Pengalaman Naik Bus Sinar Jaya Lampung Solo Kelas Eksekutif

Foto Gambar Bus Sinar Jaya Lampung Solo - RamahTraveler.com - yopiefranz - 1
Bus Sinar Jaya kelas Eksekutif yang saya naiki, jurusan Lampung Solo.

Naik Bus Sinar Jaya Lampung ke Solo menjadi catatan perjalanan saya yang asyik di akhir bulan Februari lalu. Rute PO Sinar Jaya Lampung ini termasuk baru lho. Dengan awal atau akhir perjalanan di Kotabumi Lampung Utara. Baca sampai selesai review saya ini ya.

Bus Sinar Jaya Lampung Solo yang saya naiki sangat nyaman sekali. Menggunakan mesin Mercedes Benz dan Karoseri Laksana, perjalanan bus saya kali ini terasa sangat nyaman.

Semua ini bermula dari saya mencari informasi mengenai moda transportasi yang bisa mengantarkan saya langsung dari Bandar Lampung ke Kota Solo.

Ada beberapa Perusahaan Otobus yang melayani rute ini. Salah satunya PO Sinar Jaya.

Beli Tiket Online

Fasilitas Bus Eksekutif Sinar Jaya  - RamahTraveler.com - yopiefranz - 10
Tersedia USB charger untuk HP. (Gambar: RamahTraveler.com/yopiefranz)

Kalau Bandar Lampung Jakarta, saya biasa naik Damri dan akhir-akhir ini selalu membeli tiket melalui aplikasi online Damri Apps. Selain itu belum pernah.

Karena mau bepergian dari Bandar Lampung ke Solo ini lah saya mencoba satu aplikasi yang sudah sering mendengarnya. Namun baru kali ini mau mencoba. Mencari berbagai review di blog ada yang positif dan negatif.

Tapi toh aplikasi ini masih terus berjalan. Dan saya ada keyakinan pasti perusahaan aplikasi dan bus akan selalu berbenah.

Baca review saya mengenai beli tiket Bus Sinar Jaya secara online di:
* Pengalaman Pesan Tiket di Redbus

Harga Tiket Bus Sinar Jaya Lampung Solo

Harga tiket Bus Sinar Jaya dari Lampung ke Solo, atau sebaliknya dari Solo ke Lampung sama saja.

• Harga Tiket Rp. 370.000

Rute

Rute Jadwal Berangkat Bus Sinar Jaya Lampung Solo - RamahTraveler.com - yopiefranz - 9
(Gambar: RamahTraveler.com/yopiefranz)

Bus Sinar Jaya Rute Lampung Solo ini ternyata berjalan belum lama. Baru beberapa bulan. Jadi belum banyak yang mengetahuinya.

Titik awal keberangkatan adalah dari Kotabumi Lampung Utara. Masuk Tol Trans Sumatera, keluar sebentar di Kota Metro kalau ada penumpang yang booking. Lalu kembali masuk tol.

Di Kota Bandar Lampung akan mampir sebentar untuk menaikkan penumpang yang sudah memesan tiket. Bukan mencari penumpang ya.

Beberapa agen Sinar Jaya di Bandar Lampung yang dihampiri adalah; loket di Terminal Rajabasa, Way Halim, Kalibalok, dan Panjang.

Jadwal Keberangkatan Bus Sinar Jaya Lampung Solo

Berikut ini jadwal keberangkatan.

Tempat BoardingJadwal Berangkat

Naik dari Kalibalok

Bus Sinar Jaya Lampung Solo - RamahTraveler.com - yopiefranz - 8
(Gambar: RamahTraveler.com/yopiefranz)

Saya pada awalnya bingung mau naik darimana. Hitung-hitung jarak dan waktu tempuh dari rumah, saya memutuskan memilih Agen Kalibalok sebagai tempat boarding.

