Melintas di Pansela, Nikmati Wisata Kota Banjar Ini

Wisata Banjar – Kota Banjar, pintu gerbang utama Jawa Barat dan Jawa Tengah, sering dilewati traveler yang melewati jalur pantai selatan (Pansela) Jawa Barat. Sering disebut juga Banjar Patroman (Banjar Pataruman) untuk membedakannya dengan Banjarnegara di Jawa Tengah.

Kota perlintasan ini memiliki potensi wisata yang mumpuni. Memiliki wisata alam, wisata sejarah, dan wisata buatan.

Apalagi saat ini Pariwisata Kota Banjar semakin seru dengan bertambahnya destinasi Waterpark dan Bendung Situ Leutik. Keberadaan kedua obyek wisata ini semakin menambah daya tarik wisata Kota Banjar yang harus kamu coba.

Daftar Isi:

Menteri Pariwisata, Arief Yahya memaparkan, Kota Banjar dengan luas sekitar 113 kilometer persegi merupakan pintu gerbang utama jalur lintas selatan Jawa Barat. Sangat sayang untuk dilewati begitu saja oleh para traveler.

Kota yang dibelah dua oleh Sungai Citanduy ini menyimpan banyak lokasi wisata alam yang masih natural.

Baca juga:
* 12 Tempat Wisata Seru di Ciamis

Tempat Wisata di Banjar Patroman

Bagi pemudik yang lelah dalam menempuh perjalanan, tentunya dapat melipir sejenak menikmati beberapa tempat wisata di Kota Banjar Patroman ini. Kesemua lokasi wisata ini akan mewarnai liburanmu, yang sangat sayang untuk tidak dikunjungi.

Berikut 10 lokasi wisata di Kota Banjar

1. Situ Mustika

Situ Mustika - Wisata Kota Banjar Jawa Barat - @adhesetiady
Situ Mustika. (Foto: IG @adhesetiady)

Wana wisata Situ Mustika adalah tempat wisata populer di Banjar Jawa Barat. Berada di kaki Gunung Pemancar dengan hamparan hutan jati yang hijau dan rimbun, membuat suasananya damai indah dan berudara sejuk.

Keberadaan pulau kecil di tengah Situ Mustika menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan. Pulau kecil tersebut dapat diakses dengan menyeberangi jembatan gantung.

Oh iya, jembatan gantung ini sangat populer sebagai lokasi untuk foto pre-wedding. Yang suka berkeman, bisa juga menjadikan lokasi ini sebagai pilihan camping.

Buka di Google Map: Situ Mustika

2. Situ Leutik

Situ Leutik - Kota Banjar Jabar - fadlyfauzie. wordpress. com
Situ Leutik. (Sumber: fadlyfauzie.wordpress.com)

Pengunjung Situ Leutik dapat memancing ikan sembari menikmati keindahan alam.

Situ Leutik adalah sebuah danau kecil yang sudah ada dari puluhan tahun lalu, namun mulai diubah dan dikembangkan menjadi destinasi wisata sejak tahun 2006.

Banyak warga Banjar yang sering mengunjungi Situ Leutik untuk sekadar olahraga jogging atau memancing.

Wisata Situ Leutik sebenarnya merupakan sebuah bendungan kecil yang berada di antara 2 dusun yakni dusun Pasirnagara dan Dusun Babakan, Desa Cibereum, Kota Banjar.

3. Lembah Pajamben

Foto Lembah Pajamben - wisata Banjar Patroman - @lensa_banjar
Foto Lembah Pajamben. (Foto: IG @lensa_banjar)
Sunrise di Lembah Pajamben - wisata Banjar Patroman Jawa Barat - @lembah_pajamben
Sunrise di Lembah Pajamben. (Foto: IG @lembah_pajamben)

Bagi yang suka dengan wisata bukit dan foto-foto di viewing platform aneka bentuk, Lembah Pejamben bisa menjadi tujuan wisata kamu. Berada di ketinggian bukit, kita bisa berfoto-foto atau swafoto dengan latar belakang lembah yang cantik.

Masyarakat sekitar secara swadaya dan swadana membangun obyek wisata ini untuk menarik wisatawan datang. Selain menyediakan spot foto, juga ada pedagang yang berjualan menyediakan makanan khas Sunda.

Setiap Minggu pagi, pengelola menggelar senam aerobik, pameran hewan-hewan eksotik, dan live music.

Kalau kamu datang sebelum matahari terbit, bisa menikmati keindahan sunrise dari tempat ini.

4. Puncak Pagerbatu

Puncak Pagerbatu - Wisata Kota Banjar - @waragan_rahman
Puncak Pagerbatu. (Foto: IG @waragan_rahman)

Wisata bukit di Banjar Patroman yang berikutnya adalah di Puncak Pagerbatu. Menambah alternatif wisata yang bisa kamu kunjungi saat berwisata di Kota Banjar.

Kemunculan Wisata Puncak Pagerbatu dimulai tahun 2017, mengukuti kesuksesan Lembah Pajamben.

Warga Dusun Pagerbatu, Desa Batulawang, Pataruman, Kota Banjar, juga ikut membuat hal serupa untuk menarik perhatian wisatawan, terutama warga Kota Banjar dari kalangan muda.

Puncak Pagerbatu berada di ketinggian 240 meter dpl. Dari sini panorama Kota Banjar dapat dinikmati.

