Seru-seruan di 12 Tempat Wisata Tangerang Selatan

Kota Tangerang Selatan Banten memiliki potensi wisata yang luar biasa menarik. Wisata Tangerang Selatan didominiasi oleh wisata man-made (buatan). Juga ada wisata alam, belanja, wisata sejarah, wisata air, staycation di hotel, dan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, destinasi-destinasi baru dan seru pun semakin banyak bermunculan di Tangerang Selatan.

Apalagi Pemerintah Kota Tangerang Selatan sudah cukup baik mempromosikan destinasi wisatanya. Bisa kita lihat dari berbagai pemberitaan media tentang wisata Tangerang Selatan yang gencar dilakukan.

Baca juga:
* Ayo Jelajahi Keindahan Destinasi Wisata Pandeglang

Daftar Isi:

Tempat Wisata di Tangerang Selatan

Destinasi keren apa saja yang bisa dikunjungi di Tangerang Selatan? Yuk simak 10 destinasi wisata di Tangerang Selatan berikut ini.

1. Taman Wisata Pulau Situ Gintung

Taman Wisata Pulau Situ Gintung - @sikinoy
Taman Wisata Pulau Situ Gintung. (Foto: IG @sikinoy)

Bagi kamu yang ingin mencari suasana alam yang tenang dan indah, silakan datang ke Situ Gintung. Danau ini dibangun pada 1932, dengan luas awal 31 hektar ini, menawarkan pemandangan indah yang menenangkan hati. Dan tentu saja cocok untuk bersantai sejenak.

Ya, Taman Wisata Pulau Situ Gintung tawarkan wisata alam dan beragam permainan menarik. Permainannya antara lain, outbound, paintball, berenang, dan lainnya.

Dari tempat ini kita dapat melihat danau Situ Gintung yang memiliki luas 21,4 hektar. Dahulu danau ini berfungsi sebagai waduk tempat penampungan air hujan dan pengairan untuk pertanian.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan disini antara lain berkemah, outbound, bahkan reuni dan gathering. Selain Situ Gintung dilengkapi pula dengan fasilitas pelatihan membuat keramik dan permainan paint-ball.

Lokasinya berada di jalan Kertamukti Pisangan Raya, No. 121, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan. Lokasinya tak jauh dari Kampus UIN.

Harga tiket masuk: Rp. 10.000
Buka setiap hari, 24 Jam nonstop

2. Hutan Kota BSD Serpong

Hutan Kota BSD Serpong - Habiban Sulthoni M
Hutan Kota BSD. (Foto: Habiban Sulthoni M)

BSD (Bumi Serpong Damai) Tangerang Selatan memiliki 2 hutan kota dengan oksigen berlimpah. Kedua hutan kota tersebut cukup populer bagi masyarakat sekitar dan memiliki keistimewaannya masing-masing.

Lokasi Hutan Kota 1 berada di jalan Letnan Sutopo, BSD City. Sedangkan Hutan Kota 2 berada di jalan Tekno Widya, Taman Tekno, Buaran. Kedua hutan kota ini cukup dikenal oleh masyarakat Tangerang Selatan dan Jakarta.

Bagi kamu yang berkunjung ke Hutan Kota 1, akan disuguhkan beragam pohon rindang. Asyik buat olahraga bersepeda, lari atau jalan kaki, karena tersedia lintasannya.

Nah, bagi kamu yang keHutan Kota 2, jangan terlewat untuk foto-foto di Jembatan Merah Cinta. Juga ada danau buatan, sehingga asik juga kalau ajak keluarga bersantai di sini. Tempat ini lebih luas dari Hutan Kota 1.

3. The Breeze BSD City

The Breeze BSD City - Tangsel - @thebreeze_bsd
The Breeze BSD City, salah satu tempat belanja di BSD yang asik. (Foto: IG @thebreeze_bsd)

Mall dengan tatanan arsitektur yang apik itu sungguh menyenangkan untuk dikunjungi. The Breeze BSD City menawarkan mall dengan konsep yang nyaman, tanpa banyak dinding beton menjulang. Asyik banget.

Begitu populer karena menjadi semacam lifestyle center Tangerang Selatan. Pengunjung bisa asik berbelanja sambil menikmati nuansa alam di dalamnya. Bayangkan aja asiknya berbelanja sambil menikmati pemandangan danau dan sungai.

Cocok banget deh jalan-jalan belanja dan kulineran di The Breeze BSD bersama keluarga atau teman.

Lokasinya berada di jalan Grand Boulevard, BSD Green Office Park BSD City, Tangerang Selatan

4. Kandank Jurank Doank

Kandank Jurank Doank - @kandankjurank
Kandank Jurank Doank. (Foto: IG @kandankjurank)

Kamu kenal Dink Doank? Ternyata dia gak cuma piawai bernyanyi. Tapi juga melahirkan tempat keren untuk rekreasi. Ya, dia mendirikan Kandank Jurang Doank yang menyajikan wisata edukatif, berupa sekolah alam.

