Santap Malam di Angkringan Kang Harjo Yogyakarta

Angkringan Kang Harjo Yogyakarta - ramahtraveler com - Yopie Pangkey - 1
Prasmanan di Angkringan Kang Harjo Yogyakarta. (Foto: dok. ramahtraveler.com /Yopie Pangkey)

Ramahtraveler.com – Liburan ke Yogyakarta, kita pasti ingin menikmati wisata kuliner khas Jogja. Salah satu yang sering diburu travelers pasti angkringan. Nah, ada satu angkringan ‘the best’ dan recommended, yaitu Angkringan Kang Harjo.

Angkringan Kang Harjo ini berbeda dengan angkringan pada umumnya. Kalau yang lain buka di pinggir jalan, dengan tempat duduk di sekitar gerobak angkringan. Yang ini layaknya warung makan, ada beberapa meja panjang dan bangku panjang.

Baca juga:
* Enak-enak! Cobain Deh 17 Kuliner Solo Ini

Makanannya pun disajikan ala prasmanan. Pengunjung yang datang bisa langsung mengambil sendiri. Menunya pun banyak. Kita bisa bingung memilihnya.

Sejarah Angkringan Kang Harjo

Angkringan Kang Harjo mulai buka di bulan November 2006. Berarti sudah berjalan sekitar 13 tahun saat ini.

Pemiliknya bernama Kang Harjo, sehingga angkringannya dinamakan berdasar nama tersebut. Karena letaknya berada di Jalan Wijilan, banyak juga yang menyebutnya dengan ‘Angkringan Wijilan’.

Lokasi Angkringan Kang Harjo

Angkringan ini berada di daerah Panembahan. Dekat dengan Alun-alun Utara Yogyakarta. Atau sekitar 700 meter dari Kilometer Nol Yogyakarta, arah Selatan.

Alamat:
Jalan Wijilan
Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta,
Daerah Istimewa Yogyakarta

Jam Buka

Angkringan Wilijan ini buka setiap hari.
Pukul: 17:00 – 02:00.

Menu Makanan

Menu Angkringan Kang Harjo Wijilan Jogja - ramahtraveler com - Yopie Pangkey - 3
(Foto: dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Menurut cerita kawan-kawan yang mengajak makan disini, semua sayuran dibuat oleh pemiliknya langsung Kang Harjo.

Kita bisa mencoba pecel, sayur lodeh kluih, brongkos, tumis kacang panjang, sayur bening, sayur asem, beragam oseng-oseng. Saya tidak menghitung jumlah sayur yang tersedia. Tapi perkiraaan saya ada lebih dari 20an jenis sayur.

Menambah mantab makan kita, ada berbagai gorengan yang gurih. Ada tahu, tempe, dan bakwan.

Berbagai Lauk seperti beberapa jenis sate juga tersedia. Ada sate ayam, sate gajih, hingga sate keong, dan sate telur puyuh. Lalu ada rempelo ati, ayam bakar, serta bandeng.

Nasinya enak lho. Belakangan saya ketahui, berasnya menggunakan merk ‘Raja Lele’.

Menu Minuman

Yang suka minuman tradisional Jawa akan senang duduk-duduk santai disini.

Kamu bisa memesan teh poci, kopi, jahe gepruk, wedang, uwuh, dan susu tape ketan.

Harga

Harga Makanan Angkringan Wijilan Jogja - ramahtraveler com - Yopie Pangkey - 2
(Foto: dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Bagi saya, harga menu makanan dan minuman di Angkringan Kang Harjo ini relatif murah terjangkau.
Masing-masing kami yang makan disini, hanya menghabiskan sekitar Rp 10-25 ribu saja. Kami rombongan 7 orang, hanya menghabiskan Rp. 153ribu.

Suasana

Kami datang untuk makan larut malam, setelah jalan-jalan berkeliling kota. Jalan di depan angkringan tidak lebar. Parkir mobil di kiri kanan bahu jalan. Tidak ada lahan parkir yang luas.

Lampu di bagian dalam tidak cukup terang untuk menerangi seluruh sudut angkringan. Ada jejeran meja panjang dan kursi panjang. Satu meja bisa untuk 6 orang.

Dan kita bisa memilih duduk di lantai satu atau lantai dua. Lantai dua ada duduk lesehan.

Ada beberapa pengunjung malam itu. Ada yang makan makanan berat, ada yang hanya minum saja, dan ada yang menyantap makanan ringan.

Semua terlihat santai dan asyik mengobrol sambil menikmati makanan dan minuman. Tidak terlihat ada batasan, tidak ada sekat, semua seperti berbaur.

Baca juga:
* 10 Kuliner Boyolali ini Bisa Membuat Kita ‘Tersenyum’

Asyik

Kesimpulan saya, tempat makan ini asyik banget didatangi. Walau tidak semewah rumah makan lain dan tidak sesederhana angkringan pada umumnya.

Angkringan Kang Harjo Yogyakarta ini menyajikan puluhan menu yang bisa kita pilih dan ambil sendiri. Prasmanan. Namun perlu diingat, ambil secukupnya. Jangan sampai ambil diluar batas perut hehe. Harga cukup terjangkau. Rata-rata enak. Jadi pilihan makan sore hingga larut malam.