10 Tempat Wisata di Temanggung Ini Keren Banget

Wisata Temanggung – Kabupatèn Temanggung adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dengan ibukotanya di kota Temanggung. Mungkin para traveler hanya mengetahui Temanggung sebagai penghasil terbakau terbaik.

Namun nyatanya Temanggung juga punya tempat wisata yang tak kalah indahnya. Ada wisata alam, sejarah, edukasi yang menarik.

Ya, Temanggung memiliki wisata air terjun, situs purbakala, wisata pendakian gunung, wisata bukit yang lagi ngetrend di kalangan anak muda. Udaranya yang sejuk tentu bisa juga menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Daftar Isi:

Posisi Temanggung ada di sebelah utara Magelang. Berbatasan dengan Kabupaten Kendal di utara, Kabupaten Magelang di selatan, Kabupaten Semarang di timur, dan Kabupaten Wonosobo di barat.

Berada di kaki Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Bahkan dari Temanggung juga bisa melihat Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

“Temanggung punya sejuta pesona alam yang menakjubkan. Kotanya menawarkan empat gunung dalam satu area. Sangat recommended sebagai #PesonaMudik2019,” tutur Menpar, Arief Yahya, pada hari Jumat (17/5) lalu.

Baca juga:
* Jalan-jalan ke Kota Solo Yuk!
* 10 Destinasi Wisata Purwokerto yang Lagi Hits 2019

Daftar Tempat Wisata di Temanggung

Apa kamu ada yang tertarik datang ke Temanggung? Artikel ini RamahTraveler himpun dari berbagai sumber; termasuk rilis berita dan artikel-artikel lain yang review beberapa tempat wisata di Temanggung.

Kalau belum da rencana dan belum tahu mau kemana selama di Temanggung, bisa kunjungi tempat-tempat di bawah ini.

Destinasi wisata di Temanggung ini tersebar di berbagai tempat. Review singkat parwisata Temanggung ini semoga bisa menjadi rujukanmu dalam menghabiskan waktu liburan.

1. Monumen Meteorit Wonotirto

Monumen Meteorit Wonotirto - @wongcrewchild
Monumen Meteorit Wonotirto. (Foto: IG @wongcrewchild)

Temanggung ternyata memiliki monumen yang sangat jarang dimiliki oleh daerah lain di Indonesia. Obyek wisata yang satu ini adalah Monumen Meteorit yang berada Desa Wonotirto, Kecamatan Bulu.

Ceritanya, ada meteor yang jatuh di desa Wonotirto pada tanggal 11 Mei 2011. Peritiwa tersebut tentu saja menjadi hal tak terlupakan bagi para petani dan warga desa. Suara gemuruh dan menggelegar terdengar saat meteor jatuh di ladang warga.

Untuk mengenang kejadian tersebut, dibangunlah Monumen Meteorit Wonotirto. Selain untuk mengenang peritiwa mengejutkan tersebut, juga bisa berfungsi sebagai wisata edukasi.

Monumennya dibuat berdasarkan replika pecahan meteorit yang jatuh. Dikelilingi anak tangga, monumen yang berwarna sedikit perak tersebut tegak berdiri.

Di Komplek Monumen Meteorit Wonotirto juga dibuat pondok-pondok kecil. Ada bangku-bangku dan meja taman. Sangat cozy karena slotnya dikelilingi pepohonan rindang. Udara di lokasi monumen terasa sangat sejuk.

2. Situs Purbakala Liyangan

Situs Purbakala Liyangan - @ahmadfuadhariri
Situs Purbakala Liyangan. (Foto: IG @ahmadfuadhariri)

Masih banyak misteri yang belum terpecahkan oleh para ahli di situs purbakala Liyangan di lereng Gunung Sindoro.

Menurut para ahli purbakala, situs Liyangan bukan sekedar peninggalan candi dan susunan bebatuan belaka. Diperkirakan terdapat peradaban yang pernah hidup di area situs ini.

Ditemukan pada tahun 2008 oleh penambang pasir di desa Purbosari, lokasi Situs Liyangan berada di ketinggian sekitar 1400 mdpl. Di sekitar candi ditemukan juga bekas bangunan rumah, menandakan adanya pemukiman di area ini pada masa lalu.

