebun penelitian besar dan juga salah satu obyek wisata di Jawa Timur.

Kamu bisa mengelilingi kebun raya ini dengan berjalan kaki melewati jalan setapak dengan sepeda sewaan. Kalau tidak mau capek bisa dengan mobil pribadi melalui jalan aspal.

Tersedia area tematik yang populer di Kebun Raya Purwodadi. Ada Taman Bougenville, Taman Meksiko dan Green House Anggrek. Juga ada danau wisata dan kolam renang anak.

Harga tiket masuk Kebun Raya Purwodadi

Tiket masuk

  • Wisatawan domestik: Rp. 10.000
  • Wisatawan mancanegara: Rp. 16.000

Mobil: Rp. 5.000
Motor: Rp. 3.000

3. Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan

Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan - @shiellanafillafatmawati
Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan. (Foto: @shiellanafillafatmawati)

Apa rasanya mandi di kolam pemandian alam bersama ikan? Kalau penasaran dan pingin coba, datang saja ke Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan.

Di Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan, kamu bisa berendam dan berenang bersama ikan tombro, ikan keramat atau ikan Sengkaring.

Konon menurut ceritanya, tempat pemandian ini sudah ada dari zaman kerajaan Majapahit lho. Menjadi tempat peristirahatan dan pemandian bagi para raja dan para petinggi kerajaan.

Hampir setiap hari pemandian Banyu Biru selalu ramai oleh wisatawan. Ada yang meyakini kalau air disini bisa membuat awet muda dan menyembuhkan penyakit.

Di hari-hari tertentu, seperti Jumat Legi dan hari raya Kuningan, pengunjungnya lebih banyak lagi. Mereka melakukan suatu ritual khusus menurut kepercayaan mereka masing-masing.

Harga Tiket Masuk Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan

Tiket masuk: Rp. 5.000

Sepeda kayuh: Rp. 10.000
Motor: Rp. 2.000
Mobil: Rp. 4.000

Lihat lokasinya di Google Map: Pemandian Alam Banyu Biru Pasuruan

4. The Pines Taman Dayu

The Pines Taman Dayu. (Foto: ist)

Kalau kamu ingin merasa dekat dengan alam tetapi ingin yang praktis ga pake cape trekking, ya ke The Pines Taman Dayu di Pasuruan aja.

The Pines menawarkan berbagai paket wisata seperti camping, menginap di rumah pohon, dan rumah kayu. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktifitas dialam terbuka; seperti paint ball, outbond, mountai bike dan off-road rides.

Rumah pohon Taman Dayu berada di kawasan hutan pinus The Pines. Cocok banget bagi kamu yang ingin merasakan kesunyian jauh dari keramaian. Menenangkan hati dan pikiran.

Asik juga menghabiskan beberapa malam camping atau menginap di rumah pohon dan menikmati permainan alam.

Kamu juga bisa memilih tenda yang ada di The Pines Campground. Tendanya kualitas bagus, kuat serta nyaman. Semua tenda sudah dilengkapi dengan alas. Tersedia fasilitas pendukung seperti kamar mandi dan musholla.

Bagaimana kalau hanya ingin masuk The Pines untuk foto-foto saja? Bisa banget.

Kamu sebaiknya datang waktu pagi hingga sore hari selagi masih terang. Sehingga dapat memilih beberapa spot foto dan mendapatkan foto-foto bagus.

Harga Tiket Masuk The Pines Taman Dayu

Tiket masuk/parkir: Rp. 5.000

Paint ball: Rp. 10.000/5 peluru
Campingground: Rp. 150.000/tenda (bisa 6 orang)

Rumah Pohon: Rp 300.000/malam (6 orang)
Rumah Pohon: Rp 350.000/malam (8 orang)

5. Agrowisata Bhakti Alam

Agrowisata Bhakti Alam - tempat wisata di Pasuruan - @farie_adie
Agrowisata Bhakti Alam – tempat wisata di Pasuruan yang asyik. (Foto: IG @farie_adie)

Mengunjungi tempat wisata di Pasuruan yang mengasyikkan bersama keluarga itu sangat menyenangkan. Kamu bisa ajak keluarga, terutama anak, untuk berlibur ke Wisata Bhakti Alam Pasuruan.

Agrowisata Bhakti Alam menawarkan rekreasi sekaligus edukasi bagi pengunjungnya. Bisa berkunjung secara individu, bersama kawan-kawan atau keluarga. Atau juga lembaga, seperti PAUD, TK, SD, SMP, SMA, hingga komunitas.

Agrowisata Bhakti Alam menempati lahan yang lumayan luas. Memiliki taman bunga, kios bunga, cottage dan barak (penginapan), pendopo, camping ground, area pemancingan, .

Lalu ada juga peternakan sapi, pabrik susu, pawon jawa, green house, cheese village (desa keju), lapangan, outbond, taman air imut hingga spot lukisan 3D untuk berfoto-foto.

Salah satu koleksi buah di Bhakti Alam yang banyak diminati wisatawan adalah Jambu Jamaika. Banyak yang bertanya melalui telpon mengenai ketersediaan Jambu Jamaika sebelum datang.

