Segarnya Es Podeng di Pasar Lama Kota Tangerang

Es Podeng DPN Varia - Tangerang - Affandy Dharma
Es Podeng DPN Varia, yang berjualan di kawasan Pasar Lama Tangerang. (Gambar: Affandy Dharma)

Jangan lupa cicip es podeng yang ada di Pasar Lama Tangerang. Wajib coba. Begitu kata seorang kawan travel blogger, Evi Indrawanto, saat mengetahui kami akan ke Kota Tangerang, Provinsi Banten. Sudah sering mendengar nama es ini. Ada banyak di berbagai daerah. Lalu apa istimewanya es podeng Tangerang ini?

Es podeng sendiri adalah nama lain dari es puter. Saya cari di berbagai artikel, asalahnya sih tidak pasti darimana. Ada yang bilang podeng berasal dari Bahasa Madura, yang berarti putar. Es yang cara membuatnya diputar-putar?

Baca juga:
* Sate Ayam H. Ishak, Sate Legend dan Nikmat di Tangerang

Es Podeng Enak di Pasar Lama Kota Tangerang

Es Podeng Kota Tangerang - ramahtraveler.com - Yopie Pangkey
Es Podeng, sangat populer di Kota Tangerang. (Foto: dok. ramahtraveler.com)

Saya memang belum mencoba banyak es podeng yang ada di Kota Tangerang. Namun mencoba beberapa kali selama 4 hari disana, sepertinya sudah cukup mewakili.

Saat kamu jalan-jalan ke area Pasar Lama di Kota Tangerang, coba saja tanyakan keberadaan es podeng. Tanya ke petugas parkir, penjaga toko, atau mungkin sesama pengunjung.

Kami yakin semua bakal menjawab sama, yaitu Es Podeng Varia.

Baca juga:
* Kuliner Laksa Tangerang, Kaya Bumbu dan Kaya Rasa

Es Podeng DPN Varia

Es Podeng Tangerang - @kardiovskuliner
(Gambar: Instagram @kardiovskuliner)

Kalau berkunjung ke beberapa tempat wisata di Kota Tangerang, bisa usahakan mampir kemari. Apalagi saat tengah hari yang terik dan merasa haus. Minum es podeng bisa menjadi sebuah hiburan yang luar biasa.

Kalau dari arah gerbang Pasar Lama, kita harus berjalan kearah selatan. Kalau dari Klenteng Boen Tek Bio atau Benteng Heritage Museum, bisa berjalan kaki sekitar 180 meter. Tidak terlalu jauh.

Sampai di Es Podeng DPN Varia, kita bisa memesan es dan makan di tempat. Ada 3 karyawannya yang siap dan cekatan menyiapkan segelas es podeng. Es podeng dihidangkan dalam gelas plastik.

Dalam berbagai artikel, dikatakan bahwa pemiliknya sudah berjualan sejak tahun 1990an. Danang membuka usaha es podengnya di depan toko kosmetik Varia. Mungkin ini asalah usul dikenal dengan nama DPN Varia.

Dalam satu gelas, es podeng berisikan pacar cina, roti tawar, dan tape singkong. Setelah diberi es putar, ditambahkan susu kental untuk menambah rasa manis.

Saat meminumnya, akan terasa sekali rasa santan dan kelapa di dalam esnya. Keseluruhan es podeng jadi berasa segar, gurih, dan manis. Cocok diminum saat siang hari dan bahkan malam hari. Meminumnya, tenggorokan langsung terasa segar.

Kalau ada yang terdekat, bisa-bisa membelinya hampir setiap hari 🙂

Harga Es Podeng

Harga Es Podeng Pasar Lama Kota Tangerang ini masih sangat terjangkau. Apalagi kalau dibandingkan dengan rasanya yang menyegarkan.

Kita cukup merogoh kocek sebanyak Rp. 10ribu, sudah bisa merasakan kesegaran es ini.

Recommended

Benar kata Mbak Evi Indrawanto kami harus mencicipi es podeng saat berkunjung ke Kota Tangerang. 4 hari berwisata di kota ini, kami mencicipi beberapa es podeng di beberapa tempat.

Baca juga:
* Sate Ayam H. Ishak, Sate Legend dan Nikmat di Tangerang

Es Podeng DPN Varia yang berada di Pasar Lama Kota Tangerang khususnya, sangat recommended. Kamu bisa membelinya disela-sela kegiatan eksplorasi berbagai tempat wisata di sekitaran Kota Lama Tangerang. Sangat menyegarkan tenggorokan setelah berkeliling di bawah teriknya sinar matahari.