Keren Banget 10 Tempat Wisata di Purworejo Ini, Asri dan Segar

Wisata Purworejo – Ada rencana liburan ke Purworejo Jawa Tengah? Kalau ada kesempatan, tidak ada salahnya mengunjungi beberapa tempat wisata di Purworejo yang cukup menghibur. Apalagi hanya satu jam perjalanan dari Yogyakarta, sekali liburan bisa banyak dapat cerita.

Wisata Purworejo sama seperti daerah lain di sekitarannya. Dikaruniai pemandangan alam yang istimewa dan memesona. Kamu akan banyak terhibur oleh bentang alam dan lanskapnya.

Selain bertetangga dengan DI Yogyakarta (Kabupaten Kulon Progo), Kabupaten Purworejo juga bertetangga dengan Kabupaten Wonosobo, Magelang, Kebumen, dan Samudra Hindia di selatan.

Pariwisatanya terdiri dari wisata alam; banyak air terjun, pantai, goa, sungai, dan hutan pinus. Juga ada wisata sejarah, wisata budaya, dan tentu saja kuliner yang menarik.

Daftar Tempat Wisata di Purworejo

Bagi kamu yang tertarik menjelajahi wisata di Purworejo, berikut ini kami rangku 10 di tempat wisata di Purworejo.

1. Wisata Alam Taman Sidandang

Wisata Alam Taman Sidandang - iramakotapurworejo.blogspot.com
Wisata Alam Taman Sidandang. (Foto: iramakotapurworejo.blogspot.com)

Jangan mengira ini adalah taman biasa yang sering kamu lihat di tempat tinggalmu.

Wisata Alam Taman Sidandang dikelilingi oleh pegunungan yang indah dan areanya dibelah oleh aliran Sungai Sidandang. Sumber airnya berasal dari Pergunungan Menoreh.

Kamu akan disambut oleh suara merdu aliran air di pintu masuk. Patung dandang, penanak nasi tradisional, ikon taman ini juga menyambutmu.

Di Taman Sidandang kamu bisa bermain sepuasnya di aliran air yang menyegarkan. Aliran airnya tidak terlalu deras dan banyak bebatuan alami yang bisa kamu gunakan untuk duduk-duduk dan berfoto ria.

Tersedua tempat permainan anak-anak sampai dengan kolam ciblon atau digunakan pemandian khusus. Juga ada disediakan gazebo-gazebo oleh pengelola taman yang bisa digunakan duduk-duduk menikmati sejuknya udara.

Ada 3 air terjun (curug) di Taman Sidandang. Salah satunya adalah Curug Kedung Dandang dengan ketinggian sekitar 5 meter dengan kedalaman kolam pemandiam 7 meter.

Bagi yang tidak bisa berenang namun ingin merasakan kesejukan air, tersedia penyewaan pelampung. Bagi yang cukup berani, bisa lompat dari atas bebatuan. Karena cukup dalamnya, jadi aman saat kamu melompat.

Wisata Alam Taman Sidandang berada di Desa Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Sekitar 1 jam dari Yogyakarta dan 20 menit dari Kota Purworejo.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Taman Sidandang

Tiket masuk: Rp. 3.000.

2. Hutan Pinus Kalilo Kaligesing Purworejo

Hutan Pinus Kalilo Kaligesing - Wisata Purworejo - @riza_fe
Hutan Pinus Kalilo Kaligesing. (Foto: IG @riza_fe)

Sejuk udara dan semilir angin yang berhembus di antara deretan pohon pinus akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi traveler. Terutama yang sehari-harinya tinggal dan bekerja di kota besar.

Di Hutan Pinus Kalilo kamu akan mendapatkan sensasi tersebut. Dan tentu saja keindahan pepohonan pinus yang berderet menjadi daya tarik utamanya. Dan ada bonus view pegunungan Menoreh yang sangat menawan dari sini.

Bagi yang suka ber-swafoto, tersedia beberapa spot foto yang instagenic. Sangat asyik berwisata disini bersama kawan-kawan dekat atau bersama keluarga, terutama anak-anak.

Kamu juga bisa foto-foto di Watu Tumpang, sebuah gugusan batu yang sangat indah di Kalilo.

Sebelum booming, Hutan Pinus Kalilo milik Perhutani ini hanyalah hutan pinus biasa. Diinisiasi oleh Karang Taruna setempat, Pinusan Kalilo ini akhirnya bisa menjadi salah satu tempat wisata di Purworejo yang ramai dikunjungi.

Berada di Dusun Kalilo, Desa Tlogoguwo, Kecamatan Kaligesing, Purworejo.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Kalilo

Tiket masuk: Rp. 6.000
Parkir: Rp. 2.000

3. Deret Mahoni Desa Nampurejo

Deret Mahoni Desa Nampurejo - @vikygalyh
Deret Mahoni Desa Nampurejo. (Foto: IG @vikygalyh)

Sesuatu yang berjejeran biasanya bisa menarik perhatian dan bagus difoto. Tidak kalah dengan jejeran pinus, jejeran/deret pohon Mahoni juga bisa menjadi daya tarik wisata.