Penemuan Situs Purbakala Liyangan, menguatkan hipotesis bahwa deretan pegunungan Merapi, Sindoro, Sumbing, dan Dieng adalah semacam poros berkembangnya kawasan Mataram Kuno. Daerah di Jawa Tengah ini diyakini mulai berkembang menjadi pusat budaya klasik pada awal abad 7-10 Masehi.

Lokasinya Situs Purbakala Liyangan berada di kawasan permukiman lereng timur Gunung Sundoro. Tepatnya di Dusun Liyangan, Desa Purbasari, Kecamatan Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah. Sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Temanggung.

3. Umbul Jumprit

Umbul Jumprit - mata air suci nusantara - @adiahmad416
Umbul Jumprit – mata air suci nusantara. (Foto: IG @adiahmad416)

Ini adalah tempat wisata mata air bersejarah. Lokasinya di Kec. Ngadirejo. Destinasi ini menyuguhkan pemandangan pohon-pohon yang rimbun. Tak heran betapa sejuknya udara di Wana wisata dan Umbul Jumprit.

Mata airnya dianggap suci. Sumber mata airnya digunakan untuk upacara adat. Lingkungan yang terjaga baik, menjadi rumah yang nyaman untuk sekoloni kera liar.

Yang menarik, menurut ceritanya mata air Umbul Jumprit tidak pernah kering walaupun di saat musim kemarau. Mata airnya berada di bawah sebuah gua dan dinaungi pohon besar yang teduh.

Mata air ini oleh banyak orang yang meyakininya, dikaitkan dengan legenda Ki Jumprit yaitu seorang ahli nujum Kerajaan Majapahit yang tertulis dalam Serat Centhini.

Lokasi ini disebut sebagai tempat petilasan Ki Jumprit, yang konon juga dipercaya sebagai salah satu putera Prabu Brawijaya. Ia meninggalkan kraton untuk bertapa dengan ditemani seekor monyet bernama Ki Dipo.

Dulu, hanya kalangan tertentu saja yang mengetahui keberadaan Umbul Jumprit. Mulai awal 1980-an, Umbul Jumprit mulai banyak diketahui dan ramai dikunjungi peziarah yang ingin mengunjungi makam Ki Jumprit.

Dan mereka bermeditasi dan berendam di mata air Umbul Jumprit pada hari-hari terntentu.

4. Bukit Wagir Bawang

Bukit Wagir Bawang - @kkn.simpar2k18
Bukit Wagir Bawang. (Foto: IG @kkn.simpar2k18)

Wisata Bukit Wagir di Simpar Temanggung Jawa Tengah, memiliki spot wisata yang sangat menarik. Pesona keindahan sunrise dan sunset dengan latar belakang pegunungan, akan menambah daya tarik Bukit Wagir.

Tempat ini ditunjang dengan berbagai fasilitas. Mulai dari area parkir, tempat makan, toilet dan tempat istirahat, semua ada. Dijamin nyaman jika Anda berkunjung.

5. Bukit Kembang Arum

Bukit Kembang Arum - tempat wisata di Temanggung - @cahkene_08
Bukit Kembang Arum. (Foto: IG @cahkene_08)

Objek Wisata alam ini sangat keren. Kita bisa menikmati udara segar pegunungan. Juga menikmati pemandangan super indah.

Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu, bisa dilihat dari gardu pandang. Di puncak bukit akan terlihat panorama kabupaten Kendal.

Sedangkan untuk beristirahat wisatawan disediakan gazebo. Sambil bersantai dapat menikmati keindahan Bukit Kembang Arum.

6. Curug Surodipo

Curug Surodipo - Curug Trocoh - destinasi wisata Temanggung Jawa Tengah - @mustofanajib
Curug Surodipo atau Curug Trocoh, destinasi wisata air terjun yang indah di Temanggung Jawa Tengah. (Foto: IG @mustofanajib)

Kondisi alam pegunungan dan bebukitan memberikan keuntungan tersendiri bagi Kabupaten penghasil tembakau ini. Salah satunya adalah menghasilkan fenomena alam berupa air terjun yang indah.

