Sedap! 10 Sajian Kuliner Indramayu yang Bikin Tambah Nafsu Makan

Kuliner Indramayu – Setelah membaca tempat wisata di Indramayu, baru tahu kalau daerah di Jalur Pantura Jawa Barat ini asik juga dikunjungi. Kamu bisa jelajahi keindahan pantai, pulau, curug, danau, hutan mangrove. Tidak kalah menarik, Wisata Kuliner Indramayu juga harus kamu coba.

Apa saja kuliner Indramayu yang bisa kita coba? Di artikel ini akan kita bahas Pindang Gombyang Mangut, Nasi Lengko, Burbacek, dan lainnya. Juga akan kita bahas beberapa tempat makan di Indramayu yang enak.

Daftar Isi:

Pusat perekonomian kabupaten Indramayu berada di Kecamatan Jatibarang dan Haurgeulis. Akses jalur Pantura dan stasiun kereta api melewati keduanya.

Bagi kamu yang melewati Indramayu saat liburan atau memang sengaja datang ke Indramayu, bisa menikmati beberapa kuliner dan tempat makan enak di Indramayu.

Cita rasa juara kuliner Pantura bisa dinikmati saat traveling melalui jalur Indramayu.

Baca juga:
* Wisata INDRAMAYU Ternyata KEREN, Ini Buktinya!
* Wisata Cirebon, Ayo Jelajahi 10 Destinasi Ini

Daftar Kuliner dan Tempat Makan di Indramayu

Sama seperti beberapa daerah di pesisir utara lainnya, Indramayu juga sangat kaya dengan kulinernya. Ragam makanannya banyak dan menawarkan cita rasa nikmat.

Menikmati kuliner-kuliner Indramayu akan mengasyikan. Experience selama liburan pasti semakin lengkap.

Berikut ini daftar 10 kuliner nikmat di Indramayu yang bisa menjadi referensi untuk dicoba.

1. Nasi Lengko

Nasi Lengko Indramayu - @fitrianuraini0789
Nasi Lengko Indramayu. (Foto: IG @fitrianuraini0789)

Nasi Lengko atau di Pantura biasa disebut Sega lengko, adalah makanan khas masyarakat Pantai Utara. Bisa kita temui di Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya.

Bahan-bahan nasi lengko antara lain; nasi putih, tempe dan tahu goreng, cacahan mentimun segar, tauge rebus, potongan kucai, dan bawang goreng. Dilengkapi dengan kecap manis encer dan bumbu kacang yang seperti bumbu rujak.

Untuk melengkapi makan, ada krupuk atau oncom. Atau bisa juga dengan sayur lombok yang bercita rasa khas.

Salah satu referensi Nasi Lengko enak di Indramayu adalah warung Ma Tiri milik Hj Karyani. Lokasinya ada di Jalan Cimanuk, Indramayu, Jawa Barat.

Setiap hari warung Nasi Lengko Cimanuk Hj. Karyani ini selalu dipadati pengunjung. Warung mungil ini sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu dan sudah turun temurun sampai saat ini dipegang generasi ke-4.

Oya, Nasi lengko Indramayu menggunakan saus kacang dan tanpa kucai. Itulah ciri khas nasi lengko Indramayu. Sehingga citarasa nasi lengko Indramayu sedikit berbeda dengan nasi lengko Cirebon.

2. Pindang Gombyang Mangut

Pindang Gombyang Mangut - makanan indramayu - @sitimumuaminah
Pindang Gombyang Mangut – makanan Indramayu yang menggoda selerea. (Foto: IG @sitimumuaminah)

Mau coba kuliner khas Indramayu yang gurih banget rasanya? Kamu bisa coba makanan khas Indramayu ini, Pindang Gombyang Mangut.

Teknik memasak Pindang Gombyang Mangut sudah dikuasai sejak lama. Ilmu resep dan cara membuat pindang gombyang ini tetap lestari karena diwariskan secara turun temurun.

Gombyang Mangut memiliki bahan baku kepala ikan manyung. Ikan Manyung ini biasanya diambil dagingnya saja untuk diolah menjadi jambal asin. Dan kepalanya dijual murah bahkan dibuang begitu saja.

Sayang dibuang, warga Indramayu dengan kreativitasnya membuat kepala ikan manyung menjadi masakan yang gurih dan nikmat. Dan dari yang tadinya tidak berharga menjadi bernilai ekonomi tinggi dan banyak diminati.

Kuliner khas Indramayu ini memunculkan rasa manis diantara kuatnya rempah. Keunikan rasa tersebut yang membuat Pindang Gombyang Mangut selalu dicari warga dan wisatawan.

