Apa nama rumah adat jakarta?

apa nama rumah adat jakarta
1. Rumah Kebaya – Rumah kebaya adalah salah satu jenis dari rumah Betawi. Rumah tersebut dinamai rumah kebaya karena memang terinspirasi dari sebuah pakaian kebaya, yaitu memiliki bentuk seperti pelana yang dilipat. Ketika dilihat dari samping lipatan itu terlihat seperti lipatan kebaya.

  • Endati tidak terlalu populer, rumah kebaya ini diakui secara resmi sebagai rumah adat Betawi.
  • Desain arsitektur dari rumah kebaya sendiri dibagi menjadi dua bagian, yaitu area umum dan pribadi.
  • Area umum terdiri dari ruang tamu dan teras.
  • Biasanya area teras dari rumah kebaya ini identik dengan luas dengan tersedianya meja dan kursi.

Sementara di area pribadi adalah ruangan-ruangan seperti kamar, ruang makan, dapur, dan belakang rumah. Karena ini wilayah ini adalah area pribadi, maka ruangan ini pada umumnya hanya diizinkan untuk si pemilik rumah. Selain itu, rumah kebaya biasanya juga memiliki kamar khusus untuk tamu yang diberi disebut dengan paseban.

Apa saja nama Rumah adat?

4 Nama Rumah Adat Jakarta yang Wajib Kamu Tahu – Rumah adat Betawi terdiri dari beberapa jenis rumah tradisional dengan desain yang berbeda. Berikut merupakan 4 nama rumah adat Jakarta lengkap dengan gambar dan penjelasannya, yaitu:

Apa nama rumah adatjakarta lengkap dengan gambar dan penjelasannya?

1. Rumah Kebaya – apa nama rumah adat jakarta borneochannel.com Rumah adat Jakarta atau Betawi yang tercatat sebagai rumah adat merupakan rumah Kebaya. Jika Kamu pernah melihat tayangan Si Doel Anak Sekolahan maka Kamu tidak asing dengan bentuk dari rumah Kebaya. Salah satu keunikan dari rumah Kebaya adalah ukuran serambi yang luas.

Konstruksi rumah dibuat dengan konstruksi kuda-kuda. Bahan yang digunakan menggunakan kayu gowok atau kayu kecapi. Sementara itu, balok tepian dibuat menggunakan kayu nangka. Atap rumah terbuat menggunakan genteng tanah liat dan anyaman daun rumbia atau kirai. Pondasi terbuat dari batu alam yang disusun supaya bangunan rumah menjadi lebih kokoh. Dinding berwarna merah, kuning, atau hijau. Dinding rumah menggunakan anyaman bambu. Namun, ada juga rumah yang menggabungkan anyaman bambu dengan tembok. Daun pintu berukuran lebar yang dikenal dengan nama pintu jalusi.

See also:  Hiburan malam jakarta kapan dibuka?

Apakah ada rumah tradisional di Jakarta?

Jakarta adalah ibukota di indonesia, Kota Besar ini identik dengan bangunan tinggi dengan arsitek modern. Namun, di beberapa tempat, Bila kita tengok masih bisa menemukan bangunan tradisional yaitu rumah adat jakarta, Secara umum, rumah adat di Jakarta adalah rumah adat Betawi yang merupakan suku asli sudah lama tinggal di DKI Jakarta.

Mengapa rumah adat di Jakarta sudah jarang terlihat?

Mendengar kata Jakarta yang terlintas di pikiran kita biasanya gedung-gedung tinggi, rumah-rumah modern, teknologi maju, hingga kepadatan lalu lintas. DKI Jakarta yang didominasi oleh suku Betawi ini, juga memiliki kebudayaan seperti provinsi lainnya, lho,

  • Seperti rumah adat misalnya, Jakarta juga memiliki bangunan-bangunan khas dengan makna filosofisnya sendiri.
  • Namun, seiring perkembangan zaman, rumah adat di Jakarta sudah jarang terlihat karena tren atau pengaruh dari budaya luar.
  • Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus terus melestarikan kebudayaan dan adat istiadat daerah tempat kita tinggal.

Oleh karena itu, Popbela.com akan merangkum gambar dan nama-nama rumah adat di DKI Jakarta beserta nilai filosofisnya. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Adblock
detector