Lihat Foto Wisata Wonosobo Ini, Segar dan Memukau!

Wisata Wonosobo – Wonosobo adalah salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali keindahan alam. Menawarkan wisata alam, wisata petualangan. Bahkan wisata kuliner Wonosobo pun tidak kalah menawannya.

Tempat wisata di Wonosobo Jawa Tengah lumayan beragam. Traveler yang suka berwisata di alam tidak akan kehabisan ide tempat yang bisa dikunjungi. Ada wisata air terjun, wisata gunung, wisata telaga, agrowisata.

Daftar Isi:

Ibukota Kabupaten Wonosobo adalah Wonosobo. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Temanggung di timur. Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat. Lalu Kabupaten Kendal dan Kabupaten Batang di utara, serta Kabupaten Purworejo di selatan.

Baca juga:
* Kunjungi 12 Tempat Wisata di Banjarnegara Ini, Liburan Jadi Seru!

Daftar Tempat Wisata di Wonosobo

Wilayahnya didominasi pegunungan. Mulai dari dataran tinggi Dieng hingga wilayah Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Banyak yang bilang kalau view sunrise dan sunset di Wonosobo itu luar biasa.

Bahkan Menteri Pariwisata Arief Yahya, pada Sabtu (1/6/2019), bilang wilayah Wonosobo ini seperti surga. Setiap sudutnya indah. Bagi traveler yang suka wisata petualangan, maka Wonosobo tempatnya. Adrenalin pasti terpuaskan. Walau berada di alam bebas, tapi semuanya sangat aman.

Berikut ini 10 Destinasi yang di Wonosobo dan bisa kalian kunjungi.

1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng - Dieng Kulon - wisata banjarnegara - Pratama Widodo
Dataran Tinggi Dieng. (Foto: Pratama Widodo)

Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanik aktif yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, di Jawa Tengah. Ketinggian rata-ratanya sekitar 2.000 meter dpl.

Kalau kamu berkunjung di siang hari, akan merasakan suhu yang berkisar 12-20 derajat celcius. Sedangkan malam hari suhunya antara 6-10 derajat celcius. Di musim kemarau (bulan Juli dan Agustus), suhu udara bisa turun sampai 0 derajat celcius di pagi.

Saat kemarau tersebut sering muncul embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”), karena membuat tanaman pertanian rusak.

2. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng - tempat wisata di Wonosobo - @iamvjpremo
Telaga Warna Dieng – Rekomendasi tempat wisata di Wonosobo. (Foto: IG @iamvjpremo)

Salah satu andalan tempat wisata di Wonosobo adalah Telaga Warna Dieng. Ada fenomena alam menarik yaitu sering berubahnya warna air di telaga ini. Sehingga dinamakan dengan Telaga Warna.

Kalau kamu kemari, mungkin saja warna telaganya hijau dan kuning, atau bisa jadi bewarna-warni. Fenomena tersebut terjadi karena adanya kandungan sulfur yang cukup tinggi di Telaga Warna Dieng. Sehingga saat terkena sinar matahari, warna yang terlihat oleh mata kita bisa bewarna-warni.

Telaga Warna Dieng berada di ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut. Kalau mau sedikit capek, kamu bisa menaiki salah satu bukit. Memandang dan memotret telaga warna dari atas bukit akan memberikan nuansa keindahan tersendiri.

Di sekitar telaga warna ini ada beberapa gua yang sering dijadikan sebagai tempat meditasi. Seperti Gua Semar, Gua Sumur Eyang Kumalasari, dan Gua Jaran Resi Kendaliseto.

Harga Tiket Masuk Telaga Warna

Tiket masuk Telaga Warna sudah satu paket dengan Telaga Pengilon: Rp. 10.000

3. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon Dieng - @ardila_ds
Telaga Pengilon. (Foto: IG @ardila_ds)

Berjajaran dengan Telaga Warna, terdapat Telaga Pengilon, yang berlokasi di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Dari kawasan wisata Candi Dieng, berjarak sekitar 1 kilometer.

Kalau Telaga Warna bisa berubah-ubah warna, Telaga Pengilon memiliki air yang sangat jernih sebening kaca. Oleh karenanya oleh warga sekitar telaga ini diberi nama Telaga Pengilon. Pengilon merupakan bahasa jawa yang mempunyai arti tempat berkaca/kaca.