Di pagi hari saya menelpon agen Kalibalok menanyakan apakh sudah ada nama saya di list keberangkatan. Lalu saya diminta untuk tiba di Kalibalok 1 jam sebelum bus tiba.

Saya tiba di Agen Kalibalok pukul 13:30. Lalu diminta menulis nama dan nomor telepon di buku absen. Dan diberi 1 botol minuman kemasan.

Petugas yang berjaga disini seorang ibu-ibu. Dengan ramah menyilakan saya untuk memilih tempat duduk. Bisa di teras atau di ruang tunggu di dalam yang lebih sejuk walau tanpa AC.

Menunggu diluar terasa asyik menyaksikan hilir mudik kendaraan di Jalan Lintas Sumatera. Namun harus tahan dengan debu yang beterbangan.

Mendapat kabar bus akan tiba terlambat, karena menunggu penumpang yang telat di Kota Metro. Saya memutuskan memesan segelas teh hangat di warung sebelah.

Duduk di Bagian Depan

Fasilitas Kelas Eksekutif Bus Sinar Jaya - RamahTraveler.com - yopiefranz - 6
Tempat duduk yang nyaman. (Gambar: RamahTraveler.com/yopiefranz)

Bus tiba sekitar pukul 15:15 WIB di Kalibalok. Saya meminta agar tas ransel saya masuk kedalam bagasi. Jaga-jaga saja kalau bus penuh, agar nyaman saat duduk. Space untuk kaki tidak dipakai untuk menaruh tas.

Naik ke bus, ternyata hanya terisi di bagian depan saja. Bertanya ke kenek apakah bus akan penuh, ternyata saya penumpang terakhir yang naik.

Saya memilih kursi nomor 6, baris kedua dari depan, saat memesan di RedBus. Karena kosong, saya memilih agak mundur ke deretan kursi nomor 4 dari depan.

Mampir di Rumah Makan Siang Makan Kalianda

Keluar tol, bus mengarah ke RM Siang Malam Kalianda. Kita bisa makan sebentar disini atau sekadar ke toilet.

Kalau masih kenyang, saya sarankan untuk membeli nasi disini. Untuk mengisi perut saat merasa lapar di jalan.

Bus tidak berhenti lama disini. sekitar 15-20 menit, bus kembali berjalan.

Penyeberangan Bakauheni Merak

Foto Gambar Bus Sinar Jaya Lampung Solo - RamahTraveler.com - yopiefranz - 5
Sesaat sebelum turun dari kapal di Dermaga Merak. (Gambar: RamahTraveler.com/yopiefranz)

Bus jarak jauh sepertinya lebih memilih untuk naik kapal regular antara Bakauheni dan Merak. Juga sebaliknya.

Ini yang saya alami saat menaiki Bus Sinar Jaya Lampung Solo. Tidak lama menunggu bus untuk naik ke kapal. Namun penyeberangan kapal laut ini yang lumayan menghabiskan waktu.

Naik kapal sekitar pukul 17:30, tiba dan bus turun kapal di Merak sekitar pukul 20:40. Menyesal juga tidak membeli makanan di RM Siang Malam.

Membawa bekal biskuit setengah bungkus yang menyelamatkan perut saya malam ini.

Pool Sinar Jaya Cibitung

Bus Sinar Jaya Solo Lampung - RamahTraveler.com - yopiefranz - 4
Pool Sinar Jaya Cibitung. (Gambar: RamahTraveler.com/yopiefranz)

Masuk tol Merak Jakarta, bus melaju sedang menurut saya. Atau saya yang tidak merasa bus melaju kencang. Air suspension bus ini sepertinya yang membuat bus terasa nyaman sekali. Walau melewati jalanan yang tidak terlalu mulus.

Perjalanan melalui tol dari Merak menuju Jakarta, tidak saya rasakan. Tidur lelap selama sekitar 3 jam. Terbangun saat bus hendak masuk memasuki Pool Sinar Jaya Cibitung pukul 00:15.

