Apa tujuan dibentuknya piagam jakarta?

apa tujuan dibentuknya piagam jakarta
Piagam Jakarta dibentuk oleh panitia sembilan pada tanggal 22 Juni 1945 dengan maksud untuk merumuskan dasar negara Indonesia.

Apa tujuan pembentukan Piagam Jakarta?

Piagam Jakarta adalah dokumen historis berupa kompromi antara pihak Islam dan pihak kebangsaan dalam Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) sebagai menjembatani perbedaan dalam agama dan negara.

Apakah tujuan dari pembentukan BPUPKI?

Tujuan pembentukan BPUPKI bagi bangsa Indonesia – Dilansir dari buku Pendidikan Pancasila (2021) oleh H. Ishaq, BPUPKI sendiri memiliki tujuan, yakni untuk menyelidiki beberapa hal penting serta menyusun rencana mengenai kemerdekaan Indonesia. BPUPKI dibentuk untuk menyusun segala hal yang dibutuhkan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, seperti politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan sebagainya.

Apa tujuan dari Piagam Madinah?

Piagam Madinah ialah sebuah dokumen yang disusun oleh Nabi Muhammad SAW, yang merupakan suatu perjanjian formal antara dirinya dengan semua suku suku dan kaum kaum penting di Yatsrib (kemudian bernama Madinah) pada tahun 622 M. Dokumen tersebut disusun sejelas jelasnya dengan tujuan utama untuk menghentikan pertentangan sengit antara Bani Aus dan Bani Khazraj di Madinah.

Adblock
detector