Ada mitos Telaga Pengilon yang diyakini warga sekitar dan sangat menarik untuk kamu ketahui. Kalau kamu berkaca di air telaga ini dan bayangan yang muncul dalam air menampakkan wajah yang enak dipandang, maka kamu memiliki hati yang bersih.

Dan sebaliknya, kalau kamu melihat bayangan wajah yang tidak enak dipandang, maka hati kamu belum sepenuhnya bersih.

Bukan warga sekitar saja yang percaya dengan mitos ini, banyak juga wisatawan yang memercayainya. Dan mitos tersebut membuat telaga pengilon menjadi semakin menarik saja untuk didatangi.

Harga Tiket Masuk Telaga Pengilon

Tiket masuk telaga Pengilon sudah satu paket dengan Telaga Warna: Rp. 10.000

4. Telaga Cebong

Telaga Cebong - @drjo_78
Telaga Cebong. (Foto: IG @drjo_78)

Saat ke Dataran Tinggi Dieng, kamu bisa sekalian mampir di telaga vulkanik, bernama Telaga Cebong. Telaga yang istimewa ini terbentuk dari letusan Gunung Prau Purba ribuan tahun yang lalu.

Dulunya telaga ini memiliki luas sekitar 18 hektar, namun lama kelamaan mengecil dan saat ini hanya seluas sekitar 12 hektar.

Kalau kamu datang pagi hari, bisa melihat air telaga cebong tampak berkilau dari kejauhan. Hal ini bisa menjadi daya tarik untuk diabadikan dengan kameramu. Telaga Cebong juga berfungsi untuk mengairi ladang petani di sekitarnya.

Beberapa traveler menjadikannya spot foto cantik untuk menikmati pemandangan sunrise di Dieng.

Dilihat dari sisi manapun, pesona Danau Cebong tetap indah. Apalagi dikelilingi beberapa bukit yang menambah keindahan telaga.
Berada di desa tertinggi di Pulau Jawa, yaitu desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Dan mungkin karena bentuknya yang menyerupai cebong/berudu, akhirnya dinamakan telaga cebong.

5. Air Terjun Sikarim

Air Terjun Sikarim - @salma.naa_
Air Terjun Sikarim. (Foto: IG @salma.naa_)

Air terjun Sikarim berasal dari air limpahan Telaga Cebong. Di saat debit airnya cukup besar, kita akan melihat bukan hanya satu air terjun saja disini. Dikelilingi oleh hutan pakis yang masih tampak sangat alami.

Dari kejauhan kita sudah bisa melihat indahnya Air Terjun Sikarim. Terlihat aliran airnya terbagi menjadi 2 aliran. Kalau belum puas memandang dari kejauhan, kamu bisa mendekat melalui jalan setapak.

Saat semakin dekat, kita akan terhibur dengan suara air yang jatuh dari ketinggian. Suasana sekitar yang alami, sejuk, dan hijuan, juga akan semakin menghiburmu. Apalagi kalau kamu memang suka trekking di alam.

Asik sekali duduk-duduk di sekitar air terjun sambil menikmati udara sejuk yang menyelimuti area ini.

Air Terjun Si Karim berada di Desa Mlandi, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Lihat lokasinya di Google Map: Air Terjun Sikarim

6. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir - tempat wisata di wonosobo - sikunirdienghomestaycom
Bukit Sikunir – tempat wisata di Wonosobo yang recommended banget. (Foto: sikunirdienghomestay.com)

Traveling ke Dataran Tinggi Dieng atau Dieng Plateau akan semakin lengkap dengan mengunjungi Bukit Sikunir Dieng. Banyak yang datang kemari karena ingin melihat keindahan atmosfir sunrise dari Puncak Sikunir.

Puncak Bukit Sikunir bahkan disebut-sebut sebagai spot foto di Wonosobo (spot foto di Dieng) dan bahkan spot sunrise terindah dan terbaik se-Asia Tenggara.

Sunrises di Bukit Sikunir - Wikipedia- Hadiwibowo
Sunrises di Bukit Sikunir. (Sumber Foto: Wikipedia/Hadiwibowo)

Di sini kamu bisa menikmati Golden Sunrise yang menyinari gunung-gunung tinggi yang berselimut kabut.

