Suasana Asri dan Sejuk di Curug Putri Palutungan Kuningan

curug putri palutungan - ramahtraveler.com - yopie pangkey - 1
Suasana di Curug Putri Palutungan, Kabupaten Kuningan. Asri dan adem. (Gambar: @yopiefranz/ramahtraveler.com)

Ramahtraveler.com – Curug Putri di Bumi Perkemahan Palutungan bisa menjadi destinasi wisata alam yang menyenangkan. Kabupaten Kuningan ini memang sebuah daerah yang sering dikunjungi warga Jawa Barat. Apalagi Kuningan memiliki potensi alam, budaya, dan sejarah yang sangat menarik. Salah satu yang bisa kita eksplorasi adalah Kecamatan Cigugur. Yang memiliki keindahan alam Curug Putri.

Curug Putri di Bumi Perkemahan Palutungan memiliki komposisi alam yang indah. Dikelilingi oleh pepohnan rindang, terlindung dalam sebuah lembah kecil, aliran airnya sedang, dengan suasana adem dan sejuk.

Baca juga:
* 5 Pesona Telaga Biru Cicerem di Kuningan, Bikin Hati Adem

Suara jatuhan dan gemericik air serta warna hijau, mendominasi area air terjun ini.

Lokasi Curug Putri

Lokasi curug putri palutungan - ramahtraveler.com - yopie pangkey - 3
Jalan turun ke curug. (Gambar: @yopiefranz/ramahtraveler.com)

Curug Putri terletak di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat. Air terjun indah ini berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat Kota Kuningan. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit berkendara. Bisa mampir sekalian di Sukageuri View untuk foto-foto.

Menjelang sampai, kita akan terhibur oleh pemandangan khas pegunungan yang indah sekali. Dengan liku-liku jalanan aspal yang terus menanjak.

Ke air terjun ini, kami parkir di parkiran kendaraan Bumi Perkemahan (Buper) Palutungan.

Peta Curug Putri

Untuk mencari rute/jalur terdekat, kamu bisa melihatnya di Google Map di bawah ini.

Harga Tiket Masuk Curug Putri Palutungan

Untuk masuk ke curug yang adem suasananya ini, kita harus membayar tiket masuk. Kalau membawa kendaraan juga ada biaya parkirnya.

Waktu kemari, kami datang pagi sekali. Belum ada yang menjaga loketnya. Sehingga bayarnya saat pulang.

  • Tiket Masuk: Rp. 10.000
  • Parkir Mobil: Rp. 10.000
  • Parkir Motor: Rp. 5.000

Jam Buka / Jam Operasional

Air terjun ini buka setiap harinya, dari Senin sampai Minggu. Buka dari pukul 08:00 sampai 17:30 WIB.

Namun bukan berarti sebelum 08:00 kita tidak bisa masuk. Pengalaman saya datang kemari pukul 07:00, tetap bisa masuk. Hanya saja saat pulangnya, kita akan ditanyakan dan diberikan tiket masuk untuk dibayar oleh petugas loket.

Pesona Curug Putri Palutungan

foto gambar curug putri palutungan - ramahtraveler.com - yopie pangkey
(Gambar: Yopie Pangkey/ramahtraveler.com)

Yang namanya air terjun bisa jadi ada kemiripan dimana-mana. Namun pasti ada sesuatu yang berbeda yang bisa kita rasakan dan nikmati. Ketinggiannya sekitar 8 meter. Debit airnya tidak besar, namun alirannya lumayan deras.

Dibawahnya membentuk kolam air yang tenang. Dan ada undakan di aliran air di bagian bawah. Airnya lumayan sejuk. Kebayang saja kalau mandi disini, mungkin dinginnya bisa menembus sampai ke tulang.

Kita bisa bermain air di sekitar air terjun atau di aliran air di bawahnya. Duduk-duduk sambil memasukann kaki ke aliran air terasa menyejukkan dan asyik. Ademnya sanggup menyegarkan pikiran dan perasaan. Menjadi charger alami penyemangat untuk kembali beraktivitas setelah kembali.

Saat berada disini, berkali-kali kami mendengar suara monyet di kejauhan. Menjadikan suasana alami curug ini semakin terasa.

Yang saya suka dari Curug Putri adalah suasana yang mengelilinginya. Berada di lembah kecil, membuat curug ini seperti terlindung. Bebatuan dinding curug terlihat begitu kokoh. Ditumbuhi lumut dan tumbuhan merambat.

Ada pohon besar di dekatnya. Sepertinya pohon ini juga menjadi spot foto alami bagi para pengunjung. Tersedia jalan setapak yang terbuat dari pecahan batu. Memudahkan kita untuk mendekat ke curug ini.

Membayangkan kalau kemari di siang atau sore hari. Tentu asyik bisa mandi dan berendam di bawah air terjun atau di aliran airnya. Menyegarkan.

Kami pagi itu tidak ada yang berani mandi. Memilih duduk-duduk saja dan berkeliling mengambil banyak gambar.

Fasilitas

fasilitas curug putri palutungan - ramahtraveler.com - yopie pangkey
(Gambar: Yopie Pangkey/ramahtraveler.com)

Tersedia fasilitas jalur trekking dari area parkir dan tangga menurun menuju curug. Tangganya lumayan curam dan licin. Kita harus berhati-hati saat menuruninya.

Dari are parkir, kita harus berjalan kaki sekitar 300an meter. Melewati pinusan di kawasan Bumi Perkemahan Palutungan (Buper Palutungan).

Ada mushola, gazebo, toilet umum, dan banyak warung di sekitar area parkir.

Recommended

Berkunjung ke Curug Putri Palutungan bisa menjadi aktivitas seru saat liburan di Kabupaten Kuningan. Kita bisa pergi bersama kawan dekat atau keluarga. Karena bagus juga kan mengenalkan alam ke keluarga kita.

Baca juga:
* Liburan Asyik, Jelajahi 10 Tempat Wisata di Kuningan

Lebih asyik untuk berkunjung di saat kemarau. Karena airnya akan lebih jernih dibanding saat musim hujan. Kita juga akan sehat dengan berjalan kaki dari parkiran ke lokasi curug. Walau hanya 300an meter, sudah cukup membuat badan kita segar berkeringat sedikit. Keindahannya memanjakan mata dan kesegarannya menyejukkan pikiran. Ramah bagi traveler yang ga biasa trekking berat 🙂