5. Curug Cibonte

Curug Cibonte - tempat wisata di Banjar Patroman Jawa Barat - @waragan_rahman
Curug Cibonte, salah satu tempat wisata di Banjar Patroman Jawa Barat. (Foto: IG @waragan_rahman)

Bagi sebagian orang, tempat indah yang tenang dan hening adalah destinasi favorit. Menjadi daya tarik wisata tersendiri dibanding dengan destinasi lain yang mendatangkan kerumunan dan keramaian.

Nah, Curug Cibonte setinggi 30 meter ini sangat cocok bagi yang mencari dan suka dengan keindahan alam yang memanjakan mata dan menenangkan pikiran.

Air terjun ini masih termasuk mulai populer di 2017 dan masih sedikit wisatawan yang berkunjung kemari. Masih berasa alami, segar, dan natural.

Lokasi Curug Cibonte tidak jauh dari objek wisata Situ Leutik.

6. Rest Area Banjar Atas

Rest Area Banjar Atas - Wisata Kota Banjar - Jajang Kandar
Rest Area Banjar Atas. (Foto: Jajang Kandar)

Rest Area Banjar Atas bukan hanya berfungsi sebagai tempat peristirahatan biasa. Rest Area yang berada di sisi Jalan Brigjen M. Iasya ini rimbun dengan pepohonan. Beberapa warung di Rest Area ini menjual kuliner khas Banjar.

Juga menjadi sarana rekreasi, kawasan Wisata Alam Rest Area Banjar Atas memberikan suasana ketenangan, sejuk dan nyaman.

Disaat saat libur lebaran/mudik lebaran, Rest Area ini biasanya penuh dengan pengunjung. Menikmati ngin sepoi-sepoi sambil menyantap jajanan yang tersedia di beberapa warungnya.

Lokasinya sangat dekat sekali dengan Wisata Alam Situ Mustika, hanya sekitar 200 meter.

7. Kolam Mandalare

Kolam Mandalare - Wisata Banjar - @heramoet19
Kolam Mandalare. (Foto: IG @heramoet19)

Mandalare mulai ngehits sejak tahun 2016, sebuah kolam alami dengan latar belakang tebing batu yang fotogenik.

Kolam Mandalare berada di sebuah desa di kecamatan Pataruman yang sebagian besar wilayahnya didominasi hutan dan perbukitan Gunung Sawal.

8. Dinding Sumanding

Sebenarnya ini hanyalah dinding biasa yang ditumbuhi dengan tanaman merambat. Tanaman tersebut memenuhi dinding sehingg mendominasi warna hijau. Ada satu pintu kayu, yang membuatnya menjadi fotogenik.

Kamu banyak menemukan spot foto semacam ini di banyak kota. Namun tetap kami masukkan di daftar ini, karena sudah ngehits menjadi spot foto anak muda kota Banjar.

Dinding Sumanding berlokasi di lingkungan Sumanding, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Banjar, Kota Banjar.

9. Curug Panganten

Curug Panganten Kota Banjar - @sotakotak
Curug Panganten. (Foto: IG @sotakotak)

Wisata alam ciamik lainnya di Kota Banjar adalah Curug Panganten. Air terjun ini terletak di Dusun Sukamulya RW 02, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar. Lokasi Curug strategis, yaitu berada di jalur utama ke Pangandaran.

Sama dengan Curug Cibonte, Curug Panganten juga masih natural dengan pemandangan alam hijau. Udara sejuk di sekitar lokasi ini membuat wisatawan betah berada di kawasan tersebut.

10. Alun-alun Kota Banjar Patroman

Alun-alun Kota Banjar Patroman - @bayue.setiana
Alun-alun Kota Banjar Patroman. (Foto: IG @bayue.setiana)

Kalau kamu sedang dalam perjalanan jauh, Alun-alun Kota Banjar bisa menjadi pilihan tempat beristirahat sejenak.

Alun-alun yang sering digunakan masyarakat Banjar untuk bersantai ini terdapat beberapa warung disekitarnya. Didekatnya ada Toserba Pajajaran dan Masjid Agung Kota Banjar Patroman. Lengkap bukan untuk jadi tempat istirahat.

Di akhir pekan, alun-alun ini ramai oleh warga kota yang bersantai dengan membawa sanak keluarga.

Selama bulan puasa, alun-alun ini menjadi tempat ngabuburit warga menunggu waktu berbuka.

11. Banjar Waterpark

Banjar Waterpark merupakan lokasi wisata kebanggaan Kota Banjar. Wisata air ini berada di jalan Stadion Patroman, kelurahan Banjar, kecamatan Banjar, kota Banjar. Tersedia berbagai wahana permainan air yang seru untuk dicoba.

Wahana itu antara lain Boomerang dan superbowl dengan seluncuran berliku-liku yang cukup ekstrim. Sementara Lazy River adalah kolam renang untuk mereka yang ingin bermalas-malasan berenang sambil naik pelampung.

Baca berita di tahun 2018, sepertinya waterpark ini kurang terpelihara ya. Sebelum kemari, baiknya kamu cek ulang di beberapa media online Kota Banjar.

Baca juga:
* 12 Destinasi Wisata Purwakarta ini Asik dan Seru Banget!

Mampir Yaa

Demikianlah daftar beberapa tempat wisata di Banjar Patroman yang bisa kamu kunjungi saat berlibur atau saat sedang melintasi kota ini.

Semoga bermanfaat buat kamu yang membutuhkan informarsi seputar pariwisata Kota Banjar Patroman Jawa Barat ini.

Mari berbagi