Curug Surodipo atau air terjun Surodipo mempunyai tinggi 120 meter. Dasar sungainya berbatu. Curug Surodipo bukanlah air terjun tunggal, namun Curug Surodipo mempunyai 5 tingkat air terjun.

Curug Surodipo diapit dua tebing terjal. Oleh karena itu, Curug Surodipo seperti tersembunyi di balik dua tembok besar yang kehijau-hijauan.

Udara yang segar serta air yang jernih, menjadi salah satu daya tarik utama dari Curug ini. Bahkan jika datang ke sini saat pagi hari, percikan air yang terkena sinar matahari akan membiaskan warna pelangi yang indah.

Curug surodipo Wonoboyo Temanggung - @anangmaulanamb
Curug Surodipo. (Foto: IG @anangmaulanamb)

Sebelumnya air terjun ini bernama Curug Trocoh. Pemerintah Kabupaten Temanggung lalu mengubah namanya menjadi Curug Surodipo, untuk mengenang sejarah Ki Surodipo, keturunan ke-7 Untung Suropati, sekaligus keturunan ke-8 Adipati Trunojoyo.

Tentu saja tidak sembarangan mengganti nama, tapi sudah berdasar beberapa bukti sejarah dan cerita tutur dari para keturunannya yang beredar di aneka macam loka.

Ada dugaan kuat bahwa Surodipo menghabiskan akhir hayatnya di lokasi Gunung Prahu Kabupaten Temanggung. Disitu Ki Surodipo mendirikan pesantren.

7. Lembah Posong

Lembah Posong - Temanggung Jawa Tengah - @pendek_adv
Lembah Posong. (Foto: IG @pendek_adv)

Bagi kamu yang terbiasa dengan kehidupan di kota besar, sesekali bisa coba menikmati suasana matahari terbit yang indah. menyaksikan detik-detik matahari terbit bisa memberikan sensasi tersendiri dan akan menjadi kenangan indah.

Salah satu tempat terbaik untuk melihat terbitnya matahari adalah di kawasan Wisata Alam Posong di Desa Tlahap, Kledung, Temanggung. “Golden Sunrise” disini sudah tersohor dan selalu menjadi incaran traveler Jawa Tengah dan daerah lain.

Lokasi wisata Posong Temanggung berada di antara apitan dua gunung kembar, Wisata Alam Lembah Posong paling memesona di Jawa Tengah.

Sebelum matahari terbit, lebih dulu nampak bayangan Gunung Sumbing yang berada di sisi timur Gardu Pandang Posong. Perpaduan siluet Gunung Sumbing dan cakrawala yang bewarna merah/kuning/jingga, semakin mempercantik langit di latarnya.

Di sisi barat ada Gunung Sindoro yang menjulang gagah. Kita bisa melihat dengan jelas lerengnya yang bewarna hijau sampai ke puncak.

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing adalah 2 gunung ikonik di Temanggung. Membuat Wisata Alam Posong yang berada di antaranya menadi istimewa juga.

8. Embung Kledung

Embung Kledung - tempat wisata di Temanggung Jawa Tengah - @septea_chan
Embung Kledung. (Foto: IG @septea_chan)

Tempat wisata di Temanggung yang ini menawarkan panorama alam yang indah menawan. Kamu akan tepikat dengan pemandangan alam indah, latar depan Embung Kledung dan latar belakang Gunung Sindoro yang megah.

Embung Kledung aslinya adalah sebuah waduk kecil sebagai tempat penampungan air. Berfungsi sebagai sumber air bagi warga sekitar di saat musim kemarau.

Karena pemandangannya yang indah luar biasa, akhirnya tempat ini menjadi destinasi wisata di Temanggung. Bahkan ada yang bilang, pemadangannya mirip-mirip dengan pemadangan ala Gunung Fujiyama 😀

Udaranya sejuk, akan membuat kamu betah berada disini. Merasakan udara segar khas pengunungan yang sangat jarang bisa kamu rasakan.

Embung Kledung - tempat wisata di temanggung -  @nrryan21
Embung Kledung. (Foto: IG @nrryan21)

Kalau momennya pas, kamu bisa mendapatkan foto indah dengan warna-warni menakjubkan.

Alamat:
Jalan Raya Parakan-Wonosobo, Area Sawah, Tlahap, Kledung, Temanggung.