Kandank Jurank Doank menawarkan beragam kegiatan edukatif. Mulai dari outbound, seperti flying fox, menanam padi, bermain perahu, dan lainya. Cocok buat anak-anak yang ingin bermain di alam terbuka.

Lokasinya berada di jalan Kompleks Alvita blok.Q No.14 RT 06/01 Kelurahan Sawah Baru, Tangerang Selatan.
Instagram: @kandankjurank

Harga tiket masuk untuk pendamping Rp. 50.000

Untuk Outbond kelompok, jumlah peserta minimal 30 orang. Anak-anak bisa bermain sepuasnya di lumpur sawah, menanam padi, juga memandikan kerbau.

Harga Paket Outbond Kandank Jurank Doank:
Paket 1: Rp. 120.000
Paket 2: Rp. 135.000
Paket 1: Rp. 135.000

Untuk outbound perorangan/kelompok, hanya di hari Sabtu atau Minggu saja. Karena dihari lain disewakan kepada pihak luar.

5. Tanah Tingal

Tanah Tingal - tempat wisata di tangerang selatan - tangsel - @toniii_d
Tanah Tingal – tempat wisata di Tangerang Selatan yang asik. (Foto: IG @toniii_d)

Satu lagi wisata edukatif di Tangerang Selatan yang asyik untuk dikunjungi. Namanya, Tanah Tingal. Bedanya dengan Kandank Jurank Doank adalah, di Tana Tingal bisa untuk semua umur.

Di Tanah Tingal kamu bisa mendapatkan pengalaman memanen padi, memetik buah, menanam bunga, main perahu kano, dan lainnya. Yang suka kegiatan sedikit menantang bisa coba flying fox dan panjat dinding.

Lokasinya berada di jalan Merpati Raya No.32B, Desa Sawah Baru Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan. Buka setiap hari pukul 08.00 – 16:00 WIB.

Harga tiket masuk Tana Tinggal

Weekdays: Rp 10.000
Weekend. Rp 15.000

Flying fox dan kano: Rp. 40.000
Paket minimun 5: Rp. 25.000

Outbound minimal 50 orang
Rp. 200.000 – Rp. 800.000 /orang

6. Ocean Park BSD City

Ocean Park BSD City - Wisata Tangerang Selatan - @oceanparkbsd
Ocean Park BSD City. (Foto: IG @oceanparkbsd)

Main air itu asyik banget. Kamu akan merasakan keseruan tersebut saat berkunjung ke Ocean Park BSD City. Ada banyak wahana keren yang bisa dinikmati di tempat ini. Konsep pantai dan bangunan dengan beragam ornamen ditawarkan Ocean Park BSD.

Ada beberapa wahana seru yang harus kamu coba saat bermain di Ocean Park Water Adventure. Bisa coba The Ocean, Adrenaline Rush, A Paradise for Kiddo, dan sebagainya. JUga tersedia berbagai fasilitas pendukung, seperti loker, toilet, shower, WiFi, food court, dan nursing room.

Lokasi/Alamat Ocean Park BSD City

CBD Area, Jalan Pahlawan Seribu, Lengkong Gudang, Tangerang Selatan.
Telpon: (021) 5370009
Buka setiap hari
Weekdays: 11:00 – 16:00 WIB
Weekend: 08.00 – 18.00 WIB

Harga tiket masuk Ocean Park BSD City

Weekend: Rp. 100.000
Weekday: Rp. 60.000

7. Kampung Dongeng Indonesia

Kampung Dongeng Indonesia Tangsel - @kampungdongeng
Kampung Dongeng Indonesia. (Foto: IG @kampungdongeng)

Mendengar dongeng itu memperkuat imajinasi diri. Cocok untuk anak-anak-anak yang berada pada masa pertumbuhan. Untuk dapatkan hal itu, kita bisa datangi Kampung Dongeng. Lokasinya jalan Musyawarah No. 99, RT 04 / RW 01, Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan.

Tempat ini mempunyai misi melahirkan anak dengan karakter yang baik dan kuat. Melalui media dongeng, anak belajar dengan gembira. Di tempat ini, anak bisa menirukan suara hewan dan tentunya mendengar cerita inspiratif.

8. The Flavor Bliss

The Flavor Bliss - Tangerang Selatan - @flavorbliss
The Flavor Bliss. (Foto: IG @flavorbliss)

Kamu mau hangout atau nongkrong asyik bersama kawan di seputaran Alam Sutera? Kalau iya, bisa coba The Flavor Bliss.

The Flavor Bliss mengusung tagline, Eat, Play, Shop. Ada kegembiraan dan keseruan saat menikmati kuliner, belanja dan bermain di sini.

