Segarnya Dawet Telasih Bu Dermi di Pasar Gede Solo

Foto Gambar Es Dawet Telasih Bu Dermi - Pasar Gede Solo - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Rasanya segar dan enak banget Wajib dicoba kalau kamu liburan ke Kota Solo. (Gambar: dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Dawet Telasih Bu Dermi masuk dalam kuliner tradisional Kota Solo yang harus saya coba. Membaca berbagai review, dawet ini direkomendasikan oleh banyak traveler. Makanya, saya juga harus mencobanya saat berkunjung ke Solo.

Dinamakan Dawet Telasih karena es dawet ini menggunakan bahan dari tanaman selasih atau basil. Keunikan lain, dawet ini menambahkan bubur sumsum dan bubur mutiara. Semakin menambah cita rasa yang bisa kita nikmati.

Kalau sedang berlibur di Kota Solo dan melewati Pasar Gede, tidak ada salahnya mampir menoba es dawet telasih. Yakin tidak akan menyesal menobanya. Apalagi kalau hobi kulineran.

Baca juga:
* Segarnya Es Podeng di Pasar Lama Kota Tangerang

Lokasi

Lokasi Es Dawet Telasih Bu Dermi - Pasar Gede Solo - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
(Gambar: dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Es dawet memang banyak ya ada dimana-mana. Dan ada juga kota lain yang terkenal dengan dawetnya.

Dawet telasih bisa kita temukan di Pasar Gede Hardjonagoro. Biasa disebut Pasar Gede. Lokasinya berada di dalam gedung pasar tradisional ini.

Kita bisa parkir kendaraan di Jalan Utara Pasar Besar. Lalu dari pintu masuk pasar, beberapa langkah kita sudah menjumpai beberapa penjual dawet.

Peta

Bisa lihat lokasi Dawet Telasih di Peta Google.

Saat di rumah saya cek, ternyata banyak juga cabang dawet ini di beberapa titik di Kota Solo.

Dawet Telasih Bu Dermi

Yang menemani saya adalah mas Galih Naga Seno pemilik dan pengelola Taman Hutan Lemah Putih. Begitu masuk Pasar Gede, kami diajaknya ke Dawet Telasih Bu Dermi.

Padahal selain itu saya lihat ada juga penjual dawet yang lain yang jaraknya berdekatan. yang kami datangi terlihat lebih ramai.

Di saat bersamaan ada rombongan pengunjung yang tiba hampir bersamaan. Karena duluan, mereka yang menempati tempat duduk yang menghadap ke bagian dalam kios dawet Bu Dermi.

Dari gaya bahasanya, saya menyimpulkan mereka juga wisatawan yang datang dari luar Kota Solo. Sama seperti saya, mereka juga terlihat memotret tampilan suguhan dawet.

Isi / Bahan

Es Dawet Telasih Bu Dermi - Pasar Gede Solo - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey - 2
(Gambar: dok. ramahtraveler.com/Yopie Pangkey)

Sudah dijelaskan tadi di awal. Dinamakan dawet telasih karena ada menggunakan biji dari tanaman selasih. Di luar tanaman ini dikenal dengan nama basil.

Biji selasih juga sering digunakan di minuman beberapa daerah. Saat terkena air, biji-bijian ini terasa seperti agar-agar. Saat meminumnya bersama kuah santan dawet, ada memberikan sensasi tersendiri.

Selain itu ada campuran bubur mutiara dan bubur sumsum. Sudah jelas deh bagaimana rasa dawet ini. Campur aduk yang menghasilkan rasa nikmat. Ada manis gula dan bubur mutiara, gurih santan dan sumsum.

Rasanya benar-benar segar. Nuruti lidah, ingin nambah lagi sebenarnya. Tapi perut sudah kenyang. Kali ini cukuplah satu porsi. Lain waktu kalau ada kesempatan bakal mampir dan pesan 2 porsi 😀

Harga

Untuk menikmati kesegaran es dawet telasih kita tidak perlu sampai menguras isi dompet. Karena harganya masih sangat terjangkau.

Satu porsinya dibanderol Rp. 8.000.

Baca juga:
* Enak-enak! Cobain Deh 17 Kuliner Solo Ini

Kontak Dawet Telasih Bu Dermi

Mungkin ada dari kamu yang membutuhkan dawet ini sebagai sajian jamuan acara di rumah atau acara lain. Dawet Bu Dermi menerima pesanan juga lho.

Bisa hubungi nomor kontak di bawah ini.

  • Telepon: 0271-622552, 665492
  • HP: 08122650302

Recommended

Selesai minum es dawet ini, saya benar-benar merasa puas banget. Sudah bisa mencicipi salah satu kuliner andalan Kota Solo.

Es Dawet Telasih Bu Dermi ini enak banget. Rasanya segar, gurih, manis, dingin. Sangat cocok kalau kita meminumnya tengah hari saat cuaca panas. Recommended!!