3. Burbacek

Burbacek - kuliner khas indramayu - @peachpiku
Burbacek, salah satu kuliner khas Indramayu. (Foto: IG @peachpiku)

Apa lagi makanan khas Indramayu yang bisa kita coba? Cobain deh Burbacek, singkatan dari Bubur Rumba Cecek.

Bubur yang dicampur dengan udang, Rumba atau Pecel Sambal asam, cecek atau Krecek masakan dari kulit sapi yang dicampur dengan parutan Kelapa dan sedikit cabe Merah.

Bubur ini disajikan dengan sayuran rebus, biasanya kangkung dan taoge. Lalu sayuran tersebut disirang dengan kuah petis dan sambal asam. Sebagai campurannya, ada kikil tipis.

Rasanya semakin nikmati saat dicampur dengan sambal dan cecek sampai semuanya menyatu.

Penasaran dengan kuliner khas Indramayu Burbacek? Langsung saja meluncur ke Warung Burbacek di Jalan Pasar Caplek, tepat di sebelah Pesantren Ma’had Imam Mujadid.

Harganya sangat ramah, yaitu sekitar Rp7.000 per porsinya.

Warung Burbacek ini buka setiap hari, pukul 10.00 – 16.00 WIB.

4. Empal Gentong H Mang Muk

Empal Gentong H Mang Muk - Ahmad Rozaki
Empal Gentong H Mang Muk. (Foto: Ahmad Rozaki)

Bagi pecinta kuliner Pantura tentu tidak asing lagi dengan empal gentong. Empal Gentong adalah makanan khas Cirebon dan Indramayu, yang berkuah mirip gulai.

Empal Getong sangat populer sehingga banyak yang ingin mencicipinya kalau sedang singgah di Indramayu.

Di Indramayu, Empat Gentong H Mang Muk sudah sangat terkenal. Rasanya nikmat. Dagingnya empuk, kuahnya legit dan gurih dengan warna menarik. Rempahnya kuat.

Menikmati Empal Gentong bisa dikombinasi dengan sate sapi, emping atau kerupuk.

Lokasi Empal Gentong H Mang Muk cukup strategis, berada di Jalan Jend Sudirman, Lemahmekar, Indramayu.

Harga yang ditawarkannya termasuk ramah untuk dompet.

5. Rumah Makan Panorama

Rumah Makan Panorama - tempat makan di Indramayu. (Foto: Yunita Pujianto)
Rumah Makan Panorama, tempat makan di Indramayu. (Foto: Yunita Pujianto)

Sedang melintas di Indramayu dan ingin makan sambil melepas lelah perjalanan? Silahkan merapat ke Rumah Makan Panorama.

Ada banyak kuliner nikmat yang disajikan. Rumah makan ini juga sangat nyaman. Beberapa menu andalan yang bisa dinikmati adalah Pindang Gombyang.

Kenikmatannya mampu menarik perhatian banyak artis. Harganya pun ramah, yaitu sekitar Rp25.000 hingga Rp40.000.

Selain Pindang Gombyang, Rumah Makan Panorama juga menyajikan ikan bakar, olahan cumi, udang dan kepiting.

Di sini juga tersedia berbagai macam minuman, seperti aneka jus, kopi, teh, hingga susu. Silahkan datang ke Jalan Samsu, Tambak, Indramayu, Indramayu, Jawa Barat. Buka pukul 10.00 – 21.30 WIB.

Baca juga:
* Wisata INDRAMAYU Ternyata KEREN, Ini Buktinya!
* Wisata Cirebon, Ayo Jelajahi 10 Destinasi Ini

6. Rumah Makan Ibu Seha

Rumah Makan Ibu Seha sangat spesial. Menu-menu yang ditawarkan bervariasi. Cita rasanya sangatlah nikmat. Traveler bebas memilih menu yang diinginkannya.

Salah satu menu utama di Rumah Makan Ibu Seha adalah ikan bandeng isi (mirip bandeng isi di Semarang). Selain itu coba juga udang tepung goreng dan ayam goreng kampung.

Selain makanan, ada juga aneka minuman yang ditawarkan. Soal harga, rumah makan ini tidak akan membuat isi kantong terkuras. Sebab, harganya sangat friendly.

Rumah Makan Ibu Seha berada di jalan Jenderal Sudirman No. 55. Usahakan datangnya tidak pas di jam makan siang. Karena pengunjungnya rame sekali.

7. El Shaddai Seafood

Bagi kamu yang suka banget dengan kuliner dengan bahan seafood, Datang saja ke El Shaddai Seafood. Ada beragam menu laut yang ditawarkan. Menu andalannya adalah Chinese Food. Untuk cita arsanya otentik. Semuanya jelas nikmat dengan harga ramah.