Dari Puncak Sikunir, kamu bisa memandang puncak Gunung Sindoro, Gunung Kembang dan Gunung Sumbing. Juga bisa melihat puncak Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Gunung Ungaran.

Pemandangan persawahan dan perkebunan di sekitar Bukit Sikunir juga sangat indah. Kehidupan sehari-hari warga sekitar di pagi hari juga bisa kamu lihat. Semuanya akan mengingatkan kita akan kebesaran Sang Pencipta.

Baca juga:
* 10 Tempat Wisata di Temanggung Ini Keren Banget

7. Wana Wisata Petak 9 Dieng

Wana Wisata Petak 9 Dieng - @rifai_zebi
Wana Wisata Petak 9 Dieng. Lokasi yang cocok untuk memandang Telaga Warna dan Pengilon. (Foto: IG @rifai_zebi)

Berada di Dataran Tinggi Dieng dan jalan bersama guide lokal, biasanya akan ditunjukkan spot foto eksotis. Salah satunya, kamu akan diajak ke Wana Wisata Petak 9 Dieng untuk melihat keindahan alam yang memesona dari ketinggian.

Wana Wisata Petak 9 Dieng adalah satu spot foto favorit traveler di Bukit Sidengkeng untuk melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon secara utuh.

Saat berada di puncak Bukit Sidengkeng ini kamu bisa menikmati keindahan warna-warni permukaan Telaga Warna yang berkilau saat disinari matahari. View ini terlihat dengan jelas, tanpa terhalang oleh pemukiman penduduk atau pepohonan yang rindang.

Lokasi Wana Wisata Petak 9 Bukit Sidengkeng Dieng berada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.

8. Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin - @natassyajo
Kita juga bisa melihat Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari Batu Ratapan Angin. (Foto: IG @natassyajo)

Selagi di kawasan wisata Dieng, jangan kelewatan buat mampir di Batu Ratapan Angin. Disebut juga dengan Batu Pandang Telaga Warna atau Batu Pandang Dieng.

Salah satu tempat wisata di Wonosobo Jawa Tengah ini adalah dua buah batu yang bertumpuk di atas sebuah bukit di area Telaga Warna Dieng.

Mungkin kamu penasaran ya kenapa diberi nama batu ratapan. Untuk mendapat jawabannya, datang saja langsung ke obyek wisata ini. Saat kamu berdiri disini, kamu akan mendengar suara hembusan angin.

Suaranya unik, dihasilkan dari angin yang mengenai dan melewati pepohonan dan semak belukar. Karena suara hembusan angin unik inilah warga menyebutnya batu ratapan angin.

Berada di Batu Ratapan Angin, kamu bisa melihat keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dengan latar belakang pegunungan dan bebukitan.

Pemandangan indah dari ketinggian dan udara sejuk pegunungan, akan membuat pikiran kita juga jadi tenang dan damai.

Harga Tiket Masuk Batu Ratapan Angin

Tiket masuk: Rp. 10.000

Lihat lokasinya di Google Map: Batu Pandang Ratapan Angin

9. Air Terjun Curug Winong

Air Terjun Curug Winong - @_andani13
Air Terjun Curug Winong. (Foto: IG @_andani13)

Wonosobo memang tidak pernah kehabisan bahan dalam menyuguhkan wisata alam yang indah. Air terjun yang dikenal dengan Curug Winong ini adalah salah satu buktinya.

Memang belum banyak yang mengetahui nama dan keberadaan Air Terjun/Curug Winong ini. Namun keindahaannya sudah banyak traveler yang mengakuinya.

Air terjunnya tidak langsung jatuh dari atas tebing, melainkan mengalir mengikuti lekuk tebing. Tingginya sekitar 50 meter dan banyak bebatuan besar disekitar.

Dari tempat parkir kendaraan, kamu harus berjalan sejauh sekitar 500 meter. Sepanjang perjalanan sudah disuguhi dengan panorama khas pegunungan Wonosobo.

Air Terjun Winong / Curug Winong berada sekitar 18 kilometer sebelah selatan Kota Wonosobo. Tepatnya di Dusun Temanggung, Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Wonosobo.