Di Pool ini, bus hanya singgah sebentar. Saya sempat sholat jama’ Magrib dan Isya disini. Dan membeli beberapa makanan ringan untuk berjaga-jaga saja kalau kelaparan di bus.

Kembali ke bus, saya lihat petugas sedang memasukkan motor kedalam bagasi. Dan ada 1 penumpang lagi yang naik dari sini.

Naik bus dan tidur nyenyak kembali.

Rumah Makan Taman Selera

Rumah Makan Taman Selera Indramayu - RamahTraveler.com - yopiefranz - 1
(Gambar: RamahTraveler.com/yopiefranz)

Memasuki Rumah Makan Taman Selera di Cikawung, Terisi, Indramayu, sekitar pukul 02:20 dini hari. Terbangun saat kondektur mengumumkan bus berhenti untuk istirahat makan.

Saat antri makan khusus penumpang Bus Sinar Jaya, saya diminta barcode dari tiket Bus Sinar Jaya. Ini rupanya yang dipesankan oleh petugas di agen bus Kalibalok.

Tidak ada solusi dari petugas rumah makan, saya memilih untuk membayar sendiri saja. Tidak mau ribet dan mau santai saja. Mungkin ini bisa menjadi masalah bagi penumpang lain. Semoga pihak RedBus, Bus Sinar Jaya, dan RM Taman Selera ada solusi kedepannya bagi penumpang yang tidak memegang tiket/barcode.

Rumah Makan Taman Selera Indramayu - RamahTraveler.com - yopiefranz - 2
(Gambar: RamahTraveler.com/yopiefranz)

Pilihan makanannya tidak terlalu banyak. Namun bagi saya sudah lebih dari cukup. Ada sayuran, lalapan, sambal telur, ayam sayur, dan beberapa lainnya. Saya hanya memilih nasi dan ayam sayur saja plus segelas teh hangat. Harga total Rp. 25.000.

Rumah makan ini luas sekali, banyak meja dan kursi. Entah ada berapa puluh meja tersedia. Tempatnya bersih. Termasuk toilet dan mushollanya juga bersih.

Ada rak display panjang yang menjual berbagai makanan ringan/snack. Berhubung sudah kenyang dan sudah memiliki bekal, saya tidak tertarik untuk membeli makanan lagi.

Naik bus kembali pukul 02:50. Kembali tertidur pulas.

Terminal Kartasura

Bus memasuki wilayah Kota Semarang sekitar pukul 08:00 dan tiba di terminal Kartasura sekitar pukul 08:25. Disini bus berhenti agak lama, karena harus menurunkan paket motor yang dinaikkan di Pool Sinar Jaya Cibitung.

Tiba di Terminal Tirtonadi

Setelah itu bus kembali melau ke pemberhentian terakhir, yaitu di Terminal Tirtonadi. Bus memasuki kawasan terminal sekitar pukul 09:05 WIB.

Terlambat 1 jam dari jadwal seharusnya. Ini masih saya maklumi. Karena rute Bus Sinar Jaya Lampung Solo ini termasuk baru. Pihak bus masih tolerir penumpang yang telat tiba di titik penjemputan/boarding.

Semoga kedepannya penumpang juga bisa tepat waktu tiba di lokasi keberangkatan. Agar jadwal bus bisa tepat waktu sesuai jadwal.

Kesimpulan

Naik bus dari Lampung ke Solo merupakan pengalaman mengasyikkan bagi saya di tahun 2020 ini. Bisa melihat banyak hal di sepanjang perjalanan darat.

Bus Sinar Jaya Lampung Solo bisa menjadi pilihan warga Kota Bandar Lampung. Selain PO Bus lain yang juga menyediakan rute Lampung Solo.

Perjalanan terasa nyaman dengan bus yang masih dalam kondisi bagus. AC dingin, suspensi lembut, tempat duduk terasa nyaman. Semoga review ini bermanfaat.