Lokasinya berada di kawasan Alam Sutera. Flavor Bliss memiliki areal seluas 6,5 hektar

9. Pulo Saiji Water Adventure

Pulo Saiji Water Adventure - wisata tangsel - @rhmtnnzila
Pulo Saiji Water Adventure. (Foto: IG @rhmtnnzila)

Ingin seru-seruan bermain air bersama keluarga bisa datang ke Pulo Saiji Water Adventure. Saiji atau siji artinya satu, dalam bahasa Jawa. Maknanya, tempat ini memiliki satu pulau di tengah danau.

Di sini pengunjung bisa main bebek-bebekan, outbond, flying fox, nonton film di bioskop mini 4D, dan berenang dengan riang gembira.

Pulo Saiji Water Adventure berada di perumahan Serpong Garden Cisauk.

10. Aeon Mall BSD City

Aeon Mall BSD City - Tangerang Selatan - @aeonmallbsdcity
Aeon Mall BSD City. (Foto: IG @aeonmallbsdcity)

Mau berbelanja dengan. suasana nyaman dan aman? Aeon Mall di BSD City, Tangerang Selatan dapat dikunjungi.

Ada banyak pilihan tempat yang asyik buat didatangi. Mulai dari toko mainan, bioskop, tempat fitness, toko buku, dan lainnya.

Mall ini menawarkan konsep peningkatan kualitas hidup untuk pengunjungnya. Salah satunya ditempuh dengan menggandeng brand berkualitas untuk bergabung di tempatnya. Lokasinya berada di BSD Raya Utama, Tangerang Selatan.

11. Froggy Edutography Floating Castle

Froggy Edutography Floating Castle - tempat wisata di tangerang selatan - tangsel - @rudihartawan
Froggy Edutography Floating Castle – tempat wisata di tangerang yang asik untuk anak-anak. (Foto: IG @rudihartawan)

Bagi kamu yang ingin mengajak si kecil bermain-main dan sekaligus menikmati keindahan bangunan dengan arsitektur unik, kamu bisa mengajaknya ke Froggy Edutography Floating Castle.

Floating Castle, disebut juga sebagai Istana Melayang, memang bikin kita penasaran. Bangunan megah dan indah ini terdiri atas 66 lembar kaca dengan tinggi 10,8 meter, lebar 1,9 meter, dan tebal 19 milimeter.

Lembaran-lembaran kaca ini sama sekali tidak disambung, hanya digantung atau menggunakan teknik suspended. Nah, model inilah yang menimbulkan efek melayang.

Bangunan Floating Castle yang terdiri atas 10 lantai ini menawarkan beragam hal menarik, khususnya untuk anak-anak.

Ada satu lantai yang khusus berisi indikator kecerdasan anak berdasarkan ciri-cirinya. Di lantai lainnya, ada area dan fasilitas yang bisa digunakan anak untuk bermain peran.

Terletak di kawasan BSD Grand Boulevard, Tangerang Selatan, tempat wisata di Tangerang ini sangatlah mudah dijangkau.

12. Upside-Down World Alam Sutera

Upside-Down World Alam Sutera - Tangerang Selatan - @santy_dewisinta
Upside-Down World Alam Sutera. (Foto: IG @santy_dewisinta)

Sekarang, kamu tidak harus pergi jauh ke Bandung, Bali, Jogja, untuk mencoba Upside – Down World. Upside-Down World juga ada di Alam Sutera Tangerang Selatan.

Paling tidak ada 13 ruangan bertema yang bisa kamu coba untuk foto-foto. Ada spot foto dapur, studio musik, ruang keluarga, kamar tidur anak, ruang laundry, dan lainnya.

Kalau kamu kesulitan untuk foto, jangan segan meminta bantuan petugas yang bertugas untuk mendapatkan foto bagus.

Datang kemari, kamu akan mendapatkan foto-foto seru-seruan unik yang bisa kamu unggah juga di akun instagram-mu.

Upside-Down World Alam Sutera Tangsel - @upsidedownworldalsut
Upside-Down World Alam Sutera, Tangerang Selatan. (Foto: IG @upsidedownworldalsut)

Alamat Upside-Down World
Jalan Alam Sutera Boulevard No.5-6, Serpong Utara, Tangerang Selatan

Buka setiap hari, pukul 10.00 – 20.00 WIB

Harga tiket masuk Upside-Down World Alam Sutera
Dewasa: Rp 75.000.
Anak-anak: Rp 100.000

Instagram: @upsidedownworldalsut

Baca juga:
* Mampir Cilegon? Jangan Lewatkan 10 Tempat Wisata Ini

Demikian Wisata Tangerang Selatan yang bisa kamu nikmati saat liburan akhir pekan, libur sekolah, atau saat mudik lebaran.

Semoga jalan-jalanmu di Tangerang Selatan (Tangsel) asik dan menyenangkan.

Selamat menikmati wisata Tangerang Selatan

Mari berbagi