10. Agrowisata Tambi

Agrowisata Tambi - Agrowisata Kebun Teh Tambi Wonosobo - @suatman6276
Agrowisata Kebun Teh Tambi Wonosobo – (Foto: IG @suatman6276)

Ingin merasakan segar dan sejuknya udara pegunungan?Langsung saja meluncur ke Agrowisata Tambi. Agrowisata ini berada di Garung atau rute terbaik menuju Dataran tinggi Dieng.

Dengan hamparan perkebunan teh, area ini memiliki udara segar dan sangat menentramkan. Suhu rata-rata di wilayah ini berkisar 15-24 derajat celsius. Destinasi ini pun ideal untuk melepas penat para pemudik.

Selain hamparan perkebunan, di sini juga terdapat destinasi wisata industri teh. Pemudik bisa datang dan belajar bagaimana proses pembuatan teh yang nikmat.

Fasilitas Agrowisata Tambi sangat lengkap. Ada pondok wisata, kebun dan pabriknya, taman bermain, lapangan tenis, kebun, dan parik teh.

11. Wisata Alam Lubang Sewu

Wisata Alam Lubang Sewu - @dwihastutii
Wisata Alam Lubang Sewu. (Foto: IG @dwihastutii)

Selain wisata gunung dan wisata bukit, kalau sedang berada di Wonosobo kamu juga bisa menikmati suasana waduk Wadaslintang yang indah.

Di tepian danau membentang tebing batu kapur berukuran besar yang terlihat unik. Di tebing ini banyak terdapat lubang-lubang yang juga unik di permukaannya. Dari sinilah warga menyebutnya dengan sebutan Lubang Sewu.

Tidak mengherankan kalau yang banyak datang kemari adalah traveler yang hobinya fotografi atau difoto. Karena bentukan bebatuan dan lubang-lubangnya yang unik dan bagus difoto.

Lubang Sewu waduk Wadaslintang - @lintanghsa
Lubang Sewu di waduk Wadaslintang. (Foto: IG @lintanghsa)

Sebelum kemari, baiknya mencari tahu waktu terbaik untuk datang. Karena di musim hujan, ada kemungkinan air waduk meluap dan membanjiri area Lubang Sewu ini.

Ada yang menginfokan waktu terbaik untuk datang adalah di musim kemarau, sekitar bulan Agustus dan September.

Wisata Alam Lubang Sewu merupakan tepian waduk di Desa Ororejo, Kecamatan Wadaslintang, Wonosobo, Jawa Tengah.

12. Wisata Alam Seroja

Wisata Alam Seroja - @agrozidnamakmur
Wisata Alam Seroja. (Foto: IG @agrozidnamakmur)

Wisata bukit seroja merupakan salah satu tempat wisata di Wonosobo Jawa Tengah yang berada di perbukitan telaga menjer. Dari Bukit Seroja, traveler bisa menikmati keindahan Telaga Menjer dengan latar Gunung Sindoro dan gunung kembang yang menawan.

Selain pemandangan alam, pengelola menyediakan beberapa spot fotoyang menarik. Ada beberapa gardu pandang dengan rupa-rupa bentuk dan ketinggian.

Berada di ketinggian, tentu saja udara disini terasa segar dan sejuk. Banyak wisatawan yang datang, terutama saat akhir pekan di hari Sabtu dan Minggu. Banyak yang datang bersama kawan-kawan dan keluarga.

Sebelum dan sesudah mendatangai bukit seroja, kamu akan melewati telaga menjer. Kamu bisa berhenti sejenak menikmati pemandangan telaga indah dan teresembunyi di Wonosobo ini.

Bukit Seroja berjarak sekitar 8 kilometer dari kota Wonosobo, tepatnya di Desa Maron, Kecamatan Garung. Jalan menuju lokasi ini sudah diaspal mulus, sebagian besar jenis mobil takkan kesulitan untuk mencapainya.

Wisata Alam Wonosobo yang Menawan

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Wonosobo yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Didominasi oleh wisata alam, karena Wonosobo memang dikelilingi oleh pegunungan.

Kamu bisa mendatangi wisata air terjun, menara pandang, telaga, agrowisata kebun teh, dan lainnya. Wisata kulinernya juga bisa kamu coba.

Baca juga:
* Khas dan Enak! Cobain 10 Kuliner Wonosobo Ini

Yang jelas, wisata Wonosobo sangat sayang untuk kamu lewatkan begitu saja.

Ayo kita liburan ke Wonosobo.

Mari berbagi