Rumah makan El Shaddai Seafood memiliki konsep lebih modern dengan aneka menu berbahan hasil laut.

El Shaddai Seafood sangat cocok dikunjungi bersama kawan-kawan atau keluarga.

Rumah makan ini juga memikirkan kenyamanan pengunjung. Ada pembagian ruang merokok dan ruang untuk non perokok.

Lokasi El Shaddai Seafood berada di Jalan DI Panjaitan Nomor 11, Karanganyar, Lemahmekar, Indramayu.

Buka di Google Map: EL SHADDAi Seafood Restaurant

8. Mie Ragit

Mie Ragit - Dapur Mom Era - cookpad.com
Mie Ragit. (Foto: Dapur Mom Era / cookpad.com)

Indramayu menawarkan sisi lain kulinernya yang unik. Namanya Mie Ragit. Secara umum ada 2 varian dari mie ini. Sebut saja Ragit Khas Indramayu.

Bahan bakunya mie kuning basah. Setelah disiram dengan air panas lalu ditiriskan. Bumbunya komplit, seperti bawang merah-putih, kemiri, dan butiran lada. Rasanya gurih dengan santan yang kental

Selain itu, ada juga Mie Ragit Shirataki. Mie Ragit ini tetap khas Indramayu. Mienya ada tambahan udang yang dipotong kecil. Sesuai namanya, kuliner ini menggunakan mie shitaraki dengan telur dadar yang dipotong kecil. Untuk komposisi rempah bumbunya relatif sama.

9. Rumbah

Rumbah - kuliner khas indramayu - @defidianofitah
Rumbah – kuliner khas Indramayu yang mesti dicoba. (Foto: IG @defidianofitah)

Belum tahu apa itu rumbah? Rumbah adalah makanan khas Indramayu yang terdiri dari sayuran yang sudah dimasak terlebih dahulu. Sayurannya antara lain kacang panjang, kangkung, tauge, atau sayuran lain.

Sayuran yang sudah dimasak tadi diberi bumbu sambal khusus. Kalau di Jakarta, Rumbah ini mirip dengan gado-gado atau pecel.

Rumbah enak di Indramayu bisa kamu dapatkan di Warung Rumbah Darini. Lokasinya berada di Eretan Kulon, Kendahaur, Indramayu. Di belakang Balai Desa Eretan Kulon atau samping SDN Eretan Kulon II.

Rumbah buatan Bu Darini memiliki ciri khas sambalnya yang rasanya pedas banget bikin keringatan. Bumbu rumbah dicampur dengan air petis, (air hasil masak ikan pindang).

Harga satu porsi rumbah hanya Rp.3.000. Gorengan bakwan (piya-piya) hanya Rp.1.000.

Warung Darinih juga menyajikan aneka makanan khas Indramayu lainnya, seperti dodol lolos, sagon, krupuk yeye, dan gorengan.

10. Pedesan Entog

Pedesan Entog - kuliner indramayu - @ismayalitofani
Pedesan Entog – kuliner Indramayu yang enak. (Foto: IG @ismayalitofani)

Kuliner khas Indramayu lainnya adalah Pedesan Entog. Makanan populer di Indramayu ini adalah olahan dari daging entog (bebek). Citarasa Pedesan Entog ini benar-benar gurih dan nikmat.

Apalagi ditambah dengan rasa pedas yang dihasilan dari bumbu cabe dan merica. Membuat lidahmu bergoyang saat mencicipinya.

Kuliner Pedesan Entog dibuat tanpa santan. Meski demikian, cita rasanya juara. Sebab, rempah yang digunakannya sangat lengkap.
Daging entognya juga empuk. Dengan treatment khusus, kuliner ini tidak menimbulkan amis. Untuk menyantapnya bisa ditemani nasi hangat.

Baca juga:
* Kuliner Purwakarta Recommended 2019
* Jelajah Rasa Kuliner Sukabumi, ada yang Legend dan Unik

Kuliner Indramayu Menggoda Selera

Nah, demikian lah beberapa tempat makan di Indramayu Jawa Barat yang bisa singgahi. Juga beberapa jenis kuliner khas Indramyu yang bisa kamu cicipi.

Coba deh makanan khas Indramayu; pindang gombyang, burbacek, nasi lengko, pedesan entog, rumbah, dan empal gentong.

Mampir di rumah makan/restoran untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan sambil makan siang atau makan malam.

Bagi kamu traveler yang belum pernah mampir di Indramayu, semoga daftar kuliner ini bisa menjadi referensi bermanfaat buatmu.

Selamat traveling dan menikmati kuliner Indramayu.