Harga Tiket Masuk Embung Kledung

Tiket masuk: Rp. 4.000

Parkir motor: Rp. 2.000
Parkir mobil: Rp. 5.000 – 7.000.

9. Desa Wisata Gunung Payung

Desa Wisata Gunung Payung - perpus.jatengprov. go. id
Desa Wisata Gunung Payung. (Sumber: perpus.jatengprov.go.id)

Tempat wisata di Temanggung yang ini adalah wisata yang berbasis pada edukasi alam dan budaya. Desa Wisata Gunungpayung menawarkan atraksi wisata berupa cara bertani kopi, padi dan palawija, merawat ternak, mengenal budaya kenduri.

Juga ada belajar tari kuda lumping, bermain egrang dan permainan tradisional lainnya, hidup di lingkungan masyarakat lokal dan menjaga alam ciptaanNya.

Ada bonus Lutut river tubing, menyusuri sungai selama 2 jam, yang menjadi wisata pendukung desa wisata ini.

Lokasi Desa Wisata Gunung Payung berada disisi utara Kabupaten Temanggung yaitu di Kecamatan Candiroto. Tersedia 40 Homestay siap huni yang dapat kamu gunakan kalau ingin menginap.

Persona wisata dengan sejuta keindahan alam pegunungan dan suasana pedesaan. Menjadi daya tarik untuk wisatawan berkunjung.(*)

10. Curug Merak

Curug Merak - Candiroto - Temanggung - @lilisnurrohman
Curug Merak. )Foto: IG @lilisnurrohman)

Satu lagi wisata air terjun yang ada di Temanggung yang memesona. Cocok bagi kamu yang suka berpetualang ke tempat yang jarang dikunjungi wisatawan. Karena Curug Merak masih jarang yang mengetahui dan mendatanginya.

Suasananya asri dan masih sepi, bakal disukai traveler yang memang sengaja mencari ketenangan di alam terbuka.

Untuk mencapai Curug Merak, kamu harus berjalan sekitar 500 meter dari tempat penitipan kendaraan. Lelahmu akan terbayar dengan keasrian dan keindahan air terjun yang airnya segar.

Jauh dan sulitnya perjalanan yang harus dilalui akan terbayarkan begitu sampai ke curug. Untuk sampai ke sana, para pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 500 meter dari tempat penitipan kendaraan bermotor melalui jalan setapak.

Penasaran dan ingin berkunjung ke Curug Merak?

Buka lokasinya di Google Map: Curug Merak

11. Curug Guwong

Curug guwong - Candiroto - Temanggung - @itsme_donald
Curug guwong – Candiroto, (Foto: IG @itsme_donald)

12. Curug Lawe Munca

Curug Lawe Muncar - Gemawang - Temanggung - @m.nurkhamim
Curug Lawe Muncar – Gemawang. (Foto: IG @m.nurkhamim)

13. Curug Thitang

Curug thitang - Temanggung - @imamlllb
Curug Thitang. (Foto: IG @imamlllb)

Baca juga:
* Jalan-jalan ke Kota Solo Yuk!
* 10 Destinasi Wisata Purwokerto yang Lagi Hits 2019

Destinasi Wisata Temanggung OK Kan?

Nah, demikian lah beberapa tempat wisata di Temanggung yang bisa kamu kunjungi. Ada yang cocok dan sesuai dengan keiingannmu untuk didatangi?

Kamu bisa ke Monumen Meteorit Wonotirto dan Situs Purbakala Liyangan, kalau suka dengan sejarah dan ilmu pengetahuan.

Bisa ke Curug Surodipo dan Curug Merak kalau suka dengan berwisata ke destinasi yang sepi dan indah.

Atau ke Bukit Kembang Arum dan Lembah Posong kalau suka menikmati suasana pegunungan yang sejuk dan menyaksikan matahari terbit.

Yang jelas, Temanggung juga menyimpan potensi wisata yang sangat layak buat didatangi oleh para traveler.

Semoga informasi wisata Temanggung hasil dari menyadur berbagai sumber ini bisa menjadi rujukanmu dalam menentukan pilihan berlibur.

Selamat menikmati wisata Temanggung Jawa Tengah.

Mari berbagi