Siapa sangka, kebiasaan masyarakat dulu yang sekadar menanam pohon di tepi jalan bisa bermanfaat di sektor pariwisata. Selain untuk membuat jalanan teduh dan rindang.

Deretan pepohonan mahoni di kiri kanan jalan tersebut membentuk semacam lorong yang rimbun. Menjadi spot foto di Purworejo yang menjadi incaran fotografer, pasangan yang ingin foto pre-wedding, dan anak-anak muda yang ingin meramaikan akun media sosialnya.

Deret Mahoni ini berada di Desa Nampurejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

4. Curug Kaliurip

Curug Kaliurip - tempat wisata di purworejo - @kukuhpurwono
Curug Kaliurip – salah satu tempat wisata di purworejo yang adem. (Foto: IG @kukuhpurwono)

Ikon dan tempat wisata di Purworejo berikutnya adalah Taman Wisata Curug Kaliurip. Indah, hijau, asri, dan sejuk, itulah kesan yang akan kamu dapatkan saat mengunjungi destinasi wisata di Purworejo ini.

Air terjun Kaliurip, airnya mengalir sepanjang musim. Debit airnya tidak terlalu besar karena bukan dari aliran sungai, melainkan dari sumber mata air.

Memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan kedalaman air di sekitar jatuhan air terjun sekitar 8 meter.

Sebenarnya sudah banyak warga dan traveler yang mengetahui keberadaannya dan sudah mengunjunginya. Namun baru sejak awal tahun 2019 dikelola oleh desa.

Posisinya cukup terlindungi oleh dinding bebatuan di kiri kanannya. Kalau suka fotografi lanskap, hasil fotomu bisa menjadi indah.

Curug Kaliurip berada di Desa Kaliurip, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

5. Goa Seplawan

Goa Seplawan - @maspeot
Goa Seplawa. (Foto: IG @maspeot)

Wisata alam bukan hanya air terjun, pantai, hutan, saja. Sesekali kita bisa mencoba berwisata goa.

Saat berada di Purworejo, kamu bisa rencanakan dan siapkan waktu untuk berkunjung ke Pegunungan Menoreh dan masuk ke perut bumi dan menikmati panorama yang luar biasa keren di Goa Seplawan.

Di goa ini pernah ditemukan patung emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati, yang menjadikan destinasi wisata di Purworejo ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Terlepas dari itu, panorama bawah tanahnya memang luar biasa.

Goa Seplawan sudah pernah direnovasi dan sudah dilengkapi dengan jalur bertangga dan lampu agar di dalam terang. Namun bukan berarti kesan alaminya hilang.

Saat berada didalamnya kamu bisa menikmati keindahan bebatuan stalaktit dan stalakmit yang masih aktif.

Panjang goa sekitar 750 meter dan merupakan jalur buntu. Didalamnya ada beberapa cabang, namun ditutup karena pertimbangan keselamatan. Jalur tersebut berupa goa vertikal, jurang, dan juga ada yang berlumpur.

Kamu juga bisa melihat relief yang menyerupai sirip hiu. Para ahli/arkeolog belum bisa memecahkan misteri dibalik cerita relief tersebut.

Goa Seplawan berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Buka setiap hari pukul 08.00 – 16.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Goa Seplawan

Weekdays: Rp. 3.000
Weekend: Rp. 4.000

6. Curug Lumbung

Curug Lumbung - tempat wisata di purworejo - @heru.gundul
Curug Lumbung. (Foto: IG @heru.gundul)

Wisata Purworejo memang tidak seterkenal daerah lain. Namun ternyata potensinya benar-benar sangat menawan. Salah satu potensi wisata alamnya adalah Curug Lumbung.

Aliran sungai dan air terjunnya memiliki keindahan alami yang sangat memesona. Sebuah proses alam selama ratusan tahun yang menghasilkan bentukan alam yang unik.

Tidak seperti air terjun lain yang lokasinya di ketinggian pegunungan. Curug Lumbung posisinya di sebuah kali yang berada di bawah area persawahan.

Keindahan curug ini ada pada dinding-dindingnya yang terukir alami, sehingga menjadiikon destinasi wisata ini.

Banyak traveler yang datang untuk melihat dan berfoto-foto di dinding sungai yang memiliki ornamen khas tersebut. Kamu juga bisa memasuki sungai dan foto-foto/swafoto di dalam bagian sungai.

Waktu terbaik datang ke Curug Lumbung adalah saat musim kemarau, karena airnya jernih dan debit airnya tidak terlalu besar. Di saat musim hujan air akan bewarna kecoklatan.

Curug Lumbung berada di Karang Sari, Bener, Kabupaten Purworejo.

Lihat lokasinya di Google Map: Curug Lumbung

7. Wisata Bukit Sikepel

Wisata Bukit Sikepel - @sinta1584_____
Wisata Bukit Sikepel. (Foto: IG @sinta1584_____)

Dari Kota Purworejo kearah Magelang, kamu bisa mampir di Wisata Bukit Sikepel. Bukit Sikepel menyajikan keindahan hutan pinus dan udara yang segar. Bikin badan dan pikiran menjadi fresh.

Sebelum sampai di lokasi saja, kita sudah terhibur oleh rimbunya hutan pinus di kiri jalan. Suasana pedesaan disekitarnya juga asri dan sejuk. Jalanannya bagus, sedikit naik turun.

Sama seperti wisata hutan pinus di daerah lain, disini tersedia banyak spot foto kekinian berupa ornamen-ornamen dari bambu, bola-bola, caping, dan lainnya.

Bagi yang suka dengan yang alami, tetap bisa berfoto-foto tanpa ada ornamen tambahan di antara pepohonan pinus.

Selain itu, tersedia juga arena bermain anak, yang menjadikan tempat wisata ini pas untuk wisata keluarga.

Kunjungi Bukit Sikepel di Kembang Kidul, Jati, Bener, Kabupaten Purworejo.

8. Puncak Khayangan Sigendol

Puncak Khayangan Sigendol - @ndoskii
Puncak Khayangan Sigendol. (Foto: IG @ndoskii)

Wisata bukit di Purworejo yang hits adalah Puncak Khayangan. Menawarkan beberapa spot kece kekinian yang berada di bukit desa.
Disini kamu akan disuguhi pemandangan alam yang sangat memesona. Makanya karena keindahannya inilah dinamakan Puncak Khayangan.

Bagi kamu yang suka dengan suasana tenang, sepi, dan sejuk, maka Puncak Khayangan sangat cocok untukmu.

Kamu bisa menikmati hamparan bebukitan dari Puncak Khayangan Segendol. Nikmati pesona lembah yang hijau, serta hawa sejuk khas pegunungan.

Puncak Khayangan Sigendol dibuka sekitar bulan September 2017. Sejak itu, banyak pengunjung yang datang setiap hari dan lebih ramai saat akhir pekan.

Puncak Khayangan Sigendol berada di Giyombong, Bruno, Kabupaten Purworejo.

Harga Tiket Masuk Puncak Khayangan Sigendol

Tiket masuk: Rp 5.000
Parkir: Rp 2.000

9. Kedung Gulo

Kedung Gulo - @vaiiahmad
Kedung Gulo. (Foto: IG @vaiiahmad)

Ini adalah wisata embung yang berada di Desa Kalitapas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Posisinya berada di bawah hutan pinus yang dikelola oleh Perhutani. Persero.

Suasana di Kedung Gulo sangat asri, hijau, tenang, dan menyegarkan. Bisa membuat traveler yang datang betah berlama-lama disana.

Kedung Gulo merupakan wisata sungai pegunungan yang mempunyai embung atau kedung cukup luas dengan air yang sangat jernih. Lokasinya di pelosok dan belum dijadikan kawasan wisata resmi, namun keindahan yang disajikannya sangat menakjubkan.

Di atas kedung gulo juga terdapat kedung kecil yang tak kalah indah. Kedalamannya bervariasi dengan air yang jernih.

Kamu bisa duduk-duduk menikmati fenomena alam berupa kedung yang unik, bisa berendam, atau lompat kedalam kedung.

Untuk bisa mencapai Kedung Gulo sebaiknya menggunakan motor saja untuk lebih lancarnya. Setelah menitipkan motor di salah satu rumah warga, kita harus berjalan kaki sekitar 15 menit.

10. Curug Muncar

Curug Muncar - @azis_javanica
Curug Muncar. (Foto: IG @azis_javanica)

Ada banyak curug/air terjun di Purworejo. Selain yang sudah disebut diatas, kamu bisa berkunjungk ke Curug Muncar yang indah.

Memang untuk menuju air terjun ini kita harus trekking. Namun rasa lelah berjalan akan hilang setibanya di lokasi air terjun. Karena suasana disekitarnya begitu asri, hijau, sejuk, dan indah.

Kita bisa mandi-mandi di air terjun yang berada di ketinggian 900 meter dpl ini. Karena debit airnya tidak terlalu deras dan aliran airnya bisa membuat kamu merasa nyaman untuk sekedar berendam.

Curug Muncar terlihat indah dengan dinding air terjun yang lebar di sisi kanan kirinya. Ditambah memiliki ketinggian sekitar 90an meter, membuatnya terlihat megah.

Curug Muncar berada di Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Wisata Purworejo yang Menawan

Demikianlah beberapa tempat wisata di Purworejo Jawa Tengah yang menawan. Bisa kamu jadikan referensi destinasi yang didatangi saat liburan.

Masih banyak lagi sebenarnya yang tidak masuk di dalam list di atas. Namun paling tidak 10 destinasi diatas bisa menjadi acuan awal agar kamu bisa lebih mengenal wisata Purworejo.

Selamat berlibur dan menikmati wisata Purworejo yang menawan hati.

Mari berbagi