Festival Moti Veerbond di Ternate Maluku Utara

By | March 12, 2019

Ramahtraveler.com – Ada yang mau liburan di akhir April 2019? Kalau kamu belum punya tujuan, bisa siapkan jadwal liburanmu dari sekarang. Ada acara Festival Moti Veerbond di Pulau Moti yang masuk dalam wilayah Kota Ternate. Maluku Utara.

Di Festival Moti Veerbond kamu bisa menelusuri jejak sejarah sebuah peristiwa yang dinamakan Konfederasi Moti (Moti Veerbond) di tahun 1322 silam.

Moti Veerbond adalah sebuah persekutuan yang dilakukan oleh 4 Kesultanan di Maluku Utara yaitu Ternate, Tidore, Jailolo dan Bacan (Moluku Kie Raha) di Pulau Moti.

Yang pada akhirnya berhasil meredam ambisi dari seluruh penguasa, termasuk upaya ekspansi dengan ancaman militer dari dua kerajaan besar Maluku saat itu, yakni Ternate dan Tidore.

Selain itu kamu juga bisa menyelami tradisi dan budaya masyarakat Pulau Moti selama 2 hari Festival berlangsung, pada 27-28 April 2019 mendatang.

Baca juga:
* Berwisata ke Piaynemo Island Raja Ampat

Festival Moti Veerbond - Ternate - Maluku Utara
Agenda acara Festival Moti Veerbond, 27-28 April 2019.

Agenda Kegiatan:

Pre Event Festival Moti Verbond

Kegiatan yang bertujuan untuk menyambut Festival Moti Verbond, berisikan kegiatan bagi masyarakat Pulau Moti berupa workshop Sadar Wisata. Selain itu juga, akan diadakan Focus Group Discussion dan Bacarita Pusaka tentang Moti Verbond yang melibatkan pemuda, tokoh sejarah, tokoh masyarakat dan akademisi di Maluku Utara.

Gebyar Moti Veerbond

Acara yang menampilkan budaya dan kesenian khas Pulau Moti atau Maluku Utara pada umumnya yang ditampilkan langsung oleh putra daerah Pulau Moti dan perwakilan pemuda dari 4 Kesultanan yang ada.

Camping Kampung & Jambore Pelestari Pusaka

Kegiatan yang mengumpulkan para pemuda potensial dari empat Kesultanan yang ada di Maluku Utara: Ternate, Tidore, Bacan dan Jailolo sebagai bentuk perwujudan Moti Veerbond di era saat ini.

Nantinya para pemuda tersebut akan mendapatkan pelatihan mengenai pengembangan potensi daerah, pelestarian pusaka dan pengembangan komunitas melalui social enterprise.

Baca juga:
* Huta Ginjang, Tempat Wisata di Tapanuli Utara yang Memesona

Napak Tilas Moti Verbond

Menelusuri jejak-jejak peninggalan sejarah dan mengenang kembali peristiwa Moti Veerbond bersama masyarakat di Pulau Moti.

Aneka Lomba

Lomba yang akan diadakan dengan tujuan untuk memperkenalkan Pulau Moti, diantaranya adalah lomba menulis (essay) tentang Pulau Moti dan Lomba Foto/Video tentang Pulau Moti.

Penanaman Pohon Mangrove

Kegiatan penanaman pohon mangrove di Pulau Moti yang dilakukan oleh peserta Jambore dan juga masyarakat Pulau Moti untuk menjaga kelestarian alam Moti.

Acaranya seru guys. Ayo datang ke Festival Moti Veerbond di Ternate Maluku Utara. Kunjungi tempat wisata di Ternate, dan nikmati budaya serta kuliner setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *