Apa itu dtks jakarta?

apa itu dtks jakarta
Jakarta – Pemprov DKI Jakarta membuka pendaftaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tahap 3, Pendaftaran ini dibuka dari 22 Agustus 2022 hingga 10 September 2022. Nantinya dari daftar inilah Pemprov DKI Jakarta akan menyalurkan sejumlah bantuan.

Dikutip dari akun resmi instagram DKI Jakarta, Senin (29/8/2022), DTKS adalah data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial. DTKS merupakan salah satu acuan pemberian bantuan sosial, baik itu yang bersumber dari APBD (PBI, PKH, dan BPNT) maupun APBN (KLJ, KPDJ, KAJ, KPAR, KJP Plus, KJMU, dan BPMS).

Pendaftaran DTKS 2022 dilakukan secara daring melalui situs https://dtks.jakarta.go.id. Khusus bagi warga yang mengalami kendala dalam pendaftaran daring bisa langsung datang ke kantor kelurahan sesuai dengan domisili dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) asli.

DTKS Jakarta untuk apa?

Jakarta, CNBC Indonesia – Pendaftaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) 2022 tahap ketiga telah resmi dibuka. Proses pendaftaran DTKS Jakarta akan dilaksanakan mulai 22 Agustus hingga 10 September 2022 mendatang. Informasi pembukaan pendaftaran DTKS tahap ketiga diumumkan langsung melalui akun Instagram @dkijakarta, seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (23/8/2022).

  • Adapun cara pendaftaran DTKS Jakarta dilakukan secara online melalui laman https://dtks.jakarta.go.id/,
  • DTKS adalah data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.
  • DTKS merupakan acuan dalam pemberian bantuan sosial untuk pemenuhan kebutuhan dasar baik bersumber APBN (PBI, PKH, BPNT) maupun APBD (KLJ, KPDJ, KAJ, KPAR, KJP PLUS, KJMU, dan BPMS).

Adapun tahapan pendaftaran DTKS adalah sosialisasi, pendaftaran, pengolahan data satu, pemadanan data dengan dinas kependudukan dan catatan sipil, pemadanan data dengan Badan Penempatan Daerah, pengolahan data 2, musyawarah kelurahan, pengolahan data 3, penetapan daftar sasaran tetap, penginputan dalam aplikasi SIKS-NG, penetapan DTKS oleh Kementerian Sosial.

Apa manfaat daftar DTKS?

Statistik Wilayah

34 Provinsi
514 Kabupaten/Kota
7,210 Kecamatan
83,092 Desa/Kelurahan

Mencakup skala Nasional pada DTKS Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk Program Perlindungan Sosial adalah sistem data elektronik yang memuat informasi sosial, ekonomi, dan demografi dari sekitar 99 juta individu dengan status kesejahteraan terendah di Indonesia.

Sumber utama DTKS adalah hasil kegiatan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2015. DTKS digunakan untuk memperbaiki kualitas penetapan sasaran program-program perlindungan sosial. DTKS membantu perencanaan program, memperbaiki penggunaan anggaran, dan sumber daya program perlindungan sosial.

Dengan menggunakan data dari DTKS, jumlah dan sasaran penerima manfaat program dapat dianalisa sejak awal perencanaan program, Hal ini akan membantu mengurangi kesalahan dalam penetapan sasaran program perlindungan sosial. Kementerian, Pemerintah Daerah, dan Lembaga lain yang menjalankan program penanggulangan kemiskinan dan perlindungan sosial dapat menggunakan data dari DTKS.

Pendaftaran DTKS 2022 sampai kapan?

Suara.com – Pendaftaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS ) DKI Jakarta 2022 tahap ketiga telah resmi dibuka. Informasi pembukaan pendaftaran DTKS tahap 3 tersebut diumumkan lewat akun Instagram @dkijakarta, pada Minggu (21/8/2022). Lantas pendaftaran DTKS 2022 sampai kapan ? Pendaftaran DTKS Jakarta dilaksanakan mulai tanggal 22 Agustus dan berakhir pada 10 September 2022 mendatang.

Adapun pembukaan pendaftaran DTKS 2022 tahap 3 ini dilaksanakan atas Instruksi Gubernur (Ingub) bernomor 2 tahun 2022 yang menyatakan jika pendaftaran DTKS akan dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam kurun waktu setahun. Pada awalnya, pendaftaran DTKS 2022 tahap 3 ini akan dibuka pada 1-20 Agustus 2022. Akan tetapi, jadwal pendaftaran tersebut diundur kareba pihak dinsos DKI Jakarta masih dalam tahap mengolah data pendaftaran DTKS tahap 1 dan 2.

Mengenal Apa Itu DTKS? Baca Juga: Bagaimana Cek Status Pendaftaran DTKS Jakarta 2022? Melansir situs Dinsos Jakarta, DTKS merupakan data induk yang berisikan data penerima manfaat pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan, pemberdayaan sosial, serta potensi dan juga sumber kesejahteraan sosial.

See also:  Ppdb jakarta 2022 2023 kapan dibuka?

Berstatus warga DKI Jakarta. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta. Berdomisili di daerah Jakarta.

Meskipun seluruh warga yang ber-KTP DKI Jakarta dapat mendaftar DTKS, terdapat sejumlah kriteria rumah tangga yang tidak bisa diusulkan. Berikut ini kriteria rumah tangga yang tidak memenuhi syarat untuj diusulkan DTKS 2022, di antaranya yaitu: Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar DTKS Jakarta Tahap 3

Masyarakat ber-KTP non DKI Jakarta. Tidak berdomisili atau tinggal tetap di DKI Jakarta. Salah satu anggota rumah tangga berprofesi sebagai pegawai tetap BUMN/PNS/TNI/Polri/Anggota DPR/DPRD. Rumah tangga yang memiliki kendaraan mobil. Rumah tangga mempunyai tanah atau lahan dan bangunan (dengan NJOP lebih dari Rp1 miliar rupiah). Sumber air utama yang digunakan rumah tangga untuk minum merupakan air kemasan bermerek (tidak termasuk air isi ulang). Dinilai tidak tergolong miskin oleh masyarakat setempat.

Cara daftar DTKS tahap 3 Dilansir dari Instagram akun UPT P4OP, tata cara daftar DTKS tahap 3 dapat dilakukan secara daring maupun luring. Bagi warga yang mengalami kesulitan dalam mendaftar secara online, dapat segera mendatangi Kantor Kelurahan sesuai dengan domisili serta membawa KTP dan KK asli.

    Masuk ke situs DTKS DKI Jakarta di laman https://dtks.jakarta.go.id Bagi yang belum memiliki akun, dapat mengklik “Buat Akun” dan selesaikan proses pendaftaran.

    Penetapan DTKS itu apa?

    Apa Kepanjangan DTKS ? Ini Penjelasan DTKS – Kepanjangan DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Dilansir dari laman resmi DTKS Kemensos RI, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS adalah data induk yang berisi data Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial, serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

    Pengertian DTKS tersebut termuat dalam Permensos Nomor 3 Tahun 2021 tentang Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Data Terpadu Kesejahteraan Sosial sebagaimana dimaksud di atas merupakan perseorangan, keluarga, kelompok, dan masyarakat. Dalam Permensos No.3 Tahun 2022 tentang DTKS disebutkan penjelasan tentang Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) adalah perseorangan, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat yang karena suatu hambatan, kesulitan, atau gangguan, tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga memerlukan pelayanan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidupnya baik jasmani dan rohani maupun sosial secara memadai dan wajar.

    Sementara penjelasan tentang Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) adalah perseorangan, keluarga, kelompok, dan/atau masyarakat yang dapat berperan serta untuk menjaga, menciptakan, mendukung, dan memperkuat Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial. Logo DTKS | Foto: kemensos.go.id

    DTKS sampai kapan?

    JAKARTA, KOMPAS.com – Pendaftaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS DKI Jakarta 2022 tahap 3 masih dibuka hingga 10 September 2022. Warga DKI Jakarta yang memenuhi persyaratan, bisa mendaftar DTKS secara online maupun offline. Secara online, cara pendaftaran DTKS Jakarta dilakukan melalui laman https://dtks.jakarta.go.id/,

    Bagi warga yang mengalami kesulitan saat mendaftar daring, bisa mendatangi kelurahan sesuai dengan domisili dan membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) asli. Baca juga: Soal Kenaikan Harga BBM, Pengamat: Suka Tidak Suka Pil Pahit Ini Harus Dilakukan Sebagai informasi, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS adalah data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

    DTKS merupakan acuan dalam pemberian bantuan sosial untuk pemenuhan kebutuhan dasar baik bersumber APBN (PBI, PKH, BPNT) maupun APBD (KLJ, KPDJ, KAJ, KPAR, KJP Plus, KJMU, dan BPMS). Salah satu bantuan yang bisa didapatkan melalui DTKS adalah Bansos BLT BBM Kemensos 2022 yang besarannya mendapatkan Rp 600.000 per masing-masing penerima.

    PBI bansos berupa apa?

    Peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan atau PBI adalah salah satu program bantuan sosial ( bansos ) yang diberikan kepada masyarakat berupa bantuan iuran jaminan kesehatan menggunakan basis data dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

    DTKS DKI Jakarta kapan cair?

    PR DEPOK – Apakah Anda belum mendapat bantuan sosial ( bansos ) meski nomor induk kependudukan ( NIK ) sudah terdaftar di DTKS DKI Jakarta 2022? Jangan khawatir, Anda bisa melakukan pengaduan dan perbaikan untuk bisa mendapatkan bansos, Lantas bagaimana memperbaiki NIK sudah terdaftar di DTKS DKI Jakarta 2022, namun tetap tidak dapat bansos ? Simak artikel ini sampai habis.