Harga Tiket Masuk Agrowisata Bhakti Alam

Weekdays: Rp. 40.000
Weekend: Rp. 45.000

  • Paint Ball: Rp50.000
  • Mobil ATV: Rp35.000
  • Buggy Car: Rp35.000
  • Pacu kuda: Rp25.000
  • Taman Truwelu: Rp10.000
  • Trick art: Rp20.000
  • Barak: Rp25.000 – Rp35.000 /orang
  • Cottage: mulai dari Rp 400.000

Baca juga:
* Kunjungi 10 Tempat Wisata di Kediri Ini Agar Liburanmu Asyik

6. Kedawung Agro Selfi

Kedawung Agro Selfi - @mthohir24
Kedawung Agro Selfi. (Foto: IG @mthohir24)

Kedawung Agro Selfie (KAS) awalnya merupakan pabrik gula. Sekarang, destinasinya berubah bentuk. Wajahnya, sudah berubah jadi wisata agro & spot fotografi yang kekinian.

KAS merupakan jujugan rekreasi agribisnis “zaman now”. Sangat recommended bagi Anda yang suka berselfie ria.

7. Sawahe Pak Budi

Sawahe Pak Budi - kebunpakbudi.com 2
Sawahe Pak Budi. (Foto: kebunpakbudi.com)

Spot foto Sawahe Pak Budi dibuka sejak tahun 2017 di Pasuruan. Di dalamnya ada banyak yang menarik, mulai dari suasana alamnya sampai spot foto yang instagrammable.

Berkonsep kembali ke alam, Sawahe Pak Budi ada areal perkebunan dan persawahan organik. Dilengkapi pula dengan kolam pancing, cottage, kuliner, dan kids house.

Selain itu ada juga edukasi kopi luwak, mini market, kolam pancing, gazebo, masih belum puas. Tempat makan pun tersedia, restaurant, cottage dan amphitteatre kuliner.

Wisata Kebun Pak Budi ini akan mengajarkan generasi muda proses terciptanya bahan pangan sehingga layak untuk dikonsumsi.

Harga Tiket Masuk Sawahe Pak Budi

Tiket masuk: Rp. 35.000
Hari libur: Rp. 50.000

8. Danau Ranu Grati

Danau Ranu Grati - @khoiirul_a6
Danau Ranu Grati. (Foto: IG @khoiirul_a6)

Keindahan alam obyek wisata alam Danau Ranu Grati memang memukau. Luasnya sekitar 107 hektar dengan latar belakang pegunungan Tengger, menjadi daya tarik bagi para traveler.

Danau kecil ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik gunung berapi. Bentuknya corong dengan dasar danau yang dalam.

Banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan. Mulai dari, mengayuh becak, sepeda air dan keliling boat. Ingin memancing sambil duduk santai di pinggir danau, juga bisa dilkakun di sini.

Setiap tahun ada acara ‘distrikan’ di Danau Ranu. Sebuah kegiatan turun temurun adat masyarakat setempat berupa upacara larung sesaji.

Cerita asal muasal Danau Ranu Grati bisa kamu baca di portal Kabupaten Pasuruan ini: https://www.pasuruankab.go.id/cerita-37-asal-mula-ranu-grati.html

Danau Ranu Grati yang berada di Desa Sumberdewasari, Desa Gratitunon, Desa Ranuklindungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

9. Kawasan Wisata Tretes

Kawasan Wisata Tretes - @yoiki_pasuruan
Kawasan Wisata Tretes. (Foto: @yoiki_pasuruan)

Tretes lokasinya berada di kaki dan lereng pegunungan Arjuno-Welirang. Terkenal sebagai tempa wisata di Pasuruan Jawa Timur yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

Banyak warga Surabaya yang menjadikan Tretes Prigen sebagai tempat wisata dan tempat peristirahatan. Alasannya, karena daerah Tretes memiliki udara yang sejuk dan alamnya yang indah.

Beberapa destinasi wisata yang terkenal di Tretes Prigen adalah air terjun Kakek Bodo, Finna Golf, dan Taman Safari Indonesia 2.

Kawasan wisata Tretes Prigen sudah lengkap dengan sarana prasarana seperti; hotel berbintang, hotel melati dan pondok wisata.

Fasilitas penunjang lainnya antara lain; kebun anggrek, kolam renang, restoran/rumah makan, arena pacuan kuda, lapangan tennis, dan lapangan golf.

10. Pantai Penunggul

Pantai Penunggul - wisata pasuruan - harianpost.co.id
Pantai Penunggul. (Foto: harianpost.co.id)

Pasuruan juga memiliki pantai yang indah. Berada di Desa Penunggul, pantainya dikelilingi hutan mangrove seluas 144 hektar. Jenis pohon bakau yang ada, antara lain; Abisina Alba, Eyzapora Mucronata, Ryzapora Apiculata dan Alasina Marina.

Wisata Pantai Penunggul Pasuruan biasanya ramai sekali saat hari libur. Penduduk sekitarnya pun ramah-ramah. Membuat kita menjadi nyaman dan betah saat berkunjung.

Suasananya sangat asik loh. Pantainya diselimuti pasir putih dan ombak. Sangat alami. Dijamin bisa bikin happy.

Baca juga:
* Liburan? Ayo Nikmati 11 Wisata Alam di Banyuwangi

Wisata Pasuruan yang Memukau

Demikian lah ulasan singkat mengenai beberapa tempat wisata di Pasuruan Jawa Timur. Kamu bisa rencanakan dari sekarang untuk berkunjung ke destinasi wisata diatas.

Bisa pilih wisata di dataran tinggi pegunungan atau di pantainya. Semua menawarkan keindahannya masing-masing.

Selamat berlibur dan menikmati wisata Pasuruan yang memukau.

Mari berbagi