    • Baca Juga: Info Terbaru BSU 2022: Cara Cek Penerima dan Kriteria Pekerja yang Dapat BLT Rp1 Juta dari Kemnaker Sebagai informasi, pencairan dana bansos masih dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas sosial hingga saat ini.
    • Setidaknya ada tiga bansos DKI Jakarta yang pencairannya masih berlangsung, yakni Kartu Lansia Jakarta (KLJ), Kartu Anak Jakarta (KAJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ).

    Ketiga bansos Jakarta ini mulai dicairkan sejak 16 Agustus 2022. Baca Juga: Bikin Penasaran, Jennie BLACKPINK Dikabarkan Perankan Karakter Biseksual di ‘The Idol’ Selain itu, Dinsos DKI Jakarta juga membuka pendaftaran DTKS tahap 3 2022, yang dimulai sejak 22 Agustus hingga 10 September 2022.

    Bisakah daftar DTKS online?

    Jakarta – Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah membuka pendaftaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS ) mulai 22 Agustus 2022 s.d.10 September 2022. Nantinya melalui data ini lah Pemprov DKI Jakarta dapat menyalurkan sejumlah bantuan. Begini cara daftar DTKS ! Adapun salah satu bantuan yang diberikan adalah Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU).

    1. Jadi Bagi siswa yang ingin mendapatkan KJP dan KJMU, kamu bisa mendaftar DTKS 2022.
    2. Mengutip laman Instagram Dinas Pendidikan DKI Jakarta, DTKS merupakan salah satu acuan pemberian bantuan sosial baik itu yang bersumber dari APBD maupun APBN.
    3. Dalam hal ini yang bersumber dari APBD yakni PBI, PKH, dan BPNT.

    Sedangkan dari APBN ada KLJ, KPDJ, KAJ, KPAR, KJP Plus, dan KJMU. Pendaftaran DTKS 2022 dilakukan secara daring melalui situs https://dtks.jakarta.go.id. Khusus bagi warga yang mengalami kendala dalam pendaftaran daring bisa langsung datang ke kantor kelurahan sesuai dengan domisili dengan membawa KTP dan Kartu Keluarga (KK) asli.

    Daftar DTKS kapan dibuka?

    JAKARTA, KOMPAS.com – Pendaftaran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS DKI Jakarta 2022 tahap 3 telah dibuka. Informasi pembukaan pendaftaran DTKS tahap 3 ini diumumkan melalui akun Instagram @dkijakarta, Minggu (21/8/2022). Pendaftaran DTKS Jakarta dilaksanakan mulai 22 Agustus hingga 10 September 2022.

    • Adapun cara pendaftaran DTKS Jakarta dilakukan secara online melalui laman https://dtks.jakarta.go.id/,
    • Pembukaan pendaftaran DTKS 2022 tahap 3 dilaksanakan atas Instruksi Gubernur (Ingub) Nomor 2 tahun 2022 yang menyatakan bahwa pendaftaran DTKS dilaksanakan sebanyak 4 kali dalam setahun.
    • Baca juga: Akui Simpan Riwayat Penelusuran Pelanggan, Telkom: Sesuai Amanat UU Telekomunikasi Semula, pendaftaran DTKS Jakarta tahap 3 direncanakan dibuka tanggal 1 hingga 20 Agustus 2022.

    Namun, jadwal pendaftaran itu diundur karena Dinsos DKI Jakarta masih mengolah data pendaftaran DTKS tahap 1 dan 2. Sebagai informasi, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS adalah data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

    Apakah DTKS hanya untuk warga Jakarta?

    Apa Itu DTKS Jakarta? Tidak Berlaku untuk Kategori Ini – Seperti yang diketahui, warga DKI Jakarta yang berhak mendaftarkan diri ke DTKS adalah mereka yang termasuk kategori fakir miskin maupun tidak mampu. Adapun rumah tangga yang tidak dapat masuk ke DTKS, yaitu:

    Warga ber-KTP non DKITidak berdomisili di DKI JakartaAda anggota rumah tangga yang menjadi pegawai tetap BUMN/PNS/Polri/Anggota DPR atau DPRDRumah tangga memiliki mobilRumah tangga memiliki tanah/lahan dan bangunan dengan NJOP di atas Rp 1 MiliarSumber air utama yang digunakan rumah tangga untuk minum adalah air kemasan bermerk (tidak termasuk air isi ulang)Dinilai tidak miskin oleh masyarakat setempat

    Apa itu DTKS Jakarta kini telah diketahui. Lalu bagaimana cara untuk mendaftar? Simak di halaman berikut ini.

    PKH 2022 kapan cair?

    Kabar Gembira!!!!! Kabar gembira bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan ( PKH ), bahwasannya bantuan tersebut telah disalurkan oleh Kementerian Sosial mulai minggu pertama bulan Agustus 2022.

    Apakah penerima KIP kuliah harus terdaftar di DTKS?

    Salah satu syarat untuk mendaftar menjadi penerima KIP Kuliah adalah terdata di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS ) Kementerian Sosial.

    Apakah penerima PKH terdaftar di DTKS?

    Jenis bantuan DTKS yang bersumber dari APBN, yakni Program Keluarga Harapan ( PKH ), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Adblock
detector